SUSUR SUNGAI SANTAI DI MUNCUL RIVER TUBING, KAB SEMARANG


Pagi pagi kali kami sudah bersiap di sebuah rumah tepat di depan Waterpark Muncul. Yup, kali ini kami mengemban misi untuk bisa bersama sama susur sungai Muncul sampai di Rowobeni. Dimulai dari saat aku melihat sebuah story teman di WA saat dia bersama anaknya bermain di sungai nan bening, ku tanya deh ini dimana. Dan baru ku tahu kalau Muncul ternyata ada sungai sebening dan sejernih. Nah, pas banget nih aku kenal dengan seorang teman bernama Mba Ayu, pemilik sebuah outbond organizer yang menawarkan beberapa kegiatan bertema alam. Let's say ada Muncul River Tubing, Outbond, jeep trip, family camping, dan fun tracking. Nanti aku bahas satu satu ya, Bun. Langsung deh aku hubungin Mbak Ayu, besti dan sodara setuju, berangkatlah kita dua hari setelahnya. 

Baca petualanganku lainnya bermain air, di sini!

Cave Tubing Pindul dan River Tubing Oyo yang Asoy di Jogjakarta

Mengarungi Jeram di Sungai Palayangan, Sukabumi

MERAYAP DI GOA DAN MELESAT CEPAT DI BENDUNGAN RAKSASA, GOAKREO-WADUK JATIBARANG, SEMARANG!!


AGENDA PERTAMA, MUNCUL RIVER TUBING!

Bersama adek adek, sepupu dan my besties yang jauh jauh dari Jakarta!


Kami bergegas registrasi setelah sebelumnya sudah mendaftar via WA sekalian melunasi biayanya. FYI, susur sungai ini aman untuk anak kecil di atas 3 tahun juga karena arus sungainya termasuk dalam grade 1. Jadi gini teman teman,

Sumber air sungai Muncul adalah 90% mata air langsung dan 10% air dari gunung

Tipe sungai ditempat kami adalah flat, arus tenang yang mana jarang terjadi banjir, akan ada banjir jika digunung hujan sangat lebat dan lama lebih dari 3jam, itupun tipe airnya tidak berarus deras akan tetapi air akan meluap ke sawah yang ada di sekitar sungai

Sangat aman untuk pemula, yang tidak bisa renang sekalipun.

Arus grade 1, yang memang di rekomendasikan untuk river tubing (standar river tubing grade I atau II) melainkan bukan rafting (rafting grade III - VI, sangat deras) dengan Jarak 1.5km

Kedalaman rata - rata 60 - 120cm. Ada tempat yang dalam lebih dari 2 meter di titik - titik tertentu seperti area tikungan dan area yang menyempit. Dan durasi waktu tempuhnya adalah sebagai berikut.

Persiapan awal (ganti pakaian) 5 - 15menit

Briefing 10 menit

Durasi pengarungan 35 - 45 menitan

Penjemputan peserta dari finish 10 menitan

Bilasan mandi dsb 35 menitan

Total estimasi waktu kurang lebih 90 menitan

Nah, untuk fasilitas yang kami dapatkan adalah :

- 1 ban untuk 1 orang

- Profesional guide and rescue

- Safety tubing equipment

- Asuransi

- Transportasi ( finish-start)

- Dokumentasi yang akan disimpan di Google Drive

- First aid

- Welcome drink

- Hot drink

FYI, Muncul River Tubing juga telah mengantongi sertifikat CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability) ya teman teman.

Oke siap, secara bergiliran kami lalu mendapatkan baju pelampung, ban dan helm. Dari rumah keberangkatan sampai di sungainya, kami hanya perlu berjalan sekitar 5 menit saja karena memang dekat banget sih. Nah, di sungai itu sudah berjejer para penjual mie instan dengan berbagai snack dan gorengan. Jadi, kalau teman teman lupa bawa kantong HP anti air yang bisa dikalungin gitu, bisa beli lho di sini dengan harga hanya 10ribu saja. Murce nggak sih!

