MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

5 Tips Belajar Listening dengan ELLLO

 5 Tips Belajar Listening dengan ELLLO
Add Comments
Senin, 09 Oktober 2023


Ditulis oleh Miss Rani Argi Puspitasari

Haaaiii sobat pembelajar dimanapun kamu berada. Aku balik lagi nih dengan 5 tips belajar listening. Siapa nih disini yang lagi pengen meningkatkan kemampuan listeningnya? Siapa juga nih yang lagi cari materi listening yang menarik? Yuuuukk kepoin tips dari aku. Berikut adalah 5 tips belajar listening dengan ELLLO.

By the way, ELLLO itu apa sih? Dilansir dari website resmi elllo.org, ELLLO adalah singkatan dari English Listening Lessons Library Online. ELLLO memiliki lebih dari 3.000 pelajaran mendengarkan gratis untuk semua tingkatan! Sebagian besar pelajaran memiliki audio atau video, transkrip, dukungan kosakata, dan kuis interaktif.

Nah, ini nih tips yang bisa kamu ikutin untuk belajar listening dengan ELLLO:


Pilih Level dan Topik

Nah, di ELLLO ini kamu bisa banget nih pilih level yang menurut kamu cocok untuk kamu. Bisa dari level paling dasar yaitu Level 1 (CEFR A1) yang berisi percakapan sederhana yang dilengkapi dengan latihan grammar dan quiz untuk para pemula. Bisa juga langsung ke level paling mahir yaitu Level 7 (CEFR C2) yang berisi percakapan dengan vocabulary tingkat lanjut untuk kamu yang pengen banget belajar mendengarkan dengan level berbicara yang lebih cepat.

Setelah memilih levelnya, kamu bisa memilih topik listening yang sangat menarik untuk kamu. Dalam setiap topik terdapat latihan grammar atau vocabulary lho, jadi kamu bisa memilih materi yang ingin kamu pelajari.

Listen & Take Notes

Langkah berikutnya adalah putar audio / video (jika ada) untuk mendengarkan percakapan / monolog. Nah, hal yang paling penting pada saat listening adalah take notes, yaitu catat poin / informasi penting dalam recording tersebut. Kegiatan note taking ini sangat membantu kamu dalam memahami isi percakapan / monolog tersebut. Selain itu, kamu juga bisa berlatih menulis ejaan yang benar dari kata yang kamu dengarkan.

Baca Transkrip

Nah setelah itu, kamu bisa lho cocokkan poin-poin / informasi penting yang sudah kamu catat dengan transkrip yang ada. Disini kamu bisa meninjau kembali ejaan kata yang sudah kamu tuliskan sebelumnya. Kemudian, kalian juga bisa lho melatih speaking skill kamu dengan membaca percakapan / monolog yang ada pada transkrip. Jika kamu menemukan kata-kata yang sulit untuk diucapkan, kalian bisa banget putar audionya lagi sambil membaca transkripnya. Sangat asik bukan?

Belajar Grammar/Vocabulary

Well, setelah belajar listening, tiba saatnya untuk belajar Grammar atau Vocabulary yang terdapat dalam recording sebelumnya. Pada bagian Grammar, kamu bisa banget belajar grammar sekaligus mempraktekkannya. Terutama jika kamu punya partner belajar, maka kamu bisa mencoba menerapkan grammar dalam percakapan.

Pada bagian vocabulary, kamu bisa menambah kosa kata Bahasa Inggrismu nih. Biasanya pada bagian ini, terdapat audio sebagai panduan kamu untuk mengucapkan kosa kata tersebut dengan benar. Selain itu, bagian ini dilengkapi juga definisi dan contoh kalimat terkait kosa kata tersebut. Bukan hanya itu saja, kamu bisa melatih pemahaman mu tentang kosa kata tersebut dalam Vocabulary Quiz.

Kerjakan Quiz

Bagian terakhir dari rangkaian latihan listening kali ini adalah Quiz. Di bagian ini terdapat beberapa pertanyaan terkait dengan percakapan / monolog yang kamu dengarkan sebelumnya. Jadi, kamu bisa nih mengingat kembali apa yang sudah kamu pelajari dari percakapan / monolog tersebut.

Waaaahhh sangat menarik bukan. Ternyata di website ELLLO ini kamu bukan hanya sekedar belajar listening tetapi juga pemahaman mendengarkan (listening comprehension), grammar, vocabulary, dan speaking juga nih. Seruuu kan? Semoga tips ini bermanfaat untuk kalian semua ya. Keep learning, keep shining! See you next time! 🤗🤗


Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)