5 Adab Berbuka Puasa



Hei genks! Tadi buka puasa sama apa? Kalau saya pribadi buka puasa dengan kolak adalah hal yang wajib. Yes, menu buka puasa pertama yang harus saya cicipi adalah kolak karena rasanya yang manis dan hangat bikin perut jadi enak. Hihi..

Sayangnya, sama seperti tahun sebelumnya, puasa tahun ini saya harus berjauhan dari suami karena suami sedang melanjutkan studi di negara Kangguru. Alhamdulillah, saya masih diberi kesempatan untuk bisa berbuka puasa bersama keluarga besar dan juga anak kicik 8 bulan. Yes, this is his first Ramadhan. InsyaAllah, walaupun sedang menyusui, saya berusaha bisa tetap berpuasa.

Ngomong ngomong soal buka puasa, ternyata buka puasa pun ada adab dan sunahnya yang diajarkan oleh Rosulullah lho sahabat solehah. Supaya puasa dan berbuka puasa makin afdol, yuk kita cari tahu apa aja adab berbuka puasa.


Adab berbuka puasa :

1.Segerakan berbuka puasa

Ini sudah harus dilakukan ya. Dulu saat saya masih di Jakarta, saya selalu mantengin adzan maghrib dari TV. Jadi kalau sudah mendekati waktunya, harus banget nih hidupin TV biar tahu kapan buka puasanya. Berbeda dengan di Jakarta, sekarang saya tinggal menunggu buka puasa sambil kongkow di rumah aja karena tiap waktu berbuka di masjid masjid akan dibunyikan sirene panjang. Beberapa saat kemudian adzan akan kompak berkumandang. FYI, di desa saya ini ada enam masjid/mushola yang tersebar di enam RT (Rukun Tetangga). Jadi, setiap RT punya mushola sendiri. Bayangkan bagaimana syahdunya setiap sore saat Ramadhan. Semua mushola berlomba lomba tadarus Al-Qur’an.

Of course, I’ll miss this moment later.

Nah, begitu sirene dibunyikan dan sesaat kemudian adzan berkumandang, kami langsung berbuka puasa dan memanjatkan doa.

Hadits dari Sahl bin Sa’ad radhiyallahu ‘anhu bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Orang-orang (umat Islam) senatiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (Muttafaqun ‘alaih)

2. Minum dengan tiga nafas dan membaca basmallah

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata,
“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa minum dengan tiga nafas. Jika wadah minuman didekati ke mulut beliau, beliau menyebut nama Allah Ta’ala. Jika selesai satu nafas, beliau bertahmid (memuji) Allah Ta’ala. Beliau lakukan seperti ini tiga kali.” (Shahih, As Silsilah Ash Shohihah no. 1277)

3. Makan kurma atau seadanya

Nah, biasanya kurma adalah kudapan wajib saat Ramadhan tiba ya sahabat salehah. Saya pun sebelum Ramadhan datang sudah menyiapkan kurma di rumah plus SYUKUR (Susu Kurma) yang bisa dibeli per liter. Nah, kalau nggak ada kurma pun kita bisa mengganti dengan makanan/kudapan seadanya. Bisa juga dengan kolak dan makanan lainnya.
Mengikuti sunah Rosul, kita dianjurkan untuk memakan kurma dengan jumlah ganjil macam tiga, lima dan seterusnya.

4. Sebelum dan setelah berbuka, jangan lupa berdoa.

Ini wajib hukumnya ya, sahabat. Apalagi di bulan Ramadhan; bulan penuh berkah dimana setiap amal baik dilipatgandakan pahalanya dan tiap tiap doa bisa diijabah. Jadi, jangan lupa banyak banyak berdoa.

Dari Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu, ia berkata, “Dahulu apabila Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam telah berbuka puasa, beliau biasa berdoa dengan, “Dzahaba zh- zhama-u wabtallatil ‘uruuqu, wa tsabatal ajru insyaa Allah.”

5. Segerakan sholat maghrib

Kalau sudah berbuka jangan sampai jadi keenakan makan eh lupa sholat maghrib. Nah, supaya sholatnya lebih enak, biasanya minum kolak dan makan kurma dulu lalu sholat dan setelah sholat baru makan besar sambil menunggu waktu Isya tiba.

Atau bahkan ada yang makan besarnya nanti setelah sholat Isya dan taraweh supaya saat sholat perut nggak kekenyangan jadi bergerak lebih leluasa. Nah, karena saya sedang menyusui, jadilah saya makan besar setelah maghrib dan setelah Isya demi ASI lancar sepanjang hari berikutnya, InsyaAllah.
Nah, sudah siap untuk mengamalkan adab berbuka puasa besok, sahabat Solehah?


1 comment

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)