MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

6 TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS SUPER MUDAH

6 TIPS BELAJAR BAHASA INGGRIS SUPER MUDAH
Add Comments
Senin, 25 September 2023


Bisa banget!! Tahu sendiri kan teman teman kalau dewasa ini kemampuan Bahasa Inggris sangat amat diperlukan. Entah kalian seorang pelajar, pekerja, bahkan ibu rumah tangga. Let's say untuk melamar pekerjaan, untuk naik jabatan, untuk mendaftar beasiswa, untuk piknik ke luar negeri hingga untuk membersamai anak anaknya belajar Bahasa Inggris.

Tapi, gimana sih caranya mulai belajar Bahasa Inggris? Harus darimana dulu? Belajar apa dulu? Ngapalin apa dulu? Ah, tenang...ternyata belajar Bahasa Inggris nggak seribet itu kok. Apalagi kita bisa memanfaatkan resources dari internet yang super duper banyaaaaaak!

Alhamdulillah, di kelas Bunpro kemarin, saya didapuk menjadi speaker di zoom meeting dengan topik Tips Belajar Bahasa Inggris Super Menyenangkan. Dan alhamdulillah juga bisa berbagai tips dan trik di sana.


Lalu, apa sih tips and tricknya?


1. TENTUKAN STRONG WHY

"Kenapa aku harus belajar Bahasa Inggris?"

Nah, ini yang akan menjadi mesiu nantinya untuk kita, untuk terus belajar. Teman teman harus tentukan dulu urgency kenapa harus belajar Bahasa Inggris? Misalnya, karena Ibu Ibu ingin sekolah lagi? Ingin apply beasiswa? Ingin bisa piknik ke luar negeri? Apapun itu.

2. DIMULAI DARI YANG KITA SUKAI

Pernah nggak sih dulu pas sekolah kita suka sama suatu pelajaran karena cara gurunya ngajar itu enakeun gitu? Kayak gurunya nyenengin? Nah sama juga pas kita belajar sendiri. Kita harus cari cara yang bisa membantu kita belajar dengan menyenangkan. Jadi, kita harus tau nih kesukaan kita itu apa sih.

- Baca novel dalam Bahasa Inggris



Jika teman teman hobinya membaca, maka tips ini yang paling sesuai. Ubah buku yang tadinya novel Indonesia menjadi novel English. Kalau misalnya nggak punya gimana? Jangan putus asa. Buka saja internet dan cari website cerita/read aloud yang bahkan aksesnya pun gratis!

Contohnya :

https://www.letsreadasia.org/

https://literacycloud.org/

- Nonton film Barat/ Drama Korea dengan subtitle Bahasa Inggris

Inget banget deh dulu saat kuliah, paling demen saya nonton Drama Korea. Tapi, biar sekalian belajar jadi saya set up subtitlenya menjadi Bahasa Inggris. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui deh! Sekalian diri terhibur, kalau ada kalimat bahasa Inggris yang nggak tahu, tinggal saya pause, ceri artinya dan tulis di buku catatan vocabulary.

- Mendengarkan podcast/nonton video Youtube dalam Bahasa Inggris



TED TALK adalah yang paling saya suka. Speakernya dari berbagai negara dan ngomongin topik yang beragam pula. Jadi, sekalian belajar bahasanya, kita juga dapat knowledge dari materi yang dibawakan speakernya. Mantapp!!

- Yang lebih mainstream memang mendengarkan lagu dalam Bahasa Inggris ya, gengs.

3. CARI PARTNER YUK!

Manusiawi memang saat proses belajar kita menemui jalan buntu, merasa unmotivated, capek, bosan, lelah, linglung. Dan inilah saat yang tepat untuk mencari partner. 

- Cari teman untuk bisa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris

Inget banget dulu partner saya bernama Uma. Kami sering curhat dalam bahasa Inggris melalui Whatsapp, seperti sekedar kirim voice note atau chat saja. Bahkan, saat kami berjumpa pun kami sudah terbiasa berkomunikasi dalam Bahasa Inggris. Nah, teman teman juga bisa cari nih siapa yang kira kira bisa diajak menjadi learning partner.

Kalau nggak ada, jangan bersedih karena masih ada opsi berikutnya.

- Gabung komunitas Bahasa Inggris di WA/Telegram



ATM English Club adalah salah satu Club yang bisa banget teman teman ikuti untuk bisa mendapatkan lingkungan yang mendukung untuk belajar Bahasa Inggris. Ada banyak sesi yang bisa diikuti di WhatsApp Groupnya serupa Challenge, Grammar Corner, Getting to Know You, bahkan sesi zoom meetingnya bisa sampai 3 kali dalam sebulan. Psssttt, bayarnya super murah meriah lho!

Selain ATM English Club, teman teman juga bisa join di beberapa komunitas ya.

- Gabung aplikasi/zoom berbicara Bahasa Inggris dengan orang lain dari berbagai negara

Wuih! Keren banget nggak tuh. Kita bisa berbicara in real time dan build conversation bersama orang orang dari berbagai dunia melalui app, semisal Hilokal atau komunitas di Facebook berikut ini.

Kita bisa gabung di komunitasnya, dan tinggal tunggu announcement zoom meeting rutin yang sering mereka adakan dan join deh. 

4. MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL


Nah, yang biasanya cuman scroll down Tiktok atau Instagram, sekarang bisa banget nih teman teman gunakan social media untuk belajar Bahasa Inggris. Ada banyaaaaaaaak sekali akun ig, fb ataupun tiktok yang bisa membantu teman teman belajar Bahasa Inggris. Salah satunya adalah @quanta.english baik di Tiktok, Instagram ataupun di Youtube.

Video yang singkat dan langsung sat set bikin proses belajar kita nggak pakai ribet, kan?

5. JOURNALING



Nah, bagi yang suka nulis pun bisa banget kita mulai belajar nulis pakai Bahasa Inggris, misalnya nulis gratitude journal.

"Tapi, kalau aku nggak tahu bahasa Inggrisnya apa atau nulisnya kayak gimana?"

Khan udah ada ChatGPT ataupun Google Translate. Nah, ini nih linknya

https://chat.openai.com/'

https://translate.google.com/

Nggak ada yang susah sih ya, selagi ada internet mah. Kita tinggal masukkan kalimat yang akan kita tulis ke chapt GPT dan masukkan prompt serupa,

"Can you translate it in English?"

kalau misal bahasanya masih kaku, bisa tulis prompt lagi kayak,

"Can you translate it in more casual way? or more informal?"

jadi deh.

6. MEMANFAATKAN WEBSITE, APLIKASI PEMBELAJARAN ATAU KELAS BERBAYAR



Website untuk belajar Bahasa Inggris ini buanyak sekali lho, teman teman. Tapi, sebelum saya sebutkan semuanya, teman teman juga bisa banget gabung di Quanta Online English Course (@quanta.english). Kami menggunakan buku terbitan Cambridge University Press dan menggunakan pembelajaran Digital Game-based learning. Selain itu, teman teman juga bisa nyobain kelas trial gratisnya lho.

Nah, selain quanta.english, ini dia website yang bisa dipakai untuk belajar Bahasa Inggris

https://learnenglishteens.britishcouncil.org/

https://learnenglish.britishcouncil.org/

https://learnhip.com/

https://quizizz.com/

https://elllo.org/

https://www.baamboozle.com/games

dan masih banyak lagi.

Nah, belajar Bahasa Inggris gampang khan dengan resources yang MasyaAllah banyaknya. Oiya, teman teman juga bisa nonton IG LIVE saya ngomongin tentang ini di sini ya.


 


Keep learning, keep shining! 

Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)