MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

3 Cara Jitu Mengatur Waktu ( Upgrade Your Time Management Skill )

3 Cara Jitu Mengatur Waktu ( Upgrade Your Time Management Skill )
Add Comments
Rabu, 04 Desember 2019


Sadar diri punya hati yang gampang banget ambyar, aku jadi cari cari online class atau kulwap yang bisa nguatin hati plus upgrade diri. Nah, beberapa waktu yang lalu nih aku sempat ikut kelas online @bengkel_diri. And it’s so recommended for all of you, yang mau mengembangkan diri jadi pribadi, istri dan ibu yang lebih baik.

Oiya, review lebih lengkap tentang @bengkel_diri udah aku tulis di sini ya.


Ada satu materi dari @bengkel_diri yang aku suka banget nih, yaitu cara mengatur waktu/time management skill. Mengingat aku ini orangnya juga susah banget atur waktu, jadi materi ini wajib banget untuk diresapi dan diamalkan, plus dibagikan supaya teman teman juga bisa mengaplikasikannya di kesehariannya.

“Jika Engkau tidak menggunakannya, maka ia yang malah menebasmu. Dan dirimu jika  tidak tersibukkan dalam kebaikan, pasti akan tersibukkan dalam hal yang sia sia.”
(Perkataan Imam Syafi’i dalam Al Jawaabul Kaafi karya Ibnul Qoyyim)



MasyaAllah, padahal Allah itu ngasih kita waktu yang sama; 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun. Pokoknya sama. Allah memberikan modal waktu kepada kita SAMA. Dan tergantung manusia bagaimana memanfaatkannya. Karena bagaimana cara kita memanfaatkannya itulah yang menghasilkan hasil yang berbeda.

Orang yang tiap harinya sibuk dengan HP misalnya untuk scrolling akun gosipkah, komen yang nggak baik di akunnya artis atau cuma lihat timeline orang lain tanpa melakukan hal yang berarti pasti nasibnya berbeda dengan orang yang disibukkan dengan kegiatan yang lebih berguna kayak belajar, bersih bersih rumah, keluar rumah untuk bersosialisasi dan sebagainya.

Ngomong sih emang gampang ya, teman teman. Cuman kadang scrolling akun gosip atau sekedar rebahan sambil main HP itu bener bener bikin addicted. Tapi, ada kok cara supaya waktu kita lebih bermanfaat dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat juga. Khan bagaimana kita di masa depan tergantung dari apa yang kita kerjakan di masa sekarang. Kalau kerjanya Cuma main HP, nanti mau jadi apa?

3 Prinsip Pengaturan Waktu

1.Lakukan hanya hal yang bermanfaat dan Allah ridho atasnya.

Kayak yang aku bilang tadi, hindari deh kegiatan yang nggak bermanfaat kayak pantengin akun gosip atau bahkan komen yang nggak bagus di social media, ghibah sama temen, terlalu banyak nonton film sampai lupa waktu, shopping yang nggak perlu dan lain sebagainya.

Sebaliknya, kita coba lakukan hal hal yang bermanfaat setiap hari. Atau kalau aku, selain melakukan kegiatan sehari hari kayak nyuapin Julio, mandiin Julio, main sama Julio, bersih bersih rumah, masak buat Julio, kelon Julio dan lain lain kayak IRT pada umumnya, aku juga selalu berpikir,

“Kegiatan produktif apa ya yang akan aku lakukan hari ini?”

Misalnya, edit video untuk Youtube channel aku, baca jurnal TESOL, belajar TOEFL, lihat materi Bahasa Inggris dari Youtube dan mencatatnya, atau ikutan kulwap dan lain sebagainya. Bisa disesuaikan dengan passion dan hobi teman teman juga.

2. Catat hal penting dan lakukan sekarang juga.

Satu hal penting yang aku dapat dari kulwap ini adalah,

“You can’t fix anything before you fix your salah.”
Kamu tidak akan bisa memperbaiki apapun dalam hidupmu sebelum kamu memperbaiki sholatmu. MasyaAllah. Jadi kalau kita ingin bisa disiplin dengan jadwal yang kita bikin atau bisa selalu on time mengerjakan tugas atau apapun itu, hal pertama yang harus kita lakukan adalah memperbaiki waktu sholat kita. Kalau yang biasanya sholat di akhir waktu, mulai deh sholat di awal waktu tepat setelah adzan.


