9 Tips Belajar Bahasa Inggris yang Menyenangkan


Hi everybody!

Kali ini aku hadir dengan membawa tips baru yang pasti berguna banget untuk teman teman yang ingin belajar Bahasa Inggris.

"Aku belajar Bahasa Inggris enaknya darimana ya?"

"Apa aku hafalin kosakata di kamus aja?"

"Gimana ya caranya belajar Bahasa Inggris yang cepet gitu?"

Well, segala sesuatu yang terjadi di dunia ini emang nggak instan sih. Selevel mie instan aja harus dibuka, direbus, campurin bumbu dll dulu nggak langsung buka kemasan terus dimakan. Tapi bisa kok belajar Bahasa Inggris yang efektif dan efisien dan dalam waktu yang lebih singkat.

Baca juga :


Dan salah besar ya kalau belajar Bahasa Inggris itu harus ngapalin kamus. Ada banyak cara menyenangkan lainnya yang bisa banget kita lakukan. We called it as FUN LEARNING. Kegiatan kegiatan menyenangkan belajar Bahasa Inggris ini selain efektif dan efisien juga bikin kita happy dan nggak berasa kalau lagi belajar.

Lalu, tips belajar yang kayak apa ya yang bisa kita lakukan?

1. Mencari partner belajar Bahasa Inggris.

Belajar bersama tentu jauh lebih menyenangkan daripada belajar sendirian khan ya? Nah, teman teman yang ingin belajar Bahasa Inggris bisa banget nih cari teman/partner yang juga sedang belajar bahasa Inggris atau yang sudah mahir belajar bahasa Inggris untuk bisa saling memtoviasi.

Bersama partner yang memang juga berniat belajar Bahasa Inggris, kita bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris, saling kirim materi Grammar, saling bertanya satu sama lain atau sekedar memberi semangat untuk terus belajar dan update diri.

Saat kuliah dulu juga aku punya teman yang sedang belajar Bahasa Inggris dan menjadikan aku partnernya. Kebetulan aku kuliah di fakultas Bahasa Inggris juga. Jadi kebiasaan deh sampai sekarang kalau kita bertemu, kita pasti ngomongnya pakai Bahasa Inggris. Mau ketemu di rumah, di salon, sepanjang jalan kita ngomong aja pakai Bahasa Inggris walaupun banyak mata yang menatap kami. Hahahaha...

Tapi karena kami sudah biasa berkomunikasi pakai Bahasa Inggris, it's so FUN for us.

2. Ngomong pakai Bahasa Inggris di depan cermin

Untuk bisa berbicara dengan Bahasa Inggris dengan gaya yang natural atau nggak kaku, kita memang butuh banyak latihan. Salah satu latihannya adalah dengan berbicara di depan cermin.

Ini penting banget menurutku sih, teman teman. Dengan ngomong di depan cermin, kita jadi tahu ekspresi wajah kita, bentuk mulut saat mengucapkan kata kata dan semuanya.

Dulu saat kuliah dan akan presentasi, ngomong depan cermin itu udah jadi kegiatan wajib buatku. Setelah materi aku susun dan slide presentasi jadi, sembari ngapalin materi aku selalu mencoba presentasi di depan cermin dan mengumpulkan percaya diri di situ. And it works !! Aku jadi presentasi dengan percaya diri tanpa gugup dan canggung.

3. Rutin mengirim voice note/video note ke partner/teman.

"Gimana kalau partner kita jauh?"

So easy! Era digital semacam ini benar benar membantu kita untuk belajar Bahasa Inggris in a fun and simple way. Tinggal kita rutin aja saling kirim voice note ke teman kita. Selain partner kita bisa emndengarkan, kita juga bisa dengarkan sendiri rekaman kita plus kita cek dan perbaiki entah kecepatan berbicara, pronounciation, intonasi dan sebagainya.

Bahkan sampai sekarang karena aku lagi nggak di lingkungan yang nggak mendorong aku untuk belajar Bahasa Inggris, voice note adalah satu satunya jalan aku bisa berkomunikasi dengan Bahasa Inggris dengan partnerku. Setiap hari kami saling berbalas voice note dan membicarakan tentang bermacam macam topic.

