Untung Rugi Investasi Emas Di tengah Gempuran Fintech Masa Kini



Kilau investasi emas sepertinya tak pernah lekang oleh waktu ditengah menjamurnya fintech. Harga emas yang cenderung stabil bahkan selalu meningkat dari waktu ke waktu menjadikan logam mulia yang satu ini sebagai investasi favorit sejak dahulu. Walaupun kini banyak fintech diluar sana yang menawarkan investasi peer to peer lending dengan iming-iming besar, investasi emas masih terbilang mampu bertahan dan menjadi dambaan. Lantas, apa sebenarnya keuntungan yang didapat oleh para investor dari logam mulia yang satu ini? Berikut penjelasan lengkapnya:


Tawar Menawar Harga Dijamin Mudah

Ketika kamu memutuskan untuk berinvestasi emas, maka salah satu keuntungan yang akan kamu rasakan adalah mudahnya tawar menawar harga. Dalam hal ini, hanya bentuk emas perhiasaan sajalah yang masih memungkinkan untuk tawar menawar harga. Sebelum melakukan transaksi, kamu harus melakukan riset satu persatu toko emas dan membandingkan harga yang sesuai dengan kantong dompetmu. Saat ini terdapat banyak toko emas yang memberikan kemudahan untuk pelanggannya dalam memilih emas berdasarkan budget, berat dan karat yang sesuai dengan kondisi keuangan. Sehingga pelanggan tidak perlu lagi memaksakan untuk membeli emas dengan nominal tinggi.

Tidak Sulit Dicari

Meningkatnya permintaan akan emas membuat setiap orang mudah mendapatkannya, terutama dalam bentuk perhiasaan. Jika dulu kita hanya mampu menemukan toko emas di pasar tradisional, kini kamu bisa menemukan berbagai gerai toko emas di pusat perbelanjaan mewah. Walaupun emas perhiasaan bisa dengan mudah didapatkan, kamu harus tetap waspada terhadap penjual emas abal-abal. Maraknya penjualan emas di masyarakat tentunya menjadi peluang besar bagi oknum nakal untuk melancarkan aksi jahatnya. Pilihlah toko emas ternama dan sudah memiliki reputasi baik di masyarakat agar terhindar dari kerugian di masa mendatang. Jangan sampai niat investasi emas terancan sia-sia hanya karena salah memilih toko.

Tidak Lekang Oleh Waktu

Salah satu investasi yang sangat tepat dilakukan dan terbilang tidak lekang oleh waktu adalah investasi emas. Apalagi emas selalu digadang-gadang sebagai instrument yang mampu melindungi kekayaan seseorang. Harga yang cenderung stabil dan selalu mengalami kenaikan saat dijual, menjadi pertimbangan penting setiap orang saat berinvestasi emas. Kamu juga tidak perlu membeli emas dengan nominal tinggi sekaligus, cukup sisihkan uang tiap bulannya untuk membeli emas perhiasaan, maka sedikit demi sedikit emas yang terkumpul akan menjadi bukit kekayaan.

Meski memiliki beragam keuntungan, tetap saja apapun investasi yang kamu lakukan memiliki kerugian lho. Jadi mari kita bahas apa saja kerugian dari investasi emas.

Image result for emas batangan

Harga Menurun Drastis

Tidak selamanya investasi emas yang dilakukan mendatangkan keuntungan berlimpah, ada pula kerugian seeperti harga yang mengalami penurunan drastis lantaran mengikuti harga di pasaran. Kamu akan merasa kesulitan untuk menjual maupun tukar tambah perhiasaan lainnya lantaran kualitas dan harga dari satu toko dengan toko lainnya berbeda.

Kecurian

Salah satu kerugian yang paling fatal dalam investasi emas terutama untuk penggunaan pribadi adalah kecurian. Untuk itu kamu disarankan tidak menggunakan perhiasaan emas dalam jumlah banyak ataupun mencolok saat bepergian. Selalu waspada dan peka akan lingkungan sekitar saat kamu bepergian sendiri. Apabila merasakan gelagat aneh disekitarmu, jangan langsung menunjukkan raut wajah panik, namun segeralah melapor ke orang sekitar.

Perawatan Ekstra

Saat kamu memutuskan untuk investasi emas, maka kamu harus siap dengan berbagai risiko yang akan terjadi. Salah satunya ialah saat emas yang disimpan mengalami kecacatan karena minimnya perawatan. Baik emas dalam bentuk batangan ataupun perhiasaan membutuhkan perawatan khusus agar tidak rusak ataupun kusam. Untuk emas batangan sendiri, kamu membutuhkan tempat penyimpanan khusus, terutama bila emas batangan yang dimiliki dalam jumlah banyak. Sedangkan emas perhiasaan membutuhkan perawatan rutin seperti membersihkannya dengan larutan sabun cuci piring sembari disikat perlahan-lahan. Hal ini bertujuan agar warna tidak cepat kusam dan tampak seperti baru. Karena tinggi rendahnya harga emas perhiasaan bisa bergantung dari kualitas dan bentuk emas itu sendiri.

Itulah tadi sederet keuntungan dan kerugian saat berinvestasi emas. Investasi jenis ini sangat cocok kamu lakukan dalam jangka waktu panjang untuk menjaga harta kekayaanmu tetap stabil di masa mendatang. Selaihn itu, emas bisa kamu jual kembali sewaktu-waktu bila berasa dalam kondisi terdesak. Untuk informasi lebih lanjut mengenai investasi emas, kamu bisa membaca prosedur pengajuan investasinya melalui laman situs https://www.cekaja.com/investasi-logam-mulia/.


No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)