Wednesday, 19 June 2013

Pesona Perpustakaan Daerah Salatiga!

Kalau kemarin aku menyehatkan mental dengan Berteriak Berjamaah bersama para sahabat kuliah yang super duper hebring di salah satu karaoke di bilangan Pancasila, lalu setelah itu mencoba menyehatkan jasmani dengan cara Bersepeda Bersepatu Roda di Selasar Kartini bersama sahabat super seru aku, kini saatnya aku mencoba untuk menyehatkan otak. Dan semua muanya aku lakukan di satu kota. Salatiga!

Salatiga dimanaaah??? DI SINI !!

Lalu kemana kaki korek api ini melangkah???


Sudah beberapa kali aku pingin banget bisa ke perpustakaan daerah Salatiga yang terletak di ujung Selasar Kartini yang mengarah ke Pancasila. Dan tiba tiba salah seorang sahabat aku , Shinta, mengajak aku untuk mengunjunginya karena dia sedang liburan dan bisa pulang.


Dan berkat Shinta, keinginan aku terkatamkan.


Bagi aku, ini adalah perpustakaan daerah paling cool yang pernah aku sambangi. Dilihat dari depan, sudah tidak terbantahkan lagi pesonanya. Keren!

Begitu masuk ke dalam, aku di sambut dengan display buku buku terbaru dan up-to-date. Di sebelah kanan dan kiri berdiri elok sekali deretan almari berkunci untuk menyimpan tas. Tepat di depan pintu, akan ada petugas beserta perangkatnya untuk keperluan mendaftar bagi para calon anggota. Sepengamatan aku ada tiga lantai. Lantai pertama dihubungkan dengan kelokan tangga yang waktu aku mau mencoba turun, “Dilarang turun selain Karyawan” berkumandang. Oke fine.

Nah, di lantai kedua, waktu aku masuk, posisi aku udah ada di lantai kedua, karena lantai pertama kayak di bawah tanah gitu. Begitu masuk pintu kedua setelah tempat pendaftaran itu, ruang multimedia terlihat di samping kiri disusul dengan tempat pengembalian dan peminjaman di sisi kanan. Di depan aku deretan rak buku tertata dengan begitu anggun. Juga, ada satu ruang yang kalau aku liat liat dikhususkan untuk tempat bermain anak anak dengan satu buah LCD sekitar 32 inch di dalamnya. Ada juga satu rak berisikan banyak wayang wayang eksotis.

Meniti tangga yang berkelok, aku dan sahabat aku sampai di lantai dua. Ini seru. Rak rak buku yang ditata sedemikian rupa berderetan cantik sekali. Ditambah banyak meja dan kursi di setiap sudut dan pinggir pinggirnya, langsung menghadap ke jendela. Jadi kita bisa membaca buku dengan penerangan maksimal dari cahaya yang menembus jendela jendela itu. Memang di hampir setiap sudutnya, jendela jendela berukuran sedang selalu dipadu padankan dengan meja dan kursi.

Aku membayangkan bisa menulis di sini aja rasanya bahagia. Nanti kayak di film film. Menulis dengan pemandangan terhampar di depan. Lalu minum kopi yang asapnya mengepul berarak arakan. Wah, asik lagi kalau menulis di depan pantai dengan angin berdesir desir dan deburan ombak yang bergulung gulung mengalunkan suara alam yang menenangkan dan meneduhkan. Oke itu kapan kapan.

Kalau tidak percaya pesona perpustakaan daerah Salatiga, aku bawa buktinya.


















Nah, bagi penikmat internet gretongan, di lantai satu pun disediakan spot wifi dengan deretan kursi dan meja untuk para pengunjung. Cuman, aku nggak tahu kekuatan wifi bisa sampai di lantai dua atau tidak. Tapi, ada beberapa pengunjung yang sedang asyik dengan laptopnya sambil kadang tersenyum sendiri. Jadi, aku berasumsi pasti dia sedang internetan gratis. Raut muka mereka menggambarkan segalanya.
Soal buku, jangan ditanya. Walau pun terlihat agak kosong di rak rak nya itu, tapi memang karena selain terhitung baru, juga khan rak raknya memang buanyak dengan masing masing rak mengusung kategori buku sendiri sendiri. Mau buku apa? Buku keagamaan serupa agama Islam, Kristen, Katolik ada, buku motivasi ada, buku peternakan dan pertanian ada, novel novel dan karya fiksi pun exist, juga buku buku kecantikan pun ada. Semua adaaaaaah.

Shinta menemukan buku kecantikan yang mengupas secara menyeluruh dari hal type type wajah, alis, bulu mata, mata, hidung, dan bibir beserta cara mengoreksinya dengan menggunakan make up. Keren lah pokoknya. Perpustakaan daerah tak pernah sekeren ini setahu aku.
Walau pun keinginan aku terbesar setelah menamatkan apa yang aku mulai 4 tahun yang lalu ini adalah pergi dari Salatiga, tapi aku harus daftar jadi anggota dulu. Harus.

Syaratnya cukup mudah kok. Nih....




Waktu peminjaman adalah 3 hari dengan total maksimal buku 2 biji. Bisa diperpanjang sebanyak 2 kali dengan total hari 9 hari. Kalau telat mengembalikan, bukan uang dendanya. Melainkan, dimatikan hak meminjam selama masa keterlambatan. Artinya, kalau terlambat 3 hari maka 3 hari setelahnya tidak boleh meminjam buku. Ide brilian.

