Wednesday, 30 December 2015

12 Top Resolution of 2015 (RESULT: WHAT HAVE I DONE SO FAR?)

Tahun baru. Identik dengan rencana yang baru, semangat baru yang menggebu dan menderu, jiwa baru dan mungkin pacar baru bagi mereka yang bosan dengan pacar yang lama.

“Pacar baru alhamdulillah...tuk diajak tahun baruan...tak punya pun tak apa apa...masih ada pacar yang lama...” Begitu bunyi sebuah lagu.

Bagi gue, tahun baru memberikan ide ide baru dan juga resolusi dan rencana masa depan yang juga serba baru. Dan memang kurang yahud rasanya kalau resolusi hanya berakhir di ujung bibir. Tahun ini gue rasa termasuk tahun tahun penting dalam hidup gue. Tahun tahun di umur gue yang sekarang akan berdampak panjang dalam sisa hidup gue. Walau pun omongan gue kali ini berat banget, sesungguhnya beban hidup gue lebih berat. Tapi seberat beratnya beban hidup gue nggak ada artinya dibandingkan dengan kekuatan yang selalu dilimpahkan Alloh untuk gue. Iyess.

Resolusi gue tahun ini nggak banyak. Gue pingin :


1. RESIGN AND GET BETTER JOB

Bukannya gue nggak betah kerja di tempat yang sekarang, tapi gue masih ingin mencari pekerjaan yang lebih memberikan banyak peluang untuk berkembang. Gue sekarang bekerja di sebuah les lesan Bahasa Inggris yang gue bilang di level les les an gaji yang gue dapat lumayan buat beli nasi padang. Tapi, gue juga harus memikirkan jenjang karier ke depannya. Itu mengapa, ganti tempat kerja menjadi resolusi nomor 1 tahun ini. Goal akhir gue adalah menjadi dosen. Dan untuk menjadi dosen, gue harus menata langkah gue ke depannya. Sekarang menjadi dosen harus menjadi M.Pd dan untuk bisa menjadi M.Pd gue butuh suntikan dana lebih. Itu mengapa mulai sekarang gue harus bisa nabung dalam jumlah tertentu setiap bulan. Sukur sukur nanti gue bisa dapat beasiswa dan kuliah dengan pikiran jernih karena nggak perlu mencekik tabungan setiap bayar semesteran. Bukan saatnya gue mikirin beli baju model ini dan itu atau kuliner sini dan situ karena walau pun gue suka makan, tetapi gue suka makan apa aja yang ada. Yang gue pikirin adalah bagaimana caranya gue bisa nabung sebanyak banyaknya dan tetep jalan jalan ke pantai. Iyess....

NOT YET DONE. Tapi, bukan karena gue belum resign, gue nggak dapet better job. Tahun ini gue dapet job tambahan di kantor gue atau pun di luar kantor. And yess, I've got better salary!!

2. MENABUNG SEDIKITNYA 15 JUTA TAHUN INI


15 juta adalah jumlah minimal tabungan yang gue punya di akhir tahun ini. Dengan menargetkan jumlah, gue rasa gue bisa menghitung penghasilan gue setiap bulannya dan langsung memotongnya untuk ditabung. Mulai tanggal 25 Januari ini, gue harus bisa menabung dengan patokan jumlah tertentu.

Oke fine. Gue belum bisa menjamah angka ini, tapi itu karena banyak pengeluaran tak terduga dan juga karena gue pergi berlibur demi menunaikan resolusi nomor 6. Tapi, gue kalau semua yang gue punya (yang gue beli pake uang sendiri) ditambahkan, jumlahnya akan mencapai ini. (Ngeles mulu kerjaannya woy!) Tapi, dikit lagi kok. Fighting!!!!!!

3. MENAMBAH PENGHASILAN SETIDAKNYA 25% DARI PENGHASILAN TAHUN 2014.

Jadi semisal pendapatan tahun 2014 sebesar 100ribu, tahun ini penghasilan gue harus 125ribu. Penghasilan tidak hanya didapat dari satu sumber saja, tetapi juga bisa dari beberapa sumber.

