Wednesday, 6 August 2014

A Letter for The 2-year-old Blogger Energy!!

 Photobucket
Desember 2012........


Setiap kali gue membukanya, engkreeeeeeeeeeeeeet....lalu wussss....angin bergulung mengulum debu lalu menghilang. Tak ada sesiapa, karena memang tidak pernah ada sesiapa... Dan walau bahkan gue sudah dengan rajin dan tak patah arang selalu membersihkan setiap kotoran yang menggumpal dan menyulam berbagai kebocoran. Gue dengan rajin menghiasinya dinding demi dinding dengan coretan kehidupan. Kadang coretan penuh keriangan, lalu berganti dengan coretan penuh duka di atas luka, tak jarang coretan tak terbaca. Kata Raditya Dika, ini absurd. Kata gue, ini hanya Tuhan yang tahu karena memang Dia adalah Dzat Yang Maha Tahu.


“Plissss, sekarang ada yang baru lho, ke sana ya..barang sebentarrrrr saja...”


“Haiii facebookers, I have a new one, please visit ya...” 


Gue promosi besar besaran sejak bertahun tahun lamanya sebelum bulan di atas. 


“Yank, kamu sayang aku enggak?? Kalau sayang buka dan baca dong, peliiiisssss..” *beberapabulankemudiandiputusin *akurapopo *kejerdibawahpancuran


Berbagai jalan gue tempuh demi sebuah keramaian, rasa dihargai dengan berbagai ide yang telah menganak pinak dan tak pernah berhenti. Tapi, hidup tak semudah itu. Gue berkelana dari satu tempat ke tempat yang lain, berkunjung ke tempat tempat orang terkenal dan meninggalkan jejak. Gue tunggu sehari, dua hari, tiga hari, selamanya tak ada kabar. Orang itu tak berkunjung balik. Sakitnya itu di sini *tunjukjari *tunjukmodem *ehuntungpakewifikampus


Hari itu awan menggelayut berat, warnanya hitam pekat, petir menggelegar bertalu talu. Gue bersama dengan rumah kesayangan gue masih terus melalangbuana. Gue sedang akan menyerah. Gue jalan sempoyongan dan berkata,


“Ah, ya sudahlah...buat apa aku selalu meninggalkan coretan toh tak ada satu pun yang datang. Boro boro dah...Tuhan, mengapa harus aku?? Apa salah aku Tuhan?? Aku menyerah!! Aku akan melepaskannya. Ujian ini sungguh terlampau berat.”



Tiba tiba datanglah sinar keemasan dari ujung jalan.


“Ah!! Apakah itu??” Dengan terseok seok setengah tertatih tatih gue berjalan mendekati sembari menyeretnya. Dia sudah penuh jaring laba laba dengan debu yang menggulung gulung di setiap sudutnya. 


Sinar itu semakin terang. Rasa rasanya di tempat itu begitu banyak orang. Mereka terlihat akrab dan minum teh bersama. Tehnya Sariwangi!! Ada kopi Torabika juga, mana granulenya banyak!! Semangat gue kembali terpompa. Dengan sekonyong konyongnya gue membuka pintunya, dan sinar menyeruak ke segala penjuru. Pecah bangetttt!!!! Silauuuuuuuuuuuuuuuu!!!


“Haiiii Meykke, salam kenaaaal...semoga betah di sini yaaaa...”


“Halo Meykke...salam kenal yaaa...”


“Haiii Meykke, dari Semarang yaaa...orang Jawa dong...hikhik”


“Nice to meet you Meykke...semoga makin bikin rame dan kompak yaaaaa....”


Gue yang semula masuk angin, hidung tersumbat, kepala cenut cenut, tenggorokan kering, bibir pecah pecah, dompet sakaratul maut langsung bugar seketika!!


