Nutrisi dari Susu Bubuk dan Stimulasi Tepat Demi Pertumbuhan Optimal si Kecil



Rasanya baru kemarin aku mendengar tangisan Julio pertama kali, sesaat setelah Dokter mengeluarkannya lewat prosedur pembedahan. Rasanya baru kemarin ini aku berjuang supaya ASI bisa keluar dan Julio mendapatkan haknya untuk bisa menyusu. Rasanya baru kemarin Julio belajar merangkak, hingga akhirnya dia bisa merangkak ke sana ke sini lanjut berdiri, lalu berjalan. Kini, dia sudah berjalan, bahkan berjinjit. Kini, dia sudah bisa menentukan pilihan sendiri. Kini, dia sudah pintar mengemukakan keinginannya,

“Ibuk, kakak antuk.” “Ibuk, au ini.” “Ibuk, mimik syusyu.”

Ah, Rasanya waktu berjalan sangat cepat ya, Moms. Baru kemarin melahirkan, eh sekarang anak sudah dua tahun aja. Yup, Julio berulang tahun ke 2 tahun tanggal 3 September kemarin. Banyak sekali momen yang kami lalui bersama, banyak kenangan dan pelajaran berharga, dan karena waktu tak bisa kembali, kami tidak mau ada momen yang terlewatkan dan sia-sia.

Lalu, jika ditanya, selama dua tahun ini apa saja sih yang sudah aku lakukan untuk Julio? Untuk memastikan dia mendapatkan yang terbaik, bisa mendapatkan stimulasi perkembangan optimal dan nutrisi yang cukup, untuk bisa terus membersamainya setiap waktu?


1. Memberikan ASI eksklusif

Salah satu hal yang paling aku syukuri dari menjadi seorang Ibu adalah bisa memberikan ASI eksklusif untuk Julio. Yup, bisa memberikan Julio haknya untuk mendapatkan nutrisi terbaik di enam bulan pertama hidupnya. Walaupun pada prakteknya, banyak sekali tantangan yang aku hadapi selama menyusui, akhirnya Julio bisa lulus ASI eksklusif dan terus menyusu sampai sekarang.

Oiya, aku juga sudah merangkum tips dari A sampai Z dan pengalamanku menyusui Julio di sini.

2. Memberikan MPASI sesuai standard IDAI

Setelah lulus ASI eksklusif selama enam bulan, waktu MPASI pun tiba. Excited banget waktu itu pingin memberi MPASI buat Julio. Untungnya, jaman sekarang segala informasi bisa didapatkan secara mudah dan cepat. Akhirnya, setelah ikut kuliah Whatsapp, gabung di komunitas para Ibu hingga rajin membaca artikel, aku bisa mengerti dan mengaplikasikan bagaimana cara memberikan MPASI yang tepat untuk Julio.

FYI, strategi pemberian ASI haruslah tepat waktu, adekuat, aman dan higienis, serta diberikan secara responsif Yup, tepat waktu artinya memberikan MPASI ketika ASI saja nggak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Biasanya usia yang disarankan untuk memberikan MPASI adalah enam bulan, walau dalam beberapa kasus dokter menyarankan Ibu untuk memberikan MPASI pada bayi sebelum enam bulan. Adekuat artinya MPASI yang diberikan harus memenuhi kebutuhan energi, protein, dan mikronutrien anak. Aman dan higienis adalah proses persiapan dan pembuatan MPASI menggunakan cara, bahan, dan alat yang aman serta higienis. Sedangkan diberikan secara responsif artinya MPASI diberikan secara konsisten sesuai dengan sinyal lapar atau kenyang dari anak.

Berikut adalah tahapan MPASI yang menjadi pedomanku memberikan MPASI terbaik untuk Julio yang dikeluarkan oleh IDAI.


3. Menjaga kebersihan dan higienitas

Pentiiiing banget ini ya Moms. Pernah suatu ketika Julio diare saat berumur sekitar 9 bulan. Nah, setelah ke dokter, baru diketahuilah bahwa kemungkinan besar penyebab penyakit diare Julio disebabkan karena dia nggak sengaja memakan barang barang kecil yang ada di dekatnya dan kurangnya pengawasan dari kita. Aduh, sedihnya luar biasa deh. Dan sejak saat itu aku terus meningkatkan kebersihan rumah, pakaian, wadah makan Julio. Karena memang kebersihan dan higienitas ini sangat penting, apalagi untuk bayi yang sistem pencernaannya masih sangat sensitif.