 Resolusi gue tahun 2014 adalah menjadi guru les private di luar pekerjaan tetap gue. Melalui teman kerja gue, akhirnya gue bisa menjadi guru les lain sepulang kerja sejak pertengahan tahun lalu. Gue menjadi guru les di salah satu bimbingan belajar dan juga menjadi guru private di salah satu rumah murid. Itu mengapa penghasilan tidak harus didapat dari satu sumber saja, misalnya gue tidak hanya bekerja di satu les lesan sebagai full timer, di malam hari sepulang kerja gue juga masih menjadi pengajar di les bahasa Inggris lain sebagai part-timer yang per jamnya gue mendapat penghasilan lebih besar.  Jadi, tahun ini gue harus bisa menaikkan pendapatan gue sendiri. Dan kuncinya cuman satu, kerja keras dan kerja cerdas.

Dan kalau Resolusi ketiga ini berhasil, maka gue punya resolusi lanjutan nantinya biar gue bisa berguna untuk orang lain.

Done!! Dan alhamdulillah melampaui. :) 

4. MENDAFTARKAN BPJS SELURUH KELUARGA GUE


Gue belum bisa berbuat banyak untuk adik adik dan keluarga gue sekarang. Di tahun ini, gue ingin bisa ikut menjamin kesehatan mereka karena kesehatan gue akan dijamin oleh tempat gue kerja. Hal yang paling gue takuti di dunia ini adalah berpisah dengan orang tua dan keluarga besar gue. Dan gue ingin bisa menjadi anak yang berguna dulu, kini dan nanti. InshaAlloh....

Gue selalu berharap keluarga gue selalu diberi kesehatan dan umur yang panjang sampai pada akhirnya gue bisa menjadi orang yang sukses dan menjadi anak yang berbakti, berguna dan bisa diharapkan.

DONE. Tapi Ibu gue yang ngurusin. Hehehehehe...

5. MENULIS BUKU DAN MENGIRIMKANNYA KE PENERBIT


Resolusi gue tahun 2014 adalah bisa ikut dalam setidaknya 7 buku antologi hasil lomba. Dan gue nggak akan pernah menyangka kalau gue bisa jauh melampaui target gue. Gue bisa ikut dalam 28 buku antologi yang diterbitkan secara indie atau pun self-publishing dan di akhir tahun, akhirnya gue bisa ikut dalam satu buku antologi ber genre komedi yang diterbitkan secara mayor/ Gramedia dan bahkan gue menyabet juara 1 dan cerita gue nongol di halaman pertama serta gue dapat hadiah berupa uang!! Dari sini gue percaya kalau kejutan hidup itu kadang nggak tanggung tanggung.

Gue suka ngiler tiap temen gue kayak Edotz, Fidzah, Ichsan dan lainnya sudah bisa menerbitkan buku solo mereka sendiri dan bergentayangan di Gramedia sekujur Indonesia. Tahun ini, gue harus benar benar punya niat yang tinggi untuk merampungkan resolusi gue yang tertunda. Ini sebenarnya adalah resolusi gue tahun 2014 dan belum terlaksana. Gue sudah menulis premis dan ada beberapa yang juga sudah menjadi cerita. Sampai sekarang gue masih memilah premis dan juga memilih tema besar buku komedi gue. Gue rasa peluang gue untuk menjadi penulis komedi lebih lebar ketimbang buku romance yang sudah kayak lautan di Gramedia saking banyaknya. At least, tahun ini buku gue jadi dan gue kirim ke penerbit. Akhir tahun atau pun tahun depan, buku gue sudah bisa beredar bebas di Gramedia.

So far, gue masih nulis 8 chapter dari total sekitar 13-15 chapter untuk bisa jadi sebuah  buku personal literature gue. Dan karena kesibukan gue, naskah gue jadi hiatus. Tapi, gue  ggak akan menyerah dan akan gue selesaikan tahun 2016. FIGHTING!!!