Gue menemukan kumpulan orang orang yang juga berumah maya serupa gue dengan hobby yang serupa dengan langkah dan misi yang senada!! Setelah –negaraapimenyerang- cahaya nan terang itu datang, gue mulai makin berbenah dan menghiasi setiap lekukan rumah maya gue dengan banyak sekali aksesoris. Pun plank nama gue ubah dan perindah secantik mungkin. Alamat rumah maya gue juga gue ganti dengan begitu menawan walau berbayar. Gue girang bukan kepayang!!!


Sejak saat itu, gue mulai aktif di dalamnya. Gue tertawa tergelak gelak, pilu dan sendu hingga merinding disco tiap kali membaca coretan demi coretan yang mereka tinggalkan di rumah masing masing. Pun gue akan dijamu berbagai merk kopi dan juga kue Lebaran seperti kue putri salju, castengel ataupun nastar. Bahkan, gue sering tersenyum tersipu malu hingga terharu membaca setiap catatan yang mereka tinggalkan di penjuru dinding rumah gue. 


And if you ask me how important they are, I’m gonna say... They are absolutely extremely totally IMPORTANT for me!!! Mereka yang menunjukkan arah bagi seupil butiran debu macem gue. Mereka menghiasi hidup gue dengan cara yang berbeda. They know me even without seeing me face to face. Maka, nikmat Tuhan mana lagi yang gue dustakan??


Dan rumah bercahaya terang itu,dengan orang orang baik hati, tidak sombong dan suka menolong yang suka ngopi dan ngeteh bersama itu bernama BLOGGER ENERGY!!! Dan rumah seorang butiran debu yang diselamatkan olehnya, yang sebelumnya begitu tertatih tatih, tersesat dan tak tahu arah jalan pulang itu bernama MELTED JAVANESE SUGAR.


Gue tak akan menjabarkan apa demi apa manfaat yang akan didapat kalau bergabung bersama BLOGGER ENERGY. You have already known. Punya banyak teman dari Sabang sampai Merauke, blog menjadi ramai kayak pasar tumpah di hari Minggu pagi, ilmu berkembang, referensi menulis banyak, join banyak event yang diadakan oleh anggotanya, dan mengerti banyak pribadi orang tanpa bertatapan mata demi mata di dunia maya. Pasti semua sudah katam.


Sekarang, rumah penuh cahaya itu nak berulang tahun yang ke 2, saudara saudara!!! Si BE sudah bisa jalan walau sempoyongan sama mimik dots!! Dia juga bisa menirukan kata mamama dan papapa!! Superrr sekali!


 Nggak kerasa, hamper dua tahun juga gue bergelimang cahaya bersama mereka yang mau bertegur sapa walau hanya di dunia maya. Banyak sekali penghuni penghuninya yang mengguyurkan semangat bertubi tubi walau sekali pun kita belum pernah menautkan kata hai mata per mata. 


Dan yang lebih bikin hati bergetar dengan bulu kuduk yang merinding dangdut kopyor, saat gue tak tau apa apa tiba tiba banyak mention di twitter gue. Begitu gue buka, untuk kesekian kalinya, beuuuuh!!! Cetarrrr!! Cahaya kembali merasuk dinding kost gue, lalu dia menjalar keluar dan bummm!! Berpijar begitu terang. Tak disangka tak dinyangka gue menjadi salah satu nominasi atau bahasa kerennya nominee “Favourite Blogger of The Year” yang diadakan oleh Blogger Energy!! Butiran debu kayak gueeee?? Masuk nominasi? Gue langsung sujud syukur disusul goyang Morena dan diakhiri Poco Poco. Jelas dong gue girang bingit!! Dan segala daya usaha upaya selama ini jelas berbuah manis. Walau gue baru masuk sebagai nominasi saja.


Iniiih!!




Begitu gue membaca setiap uraian katanya yang mendeskribsikan tentang gue, gue jadi tersipu malu malu sampai pingin ngompol. Well, I’m not that good anyway! Tapi karena kata adalah do’a, gue aminin 33 kali. Amiin ya robbal alamien…


Dan selain blogger of the year, masih ada beberapa nominasi di beberapa kategori yang bisa kakak pilih. Coba cek di SINI!


