Thursday, 30 January 2014

Day 29 : Modus Ngeblog

sumber


Kalau ditanya menyoal,

Ngeblog buat apa sih kakakkkk???”

Maka yang akan muncul dari bibir gue ada banyak cerita. Karena memang ada banyak modus yang menyertainya.

Dan bicara tentang masa lalu, gue memulai ngeblog itu sekitar 5 tahun yang lalu. Waktu itu gue duduk di bangku kelas 3 SMA semester kedua. Hanya saja, dulu gue tidak langsung menggunakan blog yang sekarang, tetapi gue mempunyai beberapa blog dengan masing masing kegunaan. Misalnya, ada blog yang gue isi dengan cerpen dan puisi. Lalu, blogsatunya gue isi dengan pengalaman bermain bersama teman teman. Ada juga blog yang sengaja gue private karena saya gunakan sebagai tempat sampah. Karena dulu gue masih ababil, maka gue rasa gue perlu blog semacam itu untuk memuntahkan uneg uneg.

Dan, mulai kuliah gue mengukuhkan niat untuk bisa menjadi penulis blog atau blogger sungguhan. Dan mulai saat itu, tahun 2010 gue rajin menulis blog dengan modus :

1. BISA MEMBACA LAGI PENGALAMAN MASA LALU


Tujuan utama gue menulis blog sebenarnya untuk bisa mengabadikan momen yang gue lalui agar tidak menguap begitu saja. INI ADALAH TUJUAN POKOK GUE NULIS BLOG. Sebagai pecinta kenangan, gue rasa gue butuh tempat untuk bisa menyimpan semua kenangan yang pernah gue lalui sepanjang hidup gue. Nah, 5 atau 10 tahun ke depan gue masih bisa seakan akan merasakan hingar bingar usia 19 tahun dengan membaca kenangan kenangan yang gue tulis di blog ini. Atau, bisa jadi suami atau anak gue juga baca tentang prjuangan Ibunya semasa muda, kalau memang benar masa muda itu masa yang berapi api. Hehehe... Jadi, sukanya itu bisa mengabadikan pengalaman pengalaman dan kenangan yang terjadi! Sekarang gue juga masih bisa mengecap pengalaman gue tahun 2010 dengan kembali membacanya. Memang benar, blog itu bisa dijadikan oto-biography!

2. PUNYA BANYAK TEMAN SATU KESUKAAN

Alangkah bahagia dan senangnya setiap membuka blog, lalu mendapati banyak komen merespon postingan kita. Seolah berbicara itu merasa didengarkan dan ditanggapi. Dan dari situ, gue semakin bersemangat untuk terus menulis dan menghasilkan tulisan yang layak dibaca. Juga, gue punya banyak kenalan. Kita tidak pernah bertatap muka, tetapi kita mengenal. Mengenal mereka melalui tulisan. Apalagi bisa bergabung dengan suatu komunitas blogger, seperti gue sekarang yang tergabung dalam Blogger Energy. Dari situ, gue mulai mempunyai banyak teman dan juga jadi sering blog-walking untuk bisa saling sharing pengalaman dan juga saling memberikan respon. Kehidupan blog gue semakin berenergi jadinya. Hehehe.. Intinya, gue ingin bisa menjaring banyak benyak teman dari belahan Indonesia mana pun walau pun gue hanya tinggal di satu tempat saja.

3. BERBAGI!!

Yak, berbagi. Berbagi tidak hanya berbagi rejeki, tetapi bisa juga berbagi tulisan. Misalnya gue ngepost tentang pengalaman gue pergi ke suatu tempat, lalu gue menceritakan tentang tempat itu dan bagaimana caranya untuk bisa ke sana. Nah, dari situ gue bisa berbagi informasi  yang berguna untuk orang lain. Selain kemampuan menulis terpoles, juga bisa memberikan keuntungan untuk orang lain. Atau, kalau menulis tips, bisa jadi tips itu yang diperlukan oleh blogger lainnya. Kita jadi berguna melalui tulisan deh. Yeeeyyyy!!