Setelah kami siap, maka kami akan dibekali dengan dasar dasar keamanan river tubing dan cara duduk di atas ban yang baik dan benar. Pembekalan sudah, berdoa pun sudah kini saatnya kami menghanyutkan diri!

Sedang mendengarkan penjelasan Mbak Ayu, owner Muncul River Tubing

Siap mengarungi hidup sungai ini.

Oiya, sebelumnya juga guide menawarkanku untuk duduk terpisah dengan Julio alias Julio duduk di ban mini sendiri dengan bantuan guidenya, tentu saja. Tapi kayaknya lebih afdol kalau aku pangku dan terus berada di jangkauan tanganku ya, Bun. Jadilah Julio dan Maesya dipangku mamanya masing masing saja. And how is it?


So FUN! Memang benar sih, arusnya tidak sederas saat aku melakukan arum jeram di Pengalengan dulu. Arusnya itu santai, tak bergelombang dan sungainya pun landai. Alhasil, walau sesekali kami harus terputar putar dan terseret ke tepi sungai dengan banyak tumbuhan berbatang agak tajam, tapi kami bisa leluasa menikmati segala pemandangan sawah dengan gunung gunung menjulang sebagai background. Julio pun juga nggak begitu takut dan bisa menikmati pengalaman super FUN ini. Dia hanya sekali takut saat ada yang membahas tentang buaya.

"Mbuk, ada buaya mbuuuuk...ada buaya.." Agak panik sambil mengangkat kedua kakinya. Hahaha..

Serunya naik mobil bak terbuka sambil melihat bentangan sawah di kanan kiri jalan


Sekitar 30 menit kami sampai di ujung perjalanan. Pulangnya, kami menaiki mobil bak terbuka menuju ke rumah keberangkatan. Awesomenya lagi, di sana kami sudah disuguhi teh anget dan gorengan. Nikmat dunia mana yang kau dustakaaaan. Dingin dingin habis mainan air langsung melahap gorengan hangat dengan teh manis hangat pula. Lebih dari cukup untuk bisa mengembalikan semangat dan stamina. Karena kalau setelah ini langsung pulang dan ganti baju, oh tentu saja kurang seru!

AGENDA KEDUA; KECEH/MAIN AIR DI SUNGAI MUNCUL

Sungai di pangkal yang lebih pendek dan dangkal. Aman untuk keceh!


Nah, setelah mengganti kaos Julio supaya nggak begitu dingin, kami kembali berjalan menuju ke sungai untuk susur sungai tadi. Namun, kami tidak kembali menyusuri sungai sejauh 1,5 kilometer, melainkan bermain air di sungai bagian atas. Yup! Sungai di bagian atas dipisahkan dengan serupa pembatas gitu, Bun. Jangan tanya airnya, super duper segarrr dan jernih! Bahkan saat kita menyelam kita bisa melihat dengan jelas dasar sungai dengan berbagai batu batu di sana. Oiya, direkomendasikan saat berjalan di air/sungainya gitu, mending pakai sandal bun karena batu batunya tajam jadi rasanya kayak berjalan di batu refleksi gitu. Lama lama sakit juga. 

Nah, di sungai yang relatif pendek itu pun kita juga bisa bermain susur sungai dengan ban ala ala dari pangkal sampai ke ujung pembatas itu, dimana para warga lokal asik mencuci tikar dan karpet mushola. Nah, di pangkalnya sana yang berbatasan dengan Kolam Renang Muncul, bahkan kita bisa berenang dan menyelam karena arus tidak lewat di bagian itu.

