Gembira Loka Jogjakarta, Rekreasi Seru Bersama Keluarga




Kak Jo, lihat Kak Jo. Ada gajah! Itu gajah kak Jo! Besar ya! Waaaaah...”

“Eh ada kudanil juga Kak Jo. Babi babi!! Buayaaaaa.....” 

Dengan menggebu gebu saya menyebutkan satu per satu hewan yang kami lihat begitu kami memasuki area satwa dengan menaiki taring; Transportasi Keliling. Memang, menunjukkan pada Julio bahwa di dunia ini begitu banyak hewan adalah salah satu misi kami. Mumpung saat itu kami ada di Jogja, jadilah Gembira Loka kami pilih sebagai kebun binatang pertama yang Julio kunjungi. Walaupun Julio hanya menggelayut manja di dada, tetapi dia tetap excited dengan sekali kali berceloteh, “Waaaaaah....” “Ih ih ih...” sambil menunjuk nunjuk hewan yang kami lihat. 

Lalu, bisa ngapain aja di Gembira Loka ya? Cuma lihat hewan doang? Oh tentu tidak!! Banyak hal yang bisa kita lakukan dan lihat di sana kok.

Jelajahi juga :

Jadwal Buka dan Harga Tiket

Sumber : Travelspromo.com

Sumber : travelspromo.com


Setelah membayar harga tiket masuk sebesar 35ribu/orang, kami mendapatkan tiket masuk yang ciamik banget nih. Oiya, Julio masuknya gratis karena memang anak di bawah 3 tahun nggak perlu beli tiket. Jangan lupa juga pose dulu di pintu masuk ya mumpung masih tjakeup. Nanti begitu udah keliling mah kita bakalan gobyos. Haha.

Karcisnya bagus!

Mengelilingi Kebun Binatang dengan Taring; Transportasi Keliling





Untuk teman teman yang ingin mengeksplorasi kebun binatang tanpa anak atau balita, boleh lah mengelilingi kebun binatang hanya dengan jalan kaki. Bisa jalan sepuasnya sekalian olah raga. Tetapi, untuk teman teman yang juga mengajak balita, berkeliling dengan taring udah barang pasti keputusan yang bijaksana.

Kerennya lagi kita juga bisa memilih tiket terusan hanya bermodalkan 25ribu saja!Jadi, dengan tiket terusan ini kita bisa naik turun taring dari halte satu ke halte selanjutnya tanpa harus membayar lagi. Plus kita dapat tiket gratis naik perahu Katamaran dan mengelilingi danau raksasa buatan di tengah kebun binatang. Sementara kalau kita hanya membeli tiket reguler, kita harus merogoh kocek sebesar 8ribu per satu kali naik. Hayo, pilih yang mana?

Kita harus pakai gelang ini setelah membeli tiket terusan 

Yes, tiket terusan! Jadi, kami hanya perlu berkeliling di area satwa di sekitar halte terdekat saja. Itu pun sudah capeknya bukan kepalang. Untungnya kami bisa berkolaborasi bersama dalam menggendong Julio. 

FYI, kebun binatang yang dibangun pada tahun 1933 oleh Raja Sri Sultan Hamengkubowono VIII ini luasnya 20 hektare dengan 6 halte taring. Untuk bisa melihat lihat hewannya pun tak jarang kita harus turun naik tangga. Masih juga rute yang berkelok kelok untuk bisa ke halte berikutnya. Gobyos, gaes!

Menariknya, Gembira Loka sendiri diambil dari kata Loka yang artinya adalah tempat dan gembira artinya bersenang senang. Jadi tempat untuk bersenang senang deh. Lebih dari itu, Gembira Loka nggak hanya jadi tempat rekreasi semata, tetapi juga tempat yang sarat akan nilai edukasi. Tak heran saat kami ke sana pun banyak anak anak sekolah sedang melakukan study tour di sana. Memang banyak wisata di Jogja yang seru untuk dikunjungi secara rombongan. Bahkan, banyak pula paket wisata Jogja untuk rombongan yang ditawarkan.

Satwa yang Beragam Ada di Sini



Di awal masuk area satwa, kami sudah ‘disambut’ oleh para gajah bertaring panjang yang sedang makan. Ke sana lagi kami bisa ikut mengantri untuk naik gajah berkeliling satu kali. Di sisi kiri pun kami bisa melihat deretan kandang berisikan macam macam hewan mulai dari simpanse yang sedang leyeh leyeh, kudanil, buaya, babi dan lain sebagainya.