Kemana-mana pun selalu siap sedia tisu basah, tisu kering dan baju ganti supaya Julio selalu dalam keadaan bersih. Nggak heran ya Moms, Ibu Ibu kalau pergi bawa anak udah kayak mau pindahan. Buanyak banget piranti yang harus dibawa. Hihi. Dan semua itu demi kebaikan anak.

4. Terus memantau perkembangan anak sesuai dengan STPPA dan menstimulasi perkembangannya.

Sejak Julio lahir sampai sekarang, aku selalu berpedoman pada STPPA atau standar tingkat pencapaian perkembangan anak. Isinya adalah tahapan tahapan perkembangan pada anak yang harus dicapai sesuai dengan usianya. Dan ini penting banget lho, Moms. Kita bisa tahu perkembangan apa saja yang seharusnya sudah dicapai oleh anak sehingga kita pun juga tahu kapan dan bagaimana menstimulasi anak supaya dia bisa berkembang sesuai STPPA. Lebih jauh lagi, saat anak belum bisa mencapai tahap perkembangan tertentu sampai red flag/batas umur maksimal, kita jadi kapan memberikan treatment dari ahlinya untuk anak dan bagaimana treatmentnya.

Nah, dari STPPA ini jugalah aku biasanya menyusun kegiatan bermain untuk Julio demi merangsang saraf sensorik dan motorik, melatih konsentrasi dan kesabarannya, menstimulasi kemampuan berbahasa dan kognitifnya, dan lain sebagainya. Salah satu cara yang bisa Moms lakukan adalah bergabung dengan komunitas yang bisa saling memberikan ide ide bermain dan saling mendukung. Yup, beruntung sekali kini aku bergabung dengan Gerakan Binar; Gerakan Bermain dan Belajar. Melalui Challenge #30haribermainbersamaanak, aku jadi terpacu untuk terus memberikan kegiatan bermain edukatif untuk Julio. Nah, patokannya ada di STPPA itu tadi.

Beberapa kegiatan bermain Julio, khususnya yang memakai media air karena dia suka sekali air pernah aku bahas di sini.

5. Memberikan susu pertumbuhan Morinaga Chil*Kid Platinum



Seiring Julio bertumbuh dan semakin aktif setiap hari, jelas Julio membutuhkan nutrisi harian yang sehat dan seimbang. Untungnya aku memberikan Julio susu bubuk Morinaga Chil*Kid Platinum, susu pertumbuhan untuk anak usia 1-3 tahun.

Apa Itu Susu Bubuk Morinaga Chil*Kid Platinum?

Susu Morinaga Chil*Kid Platinum merupakan susu pertumbuhan si kecil di usia 1-3 tahun. Inovasi unggulan berupa sinergi nutrisi antara faktor kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda dan faktor tumbuh kembang optimal mendukung si kecil menjadi generasi platinum yang multitalenta.

Apa Saja Kandungan Susu Morinaga Chil*Kid Platinum?

Sejalan dengan manfaatnya untuk kecerdasan multitalenta, pertahanan tubuh ganda dan faktor tumbuh kembang optimal, susu pertumbuhan ini memiliki kandungan super lengkap seperti AA dan DHA, Kolin, Zat besi, Prebiotic GOS, Kalsium, vitamin D, Magnesium dan banyak lainnya.

Susu Morinaga ini tersedia dalam varian rasa vanilla dan madu, lho. Julio sendiri selama ini lebih menyukai rasa vanila karena rasanya sendiri yang nggak terlalu bikin eneg. Biasanya dia minum susu Morinaga setiap pagi dan malam hari. Alhamdulillah banget nih sekarang Julio udah makin banyak mengenal kosakata plus mengucapkannya, makin aktif bergerak, makin banyak akal, plus nggak mudah sakit.

Tahukah Moms, nutrisi yang berkualitas di masa awal kehidupan merupakan prioritas penentu kecerdasan anak dan kualitas kesehatan di masa depan. Sebagai orang tua kita pasti nggak ingin dong menyesal di kemudian hari karena menyia-nyiakan golden age anak. Karena toh waktu tak bisa kembali. So, jadikan Morinaga Chil*Kid Platinum pilihan susu bubuk untuk anak kita demi kecukupan nutrisi anak yang lebih baik.