Caranya pun sangatlah mudah, cukup add friend nih fb fanpage INI, lalu kirim message sesiapa saja yang dipilih. Ayooo, sudah vote beluuuum!! Jangan lupa yaaaa… *kedipkedip *ngarepabis *namanyajugausaha



 Jelas banyak sekali harapan yang gue guyurkan untuk Blogger Energy, untuk para ranger dan gyerz yang selalu semangat tiada tara, penuh bara!! Semakin kompak dan bersinar, shining bright like a diamond! Bisa semakin kompak dan 2 mimpi terbesarku 

HOPE WE CAN GATHER TOGETHER ONE DAY, GYERZ!!

HOPE WE CAN WRITE ONE BOOK ALTOGETHER!

Salam kecup dari gue, semoga tumbuh besar dan sehat juga semok.
Xoxoxoxo

With Love,


Meykke Santoso

 "Tulisan ini diikutsertakan dalam Best Article Blogger Energy"

45 comments:

  1. merinding bacanya Meykkk, awalnya aku sama kayak km gitu hahahahaa
    terharu deh pokoknya kalo gabung di BE apalagi sampe dinominasikan jd blogger favorit, aduuuh ga nyangka Meykkk
    peluuuk sini pelukan Meyk
    btw happy irthday yaaa BE, We love u muaaaaaaach

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kita berpelukan mbak biar kayak Teletubbiessss...Inu mana Inuuuu..hehehe

      iya, alhamdulillah tidak terkira pokoknya, jadi nominasinya aja udah greget bingittt

      Delete
  2. gue jadi malu
    karena gue lupa bilang terima kasih ke seseorang yang udah ngenalin gue ke BE

    dan orang itu adalah kamu
    iya kamu!!! *nunjuk seupil butiran debu

    ReplyDelete
    Replies
    1. tumben malu, biasanya khan malu maluin nyet.

      owh, jadi aku niiiih...hahaha, ya udah makasihnya cukup kirim tiket wisata ke Bacan seminggu plus akomodasi dan konsumsi sama snorkle terus foto underwater. udah itu cukup

      Delete
  3. pertama2 selamat ya kamu udah masuk nominasi di 2nd anniv BE :-D
    coba keempatnya boleh terpilih sbg pemenang blogger favorit #hihi
    BE memang menjadi penyemangat dalam ngeblog dan memberi inspirasi untuk mengembangkan tulisan di blog nih.
    baru 2 taun aja udah unyu
    gimana kalo 20 taun nanti
    gemuk pastinya hehehe


    by the way aku blm pernah kopdaran sama meykke dan mei, padahal serumpun central java dan sesama guru wkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makasih ya Mbak Ina :)

      iyaaa, ayo kapaaaaaan..pingin maksimal iniiiii...

      Delete
  4. Hal yang sama yang vina rasakan juga Kak Meyk. menemuh cara agar merasakan keramaian. huahahahaha

    eh itu pas pertama kali gabung disambut mesrahhh "semoga betah, selamat datang" dan sambutan hangat lainnya itu dan warganya juga mudah akrab itu endess banget, kekeluargaanya dapet ya :)
    aaaakkkkkk seperti vina. sok akrab aja bisa juga dapet teman hihahahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah BE dipadati oleh orang orang baik dan hangaaaaat, hihihi

      semoga makin akrab kalo gitu ya Vin :D

      Delete
    2. iya, untungnya nggak dipadati orang-orang sombong yak :\
      alhasil vina bisa nimbrung hahahihi juga :d
      wkwkwkwkw

      iya kak meykke, semoga dan semakin :D

      Delete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Amazing.. aku cuma bisa godek-godek, setiap gyerz BE tentu punya momen yang sangat dahsyat itu, ketika baru datang, disambut sedemikian hebat, seperti wajah Ibu Malin Kundang begitu melihat anaknya kembali ke kampung halaman sebelum Malin menghardiknya... ah.. Indahnya.