Setelah itu, mulai dengan mencatat agenda/jadwal yang ingin kita lakukan; bisa mencatatnya di buku/HP.

Aplikasi rekomen banget untuk planning dan menulis semacam buku Harian plus ada juga untuk membentuk habit. Journal it. Download gratis di Play Store. 

Kalau aku pribadi lebih simpel mencatat di HP untuk jadwal ssehari hari. Aku kasih note kecil jadwal kegiatan yang aku lakukan dari Senin sampai Minggu setiap malam setelah Julio tidur. Saking pinginnya aku bisa memanfaatkan waktu yang ada. Walau kadang/bahkan sering ketiduran juga waktu kasih kelon Julio. Tapi, akhir akhir ini jadwal yang aku buat cukup berhasil karena jadi bikin aku semangat lagi untuk menjalani hobiku ini.

Kelebihan bikin journal begini catatannya nggak akan lekang dimakan waktu karena kalau di HP bisa ke hapus atau ganti hape gitu. Bisa secara detail juga. Kalau mau beli, beli yang journal book. Isinya cuma titik titik/grid begini jdi bisa kita bikin tabel atau apa saja. Bebas. Mari berkreasi! 

Selain itu aku juga menulis semacam weekly plan dan montly plan di journal book. Isinya itu buku dengan titik titik yang bisa kita gambar tabel sesuai dengan keinginin kita seperti ini. Mulai bulan lalu aku juga bikin monthly spending, berisi pendapatan dan pembagian pengeluaran; hasil rekomendasi suami biar pengeluaran bisa terpantau dengan baik.

Well, metode ini masih terus aku upayakan karena sering banget lupa ngisinya. Tapi, ini recomended banget untuk teman teman yang ingin hidupnya lebih teratur walaupun kita hanya bekerja di ranah pribadi/IRT.


3. Jadikan lifestyle

Memilih kegiatan yang berguna sudah, bikin  jadwal sudah, melakukan setiap kegiataan tanpa penundaan juga sudah. Nah, sekarang tinggal kita lakukan secara terus menerus, konsisten dan jadikannya sebagain lifestyle/gaya hidup yang baru.

Jadi, setelah kita punya landasan tentang pentingnya melakukan kegiatan yang bermanfaat dan serta merta untuk meraup pahala di jalan Allah dan berniat serta berkeinginan yang kuat, langkah berikutnya adalah PAKSA DIRI.

Sekarang ini saya juga lagi paksa diri. Jadwal untuk hari ini adalah bikin artikel tentang lifestyle/self-improvement. Eh tadi ketiduran walau akhirnya bisa paksa diri untuk bangun dan mulai bekerja di depan laptop. Padahal sekarang udah jam 00.25. Hehehe.

Begitu juga dengan kegiatan yang sudah kita jadwalkan. Kadang suka mager banget! Atau kalau aku ini orangnya moody. Kalau lagi nggak mood bawaannya pingin tidur mulu. Tapi ya itu, kalau ingin berhasil dengan jadwal yang sudah kita bikin, PAKSA DIRI SENDIRI. InsyaAllah bisa.


Power Nap and Me-Time

“Lho, jadi kita nggak boleh nonton film gitu? Atau drama Korea?”

Boleh kok. Kita boleh sesekali memanjakan diri atau yang sering kita sebut dengan me-time. Asal nggak kebanyakan nontonnya sampai lupa dengan kegiatan rutin atau yang terjadwal.

Ummu Bilqis sebagai pemateri di Bengkel Diri ini juga merekomendasikan kita untuk memiliki me-time. Menurut beliau, me time adalah rewards untuk diri sendiri setelah kita berhasil menjalankan amanah amanah secara tuntas ( jadi, patuh dulu terhadap jadwal/to-do list). Tapi ingat, me-time memang boleh santai tapi juga harus yang bermanfaat.

Misalnya : nyalon, ngopi di cafe, nonton film, baca novel, dan lain sebagainya.

Sedangkan, power nap adalah istirahat sejenak. Kenapa? Karena ternyata Islampun mensunahkan umat-Nya untuk tidur sejenak di siang hari barang 30 menitan untuk recharge energi kembali.
Mengapa kita perlu power nap dan me-time? Karena kegiatan ini membantu kita untuk tetap waras dan sehat baik secara fisik ataupun mental.

