Playdate Seru Bersama Binar di Puri Mataram, Jogjakarta



 "Traveling bersama anak adalah suatu kewajiban". Itu adalah salah satu motto hidupku. Secara rutin, baik dulu saat Ayah Julio belum merantau ke benua seberang ataupun sekarang saat bersama Ibu seorang, aku selalu mengagendakan piknik bersama Julio. Entah piknik tipis tipis serupa sarapan di gazebo pinggir sawah, jalan jalan ke lapangan bola sampai piknik ke kebun binatang, museum, pantai, mall, sungai, kebun bunga, staycation di hotel dan makan di warung atapun restoran dengan berbagai tema. Ayahnya pun sejalan. Selagi bisa jalan jalan, yuk gaskeun!




Pas banget di bulan September kemarin ada offline playdate dalam rangka Anniversary Binar ( Gerakan Bermain Belajar ) yang dirayakan serentak di 4 titik yaitu Jakarta, Bandung, Jawa Timur dan Jogjakarta. Jadilah aku mengajak serta Maesya dan tante tantenya untuk ikutan playdate bersama Binar di Jogjakarta, tepatnya di Puri Mataram, Sleman, Jogjakarta. Dan inilah cerita selengkapnya!


KESERUAN PLAYDATE BERSAMA TEMAN TEMAN


Sebagai anak pandemic, awal awal kehidupan Julio memang diwarnai dengan isolasi, PPKM dan teman temannya. Alhamdulillah, kini semua semakin reda dan giliran Julio memulai penjelajahannya. Salah satu pengalaman berharga untuknya adalah berkumpul bersama teman teman. Terlebih Julio belum sekolah seperti teman lainnya. Jadilah dia girang bukan kepayang setiap kali bertemu teman.

Begitu pula saat tiba di sana dan mulai bertemu satu per satu temannya. Ada yang pemalu, ada yang awalnya pemalu lalu asik bermain bersama, pokoknya seru!

Pembukaan dengan Read Aloud di Pendopo Puri Mataram

Baca buku baru dari Binar

Bunda Nina, sebagai ketua penyelenggaraan playdate offline Joglosemar bersama dengan Bunda Sheila membuka acara ini dengan ciamik, dilanjutkan dengan read aloud. 


Saatnya read aloud dan Julio mulai mendekat

Tak sabar untuk segera menjelajah, akhirnya Bunda Nina dan Bunda Sheila segera mengumumkan tentang rules menjelajah mini zoo plus kasih tahu kalau nanti ada surat tersembunyi yang harus kita cari. Yup, we'll do treasure hunt!

Dengan semangat membara, kami mulai melangkahkan kaki bersama. Mini zoo adalah destinasi selanjutnya.

Kasih makan hewan hewan


Ini adalah salah satu hobi Julio saat piknik bersama. Dia paling sukaaaa dengan para hewan. Di sini, kita bisa kasih makan kelinci, kambing, ikan, hingga rusa. Dan semua hewan itu tak ada yang luput dari Julio. Semuanya dikasih makan. MasyaAllah..

Apalagi saat bersama para kelinci, Julio juga mengelus dan berlarian mengejar ngejar kelinci. Saking asiknya Ibuk lupa harus berburu surat special.

Terciduk sangat serius memotret anak

Selepas dari memberi makan kelinci, kami lalu menuju lapangan serupa lapangan kaktus dan berfoto ria di sana.

Senyum penuh kebahagiaan Maesya

Berikutnya, kami memberi makan kambing. Tanpa rasa takut, Julio mengambil wortel dan menyuapi para kambing kambing di kandangnya. 

Anak pemberani MasyaAllah..

Spot terakhir dan harapan terakhir untuk bisa menemukan hidden treasure adalah di kolam ikan. Dan violaaaa, akhirnya Ibuk dan Julio menemukannya. Yeayyy!!! 

Yeayy dapat hidden treasure!

Tak hanya itu, kami juga memutari area kebun di Puri Mataram sampai menemukan kandang rusa, kandang para burung, sampai burung Merak di area terpisah. Sebenarnya ada juga satu area yang kalau dilihat di Google itu cantik banget dan bisa untuk spot foto foto. Sayang, saat sampai di sana area iconic itu seperti tidak terawat. Jadi, kami hanya melewatinya saja.


Terakhir, Julio dan Maesya juga sempat ngasih makan ikan di sungai kecil nan bersih yang bermuara di sebuah dana buatan di tengah tengah area Puri Mataram ini. 