    Dan as always, Miss Meykke selalu merendah, bwahahahahaha =))

    Happy Birthday Blogger Energy!! ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. apaaa??? kamu ngondek Hudd??? -.-

      iyaaaa, mau malin kundang atau pun Nawang Wulan, pokoknya BE pecaaaah abissss..I love BE fuuuuul hahaha

      nggak, aku memang masih rendaaah Huuuud hhehe

      Delete
    2. -_-

      ya ya ya, karena di atas langit selalu ada langit lainnya, kan :P

      Delete
  7. Oalah ternyata orang semarang toh hehehe....
    masih tetanggan dong sama aku, aku dari brebes, tetangga jauh maksudnya cuma kebetulan aja satu provinsi :D
    selamat ya udah masuk nominasi, selamat ulang tahun juga buat BE :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, kita tetanggan hehehehe...

      iya makasih yaaaa, :D

      Delete
  8. Wuih. Begitu berkesannya BE buat Mbak sampai menulis tulisan sekeren ini. Tapi aku juga ngrasain sih, pengaruh BE buat perkembangan blogku ini. Yang awalnya suram lama-lama terang. Wuih. Hebat ya Mbak dua kali dapet nominasi begitu. Semoga yang kedua ini terpilih. Amiiin..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, makasih ya Firdaus hehehe...
      nggak, ini pertama kalinya aku dapet nominasi Dauuus..hehehe..

      Delete
  9. Emang gue juga ngerasa apa yang lo rasain. Manfaat-manfaat setelah gabung di BE emang nampol banget, pokoknya sama yang udah lo bilang, itu udah khatam entah yang keberapa kalinya.

    Aminn. semoga tumbuh besar dan sehat semok juga. HAhaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, BE pkoknya asik abissss...

      aaamiin ya Bayy!!

      Delete
  10. yang paling kerasa waktu join BE itu sih, kebersamaannya. ya gak nyangka aja gitu bisa punya teman hampir dari seluruh penjuruh indonesia, dan secara ajaib bisa akur & dekat bahkan ada yang pernah pacaran (LDR gitu) padahal gak pernah ketemu loh. semua itu berkat BE!
    dan juga mbak meykke yang awalnya cuman nulis blog yang sekarang sudah punya buku antologi yang berpuluh2 biji -- dan dapat award yang berjuta-juta haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahh?? siapa yang pernah LDR DIs?? Jangan jangan kamu curhaaaat?? hehehehe

      waah, itu berlebihaaan Dis, tapi aku amini ya semoga bisa menjadi kenyataaan yaaa hehehe

      Delete
  11. Oh yeah. Rasanya bukan Kak Meykke kalo bikin postingan enggak heboh. Dari awal sampai akhir imajinasi aku liar ngikutin narasi yang Kak Mey bikin hahaha.

    Sebelumnya, selamat dulu ya udah masuk nominasi. Menang atau nggak gak masalah kan Kak? Yang penting kesetiaan kamu untuk terus ada di BE meskipun nggak bisa selalu. Ah, ya, kita memang keluarga. Keluarga dunia maya yang menyenangkan! Rasa kebersamaannya itu loh... Aku terharu :')

    Selamat ulang tahun Blogger Energy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah, makasih banget cc Dwiiiii :*

      iyaa, makasih yaaa..iya jadi nominasi juga hatiku sudah gegap gempita kok, hehehe. Iya, we are a lovely familyyy!!

      Selamaaaaat!! :D

      Delete
    2. Hihi iyaaa semoga kita bisa ketemu Kak Mey! Kita travelling bareeennggg :D

