MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

TIPS JITU DAN MUTAKHIR MENEPIS HOMESICK !! ( Bab 2 )

TIPS JITU DAN MUTAKHIR MENEPIS HOMESICK !! ( Bab 2 )
Add Comments
Sabtu, 05 Oktober 2013
“Widih...udah bangun lo Al??”

“Udah nih Mey, seger banget gue habis tidur sore Mey...mandiin dong Mey...”

“Ogah Al, kapan kapan aja deh males gue pingin leha leha biasanya kagak bisa nih...”

“Lo malam minggu gini nggak kemana mana emang?”

“Kagak. Orang gue juga nggak tau mau kemana, mana nggak tau jalan pula. Yang pasti pasti aja di kost gitu nopi sama leyeh leyeh aja. Cari yang aman...”

“Kalau gitu sini aja Mey, gue dikasih tau tombo ati homesick yang kedua...”

“Owh iye, jadi gini Al tips menepis kegundahan hati karena homesick. Tadi khan yang pertama udah katam yak, Berdoa dan Beribadah mengingat Alloh Maha Membolak Balikkan HatiHamba-Nya, sekarang yang kedua adalah...”

2. TATA KAMAR SENYAMAN MUNGKIN

Iye. Tau sendiri kalo udah ngekost udah bukan my home my paradise, tapi jadi my boarding house my paradise.. Mau yang kuliah, mau yang kerja kalau menganut sistem merantau pasti pulang pulangnya juga ke kamar kost.

Pulang kerja gue udah capek banget gitu yak. Mana masih baru baru masih masa adaptasi dari berbagai sisi. 

Adaptasi keadaan kerja, adaptasi kerjanya itu sendiri, adaptasi tempatnya, adaptasi orang orangnya beserta adaptasi budayanya. Walopun sama sama orang Indonesia, jelas watak orang Jawa dan watak orang orang Jakarta udah beda jauh tanpa ada maksut buat over-generalized ato temennya. Waktu di Jawa gue nggak perlu harus pinter pinter ‘baca orang’ karena hampir semua orang ber-type sama. Naaah, kalo di sini...waduuuh...banyak orang dengan berbagai varietas watak.

Nah, udah gitu pulangnya malem, capik gitu saking capeknya,

“Ngeeeeeek...”, gue buka kamar dengan sisa sisa tenaga yang gue punya.

“Ceklek!” gue idupin pentolan lampunya.

“Byarrrr...." Semuanya terlihat. Gue layangkan pandangan ke pelosok kamar gue.

Kasur posisinya udah malang melintang, gue lirik ke tembok,

“Wuaduuuuh!!!” baju ada celana, ada kaos, ada jilbab, gemelantung menuhin hunger. Gue langsung melemparkan pandang ke tembok yang lain, nggak kuat gue. Waktu gue mau duduk, maksutnya menghela napas sejenak gitu, wuaduuuh!

“Prang!!” ada sesuatu yang hancur di balik kasur!


Lalu gue angkat tu kasur warna pink kembang kembang, tuh mangkok udah broken into pieces bener, sampai per kepingnya udah nggak bisa dibagi lagi menjadi dua. Oke, gue alay. Ini mangkok, bukan hati.

Ternyata gue....dudukin mangkok sendiri, gue nggak sempet besok makan pake apa, mungkin gue bisa makan langsung dari magic com, who knows...

Udah.

Gue laper nih ya, gue mau makan. Gue buka tu magic com, lah...ni nasi harusnya warna putih, tapi kok sekarang jadi coklat...gue sentuh. Oke, nasi sudah menjadi aking.

Ya udah gue mandi aja kali. Tapi gue haus, mana galon gue manaaaaa....oke di pojokan. Gue mompa dulu nih, dispenser gue belum mampu.

“Sroook..srok...srook...” begitu bunyinya. Udah gue mompa sampe mau encok, nih air Cuma keluar tes tes bunyi hujan di atas genting, airnya turun sangat terhingga tapinya. Ternyata selangnya udah nggak bisa menggapai air yang udah tinggal tetes terakhir. Gue makin kalap.

Hidup macam apa iniiiiiiiiiiiiiiiii!!! Nggak di kampung, nggak di kota kayak gini semuaaaaaaaaaaaaaa....

Gue marah!! Terus gue manjat manjat tembok! Gue mau makan beling tapi gue cuman punya botol plastik bekas Mizon*.

Gue jadi galau maksimal. Udah kerjaan berat amit saking amatnya, sampe kost juga kamar udah kek kapal Titanic, udah gitu Jack mati pula. Khan gue sedih.

Homesick gue jadi memuncah muncah menghadapi ini semua, gue mau tidur juga gue bingung nih bantal tadi gue buang kemana.

“Tuhaaaaan, kenapa hidup gue begini Tuhaaaaaaaaaaaaaaaaaaaan....kenapa harus guee???? Kenapaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!”


----------------------------
“Nah, kek gitu kalau misalnya kamar kost nggak dibuat senyaman dan sebersih serta serapi mungkin, Al...”

Alif cuman manggut manggut tanda mengerti.

Jadi, biar mimpi buruk itu nggak menghinggapi kit, kita harus jaga kamar kost sebagus mungkin. Tiap hari dibersihin, stok stok diperiksa biar kalau pas butuh udah ada. Terus juga jangan lupa tiap hari disapu juga dipel, udah gitu, barang barang ditata serapi mungkin dan kalau misal belum ada meja, sebisa mungkin jangan banyak barang yang ditaruh di lantai. Soalnya semakin banyak gitu yah yang berserakan di lantai nggak ditaruh di lemari apa digantungin nanti mau ngepel dan nyapu jadi semakin males karena udah males duluan mau nyingkirin tuh barang...