6. PERGI KE LOMBOK / KEPULAUAN SERIBU


Gue punya waktu sampai Desember untuk bisa berlibur di Lombok kalau gue pingin berlibur dengan dana yang tidak menggembung. Sahabat gue kerja di Lombok dan jelas gue nggak perlu memikirkan transportasi selama di sana dan juga akomodasi, sukur sukur konsumsi. Gue bisa tidur bareng dia, kemana mana dibonceng dia dan makan masakan dia karena dia jago masak. Gue tinggal mikirin tiket pesawat yang sekarang melonjak pasca jatuhnya pesawat Air Asia kemarin.

Plan kedua adalah gue ke kepulauan Seribu saja karena dekat dari Jakarta. Dengan join di Open Trip, gue hanya perlu merogok kocek tak kurang dari 600ribu untuk bisa menikmati pantai pantai di Kepulauan Seribu. Deket bo’

Tahun ini gue nggak terlalu ngoyo untuk wisata ria. Andai gue bisa milih, gue cuman pingin ke Pantai Lombok dari Subuh sampai Magrib. Sukur sukur bisa tidur di depan pantai sambil makan jagung bakar. Oh God, please.....

ALHAMDULILLAAAAAH, DONE!!!!!

http://www.meykkesantoso.com/2015/07/selong-belanak-beach-lets-make-memories.html

http://www.meykkesantoso.com/2015/08/bersua-kuta-nan-super-jelita-kuta-beach.html

http://www.meykkesantoso.com/2015/08/mengintip-bentangan-laut-dari-pucuk.html

http://www.meykkesantoso.com/2015/08/manda-jangan-bunuh-diri-pantai-seger.html

http://www.meykkesantoso.com/2015/08/hello-nemo-hello-coral-menyibak-isi.html

http://www.meykkesantoso.com/2015/08/menantang-angin-ganas-di-pantai-cemara.html

http://www.meykkesantoso.com/2015/11/tragedi-senggigi-jilid-1-lombok-barat.html

http://www.meykkesantoso.com/2015/11/tragedi-senggigi-jilid-2-lombokbarat.html

7. PUNYA SAMSUNG TAB 4/LENOVO YOGA 


or 


Di tahun ini, gue cuman pingin beli satu barang. Barang ini bukannya tanpa manfaat. Gue bisa make tuh Samsung/Lenovo untuk ngajar. Gue tinggal ngeklik dan berbagai video yang mendukung tentang materi yang gue ajarkan sudah tersedia. Gue mau baca buku dalam format pdf pun bisa banget di mana pun . Gue juga bisa nulis di mana saja karena Lenovo Yoga ada penyangga serupa ini. Gue cuman pingin ini untuk tahun ini. Tinggal gue lagi galau mau beli Samsung atau Lenovo.

27 JANUARI 2015

Dan di sini gue percaya kalo gue bahkan bisa mencapai yg lebih dri target gue. Gue emang udah rencanain bakalan beli tab buat ngajar outside kantor ato buat sarana tiap kali gue ngelesin. Buat beki tab oun jalan gue teramat berliku.

Pertama gue pingin beli Lenovo Yoga 8 inchi yg hanya 2,5 jutaan. pertama gue liat tab itu gue udah jatuh cinta, karena 1. Namanya yoga khan gue suka banget tuh, 2. Yoga itu artinya ada ganjelan di kakinya shingga bisa 3 mode gitu kayak di gambar. Itu khan asik abiss gue pkir dn harganya juga bisa diajak kompromi. Eh ternyataaaaa.... begitu om gue tau gue mau beli tab, om gue ngasih uang sejuta buat gue. Sehari sebelumnya, tante dan sepupu gue beli Samsung S5 dan Note 10. Dan gue cuman ngiler sambil ngelus ngelus tab 10 inchi. Darisitu kadang om gue merasa sedih. Dan jadilah gue keyiban rejeki tak terduga. Gue mulai menaikkan standard menjadi Samsung tab 4 8inchi karena bagi gue 10 inchi terlalu mahal dan susah dibawa kemana mana.

