MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

5 Website ( beserta link ) Seru untuk belajar Speaking untuk Kelas Dewasa

5 Website ( beserta link ) Seru untuk belajar Speaking untuk Kelas Dewasa
Add Comments
Kamis, 26 Oktober 2023


Halo teman Quanta,

Tiap kali minta teman teman Quanta untuk ngisi polling tentang skill yang paling ingin mereka pelajari dan kuasai, pilihan paling banyak selalu jatuh di speaking. Yes, memang betuuul speaking adalah skill yang paling penting dari segala skill karena dengan speaking lah kita bisa membangun komunikasi dengan native speaker atau bahkan berkomunikasi untuk menunjukkan 'kebisaan' kita dalam Bahasa Inggris saat wawancara kerja atau komunikasi dalam situasi yang lain. Lha memang kita belajar Bahasa Inggris kan untuk komunikasi ya, khan..

Pertanyaan selanjutnya, lalu bagaimana ya belajar speaking? Apakah harus ngapalin vocabulary kayak dulu jaman kita sekolah. FYI, dulu jaman SMP tiap kali pelajaran Bahasa Inggris, kami harus ngapalin a list of vocabulary, bahkan listnya random. Misalnya :

buku : book

teman : friend

makan : eat

cantik : beautiful

roti : bread

Pusing nggak tuh dari ngapalin benda macam book sampai makan segala diapalin. Lalu, di kelas kita akan maju satu satu untuk ditest nih. Saking ndredegnya jaman dulu karena gurunya kebetulan galak dan suka nyabet pake tuding bambu atau mukul kepala pake tangan, tiap kali ada test ngapalin vocabulary, kami mendadak kepanasan sampai keringat mengucur sebiji jagung manis. Begitu nama dipanggil,


"Meykke."

Sekonyong konyongnya langsung baca doa al-fatihah sampai doa makan saking groginya. Mulut mendadak gagap tapi hidup harus terus berjalan. 

"buku!", ucapnya sambil tuding di tangan macam mengambil kuda kuda untuk diayunkan.
"book bu." tuding masih bergeming.

"cantik!"
"biutipul bu." tuding memaku.

"roti tawar!"
"Astaghfirullahaladzim.." tuding melayang.

Tapi tenang, itu hanya masa lalu karena sekarang si Meykke sudah tau cara asik belajar dan mengajar Bahasa Inggris secara menyenangkan, terlebih untuk speaking yang memang kita harus relaxed ya. Dan alhamdulillahnya kini banyak online resources yang bisa kita gunakan untuk membantu kita belajar speaking, of course in a fun way!

Nah teman teman pembelajar, guru di kelas, atau guru online lainnya pun bisa nyobain website berikut karena kami sertakan link langsung cusss menuju ke sana.

Apa saja mereka?

1. Picture Quiz, Learnhip



Sebenarnya di game ini, kita hanya sebatas disuruh tebak gambar apakah itu? Namun, kita juga bisa mengelaborasi gamenya menjadi deskripsikan gambar ini dalam 1 atau 2 menit. Nah, jadi deh tu murid akan mulai mendeskripsikan menggunakan Simple Present Tense.

Di sini, kita bisa sama sama belajar tentang kosakata benda, preposition serupa behind, in front of, beside, dan lainnya dan juga Simple Present Tense. Mantap kan ya...

Berikut linknya teman teman : https://learnhip.com/picturequiz/b1_1.php

2. What is it? , LearnEnglishTeens



Ini adalah salah satu game favorit teman teman Quanta di kelas. Pilihan gambarnya sangat banyak, gambarnya kadang suka di luar nurul tapi seruuu bangett. Nah, nggak hanya menebak gambar, supaya bisa lebih seru kita bisa mengubah gamenya menjadi serupa ini.

- Jelaskan ke member bahwa permainan ini adalah tebak gambar. Nanti akan ada gambar yang menunjukkan sebagian dari sesuatu yang di-zoom in, lalu mereka harus cepat cepatan ketik jawabannya dan langsung kirim ke WA Group atau Zoom Chatbox.