Biar nggak ada semut, bisa di lekukan tembok sama lantai tuh digarisin sama kapur yang buat nglemparin semut semut ke syurga...kalau semut aja ogah, apalagi kecoak...

Terus gue pernah baca buku nih ya, biar kamar semakin nyaman dan semakin asoy, bisa tuh ditempelin foto foto kita pas kemanaaa gitu, ato foto foto sahabat kita, ato keluarga kita gitu... Nah, waktu gejala homesick melanda, tinggal layangkan bola mata ke tembok penuh warna dan cerita itu, dan

“violaaaaa...”



Believe it or not, happiness will surely come to you! Jadi inget masa masa indah, kayak we bring it here. Terus juga bisa ditempelin ke quotes quotes yang bisa boosting mood gitu.

Misalnya kek

“Keep Your Head Up, Keep Your Heart Strong!”

Bisa juga,

“For beautiful eyes, look for the good in others, for beautiful lips speak only words of kindness and for poise walk with the knowledge. You are never alone.” –Audrey Hepburn
“Becik ketitik olo ketoro.”
“Lemah lemah teles, sing Kuoso sing mbales”
Apa aja gitu yang kalau baca tiap pagi bisa yang kek jadi pematik pistol gitu. Atau tulis misalnya target atau cita cita atau apapun itu. Dan kalau bisa ditempelin di depan kasur yang kalau kita melek langsung berhadapan gitu.

Jadi kalau mau homesick udah ditangkis duluan.

“Hiaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaattttt!!”

Al cuman manggut manggut tanda “manut we lah...”

Intinya, jangan nambah masalah hidup! Sebisa mungkin karena hidup aja ya udah lumayan sulit jangan dipersulit dengan hal hal yang seharusnya kita bisa ngilangin masalah tersebut. Yak gitu ajah.

“Ada lagi kagak Mey??”

“Adaaaaa, tapi gue mikir dulu napa Al...”

“Ya udah besok gue dikasih tau yak Mey...waktu lo mandi tadi, gue sempet ngobrol sama si Kion. Katanya dia juga homesick, lo sih ngajakin dia ke sini..”

“Lah, kalau nggak ada dia mah gue bisa mandi keringat di sini. Ya udah besok ajak aja diskusi kita biar nanti dia bisa ngamalin ilmu yang kita diskusikan...”



-bersambung-
Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. lah ini setuju banget, aku jg suka ngerasain kaya gitu, capek pulang ngampus, balik-balik pengen tidur tp harus liat pemandangan kamar yg nggg ah sudahlah,nah bener tuh kak, aku jg masang2 foto bair kalo kangen tinggal liat fotonya lumayan sedikit mengobati :D

    BalasHapus
  2. ya ampun kirain AL itu sape mey. haha

    bukan cuma di kosan sih kalo kudu beres, bersih dan rapih di rumah juga kudu begitu, bukan apa2 yang kita tempatin jangan sampe mahluk lain juga ikut nempatin . kaya kecoa, dan mahluk halus lainnya..

    selamat berjuang di kota jakarta ya mey, keep spirit!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, makasih Pik!!! you, too!! semangaaaaaaaaaaaaaaaaaathhh!!! :D

      Hapus
  3. foto yang terakhir bikin ketawa. Tak kira Al itu temenmu kak, taunya...... x_x
    jangankan di kosan, dirumah sendiri aja kalo udah berantakan gabakal konsen ngapa-ngapain. tapi aku sendiri beresin kamar kalo udah bener-bener bingun mau tidur dimana. wkwk

    semangat terus yaa kak mey! ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehehe, menjebak ya??? hahaha, tapi dia cewek kok...

      iya, makasih yaa, cemunguuuuth!!! :D

      Hapus
  4. loh, cuman 1 aja nih -_- sengaja banget dibuat bersambung hehehehe

    belum pernah ngerasain home sick sih. mudahan tips tadi di berguna di masa depan hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo sekaligus banyak bisa jadi novel dong nih Kuh, ntar cuma pada baca judulnya doan khan ntar gue jadi syedih..

      aamiiin dah

      Hapus
  5. waduh rajin amat, tipsnya bersambung ^^

    gw juga klo lagi kangen di rumah, biasanya beresin kamar yang udah berantakan.. hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm?? ni kk ato cc nya cuma baca titlenya doang jangan jangan yaaaak...behehehehe

      Hapus
  6. Gue suka banget sama cerita lo, kak. Hahaha. Ini mah namanya bukan tips, tapi curhat tentang keganasan di hidup lo kan. Udeh, ngaku aja. Yaudah lah. Sabar aja kak... namanya juga idup! :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, makasih Mat ternyata ada juga yang suka #sujudsyukur

      wekekeke, ya itung itung sekali mendayung 2 3 negara terjamah..

      Hapus
  7. Tips nya satu-satu gini ya bikin penasaran._. Kayaknya kak mey ini bukan cuma kena homesick aja deh, juga kena sakit kesepian. Masa iya ngomong sama tas. Haha.. Tapi keren kak, kalo aku di kamar masang posternya Valentino Rossi, lumayanlah cuma 500
    doang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wekekekeke, tau aja Hud.. :p

      waduuuh, masih ada tu poster 500 perak, belinya jaman apa tuh Hud?

      Hapus
  8. walaah Al itu tas ya Ke? MasyaAllah.. kirain -_-

    BalasHapus
  9. foto yang terakhir keren deh hehe

    BalasHapus