BBI Yuk! #22 Subject Pronouns, Object Pronouns, Possessive Adjective, Possessive Pronouns



Hai teman teman, masih semangat belajar Bahasa Inggris Khan?

Nah, kali ini aku pingin share materi Grammar yang dari basic banget. Yes, tentang pronouns. Jadi, biasanya Pronouns ini adalah materi pertama yang diajarkan saat kita belajar Bahasa Inggris.

Lalu, apa sih Pronouns?


Any word that takes the place of noun. Artinya, setiap kata yang menggantikan benda. Jadi, dalam satu paragraf alih alih terus menyebutkan nama, kita bisa mengganti nama itu dengan Pronouns. 

Contohnya,

Meykke is a teacher. She teaches English. 

Nah, she di sini adalah Pronouns yang bertiga untuk menggantikan Meykke. She di sini disebut dengan Subject Pronouns, yaitu Pronouns yang melakukan aksi/ melakukan pekerjaan dalam suatu kalimat ( does the action in a sentence) 

Nah, biasanya Pronouns ini terletak sebelum verb/kata kerja, guys. 

Dona is my old friend. I saw her today.

Berbeda dengan contoh sebelumnya, Pronouns pada kalimat ini dinamakan Object Pronouns karena Pronouns inilah yang dikenai pekerjaan / receiver of an action.

Sedangkan dua Pronouns berikutnya, yaitu Possessive Adjective dan Possessive Pronouns ini gunanya untuk menyatakan kepemilikan dari suatu benda/ to refer to possession and to indicate ownership of something ( kata ganti kepunyaan)

Bedanya, Possessive adjective selalu memerlukan kata benda setelahnya, Sedangkan possessive Pronouns tidak boleh disertai dengan kata benda. 

Contohnya, 

My motorbike is red. 

My di sini adalah possessive adjective karena setelah 'my' terdapat kata benda.

This red motorbike is mine

Sedangkan 'mine' di kalimat kedua merupakan possessive Pronouns karena setelah kata itu tidak boleh ada kata benda. Jadi, kata bendanya sudah disebutkan sebelumnya.

Jadi, sebagai pemula, kita harus banget nih menghafalkan tabel keempat pronouns di bawah ini.


Untuk teman teman yang membutuhkan penjelasan lebih, jangan khawatir. Kali ini teman teman bisa juga belajar dari video video di YouTube Channelku "Meykke Santoso" dalam project Belajar Bahasa Inggris Bersama Miss Meykke.

Teman teman, jangan lupa like comment, subscribe dan share ya.

Semoga membantu!






Keep learning, keep shining!



No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)