Jadi, kami membuat seperti speaking challenge yang mana setiap hari satu dari kami akan memberikan satu topic dan yang lainnya wajib menjawab atau memberikan opini tentang topik itu via voice note dengan durasi tak boleh kurang dari satu menit. Sound interesting, khan?

4. Ambil les Bahasa Inggris

Untuk teman teman yang punya budget lebih dan memang ingin belajar Bahasa Inggris, mengambil les Bahasa Inggris juga aku rekomendasikan. Hanya saja, harus pilih pilih mana les yang bisa mengajarkan Bahasa Inggris dengan efektif, efisien dan menyenangkan. Bukan hanya ngajarin Grammar terus suruh ngerjain, gitu aja terus sampai tamat. Toh yang kita perlukan adalah mengaplikasikan ilmu dan kosata kata Bahasa Inggris yang kita punya ke dalam percakapan/aplikasinya.

Jadi, memilih les Bahasa Inggris "English Converssation" atau les yang khusus belajar cara berbicara/berkomunikasi dalam Bahasa Inggris itu lebih baik.

5. Rekam suara sendiri/ Videoin diri sendiri saat kita ngomong Bahasa Inggris.

Selain kirim voice note ke teman atau berbicara di depan cermin, cara ini juga ampuh banget untuk membuat kita tertarik ngomong Bahasa Inggris. Bahkan, kita bisa menyimpan hasil rekaman itu dan kita dengarkan lagi semisal sebulan kemudian. Dengan begitu, kita bisa tahu progress kita sendiri dalam belajar Bahasa Inggris, semisal kosa kata jadi lebih bervariasi, kecepatan lebih teratur, pronounciation lebih bagus, dan lain sebagainya.

6. Bergabung dalam forum/komunitas Internasional dan aktif berkomunikasi

Ini dia cara yang menurutku menyenangkan banget! Kita bisa bergabung di forum yang sesuai dengan hobi kita, misalnya game online, K-pop lover, atau komunitas belajar Bahasa Inggris Internasional dan aktif terlibat di sana.

Kita pasti berkomunikasi dalam Bahasa Inggris di forum itu sehingga kosakata kita menjadi lebih kaya dan kita juga jadi lebih terbiasa berkomunikasi via Bahasa Inggris.

Kita juga bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi lebih untuk terus belajar atau belajar tanpa sadar kalau kita sedang belajar. Lha kan kita lagi ngomongin game online, cuma nngomongnya pakai Bahasa Inggris. Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui jadinya.

7. Belajar dari lagu Barat

Yang ini teman teman pasti udah tahu ya. Belajar Bahasa Inggris juga bisa dilakukan dengan mendengarkan lagu Barat ( dan memahami isinya dan mencari kata yang tidak kita tahu). Kalau belajarnya cuma mendengarkan saja khan percuma. Jadi, harus berusaha mengerti arti lagunya juga.

Dengan mendengarkan lagu kita juga bisa belajar pronounciation/pelafalannya. Apalagi belajar lewat lagu kesukaan kita mah pasti cepet ngertinya. Menyenangkan lagi!

8. Menggunakan subtitle Bahasa Inggris saat nonton film

"Aku tuh kadang pingin belajar Bahasa Inggris lewat film. Tapi mau sekonsen apapun sampai nggak kedip pun aku nggak ngerti yang mereka omongin."

Pakai subtitle dong! Memang bahasa yang dipakai dalam film adalah bahasa yang mereka gunakakan sehari hari dengan kecepatan ngomongnya pun yang biasa mereka pakai. Untuk kita yang masih belajar sering menemukan kesulitan untuk mencernanya. Jadi, pakai saja subtitle tapi subtitle Bahasa Inggris jadi kita bisa mencoba mendengarkan sambil membaca apa yang mereka katakan. Jadi, ngerti deh.

Dulu aku juga suka banget nonton Drama Korea. Supaya nontonnya bisa sambil belajar, aku pakai subtitle Bahasa Inggris. Dengan begitu aku bisa melatih reading skill aku. Plus kalau aku nggak ngerti artinya, tinggal aku pause dan cari dulu di kamus lalu aku catat. Kosakata jadi banyak juga. So fun, isn't it?

