Cara Menjaga Bahan Makanan Tetap Prima di Kulkas



Menjaga lemari es yang penuh  menjadi tantangan tersendiri. Jika Anda mengisi rak-rak Anda dengan buah segar, sayuran dan daging, mengemas sisa makanan Anda, dan mungkin sulit untuk tidak meninggalkan jejak di lemari es Anda. Inilah tips agar menjaga bahan makanan Anda tetap terjaga di dalam kulkas.


1. Jaga Suhu Lemari Es

Pastikan Anda menjaga suhu lemari es Anda pada 5 derajat C atau di bawahnya. Termometer kulkas dapat dibeli dipasaran dan akan memberi Anda pembacaan yang akurat jika Anda tidak yakin bagaimana cara kerja tombol di lemari es Anda. Menjaga lemari es Anda pada suhu 5C atau di bawahnya mencegah kuman berbahaya tumbuh dan berkembang biak. Pastikan makanan telah mendingin sebelum Anda memasukkannya ke dalam lemari es dan jangan isi sampai melebihi batas lemari es Anda karena memungkinkan udara bersirkulasi dan mempertahankan suhu yang disetel. Lemari es 2 pintu Panasonic terbaru memiliki fitur canggih Econavi, menjaga makanan tetap segar.


2. Ingat tanggal penyimpanan

Penggunaan berdasarkan tanggal ditemukan pada produk yang mudah rusak, seperti susu, daging, dan ikan, dan didasarkan pada pengujian ilmiah untuk menentukan berapa lama makanan ini akan tetap aman bila disimpan. Setelah tanggal itu, makanan bisa menjadi tidak aman untuk dimakan bahkan jika disimpan dengan benar dan terlihat dan berbau tidak sedap.

3. Jaga kebersihan lemari es

Bersihkan lemari es secara teratur dan segera bersihkan tumpahan. Hal ini membantu mengurangi pertumbuhan bakteri dan mencegah tetesan dari daging yang mencair yang memungkinkan bakteri dari satu makanan menyebar ke yang lain.

4. Perhatikan Sisa Makanan

Jika Anda menumpuk sisa makanan, pastikan untuk mendinginkannya sesegera mungkin, dinginkan dan makan dalam dua hari. Mungkin berguna untuk menempelkan kertas Post-It pada wadah dengan tanggal di atasnya sehingga Anda tahu kapan Anda mendinginkannya.

5. Rencana Belanja Rutin

Kedengarannya seperti masuk akal, tetapi dengan menelusuri lemari es Anda untuk melihat apa yang Anda miliki sebelum Anda berbelanja, Anda dapat menghemat uang dan memastikan Anda membuang lebih sedikit makanan. Jika Anda tahu Anda tidak akan melewati makanan atau membekukannya, hindari membeli makan yang harus segera digunakan pada tanggal tersebut.

6. Buah dan sayuran

Cara terbaik menyimpan buah dan sayuran dalam kemasan aslinya sebelum menempel di lemari es. Ini berarti itu akan bertahan lebih lama daripada jika disimpan dalam mangkuk buah. Pisang dan nanas lebih baik disimpan di luar lemari es, seperti kentang dan bawang. 

7. Daging

Sangat penting untuk menyimpan daging dengan aman di lemari es untuk menghentikan bakteri menyebar dan menghindari keracunan makanan. Daging mentah harus disimpan terpisah dari daging yang dimasak. Daging dan unggas mentah harus disimpan dalam wadah yang bersih dan tertutup, serta dibungkus atau ditutupi dengan benar di rak bawah lemari es untuk menghindari jus mentah yang mengkontaminasi makanan lain. Anda dapat menggunakan kulkas Panasonic prime fresh dalam menjaga buah, sayur serta daging tetap segar dengan mengurangi sedikit bau tak sedap. 

No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)