Mengapa Kamu Perlu Menutupi Luka Saat Berenang Dengan Plester Anti Air





Musim panas adalah waktu terbaik untuk berenang, apakah Kamu pergi ke kolam renang setempat, melakukan perjalanan ke pantai atau bahkan menikmati berenang liar. Apakah Kamu berenang di luar yang asyik atau di kolam yang disterilkan, melakukannya dengan aman sangat penting. Salah satu hal yang perlu diingat adalah bagaimana merawat luka saat berenang, dan melindunginya dari infeksi atau cedera lebih lanjut. Plester anti air adalah barang penting yang harus ada di kotak P3K Kamu jika Kamu suka menghabiskan waktu di air selama musim panas. Menutupi luka yang masih dalam penyembuhan melindunginya saat Kamu berenang atau berenang di air.


Mengapa Kamu Perlu Menutupi Luka Saat Berenang

Luka terbuka atau yang masih dalam penyembuhan berisiko terinfeksi jika Kamu tidak merawatnya. Penting untuk menjaganya tetap bersih, termasuk menutupinya agar bakteri tidak keluar. Saat Kamu berenang dengan luka penyembuhan, mikroorganisme di dalam air dapat menyebabkan infeksi, terutama saat Kamu tidak berenang di kolam yang bersih dan terklorinasi. Menghabiskan waktu yang lama di dalam air juga dapat menyebabkan kulit Kamu membengkak, yang memengaruhi kemampuan luka untuk sembuh dengan baik. Terkadang mungkin menyakitkan untuk mengekspos luka penyembuhan pada air juga, meskipun itu hanya sengatan kecil. Menutupi luka Kamu, bahkan ketika berenang di kolam yang dirawat, adalah hal terbaik untuk dilakukan.

Menutupi Luka Kamu

Menggunakan plester tahan air dan perban untuk menutupi luka akan membantu melindunginya saat Kamu berenang sehingga bisa sembuh dengan baik. Sebelum menerapkan plester atau perban, penting untuk membersihkan luka sehingga Kamu tidak menjebak bakteri di bawah plester anti air atau perban. Gunakan air bersih, semprotan antibakteri atau pembersih antibakteri untuk membersihkan luka, kemudian pastikan untuk mengeringkannya juga. Setelah luka bersih dan kering, Kamu bisa menggunakan penutup kedap air untuk berenang. Pastikan tangan Kamu juga bersih saat Kamu membersihkan luka dan menutupinya.

Ada banyak ukuran dan bentuk plester berbeda yang dapat membantu Kamu menjaga luka tertutup saat Kamu berenang. Penting untuk mendapatkan segel yang baik pada plester dan mencoba untuk menghindari kerutan, di mana air dan bakteri dapat masuk. Itulah sebabnya memilih plester yang tepat dapat membuat perbedaan. Kamu dapat menemukan plester tahan air kecil dan besar, berbagai bentuk, dan beberapa plester yang dirancang untuk area tertentu, seperti jari-jari Kamu. Plester ujung jari tahan air adalah ukuran yang sempurna untuk melindungi cedera pada jari Kamu saat Kamu berenang.

Tentang Plester anti  Air

Jika Kamu menggunakan plester anti air untuk berenang, biasanya dibuat menggunakan bahan yang fleksibel dan tahan air. Mereka sering transparan, jadi Kamu tidak perlu berpikir tentang mencocokkan plester dengan warna kulit Kamu. Mereka tahan lama dan juga bernafas sehingga luka Kamu dapat terus sembuh bahkan ketika ditutup-tutupi. Beberapa plester kedap air untuk luka memiliki bantalan luka dengan perak antiseptik, yang membantu melindungi luka Kamu lebih parah. Bonus lain dari plester tahan air adalah bukan hanya air yang melindungi luka Kamu. Jika Kamu pergi ke pantai, Kamu bisa memastikan untuk menjauhkan pasir juga - Kamu pasti tidak ingin mendapatkan pasir menjadi potongan atau goresan.

Saat Tidak Berenang

Meskipun berenang dengan luka dan goresan baik-baik saja jika Kamu menutupi luka, yang terbaik adalah tidak berenang ketika Kamu memiliki cedera yang lebih besar. Menjaga mereka tetap bersih dan menghindari infeksi sangat penting, dan itu bisa lebih sulit dilakukan jika Kamu memiliki lebih dari luka kecil atau dangkal yang sudah mulai sembuh. Jika Kamu masih ingin berenang atau menghabiskan waktu di pantai, ada beberapa pilihan seperti berpakaian film. Tetapi sebelum melompat ke air, sebaiknya berkonsultasi dengan apoteker. Jika Kamu ingin melindungi luka Kamu dari infeksi, Kamu juga perlu memastikan bahwa Kamu masih membiarkan ruang kulit bernafas.

Periksa Kondisi Air

Sebelum Kamu berenang, ada baiknya juga memikirkan tentang air yang akan Kamu gunakan untuk berenang. Kolam yang diklorinasi tidak berbeda dengan air biasa jika mengenai efeknya pada luka, meskipun klorin membantu menjaga air tetap bersih. Beberapa kolam renang umum mungkin meminta Kamu untuk tidak berenang dengan luka terbuka. Jika Kamu berenang di luar ruangan, kualitas air dapat membuat perbedaan juga. Kamu dapat memeriksa kondisi air jika Kamu berencana pergi ke pantai.Berenang dengan luka terbuka seharusnya baik-baik saja jika kecil dan Kamu melindunginya dengan plester anti  air berupa Hansaplast. Sebelum Kamu menyelam atau mulai mengayuh, pastikan Kamu melindungi luka yang Kamu miliki.


Sumber : Tokopedia

No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)