Lima Amalan Bulan Ramadan, Yuk Berburu Pahala!



Sebentar lagi Ramadan akan bertemu dengan hari kemenangan. Itu artinya, Ramadan segera pergi. Kadang hati masih belum siap melepasnya pergi karena merasa ibadah belum dilakukan secara maksimal. Ada banyak ibadah yang bisa kita lakukan demi mengeruk berkah dan pahala ssebanyak banyaknya karena Allah terus menyuruh kita untuk berbondong bondong melakukan kebaikan.
Lalu, apa saja lima amalan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadan ini ya?


1.Memperkuat Sholat Lima Waktu

Semoga di bulan Ramadan ini, tidak hanya terus tekun dalam sholat lima waktu tetapi juga makin memperbaiki diri untuk bisa sholat lima waktu di awal waktu; tidak menunda nunda waktu untuk sholat. Juga bisa semakin khusyu’, memohon pertolongan dan ampunan. Dengan sholat lima waktu tepat waktu, InsyaAllah segala apa yang kita harapkan dan usahakan bisa segera diijabah Allah dan tidak ditunda tunda. Aamiin ya Rabb.

Sebagaimana Rasulullah bersabda dalam hadis

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

“Hendaklah engkau memperbanyak sujud kepada Allah. Karena engkau tidaklah sujud pada Allah dengan sekali sujud melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan akan menghapuskan satu kesalahan.” (HR. Muslim no. 488).

2. Sholat Tarawih dan Witir

Ya, bulan Ramadan identik dengan sholat tarawih dan witir. Ada yang 11 rakaat, ada juga yang 23 rakaat. Saya sendiri pernah merasakan keduanya. Saat menetap di Jakarta, saya mengikuti 11 rakaat, dan saat tinggal di kampung halaman, saya mengikuti 23 rakaat.

Sayangnya, Ramadan kali ini saya hanya mencoba ikut tarawih di masjid satu kali dan itupun hanya satu rakaat. Saat itu mencoba mengajak Julio (8 bulan) tarawih untuk memperkenalkan masjid padanya.

3. Terus Berdekatan dengan Al-Qur an

Rasulullah bersabda:

مَا اجْتَمَعَ قَوْمٌ فِي بَيْتٍ مِنْ بُيُوْتِ اللهِ يَتْلُوْنَ كِتَابَ اللهِ وَيَتَدَارَسُوْنَهُ بَيْنَهُمْ إِلاَّ نَزَلَتْ عَلَيْهِمُ السَّكِيْنَةُ وَغَشِيَتْهُمُ الرَّحْمَةُ وَحَفَّتْهُمُ الْمَلاَئِكَةُ وَذَكَرَهُمُ اللهُ فِيْمَنْ عِنْدَهُ

“Tidaklah berkumpul sebuah kaum di salah satu rumah Allah, mereka membaca kitab Allah dan mempelajarinya, kecuali akan turun ketentraman kepada mereka, diliputi oleh rahmat, dikelilingi oleh para malaikat dan Allah akan menyebut mereka ke hadapan makhluk di sisi-Nya.” (HR. Muslim)

MasyaAllah, betapa indahnya berkah yang diberikan oleh Allah kepada orang orang yang gemar membaca Al-Quran. Saya juga selalu berusaha untuk bisa membaca Al-Qur an walau hanya satu halaman. Apalagi di bulan Ramadan, bulan penuh berkah ini dimana semua amalan diberikan pahala berlipat lipat ganda.

4. I’tikaf

Beri’tikaf adalah berdiam diri di masjid untuk melakukan ibadah sebanyak mungkin dan juga mendekatkan diri dan memfokuskan diri kepada Allah. Kegiatan ini demi menjemput malam Lailatul Qadar (malam yang lebih baik dari seribu bulan) yang datang di 10 hari terakhir di Bulan Ramadan, biasanya datang di tanggal ganjil.

Beruntung sekali dulu saat masih single dan tinggal di jakarta, saya sudah pernah merasakan i’tikaf bersama teman teman. Kami beri’tikaf di sebuah masjid tak jauh dari kos kami. Di sana kami bisa membaca Al-Quran, sholat sunah seperti sholat tahajud, sahur bersama sampai membaca buku bacaan islami sekalian refleksi atas apa apa yang sudah dilakukan selama setahun itu. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan.

5. Bersedekah

إِنَّ الْمُصَّدِّقِينَ وَالْمُصَّدِّقَاتِ وَأَقْرَضُوا اللَّهَ قَرْضاً حَسَناً يُضَاعَفُ لَهُمْ وَلَهُمْ أَجْرٌ كَرِيمٌ

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka; dan bagi mereka pahala yang banyak.” (QS. Al Hadid: 18)

MasyaAllah, tak perlu diragukan lagi betapa besar pahala dan ganjaran yang akan kita dapatkan saat kita mau bersedekah di bulan Ramadan.

Well, bulan Ramadan hanya tinggal beberapa hari lagi. Yuk manfaatkan dengan sebaik baiknya!




No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)