Monday, 6 June 2011

10 tips bangun pagi


Apakah Anda tergolong orang yang susah bangun pagi (seperti saya)??@@

Kemarin browsing browsing untuk mengatasi masalah pelik ini dan tertemulah 10 tips supaya bisa bangun pagi dengan tubuh segar dan akhirnya hidup bahagia setelahnya dari Kompas.

Dan inilah mereka, 10 tips mutakhir yang sagat bisa Anda tiru untuk memudahkan bangun pagi dan mempersiapkan diri menghadapai tantangan seharian. Wohoho..

Check this out!

1. Peregangan
Lakukan peregangan secara perlahan, seperti melakukan gerakan yoga atau memutar tubuh ke kanan dan ke kiri. Gerakan ini akan membantu tubuh mengumpulkan energi, dan membuat pikiran Anda fokus. Rasa melayang di kepala yang kerap terjadi akibat bangun terlalu pagi pun lenyap.

(Saya mentafsirnya sebagai gerakan mengulet. Peregangan ke atas, ke samping kiri dan ke kanan, meliuk liuk dan kalau beruntung saya akan mendengar bebunyian seperti kreeek…kreeeek…begitu.)

2. Bergerak
Begitu Anda mampu bangkit dari tempat tidur, lakukan beberapa gerakan untuk melancarkan peredaran darah. Melakukan crunch (berbaring dengan lutut tertekuk lalu mengangkat kepala, leher, dan pundak), push-up, atau melompat-lompat ringan, juga cukup membantu.

3. Hindari terlalu banyak kafein
Kafein memang bisa membuat Anda melek sepanjang hari, namun mengonsumsinya secara berlebihan (lebih dari dua cangkir pada pagi hari) bisa membuat Anda lemas pada tengah hari. Satu cangkir saja sudah cukup membuat kadar energi Anda stabil.

(It means, marilah minum kopi secangkir pagi pagi untuk membuat Anda dan saya bersemangat!! Love coffee!)

4. Minum
Ketika tidur, tubuh Anda menggunakan simpanan air dan karenanya akan kehilangan cairan saat Anda bangun. Rehidrasi tubuh Anda dengan beberapa gelas air dingin tak hanya akan menyegarkan tubuh, tetapi juga membantu menstimulasi sistem saraf dan pencernaan Anda. Minumlah air putih sebelum tubuh Anda terisi apa pun.

5. Buat jadwal teratur
Tubuh kita menyukai konsistensi. Mengikuti jadwal tidur dan bangun yang sama setiap hari akan membuat tubuh lebih mudah terbangun pada pagi hari. Anda pun akan merasa lebih bertenaga sepanjang hari.

(Ya…ya…ini benar sekali. Dulu waktu saya SMA, karena sudah terbiasa tidur pukul 9 malam dan bangun pukul 5 pagi, nggak usah pakai alarm pun tepat jam 5 saya sudah bangun dengan sendirinya, bangun pun tidak terlalu susah. Tapi sekarang?? Jangan ditanya.>.<)

6. Pilih alarm dengan musik lembut
Siapa pun tak akan suka terbangun karena suara weker yang memekakkan telinga. Anda juga bisa meningkatkan risiko terkena serangan jantung, karena suara yang mengagetkan bisa memperburuk kondisi orang dengan masalah jantung. Pilih ringtone pada ponsel yang memperdengarkan musik yang lembut, yang membangunkan Anda secara perlahan. Bila perlu, letakkan ponsel sedikit lebih jauh sehingga Anda harus bangkit untuk menonaktifkannya.

(Yap! Karena mengikuti saran ini, dari yang saya dulu pake alarm “Right Now” by AKON, tiap dia nyanyi aku kaget setengah mati, dan sekarang jadi lagunya “The way you look at me” by Christian Bautista. Atau karena lagi suka Secret Garden, jadi pakai lagunya “Reason” by 4MEN. Syahdu beneeeerrr…. )

7. Redupkan cahaya
Matikan komputer atau TV satu jam sebelum Anda tidur. Cahaya terang bisa mengalihkan perhatian Anda, sehingga otak lebih sulit beristirahat. Dengan membangun suasana tidur yang lebih tenang, Anda bisa tidur lebih lelap, dan tubuh menyesuaikan diri untuk bangun lebih awal.

(Jadi sudah saya biasakan tidur tanpa penerangan apapun, lebih syahduuuu)

8. Segera mandi
Tahukah Anda, hal paling sulit dilakukan saat bangun pagi adalah mandi? Namun di situlah kuncinya. Segeralah mandi dengan air dingin untuk membangunkan sistem saraf Anda, dan membantu menyadarkan Anda. Usai mandi, tak ada lagi rasa malas karena pikiran dan tubuh Anda sudah “bangun”.

(Susah kalau yang ini.@@)

9. Sarapan
Setelah “berpuasa” sepanjang malam, tubuh perlu energi untuk bergerak. Sarapan setiap pagi (meskipun hanya setangkup roti dengan selai atau buah-buahan) akan membuat Anda merasa lebih siap menghadapi aktivitas lebih awal.

10. Bernafas dalam-dalam
Bagi sebagian orang, bangun pagi bisa menjadi momen paling mencemaskan. Bayangan mengenai apa yang harus dihadapi di kantor, atau bagaimana mengatasi problem dengan pasangan, akan segera memenuhi pikiran. Maka segera setelah Anda bangun, ambil waktu untuk bernafas dalam-dalam untuk menenangkan tubuh dan pikiran. Awali hari dengan tenang, agar segala aktivitas berjalan sesuai dengan mood baik Anda.

Bagaimana?? Sudah punya bayangan apa saja yang akan dilakukan besok pagi pagi??

Semoga berguna dan mari laksanakaaaaan…..

Mumpung kita masih muda, let’s enjoy it!!

Thank you for reading!^^

06062011…06:40

No comments:

Post a Comment