Wednesday, 15 November 2017

Yuk Ikut Pemeriksaan PAPSMEAR dan SADARI secara GRATIS di Lab Kimia Farma!


"Aduh bagaimana ini?"

"Lemes saja coba mbak ya...kalau tegang nanti malah susah.."

"Saya takut mbak."

"Nggak papa kok, cuma sakit kayak digigit semut."

Saya hanya bisa meratap sendirian karena suami sedang di Surabaya dan saya dengan jiwa sok ksatria datang sendirian  ke sini. Tapi, kegiatan ini sungguh berfaedah untuk kita, Sis! Kegiatan macam apakah ini?


Pap smear adalah contoh dari sel-sel di leher rahim yang diambil selama tes pap. Tes pap dilakukan untuk menentukan kesehatan leher rahim (serviks) atau menemukan adanya perubahan abnormal pada sel-sel. Selama tindakan, contoh sel tersebut dikumpulkan dari permukaan leher rahim dan diletakkan pada kaca mikroskop. Contoh ini, disebut pap smear, dikirim ke laboratorium untuk pemeriksaan mikroskopis.

Zaman sekarang banyak sekali penyakit yang merajalela ya Sis, salah satunya adalah penyaktit yang paling ditakuti kaum hawa;  kanker Serviks. Bahkan, saya juga sedang berduka karena dua hari yang lalu teman SD saya meninggal karena penyakit yang sama. Semoga teman baik saya itu ditempatkan di tempat terbaik di sisi Allah, Allohu Aamiin....

Berangkat dari kesadaran bahwa betapa kesehatan itu teramat berarti untuk kita, kira kira dua bulan yang lalu saya melakukan tindakan yang saya pikir merupakan salah satu tindakan paling berani yang pernah saya lakukan, yaitu Pemeriksaan Papsmear. 

Tapi, ini sangat worthy karena....


Yes, benar sekali Sis! Biasanya tarif biaya yang dikenakan untuk sekali test Pap Smear sekitar Rp. 250.000. Tapi, 

Untuk para pengguna BPJS, kalian bisa melakukan pemeriksaan Papsmear GRATIS di Lab Kimia Farma. 

  1. Kartu BPJS asli (Saya pengguna BPJS asal Semarang tetapi bisa juga digunakan untuk pemeriksaan di Cibubur lho, Sis! Jadi tidak terbatas area ya...)
  2. 2 lembar fotokopi kartu BPJS
  3. 2 lembar fotokopi KTP
Setelah mengisi formulir pendaftaran saya langsung diantar oleh pemeriksanya ke ruang eksekusi pemeriksaan. Eits, tapi sebelum melakukan pemeriksaan ini kita harus melakukan persiapan terlebih dahulu ya Sis.

  • Tidak sedang menstruasi.
  • Waktu pemeriksaan yang baik adalah 2 minggu setelah hari pertama menstruasi
  • Pemeriksaan dilakukan minimal 3 hari setelah selesai menstruasi (tidak ada flek).
  • Hubungan intim tidak boleh dilakukan dalam 2 hari sebelum pemeriksaan dilakukan .
  • Pembilasan vagina dengan berbagai macam cairan kimia tidak boleh dilakukan dalam 24 jam sebelum pemeriksaan.
  • Hindari obat-obatan yang dimasukkan kedalam vagina dalam 48 jam sebelum pemeriksaan dilakukan.
  • Bila sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, informasikan kepada dokter atau petugas laboratorium, karena beberapa jenis obat bisa mempengaruhi hasil analisis sel.
  • Pemeriksan dilakukan pada pasien yang sudah menikah dan pernah melakukan hubungan seksual.
Nah, alhamdulillah saya sudah melakukan persiapan persiapan itu karena sebelumnya saya sudah mendapatkan informasi langsung dari Lab Kimia Farma saat mengantar tante saya melakukan pemeriksaan rutin.

Banner Pemeriksaan Pap Smear Gratis di Kimia Farma Depok 2
source
Setelah sampai di ruang pemeriksaan, kita siap diperiksa deh, Sis. Saya disuruh tidur rileks dan membuka lutut dan paha serta berdoa.  Apa saja ya alatnya untuk pemeriksaan ini?