Jadilah gue pesen di Lazada tab 4 8 inchi seharga 3,5 jutaan. Dan you know what? Sehabis gue transfer tuh uang, gue dpet email kalau stok ternyata abis!! Dan butuh waktu 4-7 hari buat ngembaliin uang ke rekening gue. Gue juga harus ngirim konfirmasi nomor rekening sampe cabang bank. Disitu kadang gue merasa syediiiiiihhh. Tante gue udah tegang abis takut gue ditipu. Dan gue apalagi, tegang maksimal! Akhirnya 4 hari kemudian uang gue diganti dan darisitu gue mantep buat beli yang gede sekalian. Gue ngerasa kalau itu tanda buat gue buat beli yang gede sekalian. Toh kalo gue beli yang 8 inchi, gue rasa kurang cetar buat ngasih liat power point dan video saat gue ngajar. Akhirnya, dari yang semula gue berencana beli Lenovo yoga seharga 2,5 jutaaa, gue bisa beli Samsung Tab 4 10.1 seharga 5 juta. 

Darisitu gue percaya, ada saatnya kita bisa pergi melebihi target yang direncanakan. I believe so!!!


8. YOGA IN ADVANCE LEVEL


Gue jatuh cinta dengan Yoga sejak gue tinggal sendiri. Hal yang paling gue takuti saat hidup sendiri adalah sakit. Di sini, gue sebisa mungkin menjaga tubuh gue supaya sehat selalu. Dan olahraga yang paling gue suka selain berenang adalah yoga. Bahkan, yoga bisa dilakukan dimana saja. Tahun ini, gue ingin bisa ikut kelas Yoga dan melakukan Yoga setiap hari setidaknya 15 menit per hari. Di akhir tahun, gue harus bisa pose Yoga di level advance seperti balikin badan. Asik bangetttt!!

NOT YET!! Gue kemarin baru sekali ikutan swing yoga class dan belum gue lanjutin lagi. Rencananya gue akan ngelanjutin yoga class gue Januari tahun depan karena gue juga perlu ngepasin sama jadwal ngajar extra gue. Wkwkwkw..tapi kurang niat apa gue sampe dibelain beli yoga mat dan stratching band buat pilates di Lazada. Jadi, gue bisa lebih semangat yoga di kost-an. Yeayy!!! Tapi, gue pasti bisa lah tahun 2016 di level yoga advance, at least gue bisa handstand!!

9. MENJAGA BERAT BADAN DI 50 KG.

Andien. 

Resolusi gue tahun 2014 adalah menaikkan berat dari 43 ke 50kg. Dan gue berhasil naik 7 kg!!! Tahun ini, resolusi gue adalah mempertahankan berat badan gue di angka 50, nggak lebih atau pun kurang. Gue akan memperbanyak senam cardio dan juga berenang. Bahkan, badan idaman gue adalah badan seperti penyanyi Andin. So cool!!!

DONE!! Alhamdulillah gue lebih bisa mengatur  berat badan di tahun ini, walau di awal bulan badan gue sempat terlalu gemuk dan pipi gue kayak roti sobek rasa keju. Gue pikir 5p kg itu berat ideal gue, tapi ternyaga itu jadi berat ambang atas. Jadi, sekarang gue mempertahankan berat gue di 49 kg, sukur sukur bisa 47 kg karena gue rasa itu adalah berat ideal gue, di level itu paha dan pipi gue terkendali.

10. MEMBACA SETIDAKNYA 12 BUKU


Gue mulai dari bulan Januari, gue harus menyelesaikan buku Edots, Lelaki Gagal Gaul. Gue harus membaca setidaknya satu buku dalam satu bulan. Karena gue sedang menulis buku komedi, gue juga akan lebih banyak membaca buku buku komedi walau pun gue sudah punya 13 buku komedi buat referensi. Tapi bikin buku satu nggak kelar kelar. Tahun ini, HARUS KELAR!!!