- Jika semua members sudah mengirimkan jawabannya, maka saatnya kita reveal the answer. Yang dapat poin adalah member yang bisa jawab dengan benar dan yang paling cepat. Kita bisa lihat yang paling cepat adalah jawaban yang paling atas di chat kan.

- Tidak berhenti sampai situ saja, yang dapat poin harus bicara tentang benda itu, misalnya bendanya adalah Sushi. Maka mereka harus ngomongin soal Sushi selama 2 menit. 

DONE deh. Member suka karena udah macam kompetisi, udah gitu gambarnya suka sangat random, moodnya bagus, vibe kelas positif dan goal pembelajaran tercapai. Yes, goal kami adalah BELAJAR DENGAN BAHAGIA. Catat.

Ini linknya ya..

https://learnenglishteens.britishcouncil.org/study-break/photo-zone/what-it

3. Telephone Role Play, Wordwall



Siapa bilang cuman anak anak aja yang suka bermain peran/role play? Orang dewasa juga suka. Apalagi kalau konteksnya adalah belajar Bahasa Inggris. Dengan role play mereka bisa belajar mengaplikasikan Bahasa Inggris dengan situasi yang beragam dan 'nyata'. 

Ini juga banyak situasinya, teman teman. Macam ada yang tukang parkir telpon manager buat mindahin mobilnya soalnya ngalangin jalan, atau pekerja kantoran bilang ke bos kalau harus telat karena macet di jalan, dan situasi seru lainnya.

Nanti, member bisa secara berpasangan telponan. Seru ya! Cobain deh. Jangan lupa untuk set up timer misalnya 3 menit per conversation biar nggak kebablasan.

Ini ya linknya : https://wordwall.net/resource/930828/telephone-cards-role-play

4. Debate, Baamboozle



Orang dewasa mana sih yang nggak pernah adu pendapat? Sama teman, kita debat. Sama teman kerja, kita debat. Sama pasangan, apalagi. Nah, bagaimana kalau kemampuan kita berdebat kita satukan dengan belajar Bahasa Inggris? Pasti combo perfect nggak tuh.

Di sini, kita bisa memilih nomor tertentu dan kita bisa memberikan respon, baik setuju atau pun tidak setuju dengan prompt yang diberikan. Misalnya, 

- A college degree is essential for getting a good job.

- Fast food should be banned in school

dan lain sebagainya.

Nanti kita bisa set up timer kayak 2 menit untuk memberikan respon. Seru lagi kalau mereka pasangan, jadi yang satu harus setuju dan yang lainnya nggak setuju. Debate banget nggak tuh.

Ini ya linknya : https://www.baamboozle.com/game/29817

5. Say It! ESLKidsGame



Walaupun websitenya macam anak anak banget, tapi kita bisa banget elaborasi tiap tiap gamenya supaya bisa buat adults juga.

Jadi, inti game ini adalah kayak main ABC 5 Dasar jaman dulu SD, tau khan ya ( kalau kita seangkatan?

Di game ini nanti akan muncul random macam,

- Say a sport that begins with A

- Say a food that begins with Z

dan lain sebagainya. Jadi nanti mainnya bisa 2 versi.

Versi pertama, rebutan jawab. Versi kedua, gantian. Jadi, kalau kelasnya jiwa kompetisinya tinggi, bagus banget pakai versi pertama. Nah, begitu siapa yang paling cepat dan benar nebaknya, mereka harus ngomongin benda itu dalam dua menit.

Misalnya, say a sport with A.
"Archery!" nah, dia harus ngomongin soal memanah dalam waktu 2 menit. Bahkan dari situ kita juga bisa building a conversation dengan nanya ke member lain suka juga manah nggak, pernah nyobain nggak, dan lain sebagainya.

Ini linknya yah!
https://www.eslkidsgames.com/esl-say-it

Jadi, ngajar adults pun nggak yang kayak tegang macam mau test IELTS. Kita bisa asikin aja, bisa sambil curhat di kelas, ngopi bareng across the continent, ghibah tipit tipis tentang tata negara Indonesia, dan pastinya belajar dengan cara yang menyenangkan.

Apa mau cobain? Free trial aja sudah...InsyaAllah cocok.

See you in the next article!

Keep learning, keep shining!

Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)