Ngasih makan ikan dulu sebelum makan siang

Kita juga bisa naik perahu bebek dan berputar putar di danau itu. Kami mengurungkan niat karena siang itu, udara sangat terik dan hawa panas kali. Kami lebih memilih untuk segera masuk ke pendopo dan merasakan semilir hawa AC sambil menikmati hidangan makan siang yang sudah disiapkan oleh panitia.



Tak hanya hidangannya saja yang MasyaAllah, tetapi goodie bagnya juga MasyaAllah banyak bangettt! Mulai dari mini learning kit sampai dua kantong berisi penuh jajanan. Mini learning kitnya sangat bermanfaat, yaitu ada kartu alphabet, number dot activities dan sewing frame activities. Pokoknya paket komplit banget nih perayaan anniversary Binar!

Alhamdulillahnya lagi karena Julio bisa dapat hidden treasure dari Binar. Juga, menang lomba olahraga bersama keluarga yang juga diadakan oleh Binar.

2 KEMENANGAN JULIO

Yeayy dapat harta karun!

Alhamdulillah saat petting activities di mini zoo, Ibuk bisa menemukan hidden treasure terakhir yang disembunyikan di sekitar kolam ikan. Jadi, saat penutupan acara Binar ini, Julio mendapatkan hadiah berupa beberapa buku dan juga masker cantik. Terimakasih Binar!

Beberapa hari kemudian, Ibuk juga mendapat kabar kalau Julio menang lomba video olahraga bersama keluarga walaupun saat iitu Julio olahraganya cuma sama Ibuk saja. hehehe...Alhamdulillah, hadiahnya buku dan makin menambah koleksi buku bacaan Julio di rumah. MasyaAllah, terimakasih Binar. 

Alhamdulillah @julio.kq dapat hadiaah

Eh, tapi ada yang tau nggak sih Binar itu apa?

APA ITU BINAR?



Dilansir dari website BinarGerakan Binar hadir sebagai support system bagi para ibu yang ingin konsisten menemani anak usia dini bermain dan belajar dengan menyenangkan di rumah. Gerakan Binar diinisiai pada tanggal 15 Agustus 2019.

Misi dari Gerakan Binar sendiri adalah :

Menjadi komunitas yang mensupport kebutuhan Ibu dalam mencari ide bermain untuk anak usia dini dan pemahaman parenting.

Menjadi sarana latihan ibu membuat rencana bermain yang menyenangkan, belajar mindfulness saat menemani anak bermain dan mendokumentasikan perkembangan anak dalam bentuk jurnal. 

Sedangkan visinya adalah Anak terpenuhi hak bermainnya dengan orang tua, Tercipta kelekatan antara anak dan orang tua melalui bermain Bersama, Ibu merasa bahagia saat bermain dengan anak dan Ibu terbiasa membuat rencana bermain dan mendokumentasikan kegiatan bermain dengan anak.

Banyak sekali program menarik dan bermanfaat untuk para Ibu yang ingin membersamai anaknya di usia dini, yaitu :

1. Pemberian Materi Parenting (Kulwap, Kulzoom, Kulgram)

2. Challenge #30haribermainbersamaanak

Challenge #30haribermainbersamaanak bertujuan untuk membangun kebiasaan baik dan konsistensi ibu dan  anak bermain di rumah.

3. Reward Training of Trainer dan Sertifikasi Read Aloud

Bagi Bunda Binar yang berhasil menyelesaikan challenge #30haribermainanak dengan tuntas, diapresiasi dengan diikutsertakan ToT Read Aloud oleh Bu Roosie Setiawan

4. Reward Pelatihan Binar Calistung

Bagi Bunda Binar yang berhasil menyelesaikan challenge #30haribermainanak dengan tuntas untuk kedua kali, diberikan pelatihan gratis Binar Calistung.

5. Virtual Playdate

Playdate bagi member Binar dengan aktivitas senam, Read Aloud dan DIY/ STEAM Project, Mendongeng, dll.

6. Membuat E-book dan Buku Cetak Kumpulan Aktivitas Bermain dan Refleksi Ibu

Buku cetak pertama Gerakan Binar berjudul Jejak Cinta Bermain Ananda. 

Nah, di buku ini juga ada tulisan Ibuk dengan pengalamannya bermain bersama Julio, lho. :)

Nah, untuk bulin (Bunda Online) semuanya yang mau tahu lebih banyak tentang Binar ini juga bisa intip instagramnya di @binar_bermainbelajar

ALUN ALUN MAGELANG SEBELUM PULANG

Mampir dan jalan jalan dulu di Alun Alun Magelang


Setelah pembagian hadiah dan penutupan, berakhirlah sesi playdate kami kali ini. Well, ini adalah kali pertama Julio punya playdate dan sekaligus kali pertama Julio dapat hadiah dan menang lomba. Hihi..