Nah, di ujung ada pembatas antara sungai pendek ini dengan sungai panjang yang tadi kita susuri jadi aman ga bakalan bablas. Dihiasi dengan pemandangan para pemuda mencuci karpet masjid. Wkwkwkw

Jadilah bermodalkan ban seharga 10ribu untuk durasi sepuasnya sebanyak 5 buah, kami hilir mudik dari pangkal susur sungai sampai ujung, lalu kembali lagi ke pangkal dan naik ban lagi, gitu seterusnya sampai capek. Hahaha...

Di sela sela kegiatan seru, kami juga sempat membeli mie goreng dengan berbagai gorengan dan minuman. Bisa banget deh kita makan dan minum di pinggir sungai gitu. Julio pun keliatan menikmati bermain di atas ban dan sesekali ingin menyelupkan diri di sungainya.

Hmm..senang banget rasanya bisa ajak Julio kali ini dan memberikan pengalaman bermain di sungai dengannya. Karena memang ini adalah kali pertama Julio main di sungai! Yeayyyy.....

Hari semakin siang, badan makin capek dan wajah sudah terpantau agak gosong. Saatnya kami bergegas ke rumah keberangkatan tadi untuk mandi dan berganti baju. 

KEGIATAN LAIN YANG DITAWARKAN

Selain susur sungai, ternyata ada beberapa jenis kegiatan yang teman teman bisa coba bersama keluarga ataupun rekan kerja. Nah, ini dia kegiatannya :)


LOKASI DAN JAM OPERASIONAL

Teman teman yang ingin mendapatkan pengalaman bermain di alam seseru ini, bisa banget menggunakan jasa Muncul Outbond ini.

Teman teman bisa ngintip dulu kegiatan dan informasi lengkap di
Facebook : Muncul Outbond
Instagram : @Munculrivertubing_Official
Twitter : @Tubingmuncul
Blog : www.wisatamuncul.blogspot.com

Untuk mencari lokasinya pun sangat mudah, yaitu tepat di samping Masjid di seberang Muncur Waterpark. Lebih tepatnya, di Jl. Brawijaya (Jl. Raya Muncul - Ambarawa ) KM 7, Muncul, Rowobini, Kecamatan Banyubiru, Kab Semarang - Jawa Tengah.

Contact person : 081233376440/083899799029/085641502248

Jam operasionalnya adalah setiap hari mulai jam 8 sampai jam 4 sore. Tetapi, pemesanan dilakukan melalui online ya, jadi bisa booking hari dan jam dulu karena dari pemantauanku, Muncul River Tubing ini cukup rame. Saat kita selesai susur sungai saja sudah ada keluarga yang masuk dan siap susur sungai ronde kedua. Untungnya saat itu kami sesi pertama dan udara masih segar dan hawa nggak terlalu panas.

Senang banget deh rasanya karena akhirnya salah satu bucket list ku untuk bisa mengajak Julio river tubing bisa terlaksana. Apalagi ke sana ramean bersama saudara dan para bestiku tercinta. Ah, kapan kapan lagi ah...

Besok kemana lagi yaaaa....

GALERY PERJALANAN KAMI



Foto dulu setelah berhasil menyusuri sungai dengan selamat dan riang gembira

Anak kicik naik mobil bak terbuka. Harus pegangan yang kencang ya gaes.

Siap siap melarungkan diri.



18 komentar

  1. wahh seru banget dan bening banget sungainya ..:) pingin kapan-kapan kesana juga

    BalasHapus
  2. Julio berani sekali...senangnya bisa susur sungai santai di Muncul River, naik jip dan makan gorengan dan ngeteh. Nikmaat!
    Infonya lengkap sekali Mba, bisa nih dicoba lain kali kalau ke Semarang

    BalasHapus
  3. wahh serunya bisa "main" air bersama orang-orang tercinta. Kalo anakku diajak ke situ kayaknya bakalan betah dan ogah pulang ke rumah lagi, hehehe

    BalasHapus
  4. Asyik banget nih kalau arusnya segini wajar anak-anak bisa menikmati.
    Catet dulu, siapa tahu ada kesempatan balik ke Semarang dan eksplore sekitarnya lagi

    BalasHapus
  5. Lihat air jernih gitu rasanya pengin ikutan nyemplung euy, Mbak. Segeeeeeeeer pasti.

