Bau Mulut Saat Puasa? Usir Dengan Lima Langkah Ini!



Biasanya permasalahan yang sering terjadi saat berpuasa adalah bau mulut. Nggak mau dong ya, kepercayaan diri kita jadi berkurang Cuma gara gara bau mulut saat berpuasa. Toh banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi bau mulut saat puasa.

Kalau kalian, udah ngerjain cara yang mana?


1.Periksa kesehatan gigi dan membersihkan karang gigi sebelum berpuasa.

Yup! Ini bisa jadi sebagai langkah paling pertama yang bisa kita lakukan untuk menyambut Ramadhan, yaitu membersihkan karang gigi dan plak gigi. Nah, kalau plak dan karang gigi udah bersih, maka bau mulut pun bisa dihindari. Bisa puasa dan beraktivitas dengan nyaman dan tenang deh!

2. Minum air putih cukup saat berbuka dan sahur

Selain menghidrasi tubuh saat berpuasa, minum air putih ini juga ternyata sangat bermanfaat untuk mengurangi bau mulut. Kok bisa? Karena air putih mampu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut kita? Lancarnya produksi air liur pun bisa membantu mulut agar tetap bersih sepanjang hari. Jadi, ingat untuk minum air putih minimal satu liter atau setara dengan delapan gelas per hari.

3. Konsumsi Keju dan probiotik

Selain air putih, kita juga harus banyak mengonsumsi buah dan sayur untuk kesehatan tubuh termasuk gigi dan mulut. Nah, selain itu juga kita bisa mencoba untuk mengkonsumsi keju dan probiotik saat sahur untuk mengurangi bau mulut.

Kok bisa? Keju yang rendah karbohidrat, tinggi kalsium dan mengandung fosfat  dapat memperkuat email gigi, meningkatkan produksi air liur dan mengurangi pertumbuhan karang gigi. Sedangkan mengonsumsi probiotik seperti yoghurt dapat memelihara kesehatan pencernaan dan menghambat bau mulut. Simpel namun berdampak besar, bukan?

4. Menggunakan obat kumur non alkohol

Pasti semua orang juga sudah tahu bahwa menggunakan obat kumur bisa menghambat bau mulut. Bahkan, obat kumur ini bisa sangat ampuh untuk mengurangi bau mulut sepanjang kita berpuasa. Tapi, pastikan untuk memilih yang non alkohol ya, dears.

5. Menghindari makanan berbau menyengat

Please, saat berpuasa jangan pernah berbuka dengan kudapan/makanan berbahan petai dan jengkol. Why? Sudah jelas alasannya. Makanan dengan bau menyengat juga pasti akan memberikan bau mulut yang menyengat setelah kita memakannya.

Bahkan bau yang dihasilkan pasti akan tinggal lebih lama karena selama berpuasa kita nggak bisa makan dan minum apapun. Pasti nggak mau kan bau petai sepanjang hari?

Hmm, simpel tetapi wajib banget dilakukan demi mengusir bau mulut ya! Jadi, mana aja nih yang udah pernah dicoba, dears?



No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)