Setelah pamitan bersama teman teman dan panitia, akhirnya kami pun pulang. Nah, saat lewat alun alun Magelang, ternyata lagi ada rame rame nih. Ya sudah, sebelum kami pulang, akhirnya kami makan siang lagi di sebuah tempat makan tak jauh dari lapangan, lalu jalan jalan dulu di lapangan. Sayangnya, tidak lama kemudian hujan lebat turun dan kami harus melanjutkan perjalanan pulang. Ah, senang sekali rasanya bisa mengantar Julio bertemu dengan teman temannya, berpetualang dan kasih makan binatang.

Once again, terimakasih Binar!

GALERI PERJALANAN KAMI


Diajak foto malah ngacir

Bersama Mama Maesya 

Ibuk dan Julio super happy

Foto dulu habis kasih makan rusa

Full team!

Situasi ngasih makan kelinci

Perkenalan dulu





15 komentar

  1. Seru memang jalan2 sama anak. Apa lagi bareng yang lain dengan kegiatan positif.

    BalasHapus
  2. Seru banget ya, Kak. Anak-anak pasti seneng banget Playdate bersama. Ibu pun ikut merasa happy bersama anak. Jadi, nggak ada istilah stres lagi membersamai anak yang aktif. Keren.

    BalasHapus
  3. wah acaranya seru banget yaa, si kakak jadi bisa belajar dan bersosialisasi di luar rumah. Saya punya ponakan yang lahir tahun 2020 pas banget sama eranya pandemi. Sekarang sudah umur 2 tahun juga sering diajak hangout sama mamanya, kadang saya juga ngajak main untuk melatih perkembangan motorik dan sensoriknya

    BalasHapus
  4. Setuju mba. Kalo bagi saya ngajak anak jalan-jalan jadi pelepas penat juga meskipun lelah tapi bahagianya lebih lebih lagi

    BalasHapus
  5. asyikk banget ya Mbak, bisa ikutan komunitas kayak gini.
    ibunya bisa belajar, anak-anaknya juga doong.
    apalagi bisa ikutan playdate, anak-anak jadi bisa bersosialisasi dan juga menjelajah alam. Pasti Julio happy banget nih, apalagi bisa menang lombanya juga :)

    BalasHapus
  6. Wah senang banget ya pastinya acaranya sangat menyenangkan buat si kecil mba, apalagi ditambah ada travelingnya juga, dan baca ini saya jadi kangen Jogja, pengen segera ke sana lagi

    BalasHapus
  7. Jalan-jalan jadi bermakna kalau bersama keluarga kak. Apalagi kalau bisa ngasih edukasi sekalian. Berasa lebih seru aja ya

    BalasHapus
  8. Banyak kegiatan seru yg bisa dilakukan anak dan orang tua saat play date ini ya. Apalagi lokasinya ini sangat bagus, dan masih alami. Ke Yogyakarta kapan kapan anak harus main kemari

    BalasHapus
  9. Wah anak-anak dapat banyak hal nih dari kegiatan play date. Ya hiburannya, juga pastinya dapat pengetahuan juga. Main sambil belajar yang asik

    BalasHapus
  10. Seru banget ini eventnya. Yang seperti ini perlu diadakan sesering mungkin agar anak-anak terbiasa berinteraksi dengan lingkungan dan orang lain

    BalasHapus
  11. Seru ya acara begini, ibunya bisa interaksi dg sesama ibu, anaknya jg bisa main-main sama temannya :) apalagi di tempat yang bikin nyaman anak-anak gini

    BalasHapus
  12. Wah seru banget playdatenya
    Banyak ya acaranya. Mainnya dapat, edukasinya dapat, travelingnya juga menyenangkan. Pasti akan jadi kenangan manis banget nantinya

    BalasHapus
  13. Wah seru banget ikutan playdate seperti ini
    Anak anak pasti happy bisa bermain dan belajar bersama teman-teman seperti ini

    BalasHapus
  14. seru banget deh aktivitas yang menunjang fokus anak.. anak semakin cerdas dan mengasah intuisi nih.. kegiatannya positif pula.. keren kak

    BalasHapus
  15. Serunya! Julio pasti seneng ya, apalagi sampai dapat 2 kemenangan. Selamat ya, Julio. Dan kedepannya semoga program Binar terus sukses dan jadi wadah bagi para ibu dan anak² untuk melakukan kegiatan positif dan keren-keren begini.

    BalasHapus

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)