4. KEMAMPUAN MENULIS TERPOLES.

Yap, seperti halnya nomor 3, suka nya menulis blog itu karena semakin hari karena semakin rajin menulis dan berlatih, maka tanpa disadari kemampuan menulis kita akan meningkat. Terlebih lagi, saat blogwalking pun kita bisa memperkaya gaya bahasa dan pilihan kata yang bisa kita gunakan untuk menulis. Both blogging and blog-walking bring such advantages for the bloggers.


So, just keep blogging!!! :D

10 comments:

  1. Hihi. Sama. Sama :D
    Dulu aku kira blogging itu bakal menyenangkan karena berharap suatu hari nanti bakal bisa dibaca lagi. Eh pas aku coba baca postingan lamaku lagi, aku malah jadi mikir, "Ya ampun. Kenapa dulu aku hina sekali?"

    ReplyDelete
  2. Setuju deh sama postibgan ini. Emang ngeblog itu manfaatnya ya yang lo tulis, bahkan bisa lebih banyak lagi manfaatnya.

    ReplyDelete
  3. setuju deh apalagi poin terakhir..penulisan skripsi jadi lumayan lancar :D

    ReplyDelete
  4. Iya banget deh kak Mey.
    Tulisan yang udah lama, kalo dibaca sekarang, jadi seakan flashback gitu.
    Kebayang akan masa lalu yang terjadi di jaman itu.

    Tulisan itu kan abadi yaaa Kak Mey.

    ReplyDelete
  5. Yuhuuuu setuju banget kak mey. Apalagi kalo buat cerpen, terus direspon baik. Terus ditagih buat bikin lagi. Atau dikasih saran baiknya gini baiknya gitu. Ih rasanya tuh makin semangat buat nulis. Iya nggak sih?

    Dan buat yang masa lalu, kadang kalo baca ulang jadi ketawa-ketawa gitu. Apalagi kalo postingannya galau banget dan alay. Hiii geli sendiri deh. Padahal dulu nulisnya aja sambil bercucuran air mata :D

    Keep writing kak mey! Semoga bisa kopdar nasional biar nularin energy lebih baik lagi :D

    ReplyDelete
  6. Aku setuju banget dengan semua poin di atas.
    Modus kita sama.
    Ada tambahan lagi kalo aku:
    Nulis tentang minat (kuliner-travels hohoho).
    Aku juga dlu pas kuliah punya blog privat yg isinya sampah wakakakakak. Tapi skrg dah kuapus. Pas dibaca, gak asik ajah! Wkwkwkwk.
    Gabung ma BE emg seru.
    Bkin tambah smangat ngeblog.
    And bisa nambah teman wlw dr dunia maya tp kan 'nggenah' orangnya.
    Sapa tau , nanti, kapan, besok pas main ke kota lain eh bisa contact2an trus jumpa.

    ReplyDelete
  7. Totally agree!
    Kalau baca postingan jadul suka cengar-cengir. *Duluguehalay :D

    ReplyDelete
  8. 5. suskur2 kalo bisa punya pacar sesama blogger
    6. sukur2 lagi kalo bisa dapet enghasilan nggak terduga dari ngeblog.... ahh pokoknya sukur deh punya blog

    ReplyDelete
  9. Yah, alesannya 4 doang, Mey. Kan banyak tuh. Hehe

    Semoga terus konsisten menulis ya. Dan sempatkan ngeblognya juga^^

    ReplyDelete
  10. berteman di blog itu sangat mengasikkan. belum pernah ketemu tapi rasanya kayak temen lama yang udah lama gak ketemu.
    bisa saling tukar informasi, ilmu, dan pengalaman. yang paling penting buat saya adalah menghargai tulisan dari temen-temen. karena menulis itu gak gampang.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...