MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

Yang Tak Terlupakan dari bis ESTO

Yang Tak Terlupakan dari bis ESTO
Add Comments
Senin, 30 September 2013


“Pak!! Paaaaaaak....!!”

Pak pak pak tapak kaki gue dengan cepat menapaki pinggiran jalanan, melewati deretan ruko di pasar yang tinggal kenangan karena kebakaran itu, sambil terus meneriaki bapak kondektur yang sudah siap siaga berdiri di pinggiran pintu. Bis akan segera berlabuh, dan kali ini gue tidak boleh, sama sekali tidak boleeeh, tidak boleeeeeh......tidak boleh terlambat!! Gue memang mengamalkan "The Power of Kefefet!"

Haaap!! Gue akhirnya bisa meraih gagang pintu dan melompat dengan lincah. Memasuki bis renta nan peyot ini. Duduk di salah satu seat yang kalau ditiup, lembaran debu berpecah pecah di udara. Dan hampir tiap hari tidak pernah berkata ‘tidak’ kepadanya. Bis yang walaupun ibarat hari sudah menginjak senja, tapi toh sangat berjasa.

Ya, bis SARI. Berteman dengan ESTO. Dan salah satu temannya adalah SUKSES. Dahulu kalau mereka juga mempunyai teman bernama REJEKI SUBUR, yang gue tafsir usianya jauh lebih tua daripada sekedar seorang gue. Dan karena terbentur usia, dia ditamatkan saja.

Ah, sudah agak lama gue nggak naik bis bis unyu itu. Gue kangen.

Kangen gue bukan tanpa alasan. Gue udah sama dia selama 7 tahun lamanya. Bayangkan, 7 TAHUN!!!! Sangat jelas selama 7 tahun ini banyak sekali kenangan kenangan yang berhamburan.

Kita pertama bertemu saat gue menginjak bangku kelas 1 SMA, tapi ini tidak boleh ditiru. Bangku kok diinjak injak, kurang ajyar!

Kala itu, tiap pagi, semasa SMA pukul 6 kurang 15 menit gue udah dengan anggun mempesona menunggunya. Gue bahagia tiap dia datang, dan kita berangkat bersama. Di siang hari, kita juga masih bertemu, mengantarkan gue melalui jejalanan dari Salatiga menuju Ambarawa tercinta sejauh 20 km kira kira. Di jalan kita sering bercanda, lalu tertawa lepas. Kita melihat hamparan sawah jauh di kaki bukit itu, lalu kita menciumi aroma bunga kopi setiap kali melewati hamparan kebun kopi berbukit bukit itu. Ah, tiap malam! Apalagi saat malam hari, gue menciutkan badan di balik badanmu, walau dingin merayapi kulit, hangat menyelimuti hati.

“Udah tidur aja nggak papa”, ucapnya begitu.

Sebentar, kayaknya otak gue sedikit cedera. Bukan ini, ini beda perkara lagi.

Oke, fokus. Ini bis. Ini soal bis. Fokus.



Gue sudah bareng dia sejak gue begince....



Sampai gue begindang....



Banyak hal yang terjadi selama 7 tahun itu, banyak kenangan dan hal hal tak terlupakan yang tertoreh, seperti :

1. DIPEPET ORANG MABUK

Siang itu gue pulang sekolah capek banget gitu yak. Gue biasanya duduk di barisan tengah sebelah kanan yang seatnya tiga dan paling pojok deket jendela. Gue paling suka duduk di sana karena space kaki di barisan seat isi tiga lebih lapang dan kaki gue bisa bernapas, juga di samping jendela karena gue bisa melayangkan pandang pemandangan di sepanjang perjalanan yang masih asri sambil bayangin apa kek gitu. Tiba tiba udah mau sampe Ambarawa nggak tau sejak kapan ada mas mas duduk di sebelah gue.

“Sekolah ya dek?”

“Iya mas..”

“Iya dek, sekolah..bahasa Inggris...bagus. testnya juga bagus, test bahasa inggris jaman sekarang...errr...bahasa juga...errr...haik...testnya bagus...”