Image result for alat pemeriksaan papsmear
Alat alat untuk pemeriksaan Pap Smear
Nah, nantinya alat yang bernama spekulum; biasanya terbuat dari plastik itu akan dimasukkan sedemikian rupa sebagai jalan pembuka untuk mengambil sel serviks di luar/liang serviks. Seperti ini, Sis!

Image result for alat pemeriksaan papsmear
Gambaran pengambilan sample Pap Smear 

Jangan ditanya bagaimana rasanya. Saya harus menenangkan diri setengah mati karena saya tergolong orang yang takut merasakan sakit di tubuh. Saya lebih memilih bungee jumping atau naik rollercoaster atau pidato dalam Bahasa Inggris daripada melakukan pemeriksaan macam ini. Namun, karena saya tahu saya butuh pemeriksaan ini dan alhamdulillahnya lagi GRATIS, saya rasa saya harus memeriksakan diri.

Setelah bersitegang selama sekitar 15 menit (agak lama karena saya terlalu tegang sehingga mempersulit pengambilan sampel), akhirnya terciduq juga sel serviks yang dibutuhkan. Siap siap dikirim ke laboratorium untuk diperiksa deh...

Jadi, saran tambahan dari saya adalah hendaknya para Sis membawa serta suami supaya bisa lebih tenang dalam menghadapi segala hal yang terjadi di ruang pemeriksaan. Oke sip.

Nah, selain melakukan pemeriksaan Papsmear, saya juga melakukan pemeriksaan SADARI, yaitu memeriksa payudara dengan cara memijit secara melingkar di sekitar payudara untuk menemukan apakah ada benjolan atau tidak, serta memeriksa puting payudara. Tindakan ini dilakukan untuk mendeteksi kanker payudara yang juga dikenal sangat mematikan ya, Sis. Alhamdulillah, tidak ada yang salah.

Nah, para dokter menyarankan wanita yang setidaknya berusia 21 tahun dan sudah menikah atau sudah pernah melakukan intercourse/hubungan badan untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear karena di usia itu alat reproduksi wanita sudah berkembang sempurna. Saya juga disarankan untuk mengambil pemeriksaan ini setahun sekali sebagai tindakan pencegahan. Dan yang paling penting untuk kita adalah setia hanya dengan satu pasangan saja. Satu saja cukup, ya Sis!

Well, ada dua tujuan pemeriksaan Pap Smear ini, Sis.

  • Pemeriksaan leher rahim secara rutin (seperti yang saya lakukan)
  • Diagnosis
Diagnosis dilakukan apabila sebelumnya kita mengeluhkan beberapa hal tidak biasa yang terjadi dengan miss V kita.

  • Gatal-gatal pada vagina
  • Kemerahan
  • Nyeri saat buang air kecil atau saat melakukan hubungan intim
  • Luka, benjolan, ruam, lecet, atau kutil
  • Pembengkakan
  • Bau yang tidak biasa
  • Perubahan pada keputihan, seperti warna, bau, atau tekstur yang berbeda dari apa yang biasanya Anda alami
  • Keputihan yang berlebihan
Nah, setelah saya menjalani pemeriksaan ini, akhirnya sebulan kemudian saya mendapatkan surat hasil pemeriksaan. Sempat deg deg an juga sih karena di dunia ini apapun bisa terjadi. Alhamdulillah, saya tidak mengalami ciri ciri di atas dan hasil dari pemeriksaan dilaporkan negatif; tidak ada sel sel serviks yang abnormal.

Well, sebagai wanita saya rasa kita perlu menghargai diri sendiri, Sis, salah satunya adalah concern dengan kesehatan diri sendiri. Kita ingin terus sehat, menjadi istri yang membahagiakan dan lincah. Nantinya akan tumbuh dan lahir anak anak generasi penerus bangsa dari rahim kita yang InshaAllah menjadi anak soleh solehah. Allohuma Aamiin... Jadi, kita harus pandai pandai menjaga diri, ya...

Jadi, kapan para Sis nak menuju ke Lab Kimia Farma untuk memeriksakan diri?





References :
https://www.docdoc.com/id/info/procedure/pap-smear
http://www.apagimana.com/pemeriksaan-pap-smear-gratis-2017/
http://labkimiafarma.co.id/pemeriksaan-papsmear-gratis-bagi-peserta-bpjs-kesehatan/
http://medicastore.com/penyakit/3603/Pemeriksaan_Pap_Smear.html




No comments:

Post a Comment