    Disini apalagi dipantainya, sulit sekali melihat air bersih, air dipantai sini coklat gitu Mbak, huaaaaa

    BalasHapus
  6. Main air di sungai itu seruuuu...
    Keliatan safety ya , kak. Pake life jacket dan helm juga ngikuti standar rafting. kereen...

    Dan air sungainya ituuu Masyaallah jernih.
    Pingin lagi kaan main air jadinya hahaa

    BalasHapus
  7. Happy banget ya mom bawa liburan anak susur sungai. Apalagi tingkat keamanannya terjamin. Ada guidenya juga. Dan harga yang diberikan worted

    BalasHapus
  8. hihihi serunya, jadi inget river tubing bareng Danone Blogger Academy
    dan saya gak ikut dong
    gak tau kenapa, mungkin karena gak bareng anak2
    sekarang rasanya saya gak bisa hepi2 kalo gak bareng mereka

    BalasHapus
  9. Seneng banget main air bareng-bareng gitu.
    Daku mau rencanain bareng temen belom kesampaian haha.
    Seru juga ya, tapi jangan pas musim hujan sih ya biar gak dingin banget ­čśü

    BalasHapus
  10. ooo jadi river tubing sama rafting itu beda ya mbak, yang ini lebih aman ya karena medannya nggak banyak bebatuan dan nggak terlalu dalam juga, airnya juga nggak begitu deras.

    Keren ih Julio udah berani river tubbing, walau sempat takut karena ada yang bilang soal buaya.

    BalasHapus
  11. Wisata petualangan seperti susu sungai ini sangat seru ya... Selain buat healing alias refreshing, bagus juga buat sarana banding dengan di kecil....

    BalasHapus
  12. MashaAllah~
    So Cute... Anak-anak bisa ikutan aktivitas berpetualang di alam dengan River Tubing Kalau sudah 11 tahun, uda bisa naik ban sendiri kali yaa..?

    Pingin euii...mencoba Muncul River Tubing bersama anak-anak.
    Yang sering takut kalau di air tuh, aku.
    Soalnya keseringan nonton kejadian kapal tenggelam gitu-gitu... dan aku gak pandai berenang. Rasanya jiper banget.

    Kalau River Tubing level 1 begini, beneran FUN sih yaa..

    BalasHapus
  13. Aduhaiii ini aku baca pas Sby lagi panaaassss cuacanyaaaa.

    Auto pengin ikutaann, segerr bgt pastinyaaa­čść

    BalasHapus
  14. Asli seru banget nih. Jadi ingat zaman masih jadi mahasiswa pernah ada kegiatan susur sungai buat bersihin sampah dipinggir sungai. Beneran pengalaman yang ga akan pernah dilupakan.

    BalasHapus
  15. Serunya bisa wisata alam bareng keluarga kayak gini ya kak. Perlu banget nih di agendakan bareng yang tersayang. Baik keluarga, rekan kerja mau pun sahabat. Selain seru-seruan, juga buat mempererat hubungan. Apalagi budgetnya lumayan ramah dikantong ya ini.

    BalasHapus
  16. Omg, airnya jernih banget
    Jadi pengen main air di sana
    Wisata susur sungai seperti ini sangat menarik ya
    Semoga bisa kulakukan saat jalan jalan ke Semarang

    BalasHapus
  17. Seru banget ya Kak, si kecil jadi punya pengalaman bermain tubbing dengan arus yang aman walaupun masih cukup kecil.

    BalasHapus
  18. Sungainya bersih banget, ya mbak. Seru dan aman berpetualang susur sungai seperti ini, mengenalkan anak pada alam tapi tetap dalam kondisi aman.

    BalasHapus

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)