Gue khan masih polos yak, gue nggak tau apa yang terjadi, lama lama dia mepetin gue di pojok! Mana badan gue mepetable gini, udah gitu lama lama baunya anyirr alkohol lagi. Udah gitu mau keluar nih ya khan udah sampai gitu, eh gue dipepetin sampai nggak bisa keluar. Buset deh tuh sampai gemetaran gue. Untung pak kondekturnya bisa baca situasi, tiba tiba tangan gue dipegang sama pak kondektur terus gue ditarik gitu aja dari seat gue, dan akhirnya gue bisa keluar dari celah itu!!

“Nggak papa dek??” tanya pak kondektur. 

“Nggak...pa..pa...”, ucap gue langsung turun. Badan gue rasanya ringan banget, kayak nggak napak. Gue gemeteran, takut banget sumpah deh tu mas mas mabuk juga siang siang!!

2. BERSAMAMU KU LEWATI MASA SMA

Gue masih inget tahun itu, setelah gue tamat bangku SMP dan move on ke bangku SMA yang jaraknya jauh dari rumah asal gue. Sekitar 25km. Pertama kali gue naik ESTO waktu itu pagi pagi banget! Biasa, siswa baru mah kalau berangkat masuk jam 7 dari rumah 5.30. Kalau udah kelas dua, masuk jam 7 berangkat jam 6. Lah kelas tiga, ini.....masuk jam 7 berangkat jam 6.30 perjalanan 45 menit ditutupin pagar 15 menit, diomelin satpam 10 menit. Ruarrr binasa...

Bagi gue, dari TK, SD, SMP, SMA, kuliah, kerja masa masa yang paling indah adalah sewaktu TK sama SMA! Kalau TK yang gue pikirin tiap hari cuman dua perkara. Besok ada PR apa sama pulang sekolah mau mainan apa. Nah kalau SMA, walau pun yang dipikirin banyak perkara juga mengalami labilasi dan tak jarang konspirasi kemakmuran hati menerpa, tapi teman temannya, momentnya keseruannya itu nendang banget. 

Salah satu yang bikin tak terlupakan adalah moment naik bis SARi dempet dempetan di waktu pagi.

Iye, dempet dempetan. Kalau gue lagi nggak beruntung nih ya, gue bisa berdiri karena nggak kebagian tempat duduk dari Ambarawa sampai Salatiga! Desek desekan gitu sama temen satu sekolah atau pun dari sekolah lain. Tapi selagi bareng temen gitu ya, everything seems beautiful!

Kadang juga janjian bareng sama Uma, Ellen, Dany, temen temen deket gue yang i lop you pull pokoknya.

Yang gue inget, tiap gue nglewatin belokan sebelum pasar sapi Bawen, gue longok longok ke arah jendela tuh, gue liat Dany siap sedia menghadapi dunia apa nggak.

Aha, Dany noh ada...pake rok panjang kemeja putih bersih panjang sama jilbab dengan jahitan semacam gerigi yang membingkai wajahnya. Ah, sampai sekarang gue juga masih inget bentuk Uma waktu masih pake baju SMA dan juga rupa Ellena berbalut putih abu abu. Kayaknya baru kemaren!!!

Dan begitu gue masuk kuliah, mereka bertiga mengambil langkah jauh ke luar kota semua. Dan gue? Naik aja terus bis SARI di empat tahun berikutnya. Gue kuliah di kota yang sama.

Pertama kali naik bis SARI dengan baju bebas, dengan jam yang tidak seperti biasanya, dengan tanpa mereka itu rasanya nyesek bangeeet!! Gue termenung gitu ya di dalam bis, kenapa tiga tahun rasanya cepet banget.... Kayaknya baru kemarin seru seruan naik bis bareng sekarang udah pada jauh jauh menggapai cita cita masing masing...

Well, it is how life works, indeed!

Ah, ini baru seglumit kenangan tentang bis ESTO yang bersejarah, bis SARI yang makin upgrade dan bis SUKSES yang tiap gue naik gue bilang, “Aamiin ya Alloh Aamiin ya robbal alamien..”