Jalan tak jauh dari situ kami dihadapkan pada kolam besar berisikan ikan raksasa macam arapaima, tiger catfish, alligator spatula dan bawal. Di area ini, kita juga bisa sekalian bermain tangkap ikan dan terapi ikan. Rata rata tiket untuk wahana yang disediakan hanya seharga 10ribu sampai 20ribu saja. 

Ini hanya permulaan, teman. Kita juga bisa dengan leluasa melihat berbagai jenis buaya, aligator, ular, katak dan amfibi lainnya di reptiles and amphibian park. Walaupun ada beberapa hewan yang nggak ada karena tertulis di sana, ‘masih dalam perbaikan kandang’.

“Wah, ternyata katak aja buanyak macemnya ya, mace.”

Di sini, nggak hanya Julio yang mengenal hewan hewan, kami pun juga sekalian mengedukasi diri sendiri tentang betapa Indonesia ini kaya satwa. Ternyata ular, katak, kura kura pun buanyak macamnya. Ada juga bird park yang menyuguhkan banyak jenis burung seantero Nusantara. Lengkap!

Sayangnya, kami yang semula semangat sekali melihat hewan hewan buas macam macan, harimau dan teman temannya harus menahan hasrat karena zona cakar; zona yang berisikan hewan hewan buas sedang ditutup karena sedang dalam perbaikan. Hewan hewan ini ada di sekitar halte 5, disusul dengan hewan hewan serupa kijang/rusa dan lainnya.

Yuk Berinteraksi di Zona Interaksi



Nggak hanya melihat dari jauh, ada beberapa hewan yang bisa kita ajak interaksi semisal dengan memberi makan, menyentuh atau sekedar berfoto bersama. Let’s say saat kami mampir di area interaksi kura kura. Di sana, banyak sekali kura kura yang dilepas. Mana besar besar. Kita bisa menyentuhnya atau berfoto di sampingnya macam ini.



Berhubung Julio masih takut, jadi fotonya masih nempel di dada Ibu. Nggak hanya kura kura, kita juga bisa berfoto dengan berkalungkan ular piton. Sayang, kami nggak kebagian atraksi apa apa dihari itu. Mungkin karena kami berkunjung di hari Kamis kali ya. Tapi kami cukup puas melihat lihat hewan dan ber-quality time bersama di sana.

Jangan Lupa Mencoba Wahana Air


Well, wahana air yang ada di sini juga komplit, teman teman. As I told you, kalau kita membeli tiket terusan, kita juga bisa free naik perahu Katamaran yang mengelilingi area Mayang Tirta berbentuk kapal besar. Mayang Tirta ini merupakan fasilitas panggung hiburan dan pertunjukan yang digunakan untuk menghibur para pengunjung Gembira Loka. Oiya, kita bisa naik perahu ini di sekitar halte 4 ya.

Julio pun juga sangat menikmati naik perahu Katamaran. Dia ketawa ketawa, dadah dadah sama pengunjung yang jalan, mainan balon. Bahkan dia sempat jalan jalan di atas perahu. Ibunya yang justru panik takut nyemplung!

Tapi, ini bukan wahana air satu satunya yang bisa kita coba. Untuk teman teman yang suka menguji adrenalin, bisa banget cobain speed boat macam seperti saya saat muda dulu. hehehe. Wahana air lain yang patut dicoba seperti skuter air, bumper boat dan banana orca. Masing masing dikenai tiket seharga mulai dari 10ribu sampai 20ribu.

Mau Makan? Tunggu Sampai Halte 4


Kalau lapar saat mengeksplorasi kebun binatang, jangan khawatir. Teman teman tunggu dulu sampai halte 4 dan bisa makan dengan nyaman di sebuah restoran yang menghadap langsung ke danau buatan. Di sana, kita bisa memilih menu seperti bakso, nasi goreng, kentang goreng dan lainnya. 

Yang paling kami suka adalah karena tempatnya luas, nyaman, bersih dan yang paling penting adalah disediakan baby chair. Julio jadi bisa duduk dan makan sendiri deh.


Fasilitas lengkap, Bahkan Untuk Penyandang Disabilitas dan Balita


Ini nih yang menarik perhatian kami berdua. Di tempat ini layanan untuk para disabilitas juga diperhatikan. Ada jalan khusus untuk stroller dan kursi roda, bahkan kita juga bisa menyewa kursi roda dan stroller secara gratis. Nggak hanya itu, ruang laktasi pun juga tersedia. 

Kalau fasilitas lainnya serupa mushola, toilet, gerai souvenir atau pun toko oleh oleh sih pasti ada di sini.