Untuk informasi lebih lengkap, Moms bisa langsung cuss ke web morinagaplatinum.com dan instagram @morinagaplatinum.



Salam sayang dari Bujo,




36 komentar

  1. Anakku suka rasa Vanila mba, pernah coba ganti rasa madu gak mau. Alhamdulilah menemukan susu pertumbuhan yang tepat.

    BalasHapus
  2. Punya balita itu emang sering dapat kejutan ya mbak, apalagi kalau kitanya rajin kasih stumulasi. Saya jadi penasaran sama Challenge #30haribermainbersamaanak.
    Stimulasi dan nutrisi yang tepat membuat anak jadi tumbuh dan berkembang optimal

    BalasHapus
  3. Anakku yg gede juga pakai susu pertumbuhan Morinaga mba tapi yang soya. Karena dia ada bakat alergi kan, dan yg soya ini rasanya juga enak banget

    BalasHapus
  4. Kalau Morinaga sih udah gak perlu diragukan lagi ya, mbak. Cocok untuk membantu memenuhi nutrisi anak, apalagi kalau si anak sedang GTM. Sufor penolong banget menurut saya.

    BalasHapus
  5. Susu Morinaga yang diceritakan di atas, komplit ya. Kandungannya AA dan DHA, Kolin, Zat besi, Prebiotic GOS, Kalsium, vitamin D, Magnesium dan banyak lainnya. .... Sangat mendukung nutrisi tumbuh-kembang anak memang.

    BalasHapus
  6. pas lagi kecil nyari susu yang cocok buat seleranya koko itu susah banget, sseringnya dilepeh, salah satu susu yang mau dia minum susu morinaga rasa vanila, duu jadi kangen punya bayi ehhh

    BalasHapus
  7. waa ini infografisnya jelas banget bahkan aku yang belum ada anak pun jadi mengerti. izin save ya mbaaaa

    BalasHapus
  8. Memberikan susu formula tak kalah penting bagi proses perkembangan dan pertumbuhan anak untuk membangun sistem kekebalan tubuh dan juga kecerdasan nya, dengan kandungan nutrisi yang baik dan lengkap, maka anak bisa dengan sangat baik sistem tumbuh kembang nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat. Memberikan susu formula adalah salah satu ikhtiar orang tua untuk memberikan yang terbaik bagi anaknya

      Hapus
  9. Nutrisi terbaik dan stimulasi yg tepat bisa mendukung tumbuh kembang anak secara optimal ya mbak

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah ya Mbak sudah menemukan susu pertumbuhan yang pas. Banyak yang merekomendasikan Morinaga Chil Go ini sih ya.

    BalasHapus
  11. Morinaga ini pas buat dikonsumsi keponakanku mba. DIa mendapat kebutuhan nutrisi dan gizi dari susu. Bagaimanapun anak usia dini kebutuhannya harus kita pastikan terpenuhi ya mba

    BalasHapus
  12. Iya mbak, masyaAllah ya pertumbuhan anak anak itu, cepat banget. Ini saki juga begitu, kayak baru kemarin aja digendong sekarang dah lari kesana kesini hihi

    BTW mbak, alhamdulillah pas banget ya menemukan susu pertumbuhan untuk si kecil, jadi ga waswas sama tumbuh kembangnya

    BalasHapus
  13. Wah, susunya sama kaya anak saya, morinaga platinum, tapi udah besar jadi minumnya yang chil school

    BalasHapus
  14. Wah iya banget, anak di usia kayak gini kudu dapet gizi dan nutrisi yang pas ya biar tumbuh kembangnya optimal. Lewat dari masa tersebut bisa dia-sia saja. Btw, ini susu anak kedua deh. Dia suka banget dulu waktu kecil.

    BalasHapus
  15. Yeayy sehatsehat selalu yaa nak. Senang bener nih minum susunya, enak pastinya. Ibunya juga pastinya senang, kalau sudah dapat susu pertumbuhan yang tepat begini :)

    BalasHapus
  16. dengan active ingredients yang baik sebagaimana terkandung di sini, anak - anak pasti mendapat gizi terbaik

    BalasHapus
  17. Bener banget ya nutrisi yang berkualitas Dan lengkap tentunya di tambah susu jd masa awal kehidupan prioritas penentu kecerdasan anak dan kualitas kesehatan di masa depan

    BalasHapus
  18. Iyayaa...baru kemarin rasanya menikmati anak masih masa-masa menyusui.
    Sekarang alhamdulillah, sudah menemukan susu yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dakam usia emasnya.