NOT YET!! Karena berjuang untuk mencapai resolusi nomor 3, nulis dan baca gue jadi terbengkalai. Tapi emang tiap kita memperjuangkan sesuatu, pasti juga ada yang harus dikorbankan, bukan?? (Ngeles lagi.) Tapi, di tahun besok gue targetkan tiap hari sebeljm tidur, gue harus baca karena gue juga masih punya beberapa buku yanb masih belum gue sentuh!! Fighting!!!

Achievement :
1. 20 maret 2015

2. 4 April 2015



11. KATAM AL QURAN 2 KALI.

 Gue rasa resolusi gue ini cenderung berkutat pada hal duniawi semata. Ini tidak boleh terjadi. Maka, gue yang naudzubillah seumur umur cuman baru katam sekali doang karena tiap gue sampe tengah, ehh gue lupa sampe titik mana. Jadilah gue ulangin lagi dari awal. Gitu muluuuuu dari kolor ijo in sampe Syahrini ngluarin jargon terbaru. Gue syedihhh...iman gue setipis papan cucian. Tahun Ini, gue berusaha sekuat tenaga buat bisa katam at least 2 kali. Jadi, nanti di bulan Juni gue harus katam sekali dan berlanjut. Gue pasti bisa! Ya Alloh, bantulah hambamu yang rapuh ini.




12. BIKIN PASSPORT!!

Sejak temen gue bikin passport, gue jadi terinspirasi buat bikin juga. Gue rasa begitu gue punya passport gue akan terinspirasi buat bisa melangkahkan kaki ke luar negeri. Temen gue barusan bikin passport online dengan biaya yanb terbilang murah tanpa ribet. Jadi, tahun ini gue harus bikin passport online dan tahun depan gue harus backpack ke salah satu negara tetangga! Bismillah!!


12 Resolusi ini bakalan menjadi cambuk gue untuk bisa terus berkembang di tahun ini. Semoga gue bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan didekatkan ke orang orang yang juga baik. Gue nggak bisa menjamin 10 resolusi gue ini akan berhasil semuanya. Tapi gue menjamin gue akan berusaha sekeras kerasnya untuk bisa meraih semua resolusi.

Ini resolusiku, mana resolusimu??




14 comments:

  1. Haloooo Meyk , resolusi yg pertama persis seperti percakapan kita via bbm kemarin hihihi
    Jadi gak banyak komen deh

    Btw untuk menabung itu perlu banget... jgn seperti aku yg ga pernah nabung "uuuppppssss
    semoga semua resolusinya tercapai Meyk, tunggu resolusi dariku hahahha

    Oya sedikit tambahan, BPJS penting banget lho Meyk krna misal "amit2" kita sakit bisa di back up sama tu bpjs, dan kita hanya perlu membayar beberapa rupiah tiap persennya

    ReplyDelete
  2. Hey, Kak Meyk! Aku beruntung banget jadi saksi hidup betapa kerennya resolusi tahun 2014 kakak yang extremely amazing. Apalagi bisa mengikutsertakan diri di dua puluh delapan dari tujuh yang ditargetkan! Aku jadi bangga sendiri kalo ada orang yang kali aja ngomongin kak meyke, dan aku bisa nunjukkin ke dia kalo di blog aku kak meykke sering berkomentar! Ah. hha

    Btw ngomongin soal resolusi, aku, kok, malah meniadakannya untuk tahun ini, ya .-. hehe. Ah, aku ga mau curhat kok tenang aja nanti komennya kepanjangan lagi. Yaudah, semoga resolusinya thaun ini bisa lebih keren dari tahun kemarin atau setidaknya segemilang tahun kemarin, kak. Selamat bekerja keras dan memberi motivasi ke yang lain! >-<

    ReplyDelete
  3. Resolusiku masih ingin menyelesaikan resolusi tahun 2014 yang tertinggalkan. Akhirnya penasaranku terjawab, kalo kak Meykke ternyata udah nyiapin naskah komedi sendiri. Soalnya dengan segitu banyaknya buku antologi pasti pengen hanya 1 nama penulis didalam buku itu.