9. Membaca novel/artikel Bahasa Inggris

Jelas, membaca artikel/novel dalam Bahasa Inggris akan sangat membantu kita dalam memperkaya kosakata dan mengerti penggunaan grammar. Apalagi membaca novel kesukaan kita. Sekalian me-time sekalian memperkaya kosakata deh.

Semua tips ini sudah aku kupas tuntas bersama partner ku alias sahabatku sepanjang masa yang sampai sekarang juga masih selalu kirim kiriman voice note dan belajar Bahasa Inggris bersama; Mashlahatul Umami. Berbeda dengan aku yang memang kuliah di Fakultas Bahasa Inggris, dia kuliah di jurusan Kehutanan. Tetapi dengan semangatnya belajar Bahasa Inggris dan keinginannya yang kuat untuk mendapat gelar Master of Forestry, akhirnya dia lulus S2 dari Universitas of Melbourne dengan mendapatkan beasiswa AAS.

Kok bisa? Silahkan tonton sampai habis ya teman teman. Jangan lupa like, comment, dan subscribe :)



Keep learning, keep shining!

22 comments

  1. Saya syukaa dengan tips-tips nya!
    Pernah mencoba beberapa kali, bikin partner speak english dengan adik. Tp hanya untuk chat saja. Kendalanya belum bisa konsisten.

    Nah, alhamdulillahnya sekarang saya punya circle teman2 sesama remote worker, dimana setiap chat di forum kerja harus menggunakan bahasa Inggris, walaupun sesama dari Indonesia. Yah, kalau sudah begitu mau ngga mau kan.. Modal nekat dan pede aja. Dikit2 ngintip google translate.

    Tp kayaknya harus upgrade diri nih. Saya akan praktekkan tips-tips yang lain.

    ReplyDelete
  2. penting banget di catat ini, karena saya bisa nya b.inggris juga cuma sedikit-sedikit.
    yapi kalau membaca novel b.inggris saya makin nggak mudeng.. hehe

    ReplyDelete
  3. Saat mempelajari bahasa asing - termasuk bahasa daerah juga (kan asing nih di telinga, hahaha) - seorang partner memang dibutuhkan. Yang namanya bahasa mau kita gunakan untuk apa, sih? Tentunya untuk berkomunikasi, kan? Sudah tentu, harus langsung praktek komunikasi dengan berbicara atau menulis. Selama apapun kita mempelajari suatu bahasa, selama nggak pernah praktek, yakin nggak akan pernah bisa. Jangankan bahasa asing, saudara-saudara kita di daerah bahasa Indonesia-nya juga kagok, kan? Iya, karena mereka lebih sering berbahasa daerah daripada bahasa Indonesia.

    Aku seperti dijewer, nih. Udah lama juga nggak berkubang dengan Bahasa Inggris. Mau ah, praktek-praktek ngomong lagi di depan cermin. Soalnya dulu begitu juga, hehehe ...

    Thanks nih udah diingetin.

    ReplyDelete
  4. Jadi malu. Litle litle sih I can mba. Kudu ningkatin obrolan biar ga na nu na nu kalau lagi berkomunikasi nih haha

    ReplyDelete
  5. Masing-masing punya triks mana yang mudah ya mbak...
    kalau suami saya katanya dulu belajar dari lagu.
    Kalau saya mencari partner jadi banyak bicara.
    Makanya sekarang saya ngajarin anak ya dengan banyak bicara.
    Grammar yang comlicated ntar belakangan saya akan masukkan dia kursus kalau sudah cukup usia. Untuk sekarnag dia banyak bicara dan tidak takut salah sudah menjadi point plus.

    ReplyDelete
  6. Yg utamanya memang practice, kawanku lancarnya pas dia jd guide. Aku yg ikut aneka kursus jd kalah jauh hehe

    ReplyDelete
  7. tips ke 8 yang sering saya gunakan, saya selalu memakai subtitle bahasa inggris tiap nonton film hollywood hehe

    ReplyDelete
  8. Waktu SMP, saya juga belajar bahasa Inggris dengan bercakap tatap muka langsung dengan turis yang banyak datang ke Kampung kami di kampung naga, Tasikmalaya. And it works!