      Delete
  12. Mey, oh Meyke! Setelah patah hati jadi blogger tanpa dikunjungi balik kala di-BW-in, bersyukurlah kita bisa masuk BE. Beroleh sambutan gegap gempita pula. Sebuah group yang benar-benar rumah hangat bagi kita semua.
    Selamat milad juga, BE, semoga energy-mu kian merasuki para blogger kece hingga kian kinclong sinarnya.
    Perjalanan hidup sebagai blogger memang asyik, kita bisa kumpul bareng sambil ngopi dan ngeteh di dunia maya. Dijamu kisah-kisah personal yang menawan.
    Kian betah saja di BE, dan semoga tak ada aral untuk tetap blogwalking.
    Selamat idulfitri, meski sudah lewat namun mohon maaf ini tetap saja harus kuhaturkan kala sempat singgah setelah sibuk urusan pindah rumah yang belum kelar.
    Meyke tetap semangat berkarya, ya. Bukunya banyak banget. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak, nggak salah kita gabung di mari yaaa..hehehe

      aamiin banget dah buat do'anya, dan mohon maaf lahir batin juga yaaa..dan semoga rumahnya cepetan kelar Mbaaak...

      iyaaa, I will, thankyou very much :)

      Delete
    2. Alhamdulillah, rumahnya bisa ditempati besok Minggu. insya Allah.
      Soal bahasamu yang selalu riang dan penuh semangat, sebenarnya bagaimana, sih, caranya? Apakah merupakan karakter bawaan Mey sendiri? Dan dalam buku-buku pun tulisannya gitu kayak yang di blog? Belum baca, sih. Orang baru nongol di dunia persilatan blog, hehe, jadi banyak kudetnya.
      Oh ya, maaf sering salah tulis nama, ternyata k-nya ada dua, ya. Kok bisa? Hihi. Mungkinkah dikasih dua menjadi Meykke agar bisa jadi ciri khas Miss Heboh yang asyik?
      Makasih, ya, doanya juga. Saling ngedoain dalam kebaikan. :D

      Delete
  13. Keren bahasa penulisannya, haha
    emang kelas yang udah banyak nerbitin antology :)
    Selamat ya udah masuk nominasi
    jadi inget masa awal awal gabung Blogger Energy

    ReplyDelete
  14. bener-bener keras perjuangan buat promoin tulisan ya mey. ya gitulah kalau masih baru di blog, ngikutin saran dari mbah gugel yang mesti blogwalking sana sini terus ninggalin jejak biar ada yang bw balik tapi malah nihil hasilnya. tapi habis gabung sama BE, semuanya jadi berasa beda, dan bedanya itu gak cuma berasa pas ngeblog doang, tapi juga di grup yang udah kayak rumah sendiri.

    selamat mey udah masuk nominasi, siapapun yang terbaik nantinya, tetap merupakan suatu kebanggaan juga bisa berada dikategori itu ya mey. :)
    jadi kamu udah nulis berapa buku mey? semoga terus menghasilkan karya yang memukau ya mey. aku mau cari buku mu nanti, kalau gak nemu boleh beli lewat kamu gak? tapi kasi ttd yaa. *kedip-kedip

    eh kamu angkatan desember 2012 juga? sama dong ya kayak aku. :D

    ReplyDelete
  15. apa coba tehnya sariwangi, dompet sakaratul maut -_- ternyata mba meyke tulisannya bisa lucu juga ya. biasanya kan cerpen cerpen aja..

    keren banget, dapat nominasi blogger on the year itu keren banget loh. apalagi sampai jadi juara. oh iya, join date blogger energy juga lebih tua satu bulan daripada aku loh, aku januari 2013 :))

    ReplyDelete
  16. duuuh beda nih tiap masuk ke sini.. bahasa2 nya juga beda kelas nya jauuuuh boo ! buku antologi nya belom lagi banyak beneeerrr ! emang bener kata yang nulis di blog BE itu, ka mey emang cewe yang tangguh haha

    ka mey gua ngevote kaka loh.. boleh follow blog ato ga twitter gua ahaha

    yuk yuk kali kali ketemu kita nge teh sariwangi... torabika juga boleh donggg ayo dong ayooo

    HOPE WE CAN GATHER TOGETHER ONE DAY, GYERZ!!
    HOPE WE CAN WRITE ONE BOOK ALTOGETHER!