Jadi, sekarang sudah siap untuk menulis jadwal kegiatan sehari hari dan melakukannya tanpa nanti dan tanpa tapi?

Semoga membantu, dan terus semangat!




Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

  1. Aku juga lebih suka journaling mbak drpd catet di hape. Karena lebih suka coret2 pas tugasnya done. Lebih puas gitu bisa nyoret hahaha dan lagi juga bisa menyemangati, trnyata sudah banyak lo tugas2 yang done 🙂🙂 Janganlah terlalu keras pada diri sendiri. Yang penting tetap semangat!

    BalasHapus
  2. Buat saya, yang termasuk hal bermanfaat adalah blogwalking. Ini saya lakukan waktu di dalam bus dalam perjalanan ke suatu tempat.

    BalasHapus
  3. wah manage waktu ini memang gak mudah ya, kadang ada yang terlewati walau sudah ditulis

    BalasHapus
  4. Iyaa ngejournal itu nyenengin. Meski aku belum mahir banget ngedesain buku jurnalku. Tapi, tetep suka

    BalasHapus
  5. Kalau aku buat list perbulan juga. Biar bisa liat di dinding tiap saat. Dan masya Allah time management.y dikaitkan dengan kaidah yg ada dalam islam.

    BalasHapus
  6. Tips ini penting banget bagi saya. Maklum, keseringan waktu terbuang percuma karena tidak ada perencanaan mau bikin apa hari ini. Akibatnya, berjam-jam duduk depan laptop tapi yang dibuka hanya medsos. Huhuhu..

    BalasHapus
  7. Huaa manajemen waktu saya juga masih amburadul nih, Mbak. Lebih karena mood yang susah dikondisikan. Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi. Makasih artikelnya, Mbak.

    BalasHapus
  8. Pengingat waktunya berasa banget nih. Sering kali kita menunda hal yang sebenarnya jadi kunci dalam menjalankan kehidupan ini. Bagaimana waktu salatmu? Semoga bisa jadi renungan dan evaluasi. Terima kasih.

    BalasHapus
  9. Aduuh aku nih yang belum bisa well organized dalam managemen waktu. Mengerjakan hobi msdh moody apalagi mencatat plannin masih angin-anginan.semoga semangatnya nular ini ke saya... Tq mb

    BalasHapus
  10. Ah, itu kalimat perbaiki salatmu nyentrik banget. Iya, Mba. Di atas semuanya. Salat itu yang utama. Semua bisa dinilai dari salat. Urusan salat aja malas gimana yang lainnya. Ulasannya sangat bermanfaat Mba.

    BalasHapus
  11. alhamdulillah, bermanfaat banget sharingnya mba. Khususnya buat saya yang pengen ikut bengkel diri tp belum keesampaian..

    BalasHapus
  12. AKu juga lagi belajar time management yang baik mbak. Urus anak2 sendiri tanpa bantuan siapapun termasuk bantuan keluarga, urus usaha, ngeblog dan hadir di event2 hahaha

    BalasHapus
  13. Melakukan hal yang bermanfaat itu lebih menyenangkan karena bisa berbagi manfaat positif yang jadi ladang pahala buat kita

    BalasHapus
  14. Kalau saya sih lebih mencatat di buku tapi gitu deh masih saja suka tak disiplin. Jadi masalahnya ada pada diri sendiri yah

    BalasHapus
  15. Wah benar, yang paling susah sebenarnya adalah konsistensi dan mau tak mau harus dilatih, kalau kata temen.."jangan kasih kendor!!

    BalasHapus
  16. Dulu juga suka buat journal daily time, buat memanaje diri untuk lebih baik. Tapi sayang kurang konsisten hanya berlangsung 2 tahun saja.Memanaje waktu untuk lebih baik memang membuat kita jadi produktif ya mba.

    BalasHapus
  17. Setuju mbak, kita harus dapat mengelola waktu kita fengan baik dan bicarakan, pikirkan, serta lakukan hanya hal yang bermanfaat

    BalasHapus
  18. Sudah siappp! Hanya lakukan yang bermanfaat, atur jadual dan tepati

    BalasHapus