    Jadi praktik ini emang banyak membantu sekali ya
    Kuncinya jangan malu untuk cas cis cus dan jadikan kesalahan sebagai pembelajaran

    ReplyDelete
  9. He he jadi inget banyak ortu protes kok anaknya les Bahama Inggris belasan tahun tetep ga bisa cas cis cus

    Ya iyalah, ngga dipake conversation :D

    ReplyDelete
  10. Iya juga ya.
    Saya dikasih tau teman, dia jago inggris karena donlot subtitel film selalu bahasa inggris. Trus saya ikutan deh. Awalnya berat. Sama sekali tak bisa menikmati filmnya.
    Sampai sekarang masih terseok-seok mencerna subtitel, hehe...

    ReplyDelete
  11. Belajar bahasa Inggris memang penting ya mbak. Meskipun belum lancar, yang penting semangat dan terus berlatih ^^

    ReplyDelete
  12. Thanks, for sharing sista. Dulu waktu kuliah sering ngelakuin hal tersebut, tapi sekarang entah kenapa sudah mulai surut minatnya untuk belajar bahasa Inggris. Jadi, sudah kaku ketika speak english.😥

    ReplyDelete
  13. Membaca tips yang nomer 7 aku jadi ingat saat aku SMP. Guru bahasa inggrisku sering mengajak kami belajar bahasa inggris lewat lagu Barat. And I like and enjoy it

    ReplyDelete
  14. Pas banget mbak tips nya 😊 kadang yg belajar autodidak bisa lebih cepat menguasai Bahasa Inggris, tp agar tetap tepat dalam penggunakan kata/kalimatnya kita perlu juga belajar dg ahlinya seperti bimbel atau les 🤗 thanks tipsnya mbak 🤗

    ReplyDelete
  15. Tips nomor 2, 7 dan 8 saya bangettt kwkwwk.

    ReplyDelete
  16. Dari dulu aku ga bisa berbahasa inggris, tapi setelah baca tulisan kakak 9 cara belajar bhs inggris yg menyenangkan. Tertarik juga nih ...

    ReplyDelete
  17. Memang deh paling ces pleng tuh bisa karena terpaksa hahaha. Maksudku, cemplungin langsung di luar negeri atau komunitas atau wilayah yang aktif berbahasa Inggris. Anakku pernah mengikuti program di Pare Kediri selama sebulan dari sekolahnya di MTsN 4 alhamdulillaah cukup membantu 😍

    ReplyDelete
  18. Wah keren mbak Meykke. Saya juga memanfaatkan inet buat belajar bahasa.Kalau ngomong kyknya bisa dikit2 tapi nulis nih yg kyknya saya banyak salah nya hehe. Pengen jg les bahasa inggris buat me time dan belajar lg jdnya deh :D

    ReplyDelete
  19. Mantap tipsnya,,
    Makasih banyak mbak..
    Yg penting emang praktek ya

    ReplyDelete
  20. Jaman masih ABG dulu aku belajar bahasa inggris pakai lagu. Jaid ingat jaman dulu. Sekarang bahasa inggrisku mati suri mbak. Jarang dipakai soalnya. Nggak ada partner ngomong inggris juga. Kalau lagi nonton film aku paksain dengar langsung ucapan pemainnya. Biar nggak ilang kosakata yang sudah nempel.

    ReplyDelete
  21. Bener banget nih, Mbak semua tipsnya. Dulu jaman remaja suka kupraktekkan tuh yg ngomong di depan cermin. Tapi sayangnya makin ke sini makin jarang latihan. Huhu.

    ReplyDelete
  22. Nah...bener tuh poin-poinnya. Termasuk dengan membiasakan diri di keseharian menggunakan bahasa Inggris untuk percakapan. Oh iya yang suka dengerin lagu-lagu barat juga bisa jadi cara simpel untuk terbiasa dengan kosa kata bahasa inggris

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)