    I HOPE SO !! :'D

    ReplyDelete
  17. akkkkkk, ini mbak meyke pasti penghuni lama BE. terharu banget sama perjuangan blognya *ambil tisu dulu* dari yang sepi macem kuburan berhantu badak bercula satu (?) sampe akhirnya serame ini dan bangganya, salah satu yang bikn rame adalah Blogger Energy. komunitas yang baru satu bulan aku ikuti :'))

    di BE tanpa tatap mata aku udah dapet sambutan hangat dari para gyerz, apalagi kalo nanti ketemu trus saling tatap-tatapan, pasti hoooooot hahaha :D

    ReplyDelete
  18. Kakak. maaf baru BW sekarang. Maklum masalah sinyal dan kesibukan. :D
    Cieee senengnya dianggep penting banget buat kak Meykke. Apalagi kak Meykke selalu ada buat BE. Selalu nongol dan aktif banget, jadi nggak rugi aku ngevote kak Meykke. Semoga menang ya kak!!!

    ReplyDelete
  19. Mey mah selalu mellow dan lebay meski akhirnya mengharukan. Hehe

    Selamat atas nominasinya. Semoga ucapan mereka jadi semangat buat kamu untuk terus nulis. Senang bisa satu keluarga sama kamu di BE. Kita udah kaya keluarga besar aja. Enggak ada kamu, hampa hidup ini. *lebay :D

    Semoga menang. Semangat nulis. Semangat berbagi.

    Kapan kopdar sama sayanya? :D

    ReplyDelete
  20. dari yang awalnya berusaha tapi susah, akhirnya menjadi meykke yang tulisannya ada dibanyak buku. mimpi yang jadi kenyataan gak sih? :)) semoga kamu selalu ada buat BE mey

    ReplyDelete
  21. wah orang jawa ya...sama dong :D

    keren kren mbak meykke, salut deh sama mbak...pokoknya harus belajar banyak dari embak :D

    btw, nggak kerasa ya BE udah 2 tahun, semoga ke depannnya semakin baik. Aamiin ;0

    ReplyDelete
  22. Di Blogger Energy inilah kita ketemu rumah maya yang sangat nyaman. Beda dengan rumah maya lain yang di jadiin ajang cari jodoh. Tapi di BE di jadiin ajang buat cari ilmu. BE keren!

    Selamat ya udah masuk nominasi blogger terfavorite. Kamu emang pantes masuk nominasi. Gak pernah berhenti nulis sih. Salut :D

    Wah Meykke ternyata udah banyak nulis di buku toh. Aku pengen belajar ni cara nulis, masalahnya tulisan aku masih gak sebaik tulisan kamu ;D

    ReplyDelete
  23. Pertama masuk di BE kesannya luar biasa! BE memang komunitas pertama yang singgah di hati #halah

    Semangat nulisnya kakak ini loh yang susah banget aku tiru.. Semangatku naik turun.. Kemampuan nulisku pun juga harus lebih diasah.. masih belom bisa bikin cerpen atau tulisan2 keren kayak kak Meykke..

    Btw, Happy 2nd Anniversary Blogger Energy

    ReplyDelete
  24. Bisa gabung d BE itu memang sesuatu banget :')
    Kalau kk ngerasa seupil butiran debu, aku hanyalah secuil bagian dari atom, hehe
    Proud of you kak, udah punya 23 antologi :D semoga bisa ngikut suatu saat nanti
    Selamat juga masuk nominasi, gd luck terus :D
    Dan good luck juga buat BE, BE dan penghuninya itu keren abis pokoknya

    ReplyDelete
  25. Tulisannya asik banget bacanya :)
    Dulu emang susah ya buat promo blog.
    Ada sih grup selain BE, tapi ya gitu. Cuma jadi sarana buat buang link aja. Dan yang rame cuma yang udah dikenal aja.
    Beda sama BE.
    Selamat ya bisa masuk nominasi :D
    Selamat ulang tahun BE !!!

    ReplyDelete
  26. ecieee masuk nominasi uhuk!
    ecie kalo menang traktiran !
    semoga makin eksis di BE yaa , jangan suka ngilang loh :v >.<

    ReplyDelete