Piknik Asik ke Eling Bening Ambarawa



Satu hal yang paling menyita perhatian saya tiap kali saya ke sini adalah pemandangan menakjubkan yang bisa kita nikmati dari atas ; bentangan kebun kopi dan sawah yang seakan dipisahkan oleh satu jalan aspal yang meliuk liuk dengan Rawa Pening di ujung mata terkepung gunung Andong, Merbabu dan Telomoyo yang gagah perkasa. Pendek kata, KEREN BET!

Tak hanya itu, kita juga bisa memacu adrenalin dan menikmati lebih dekat pemandangan itu di atas kapal siluman naga! Makin penasaran nggak aku ada dimana nih sekarang? Yapp! Aku lagi piknik tipis tipis ke ELING BENING! Tak hanya pemandangan yang luar biasa indah, Masyaallah, tapi kita juga bisa lho menikmati berbagai fasilitas di tempat ini.


ALAMAT/LOKASI ELING BENING

Credit foto Ig @vegaviditama

Pace yang emang kadang suka bikin kejutan dadakan, pagi pagi udah ngajakin kita jalan jalan ke Alun Alun Ambarawa. Eh, habis makan di sana tiba tiba Pace ngajakin kita ke Eling Bening! Yes, Eling Bening itu ada di Jalan Jalan Sarjono, Bawen, Kabupaten Semarang. Tepatnya ada di kawasan Bukit Ngrawan. Jadi, teman teman pasti bisa lihat pucuk Eling Bening dari jalan Lingkar Ambarawa itu. Jelas deket banget juga dari Alun Alun Ambarawa.

FASILITAS ELING BENING


Kami yang memang pecinta pemandangan indah, macam gunung gunung, sawah, perbukitan gitu cocok banget ke sini. Bisa refreshing sekalian olahraga karena tempatnya luas dan berbentuk macam terasering gitu jadi pasti kalau turun ke taman bunga atau playground atau kapal naganya, nanti pulangnya naik. But believe, it’s worth it!
Jangan lupa berfoto juga di icon yang ada di balkon panjang dan bertingkat yang menghadap langsung ke pemandangan ya :)
Pertama masuk kami langsung ke semacam balkon yang mengarah langsung ke Rawa Pening. Kita juga bisa turun ke bawah untuk berfoto di kapal naga atau taman bunga yang ada di sisi kanan. Bisa juga berfoto macam di ujung jembatan. Di sini mah semuanya hampir instagramable. Bahkan, pembangunan ada dimana mana, genks!



Turun ke bawah sana, kita bisa berfoto di atas kapal naga. Kayak berasa terbang gitu, genks!

Nah, bagus khan!

FYI, dulu saat kami ke sini sebelum menikah nih, Eling Bening masih mengandalkan bangunan utama saja berupa restoran dengan balkon panjang. Tapi semakin ke sini, fasilitas makin lengkap dengan luas bangunan yang semakin besar!


1.Kolam renang outdoor
2.Restaurant
3. Cafe Garden resto
4. Outbond ( Archery area, flying fox, hill tracking area)
5. play ground (anak anak dan dewasa)
6. Camping ground
7. Taman bunga
8. Lokasi selfie
9. Meeting Room
10. Wedding party
11. Stage ceremonial and shows
12. Kapal Naga

Setelah puas menikmati pemandangan dan berfoto foto, kami lalu bergeser ke bagian kiri dengan pemandangan kolam renang. Tapi teteup masih dapat pemandangan zuperrr itu. Di sini bisa banget nih kita duduk duduk sambil melihat pemandangan plus menikmati angin sepoi sepoi. Tapi, kalau ke sini jangan terlalu siang juga, genks. Kalau siang mah ya panas juga namanya juga di pucuk bukit.

Kolam renang yang luas dan selalu ramai
Berfoto di sisi kiri Eling Bening. Bisa lihat pemandangan di kolam renang dan pemandangan rawa Pening. So cool!

Dan jangan harap ada pedagang asongan atau pedangan kecil di dalam. Sejauh mata memandang nggak ada tuh pedagang let’s say jagung bakar, sosis bakar atau cilot. Jadi, kalau mau makan ya di restoran utamanya. Atau kalau mau ngirit, banyak juga yang bawa makan sendiri.

Untuk buibu yang masih punya anak bayik macam saya nih, duh nggak kuat rasanya kalau turun dan merasakan sensasi naik kapal naga. Saat itu selain capek naiknya juga hawanya udah mulai panas jadi takut Julio kepanasan. Akhirnya, kami mampir ke restorannya saja. Nah, karena baru aja sarapan di Alun Alun Ambarawa, jadilah kami hanya memesan jus saja sambil leyeh leyeh bentar di kursi sebelum pulang. Well, it’s such a short escape!


