Zakat, Infaq, dan Sedekah. Apa Perbedaan dan Manfaatnya?



Wah, sebentar lagi Idup Fitri ya dears. Nggak berasa banget! Kayak perasaan baru kemarin kita mulai berpuasa. Dan Idul Fitri ini identik dengan zakat fitrah. Zakat yang wajib kita tunaikan sebagai kaum muslimin selagi mampu. Dan di bulan penuh berkah ini juga kita dianjurkan untuk banyak banyak sedekah kepada orang yang membutuhkan atau menginfaqkan harta kita di masjid atau mushola.
Jadi, apa ya bedanya zakat, infaq dan sedekah? Sama sama kegiatan memberi tetapi ternyata berbeda lho. Belajar sama sama yuk!


1.Zakat

Pengertian zakat adalah mengambil sebagian harta dengan ketentuan tertentu untuk diberikan kepada kelompok tertentu. Dan ini sifatnya wajib, teman teman. Waktunya pun khusus di saat tertentu, misalnya Idul Fitri dengan membayar zakat fitrah.

Menunaikan zakat itu buanyaak sekali manfaatnya, baik untuk muzakki ( yang memberi) atau pun untuk mustahik ( yang menerima).
-Membersihkan sifat kikir, sombong dan sifat tercela lainnya.
-Ungkapan rasa syukur atas nikmat kekayaan yang Allah berikan
-Menolong mustahik dalam menjalankan ibadahnya

2. Infak

Kalau zakat itu sifatnya wajib, infak dan sedekah itu sifatnya sunnah. Infak sendiri bersifat khusus karena harta yang dikeluarkan hanya untuk kepentingan keagamaan, semisal kepentingan masjid, mushola, tujuan berdakwah.

Manfaatnya adalah :
-Terwujudnya sarana ibadah dan tempat belajar agama bagi umat Islam
-Menambah rejeki dan keberkahan
-Menambah keimanan

3.Sedekah

Sedekah hampir sama dengan infak; bisa dilakukan kapan saja dan bersifat sunnah. Bedanya, sedekah sifatnya lebih umum/luas dibandingkan dengan infak. Bentuknya pun tidak hanya harta, tetapi bisa berupa tenaga dan jasa. Penerimanya juga tidak hanya kepentingan agaman tetapi siapa saja perorangan atau pun umum. Nah, manfaat sedekah adalah :

-Menambah keberkahan pada harta yang dimiliki
-Meringankan beban penderitaan orang lain,
- Menyambung dan mempererat sifat silaturahmi dan persaudaraan

Well, baik zakat, infak maupun sedekah, semuanya InsyaAllah akan menambah keberkahan keberkahan pada harta yang kita miliki dan sebagai wujud rasa syukur kita dengan semua yang Allah berikan.

Saat kita tidak punya harta pun, kita bisa bersedekah dengan cara mengajar anak anak jalanan, sebagai tenaga sukarela, membantu membangun masjid, dan masih banyak cara lainnya. Bahkan, senyum pun termasuk ibadah. MasyaAllah..

Jadi, kapan yuk kita mulai aktif melakukan ketiganya? Eits, yang nomor 1 wajib ya dears..



 References :
bukupaket.com

No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)