Untuk teman teman yang ingin berkunjung ke sana saat wabah Covid-19 sudah berlalu, lokasi Gembira Loka ini nggak jauh kok dari pusat kota. Kami hanya membayar sekitar 20ribu saja dari penginapan kami yang berlokasi di Gejayan. Lokasinya ada di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kecamatan Kotagede, Jogjakarta.

Benar memang kata slogan Gembira Loka; bukan sekedar rekreasi. Banyak hal yang bisa kami dapat dari sini. Kepuasan jalan jalan, edukasi tentang hewan dan keanekaragamannya,  olahraga terselubung dan yang paling penting adalah kenangan berharga bersama keluarga. 

Semoga next time kami bisa menjelajahi banyak wisata lain dan terus menabung kenangan indah untuk Julio. Cheers!

Tips Jalan Seru di Kebun Binatang

1. Memakai sepatu dan baju yang nyaman.

Tips ini sangat sangat crucial demi eksplorasi yang nyaman, aman dan menyenangkan. Makanya kami berdua lebih suka memakai sepatu saat pergi jalan jalan macam ini. Baju pun juga harus yang menyerap keringat dan nggak bikin panas. Tips tambahan untuk para ibu ibu yang anaknya masih digendong macam saya, wajib banget memakai gendongan yang enak dan nyaman seperti ini. Jadi, badan bebas pegal dan capek berlebihan. Saya sendiri menggunakan baby carrier ULTIMO dan Cuddle Me. Enak bangett!

2. Membawa tumblr sendiri.

Ini dia yang kami sesalkan, karena kami nggak sempat membawa minum sendiri. Lebih enak lagi kalau kita membawa minum sendiri. Selain menjaga diri dari resiko dehidrasi, kita juga mengurangi penggunaan plastik.

3. Lihat perkiraan cuaca terlebih dahulu

Sayang banget kan kalau kita sampai sana kok malah hujan, mengingat seluruh kawasan kebun binatang ini khan outdoor. Kasihan juga kemarin saat kami akan pulang, ada rombongan anak anak TK datang. Eh, baru kami masuk mobil, hujan datang.

4. Membeli tiket Taring terusan

Demi jalan kaki yang efektif dan efisien, terutama untuk yang membawa balita atau anak anak, saya saranin banget buat beli tiket Taring terusan. Taring ini nantinya sangat berguna untuk mobilisasi di dalam kebun binatang. Kita nggak perlu jalan dari ujung ke ujung, tetapi cukup mengeksplorasi area satwa di dekat masing masing halte Taring aja.

5. Kerjasama antar pasangan

Jika teman teman mengajak pasangan dan anak ikut serta, kita harus banget nih bisa bekerjasama. Misal dengan bergantian menggendong. Menurut pengalaman saya pribadi juga kita dan pasangan harus semisi. Nggak enak banget kalau mengajak pasangan yang justru pingin pulang terus. Karena ini quality time, kita harus bisa menikmati suasana, mau motoin, mau seru seruan bareng. Biar happy semua! Makasih, Paceeeee!

Galeri Perjalanan Kami


Jangan lupa pose dulu sebelum gobyos saat udah di dalam.


Dadah dadah dulu saat naik perahu


Siap mengeksplorasi kebun binatang bersama Julio

Saatnya naik Taring

Jalan jalan di atas perahu







36 komentar

  1. Asyiknya bisa berkeliling kebun binatang bareng si kecil. Saya tadi fokus ke kura-kura, mendadak kangen dengan Raphael, kura-kura kami yang hilang entah ke mana. Jangan-jangan Raphael ada di sana, ya? Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh, Raphael ilang dimana emang Mbak Haeriah?

      Hapus
  2. Mbak Meykke... saya dulu pas ngajakin ibu ke sini, ibu saya ga mau pulang lohh hihi...seneng banget duduk-duduk di Mayang Tirta. Semoga Covid 19 cepat berlalu ya,,, insyaallah pingin ngajak anak2 ke Gembira Loka ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ibu ibu saja suka apalagi anak anak ya mbak. Aamiin ya Rabb, semoga nanti bisa ke sana lagi sama anak anak ya mbak Nur

      Hapus
  3. MasyaAllah, terakhir ke gembiraloka itu 2 tahun lalu. Si sulung masih gempal sedikit hehehe. Duh, kangen jadi pengen ke situ lagi bareng keluarga besar 😆💗💖

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sekarang udah lebih bagus mbak Talitha

      Hapus
  4. jadi inegt jaman algi kecil dibawa ke sini, pastinay sekarang sudah banyak yang berubah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah banyak banget yang berubah mbak Tira, lebih baguuus

