MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

ATM English Club

ATM English Club
Add Comments
Jumat, 29 Mei 2020


Hallo!!

Selamat datang untuk teman teman yang baru saja bergabung di ATM English Club dan untuk teman teman yang ingin mencari tahu lebih dalam tentang English Club ini.

Kok Namanya ATM English Club? Tujuan Club ini apa?




Well, ini bukan tempat buat ambil uang ya. Eh, tapi bisa juga dijadikan tempat untuk mengambil informasi, pengetahuan seputar pembelajaran Bahasa Inggris. Yes, our aims creating such a club are  we want to improve our English skills and help people to improve their English skills and confidence as well.

Kami sendiri, management team ingin bisa mengembangkan Bahasa Inggris kami plus membantu teman teman yang mempunyai interest yang sama untuk bisa bersama sama belajar dalam komunitas ini. Main goals dari club ini selain mengembangkan kemampuan Bahasa Inggris masing masing membernya juga ingin bisa membangkitkan kepercayaan diri dalam berbicara Bahasa Inggris. 

Nah, ATM sendiri adalah ide dari salah satu admin kami, Mr. T yang artinya Tiru, Amati, Modifikasi. Jadi, dalam belajar Bahasa Inggris, boleh banget nih kita amati dulu orang lain, kita tiru lalu kita modifikasi sesuai dengan karakter/kebutuhan diri masing masing.


Latar Belakang ATM English Club


Latar belakang berdirinya club ini adalah kegundahan saya (@meykkesantoso) di tahun 2020an sebagai Ibu Rumah Tangga yang sudah tidak aktif lagi berbicara atau mengeksplorasi Bahasa Inggris karena saya adalah lulusan fakultas Pendidikan Bahasa Inggris dan sebelumnya mengajar Bahasa Inggris. Lalu, saya mengajak miss Ivy (@tinkerniel210)  untuk membuat suatu grup, bersama dengan Mr. T dan Dave. 

Untuk melengkapi tim kami, saya mengajak sahabat saya, Umami (@mashumi92) turut serta. Jadilah kami para admin yang juga belajar bagaimana cara mengelola English Club yang bisa memberikan faedah untuk sesama member.

Seiring berjalannya waktu dan karena berbagai faktor, terjadi pergantian management team dan coach. 

Alhamdulillah di tahun yang baru ini, kami mempunyai 6 anggota di Management Team, yaitu saya; Meykke @meykkesantoso sebagai ketua dan founder, Miss Resti @pratiwi.resti sebagai Bendahara, Miss Dewi @xingtaku sebagai sekretaris, Miss Fitria @ariefitri sebagai graphic designer, ditambah Miss Umami @mashumi92 dan Miss Syifa @syifanvlm yang selalu memberikan ide, gagasan, masukan di setiap keputusan yang kami ambil.

Masing masing anggota di management team selain bertugas sesuai jabatannya, kami juga punya beberapa tugas seperti memberikan challenge, mengisi sesi grammar corner, memfasilitasi sesi Getting to Know You, dan lain lain.

Ngapain aja di ATM English Club?





Banyak! Kami mempunyai hari efektif untuk bisa belajar Bahasa Inggris bersama mulai hari Senin-Sabtu. Setiap hari Senin dan Rabu, teman teman akan mendapatkan challenge dari para admin secara bergantian, dua hari satu kali. Tantangannya pun bisa bermacam macam, seperti tongue twister, menjawab pertanyaan, melengkapi kalimat, memberikan opini dan lain sebagainya. Nantinya teman teman boleh menjawab dengan menggunakan text, voice note ataupun video. Setiap hari Selasa dan Kamis, kami mengadakan Feedback Session yang berisi koreksi grammar oleh para Coach.

Sedangkan hari Jumat adalah Grammar Corner dimana teman teman akan belajar tentang Grammar. Akan ada PIC yang memberikan grammar lesson dan teman teman bisa menegrjakan tugas yang disertakan dan berdiskusi bersama.  Hari Sabtu adalah saatnya mengenal lebih dekat para member di sesi "Getting To Know You". Kami akan memilih salah satu member untuk dijadikan guest star dan selama satu jam akan menjawab pertanyaan dari para member lainnya.

Demi keefektivitasan para anggota, kami membuat ATTENDANCE LIST yang berisi setiap poin dari masing masing challenge, grammar corner atau keaktifan teman teman di sesi GTKY. 

Kami membuka pendaftaran member baru setiap awal bulan bersamaan dengan pergantian member lama. Artinya, teman teman yang gagal mendapatkan setidaknya dua poin harus meninggalkan grup dan akan kami ganti dengan member yang baru supaya grup tetap berjalan dengan efektif dan efisien. Namun, teman teman bisa bergabung lagi setelah sebulan dan tidak perlu membayar membership fee jika teman bergabung kembali dalam satu tahun yang sama.

Sedangkan untuk para member dengan pengerjaan challenge yang paling banyak akan menjadi The Most Active Members di bulan tersebut. Semangaaaaaaaattttt!!

ATURAN GRUP


DO’S

✅BE ACTIVE
✅Mengikuti game yang diberikan setiap hari dengan hati gembira
✅ Saling memberikan response/feedback/jawaban dengan baik
✅ Saling memberikan support/dukungan.
Misalnya, “Nggak papa bahasa Inggris medhok. Yang penting coba terus. Cemunguth!”
Dukungan kecil bisa sangat berarti untuk teman teman yang sedang belajar.
✅Ikut aktif berdiskusi di dalam grup
✅Memberikan saran/ide permainan, baik japri admin atau langsung di dalam grup
✅ Membagikan tips, infografis, materi grammar, video dan lain sebagainya yang berhubungan dengan English learning ke dalam grup di hari Jumat, Sabtu, atau Minggu.

DONT’S
❌ Menjadi silent reader atau tidak pernah berkontribusi apapun di dalam grup.
❌ Memberikan response/feedback dengan cara yang tidak baik.
❌ Menghina, menjelekkan, mencemooh. Seperti “Ah, lu gitu aja nggak bisa cong”
❌ Berjualan, Misalnya “Say, yuk yang mau tas import, japri ya. Senin harga naik.”
❌ Meninggalkan grup tanpa berpamitan

GIMANA CARA IKUTAN YA?















Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. wow.. tawaran yang sangat menarik.. kalau boleh gabung di waiting listnya, tolong didaftarkan chezpipitta@gmail.com :)

    terima kasih banyak..

    BalasHapus
  2. mau banget mba.. 🤭

    Ikafitriah09@gmail.com
    no Wa : 081234217172

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum..
    Miss maaf, sy sudah dm di ig utk ikutan atm english club ini. Ini nomor wa saya miss
    082249092638

    Thankyou..

    BalasHapus
  4. Hai Miss Meyke. Saya sangat ingin bergabung dengan Club anda (ATM English Club) dan saya sudah mengfollow IG anda Miss.

    BalasHapus