    Beli lenovo yoga aja kak.ada penyangganya dan layarnya lebih besar.

    ReplyDelete
  4. Semua Resolusinya keren2 banget kak mey. Tapi, yang paling gue salut adalah membaca 12 buku. Memang selama 1 tahun itu, waktunya panjang banget. Tapi, kalo gue yang ngelakuin itu. Bisa gak makan jadinya. :D


    Pokoknya sukses buat Resolusinya, ya kak.

    ReplyDelete
  5. Geleng-geleng baca resolusinya :D
    Emang yang namanya target gak boleh tanggung2.. gue selalu kagum sama lo yang meskipun punya kesibukan tapi gak absen buat nulis n jalan2 juga kayaknya..

    BPJS saran gue pilih kelas 2 aja .. itu agak mendingan.. kalo nanti ada keluarga sakit dan pengen ke kelas 1 bisa nambahin sisanya aja.
    Jadi setorannya gak terlalu gede.

    Masalah buku.. saran gue selain referensi dari buku komedi coba nonton stand up comedy juga. Menurut gue itu penting banget.

    Kalo buku sih.. gue rekomendasiin 'Derita Mahasiswa' sama (DO 'Drop Out') keduanya terbitan gagas media.

    Oh iya.. tulisan lo yg juara 1 itu emang keren, twist-nya kampret banget :D
    Sayangnya ada banyak tulisan (dari 30 penulis) yang gak bikin gue ngakak sama sekali.. malah bikin gue herann, ini apanya yang komedi?



    Gue sih percaya lo bisa.. udah saatnya tunjukin kalo nama lo masuk gramed!

    ReplyDelete
  6. Wah, resolusi kakak hebat bangat deh.. Amin . Semoga terwujud ya kak.

    ReplyDelete
  7. Resolusinya keren kak mey. Semoga bisa terwujud. dan semoga kita semua bisa melunasi semua resolusi setiap tahunnya kak :D

    ReplyDelete
  8. Semoga semua resolusinya tercapai kak. Aku juga lagi garap naskah nih xD

    ReplyDelete
  9. Januari bulannya Resolusi, semoga pertengahan tahun tidak menjadi pengurangan Resolusi :D Semangat mbak

    ReplyDelete
  10. resolusinya keren.. Bisa lah tuh tercapai :D

    ReplyDelete
  11. Gilak!!! Resolusi nya gak nanggung-nanggung kak Meyk. Sampe ngebuat gue yang bukan siapa-siapa dan juga tak begitu berperan dalam hidup kak Meyk pun terharu *lah? Kok bisa toh* wkwkwk. Ya begitu lah kak Meyk. Tiada henti jadi inspirasi gue deeeh.

    Resolusi tahun 2014 gue aja hampir belom ada yang tercapai :') Kurang konsistensi sih. Dan selalu pake alasan misal gak sempet buat ngejerin itu resolusi nya. Ntah males atau niat nya setengah-setengah.

    Utk seorang yang bisa kontribusi tulisan di 28 buku analogi kyanya dipastikan bisa deh nerbitin buku solo. Yakin deeh. Kak Meyk pun.

    Moga tercapai semua kak. Amin ya Allah amiiiiin.

    ReplyDelete
  12. Itu resolusi yang baca buku mirip sama resolusiku, tapi aku cuma nargetin 6 buku, Kurikulum 2013 banyak banget tugasnya kakak xD. Dan untuk nerbitin buku, aku juga mau buku soloku nangkring di toko buku, jadi, kita saingan ya, kak :D

    Dan aku setuju banget sama kata-kata kakak, "Kerja Keras dan Kerja Cerdas". Jadi, selain harus makai otot, otak jangan dilupain :D

    Semangat menggapai resolusinya kak ;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...