      Hapus
  5. Bahagianya bisa jalan-jalan bersama keluarga. Tiketnya enak beli yang terusan kalo gitu. Gembira Loka ini cukup luas ya, bisa jadi sarana buat mengenalkan hewan ke anak juga selain untuk berekreasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, bisa puas lihat hewan hewan di sana sekalian olahraga hehehe

      Hapus
  6. Edisi ngasuh anak, ke kebun binatang pun bisa seru banget. Anak biasanya seneng sih kalau diajak jalan-jalan sama ortunya. Apalagi kalau masih kecil bisa sekalian diajarin nama-nama binatang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Lia, sekalian rekreasi sekalian mengenalkan binatang

      Hapus
  7. Beberapa kali ke Yogyakarta belum sempat ke sini. Harus mampir suatu saat nanti.#dendam...hahaha

    BalasHapus
  8. so happy mba aku liatnya! kebetulan beberapa kali k Jogja tapi belum juga mengunjungi gembiraloka ini. Dan semuanya seru, tiketnya 35K dan gambar tiketnya juga lucuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sangat murah untuk kebun binatang selengkap dan seluas itu

      Hapus
  9. si kura-kura gembiraloka itu hitss banget, selalu jadi salah satu buruan buat foto bareng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sayang saya nggak berani mendekat mbak inna

      Hapus
  10. Gembira Loko sekarang abgusss banget. Beda jauh sama jaman aku kuliah dulu. terakhir ke sana tahun 2017 sama anak-anak. Dan pengin ke sana lagi kalau nanti ke Jogja. PRnya emang area yang luas itu, mayan gempor juga pas bocil masih gendongan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, gempor banget mbak. Untung ada taring jadi sangat terbantu nggak perlu keliling jalan kaki

      Hapus
  11. Wah kayanya seru ya mba jalan-jalannya. Komplit kayanya Gembira Loka, sampai ada tempat wisata airnya. Yang penting memang bersih apalagi jika bawa anak-anak

    BalasHapus
  12. Beberapa kali ke Jogja, aku ngga pernah sempat mampir ke Gembira Loka. Semoga ada kesempatan kesana bawa anak2ku :)

    BalasHapus
  13. Belum pernah kesini nih. Kura-kuranya besar juga yaa. Julio sampe takut ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya besar dan ada beberapa mbak, jadi Julio takut deh

      Hapus
  14. Senangnya jalan-jalan bersama keluarga ya.
    Saya yang belum pernah mampir ke Gembira Loka jadi penasaran, karena kelihatannya bagus dan nyaman untuk rekreasi bersama anak-anak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, harus jadi salahsatu bucket list traveling bersama keluarga

      Hapus
  15. setelah masa karantina lewat, maka hal yg dilakukan banyak orang adalah pergi ke tempat rekreasi seperti loka gembira ini. Sekarang cuma bisa dijadikan list aja dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul, semoga wabah ini segera berlalu ya

      Hapus
  16. Jogja emang kota teduh yang gak cukup sekali aja dikunjungi. Apalagi dengan banyaknya wisata edukasi maupun wisata alam yang ada di dalamnya. Aku pernah ke gembira loka karena saudaraku tinggal did ekat situ. Tapi waktu itu aku belum punya anak. Jadi pengen ngajak anakku berkunjung kesana juga. Semoga ada rezekinya nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah sekarang bisa ke sana bersama anak anak ya Mbak

      Hapus
  17. Wahhh ini sih wisata murah meriah tapi fasilitasnya mantuuul. Edukatif pulak. Btw aku salfok mbaa sama gendongannya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini pakai Cuddle Me mbak, awet dan enak banget dipakai buat gendong jarak jauh begini

      Hapus
  18. Gembira Loka mggak pernah ngebosenin, dulu waktu kami masih kecil tiap tahun pasti piknik kesini, sekarangpun sudah punya anak asal pulang kampung pasti kesini juga, sudah banyak perkembangan dibanding zaman dulu saya kecil, semoga GL Zoo tatap eksis walaupun sekarang sedang pandemi corona

    BalasHapus
  19. Ya ampuuun serunyaa mbaak, aku uda beberapa kali main ke jogjaa tp belum pernah ke gembira lokaa. Asik ada zona interaksi jugaa sama hewan, pas nih ngajak keponakan yg masih kecil" buat mengenal hewan". Semogaa pandemic ini segera berakhir biar bisa merealisasikan banyak plan jalan" hehehe. Oiyaa salam kenal mbaak, baru pertama kali kayanya bw kesini 😁

    BalasHapus

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)