-bersambung-
Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Heiheieiheei asyikkkkkk ada istilah baru nih "The Power of Kefefet" hieiehiehie. Unik dan menark. Izin mau saya pakai di artikel saya lainya ya iheiheihiehiee

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, itu udah ada dari dulu pak..hehe, wah silahkan sekali dicomot saja :D

      Hapus
  2. kenangan bersama bis toh..
    wawwww tujuh tahun.. lama benar
    .. pantas saja berkesan bngt dengan bis ESTOnya ... apa selama itu gak ada acara cinlok di bis kak hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaah..hehehehe...
      wah cinlok sama sapa?? sopirnya apa kondekturnya??? hahaha..kagak kan dulu aku punya....ah sudahlah

      Hapus
  3. kenangan bersama bis toh..
    wawwww tujuh tahun.. lama benar
    .. pantas saja berkesan bngt dengan bis ESTOnya ... apa selama itu gak ada acara cinlok di bis kak hehehe

    BalasHapus
  4. kenangan bersama bis toh..
    wawwww tujuh tahun.. lama benar
    .. pantas saja berkesan bngt dengan bis ESTOnya ... apa selama itu gak ada acara cinlok di bis kak hehehe

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. wew emang yang namanya tempat dengan potongan kenangan itu kadang bikin nyesek :")
    Naik bus ga pernah sesyahdu ini :")

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, nyesek banget niiih, kelewat syahdu niiiih... duh atiku

      Hapus
  7. kalo gue mah dari kelas 2 sd sampe kelas 6 sd naik oplet terus, sampe hampir semua supir opletnya gue kenal -____-

    BalasHapus
    Balasan
    1. wawww, rigil terkenaaaaal.... *dikalanganperangkotan sippppp banget!!

      Hapus
  8. Kalo aku mah dari tk sampe sma di antar jemput trs :| jd jarang2 make transportasi umum, paling juga ojek haha
    *curhat*

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah cc Lidya belum begitu banyak merasakan pahit getirnya dunia nih kayaknya...

      Hapus
  9. cerita tentang bis toh tenyata mbak hahahaha
    kalau gua naik angkutan umum cuma pas smp aja sih, sd jalan kaki, sma pun bawa motor. kalau naik bis rasanya aneh dan lama banget, maklum bogor kadang macet bgt :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalo naik bis di Bogor ato Jakarta mah beda cerita..kalo ESTO itu bebas macet terus di sepanjang perjalanan bakalan disuguhin pemandangan gunung dan bukit ijo royo royo, nglewatin sungai nan jernih beserta semerbak harum bunga kopi karena banyak bunga kopi bermekaran, terus udaranya bebas polusi...udara sejuk cenderung dingin...ah, kangen

      Hapus
  10. Oh ceritanya ini lagi bernoslagia toh. Hehehe.
    Kalo jaman gue pas sekolah naik bis, niatnya pasti udah ga bener.
    Cari musuh...... buat tawuran. Istilahnya "ngalong" -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh nggak bener nih sampe tau istilah ilmiahnya segala noh si Rahmat...tapi emang dulu juga banyak gitu anak anak SMA gitu dia pada teriak teriak gitu di bis...buset deh rame banget urakan!

      Hapus
  11. Hahahaha... ini nama bis di tiap kota emang harus gitu ya. di tempat gue nama bisnya FAJAR INDAH #Apaan! hahahaha... :D
    Ka Mey, waktu ditarik sama Kondektur bis sambil tatap-tatapan cinta gak? Wuihhh kerennn... udah kek FTV. cerita dong.. cerita.. kisah kasihnya sama Om kondektur #eh Hahaha xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah istimewaaaa.....hahahaha
      ah lu mah kalo ngomen nggak pernah keluar dari cinta cintaan Rick...nggak sempet Rick, mukanya pak kondektur aja gue udah lupa, tapi jasanya akan gue kenang sepanjang masa. Pasti!

      Hapus
  12. ahhh aku gapernah naik bis sendirian -_- pengen gitu naik bis, terus duduk di pinggir cewe lugu, terus gue pepet-pepetin sambil pura-pura mabuk, pasti keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. eh buset deh Hud, gitu amat yak malah jadi inspirasi -.-

      Hapus
  13. Naik bus desek desekkan udah sering dulu enam tahun SMP-SMA. Rasanya geraaah, tapi nggak terlupakan kaya Meyke ini.

    Enak ya busnya. Ditunggu cerita selanjutnya^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, so memorable ya....

      iyaaaa, tunggu ya mbak yaaa... :) jadi semangat nulis ni :)

      Hapus
  14. meyke...... kenangan terindah yang tak terlupakan,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Ekaaaaa...kenangan naik bis sambil ngomong soal skripsi sama kamu juga itu memorable Kaaa...semangaaaattth!!!!

      Hapus