Buat teman teman bisa banget nih mencoba banyak fasilitas di tempat ini. Bisa foto foto di banyak spot, duduk duduk pacaran lihat pemandangan sambil meneropong masa depan, berenang, nyobain flying fox, makan di restoran, atau bisa juga mencoba memanah atau mendaki bukit. Ah, jalan di antara bunga bunga macam film India juga bisa. Eh, orang nginep juga bisa di camping groundnya. Nah, kurang apa lagi coba? Padahal masuknya itu murah lho, genks!

JADWAL DAN HARGA TIKET MASUK

Kita bisa mengunjungi Eling Bening mulai pukul 08.00 sampai 18.30 WIB di hari kerja dan 07.00 sampai 18.30 WIB di akhir pekan. Untuk harga tiket masuknya saat saya ke sana sih masih 15k alias Rp. 15.000. Tapi, harga up-to-date tertulis Rp.20.000 untuk masuk dan dikenai biaya tambahan Rp.20.000 lagi jika ingin berenang.  Harga minuman dan makanannya sendiri berkisar 20.000 sampai 50.000an saja.

TIPS MENGUNJUNGI ELING BENING

1.Tidak mengajak anak.

Well, I think Eling Bening isn’t children-friendly. Medannya yang naik turun dengan sedikit kanopi di area balkonnya jelas menyusahkan bagi para ibu ibu yang menggendong atau mengajak anak jalan jalan ke sini. Jadi, kalau teman teman ingin puas menjelajahi tempat ini, just have a visit with friends or mate.

2.Berkunjung di pagi hari atau sore hari.

Menurut pengalaman saya pribadi, lebih enak ke sini saat pagi pagi sekali atau sore sekalian. Karena kalau sudah jam 10 ke atas itu panas.

3. Memakai sepatu/alas kaki yang tepat.

Moreover kalau teman teman ingin tracking atau explore semua fasilitas Eling Bening. Medannya nggak datar sih, genks. Dia turun curam gitu jadi lebih enak kalau pakai sepatu sih, jangan high heels atau wedges. Repot!

4. Bawa bekal sendiri, why not?

Di area ini teman teman nggak akan menjumpai pedagang kecil. No cilot, no jagung bakar ataupun at least penjual mejon atau aqua keliling. Jadi, kalau ingin simple dan juga ngirit, bisa nih bawa snack atau makanan dan minuman sendiri. Khan enak tuh lihat pemandangan sambil ngemil sambil pacaran sambil meneropong masa depan. Hmmm...

5. Bawa kamera is a MUST!

Wajib banget mengabadikan momen berlatabelakan pemandangan nih, genks!

Ayah Julio

Atau at least HP dengan fitur kamera yang bagus. Karena harus banget nih kalau udah di sini foto foto fi berbagai tempat demi feed instagram yang ciamik plus momen yang terabadikan dengan sempurna.

Bagaimana? Kalau teman teman berkunjung ke Ambarawa, harus banget mampir ke Eling Bening. Udah tempatnya terjangkau dan mudah ditemukan karena dekat dari jalan Kabupaten Semarang-Magelang, murah meriah plus pemandangannya MasyaAllah indah bener dengan segala fasilitas yang bikin liburan jadi menyenangkan.

Jadi, kapan yuk ke Ambarawa?










8 comments

  1. Uwihh eling bening 😄
    Belum pernah kesampean terus mau maen kesini hahaha

    ReplyDelete
  2. Wah pedahal aku besok mau ke Ambarawa sama anak-anak. Pengen ke museum KA dan Rawapening. Nah kalo ke sini ribet bawa anak ya kayaknya dicancel deh ehehehe. Tunggu si kecil gedean dikit.

    ReplyDelete
  3. Wajib dtg k Eling Bening kalau lewat Ambarawa... Kereem mbak. Thanks infonya. :)

    ReplyDelete
  4. Setuju!
    Memang benar-benar bening, euy!
    Aku baru tahu tempat ini.
    Jadi dekat dari jalan kabupaten Semarang-Magelang
    Note, mba^^

    ReplyDelete
  5. Namanya keren ya, ah jadi penasaran Mba...semoga suatu saat bisa kesana..

    ReplyDelete
  6. aku lgs kepikiran, kayaknya kalo mudik ke solo, berhubung jogja udh selalu rame, mending main kesemarang sini sih :D. sama2 deket jg dr solo.

    makin banyaaaak dan beragam ya mba widata di semarang skr. slama ini aku kalo ke solo cm ngelewatin doang atopun mampir hnya utk makan, trus lanjut solo. jd blm prnh eksplor wisata2 semarang

    ReplyDelete
  7. Nahh ini baru keren pemandangannya mbak. wkwkwk
    Mantapsss

    ReplyDelete
  8. berat banget ya berarti bawa Julio ke sana. jadi macem olahraga sendiri. gendong Julio sambil naik turun medan di sana. turun berapa kilo buk dari sana? wkwkwkwk XD

    tapi seru lho kelihatannya. jadi pingin main ke sana juga. kolam renangnya tuh yang paling bikin mupeng. itu kolam arus?

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)