    BalasHapus
  19. Jd varian rasanya madu dan vanila ya?
    Anakku kalau minum pasti milih yang vanila tuh hehe
    Wah Morinaga yang ini juga mengandung probiotik ya mbak? Jd bagus donk ya buat kesehatan pencernaan si kecil :D

    BalasHapus
  20. Bener bujo...
    Nutrisi di masa awal kehidupan anak mmg sangat penting dan menentukan kecerdasannya kelak

    BalasHapus
  21. Golden age ini memang masa yang penting dalam pertumbuhan si kecil. Oleh karena itu orangtua memiliki kewajiban untuk memberikan yang terbaik bagi anak agar mereka tumbuh dengan optimal.

    BalasHapus
  22. Semoga di 1000 hari pertama kita selalu berikan yang terbaik ya mak.stimulasi dan optimalisasi tumbuh kembng ank itu penting bangetttt. Semngattt kitaaaa

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah susu chil kid turut membantu tumbuh kembang anak Indonesia ya.

    Semoga sehat selalu ya Mbak anaknya.

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah Julio sudah 2 tahun, sehat, pinter dan soleh ya, Nak...
    Dan benar adanya nutrisi yang berkualitas di masa awal kehidupan merupakan prioritas penentu kecerdasan anak dan kualitas kesehatan di masa depan. Setuju saya!

    BalasHapus
  25. Betul mb...waktu berlalu demikian cepat. Nggak terasa anak udah gede saja..makanya momen kebersamaan seperti ini yang harus kita nikmati. Sebelum mereka besar dan sibuk sendiri ..

    BalasHapus
  26. Kemarin anak saya belum 6 bulan sudah disuruh MPASI sama dokternya, karena perkembangan BBnya borderline... :( padahal mimik ASInya banyak. Tapi demi perkembangan anak yang optimal, saya nurut aja deh...

    BalasHapus
  27. Menginginkan anak bisa tumbuh kembang secara sehat tentu harus seimbang dengan nutrisi yang diberikan ke anak ya mbak. Sekarang banyak banget susu yang beredar di pasaran tentu ibu cerdas harus tau memilih yang tepat untuk anak nih.

    BalasHapus
  28. Ulasan yang sangat bermanfaat untuk semua ibu-ibu yang sedang menyusui dan memiliki anak-anak yang dalam proses tumbuh kembang.

    BalasHapus
  29. ASI dan MPASI yang tepat adlah investasi bagus untuk masa depan anak. Setelah cukup besar, susu yang terbaik seperti Morinaga adalah ok investasi selanjutnya.

    BalasHapus
  30. Susu Morinaga termasuk susu mahal bagiku. Tapi demi pertumbuhan dan perkembangan anak maksimal kudu diperjuangkan ya. Pun anakku juga suka banget sama Morinaga, katanya rasanya enak gak bikin eneg juga.

    BalasHapus
  31. Kalau membaca artikel tentang parenting seperti ini semangat sekali. Semoga aku juga segera diberi momongan. Supaya bisa turut merasakan juga bahagianya jadi ibu.

    BalasHapus
  32. Milih susu formula emang gak boleh sembarangan ya mbak. Anak adalah investasi berharga. Stimulasi yg tepat akan membuat si kecil tumbuh optimal.

    BalasHapus
  33. Sehat terus ya minum ini. Biar bunda bahagia si buah hati tumbuh sehat. Apalagi pas masanya si kecil golden age yah.

    BalasHapus
  34. Mau ucapin selamat dulu ah buat Julio.

    "Hai Julio ... Selamat ultah ya, Nak. Wah, udah dua tahun aja. Sehat-sehat, ya. Tumbuhlah menjadi anak yang ceria dan bahagia. Aamiin."

    Julio beruntung sekali ya, punya ibu yang cerdas memilihkan susu formula terbaik untuk buah hatinya. Morinaga untuk brand lama banget. Dulu adik saya minum ini juga. Sekarang usianya sudah 30 tahun, hihihi ...

    BalasHapus
  35. Periode keemasan yang nggak boleh dilewatkan harus terus dipantau ya mbak, karena momen itu nggak akan lagi terulang

    BalasHapus

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)