5 Tips Sukses Sahur Ala Anak Kos



Percayalah, lupa makan sahur di perantauan itu sedih. Tiba tiba bangun udah adzan subuh. Boro boro lihat layar HP ada yang WA "Yang, sudah sahur belum?" Yang ada sambil linglung lihat jam di HP tapi HP nya mati, terus duduk sendirian di kamar yang gelap sambil membayangkan masih harus kerja sampai sore, padahal kerjanya nggak jauh jauh dari aktivitas ngomong, lalu tiba tiba kerongkongan mendadak kering. Haus. Sendirian. Gelap. Jomblo lagi. Duh, sedih banget kalau diingat ingat mah. Makanya karena saya nggak ingin pengalaman pahit ini terjadi sama teman teman, saya kasih tipsnya ya.

Pernah menjadi anak kos selama lima tahun dan melewati lima kali puasa di tanah rantau jelas membuat saya kaya akan pengalaman. Mulai dari pengalaman kelewat sahur, lupa beli makan saat sahur, alarm ngadat saat sahur karena HP mati,  kerjasama bangunin sahur sesama penghuni kos, ngobrol sama teman kos saat sahur biar kuat melek, sampai sahur cuma ngunyah roti tawar dua biji karena mager maksimal dari tempat tidur. Dan dari pengalaman pengalaman itu, saya punya 5 tips jitu yang bisa banget dipraktekkan untuk para pengekos (baca : perantau) supaya sahur anti galau.



1.PASANG ALARM BERLAPIS DAN GANDA.

sumber : Carousel

Pasang alarm berlapis maksutnya adalah misalnya pasang alarm pukul 03.00, nah pasang yang kedua pukul 03.10. Lalu, pasang yang ketiga 03.20. Kalau masih kurang yakin bisa pasang alarm keempat pukul 03.30. Biar apa? Dulu saya sering mencet alarm HP itu nggak sadar lho. Pernah bangun bangun kok azan subuh? Ternyata mencet HP dalam keadaan tidur (baca : Cuma bangun mencet HP, tidur lagi). Khan horror ya, jadi please. Alarmnya berlapis.

Nah, kalau ganda maksutnya alarm dipasang di gadget yang berbeda. Misalnya, satu di HP, lalu alarm satu lagi di Tab. Atau kalau punya jam beker malah bagus. Atau kalau punya HP dua silahkan digunakan semaksimal mungkin. Jadi, kalau HP satu mati, kita masih bisa bangun! YESSSS!!!

2.BEKERJASAMA DENGAN PENGHUNI KOS LAINNYA

Kalau kalian akrab dan berteman dengan penghuni lainnya, boleh banget janjian buat makan sahur bareng. Dulu saya juga begitu. Nanti kita menunjuk satu koordinator yang bertugas untuk neriakin bangunin yang lain buat sahur.

Begitu sudah bangun semua, kita bisa makan sahur bersama di luar kamar. Dulu di kos pertama, kos kami kecil sekali. Jadi, teriak dari kamar aja semua penghuni kos yang berjumlah lima udah dengar semua. Kami lalu sahur bersama di ruang tamu sambil liat TV sampai imsak, lalu sholat subuh deh. Jadi, nggak ada acara telat sholat subuh karena keburu tidur lagi.


3.SELALU SIAPKAN SUSU, KURMA DAN ROTI


Anak kos pasti ada saat saatnya mager alias malas gerak. Mati berat, tubuh apalagi. Buat geser badan aja rasanya males maksimal. Tenang, selama kita siapkan susu, kurma dan roti di sebelah kasur/meja di kamar, semua masalah terselesaikan. Atau saya juga menyiapkan makanan simple lainnya macam oatmeal, pisang, dan bubur SUN rasa pisang. Enak sih itu.

Kalau dulu saya tinggal menjangkau tiga benda plus air putih (penting ini ya), lalu mengganjal leher dan kepala dengan bantal sampai bisa duduk di kasur. Minum air putih, makan roti sampai kenyang, lalu ditutup kurma dan susu. Minum air putih lagi jangan lupa. Eh, jangan lupa berdoa juga.
DONE! Bisa tidur dikit nunggu sholat subuh. Atau hidupkan TV di kamar biar nggak kebablasan.

4. BELI LAUK DI MALAM SEBELUMNYA

Nah, kalau lagi nggak malas malas banget dan pingin makan enakan dikit, biasanya saya beli malam sebelumnya. Entah ayam bakar, ayam geprek, ayam betutu, rendang, atau kwetiaw ; makanan favorit saya hehe. Lalu, saya masukin ke magic jar biar hangat terjaga sampai sahur. Nah, biasanya anak kos itu kan magic jar juga ditaruh di kamar khan? Ya udah, tinggal siapin satu piring dan sendok di sebelah magic jar. Begitu sahur berkumandang, buka magic jar, ambil nasi dan ayamnya, makan sampai kenyang. YES! Sahur bisa makan enak!!!

5. BERPETUALANG  BERSAMA TEMAN KOS DALAM BERBURU MAKANAN SAHUR

Nah ini. Untuk melakukannya, pastikan kalian memenuhi sayarat sayarat berikut ya:
-Lokasi kos dan sekitarnya ramai dan nggak rawan tindak kriminalitas
-Banyak yang jualan di sekitar kos
-Teman kalian asik
-Kalian lagi nggak mager

Dulu, biasanya kami akan janjian dulu buat cari makanan sahur bareng di waktu sahur itu. Jadi, malam sebelumnya kita emang udah janji nggak beli apa apa nih. Terus, begitu satu koordinator itu bangunin kami, kami harus siap sedia dan nggak bikin emosi si koordinator. Lalu, kita berempat keluar kos dan mulai berburu makanan sahur deh.

Kos kami ini dekat sekali dengan Indomaret dan Alfamaret yang saling berhadapan dan buka 24 jam. Di sampingnya berjejer warung makan macam masakan padang, soto, bubur, ayam geprek dan lainnya. Ah, indah pokoknya. Tinggal pilih, antri, bayar terus makan bareng deh di kos.

Teman kos jaman duluu

Well, itu tadi lima tips menyiapkan sahur ala anak kos dari saya, mantan anak kos lima tahun. Selamat mempraktekkan dan semoga berhasil ya!!!

No comments

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)