Bagi para manusia di Salatiga, kalau belum mampir di perpustakaan ini belum gaul banget. Apalagi bagi mereka yang hobi melahap buku, asupan gizi untuk otak, jendela ke dunia ilmu yang tak terbatas luasnya.
Mari ke perpustakaan daerah, mari memberi asupan pada otak!

Perpustakaan daerah di Ambarawa pun ada lho, hanya saja tidak sebesar dan selengkap di sini. Tetapi, buku yang ditawarkan tak kalah serunya. Juga, wifi eksis menyeruak di segala sisi perpustakaan daerah. Kapan ya bisa ke sana lagi....

Additional :
Saat akan pulang dan melewati Selasar Kartini sehabis hujan, aku dan Shinta tidak bisa menahan hasrat untuk tidak berpose. Ehm...ini bonus. Kalau tidak kuat, lompati saja nggak papa kok..

Selasar Kartini sehabis hujan.








Terimakasih untuk sahabat aku yang mau meluangkan waktu untuk bisa menyambangi perpustakaan daerah Salatiga bersama aku. Juga, terimakasih untuk kado ulang tahun berupa buku yang didesign buagus sekali. Kado tak pernah sekreatif ini. Maaciiiiiiiiiiih :3

34 comments:

  1. perpustakaan makin hari bukannya tambah banyak pengnjungnya, kalah sama perkembangan pengetahuan via gadget mini... harus dicari penyulut semangat membaca di perpustakaan.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kan tidak semua buku dijadikan e-book kk, jadinya kalau menurutku masih buanyak yang suka ke perpus..dan jga tidak semua orag punya gadget serupa jga..dan di ada sebagian orang yang lebih suka membaca di kertas, print out daripada dijadiin e-book, mata jadi mudah pedes..hehehe..jadi ya...lebih lengkap dan nyaman tetap di perustakaan sih menurutku :3

      Delete
  2. perpustakaannya besar ya, pasti banyak bukunya :)


    salam kenal dari kami outbond di malang :)
    jangan lupa kunjungi kami di website kami : http://www.nolimitadventure.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, banyak bukunya. hehehe..okeee..:)

      Delete
  3. Kalo di tuban perpustakaannya juga bagus lho, ada foto2 masa lalu ttg Kabupaten Tuban juga. Salah satunya tentang pidato Bung Karno di Tuban...

    Keren juga tuh perpustakaan, :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah, punyamu juga keren ya Zim..perpustakaan emang makin kesini makin keren aja..alhamdulillah :) semoga warganya semakin sadar manfaat membaca...:D

      Delete
    2. tapi gak kerennya, gua ke perpustakaannya buat dapet koneksi internet gratis doang, g baca2 buku :P

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. keren ya perpusnya..biasanya perpus itu gayanya kayak rumah2 jaman penjajahan, tapi yg ini kesannya modern ya..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini bangunan baru dan super modern serta canggih lhoooo... *jiwapromosi

      Delete
  6. wah asik ya perpusda salatiga. udah modern tuh...dan rak bukunya buanyak. waduh kalo aku mampir kesana pasti betah berjam2 baca bukunya deh...
    hihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mbak banyak dan lengkap juga, sini sama aku mbak Ina yang canciiiik :*

      Delete
  7. Wah keren perpustakaannya. Pengen deh ke sana. Sekalian nyumbang buku. Hehehe.

    Semoga liburannya manfaat ya:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. mbaaak, sumbangin ke aku juga nggak papa mbak bukunyah :3

      iya mbak Lina :)

      Delete
  8. ahh ini mahh kecill..
    perpustakaan disamarinda dong segede mall..
    sampe ada liftnya..
    muahahaha #sombong

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya syudah kapan kapan ke perpus di Samarinda ah

      Delete
  9. bagus juga eh, kalo dikotaku gak sebagus itu perpustakaannya. emang sih besar, tapi rak bukunya berantakan.

    ReplyDelete
  10. Kerenan perpustakaannya di Plmbg ada buku dan mejanya.. hahah

    ReplyDelete
  11. aku jg suka main ke perpustakaan daerah dki jakarta :D

    ReplyDelete
  12. di sala tiga menurut ku lebih bagus dari pada perpumda dki jakarta :D

    ReplyDelete
  13. perpusnya bagus..bersih..nyaman pula..
    ga kayak di daerahku-,-"

    ReplyDelete
  14. sudah lama tak berkunjung dimari ^^ ngelihat futu futu diatas jadi kepengen ke perpustakaan hehe perpustakaann tertara dengan rapi jadi menarik sehingga nyaman anget tuh dijadikan tempat nongkrong

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget lah zi kayak kita yang suka nulis gitu ini mendukung banget soalnya nyaman, penerangan oke dan juga nggak berisik. asik!

      Delete
  15. perpusnya sama kayang ada di malang :) coba main ke sini aja kakak :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah mau Nenn, nanti mampir di Sempu indahnya dunia banget ni..:3 #salahfokus

      Delete
  16. Wuihh .. rapi bener tuh pepustakaan! wkwkwkw

    ReplyDelete
  17. Terimakasih atas respon positifnya, sebagai rasa terimakasih printout blok anda kami pajang di Mading Perpustakaan Daerah Kota Salatiga

    ReplyDelete
  18. Terima kasih infonya. Saya juga suka datang ke perpustakaan,termasuk perpustakaan salatiga.

    ReplyDelete