MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

TRAVELING KE JOGJA BERSAMA JULIO #2 ( Plus Tips Traveling Bersama Bayi)

Add Comments
Jumat, 08 Februari 2019

Hari pertama telah terlewati dan masih beberapa hari lagi kami tinggal di Jogja. Well, hari pertama kemarin adalah hari kami bertiga menuju Jogja dan menghabiskan malam di Mall Hartono. Karena bahagia riang gembira, capek capek pun nggak terasa.

Day 2 (Sabtu, 19 Januari 2019)

(PENGINAPAN, MALL HARTONO, MALIOBORO)

Nah, capek baru terasa di hari kedua kami ada di sana nih, gaes. Sebenarnya rencana kami hari kedua adalah bertemu dengan Dian, teman saya dari Jakarta yang kebetulan sedang ikut suaminya dinas di Jogja. Alhamdulillah, kami memang sudah berencana untuk bisa meet up di Jogja.

Julio, seperti biasa sudah kami mandikan pagi pagi. Kami di sini adalah saya dan Yajo. Yes, kami berdua. Karena di penginapan jelas nggak ada bak khusus anak kecil dan kami nggak pingin memandikannya di wastafel begitu, jadilah kami harus bekerjasama memandikan Julio. Eits, momen memandikan Julio ini jadi salah satu momen tak terlupakan plus rutinitas kami selama beberapa hari ke depan.

Caranya, Yajo bertugas memegang Julio dan saya yang mengalirkan air dari shower ke badan Julio. Eits, tapi ini harus ekstra hati hati. Jangan sampai airnya terlalu panas atau terlalu dingin. Jadi, saya harus meletakkan telapak tangan saya yang satunya tepat di depan kucuran air, jadi bisa mengatur suhu air dari shower. Kalau suhunya nggak konsisten kayak ucapan mantan, lebih baik ambil gelas plastik yang disediakan dan diguyur deh lewat gelassnya. Cihuyyyy, Julio tetap bisa mandi!!

TIPS #4 : BEKERJASAMA DENGAN PASANGAN IS THE KEY!

Apalagi ngajak anak kecil yang masih rentan begini. Saya dan Yajo jelas sangat hati hati. Sehat sehat ya, Jo! Kami selalu berdoa untuk Julio.

RENCANA : Begitu Julio selesai mandi, kami bergantian mandi dan sekitar jam 11 kami akan bertemu Dian di mall untuk makan siang bareng.

FAKTA : Begitu mandi, Julio ngantuk dan tidur. Kami ikut ngantuk dan tidur. Kami tidur bersama sampai sore.

Tinggal berangkat malah tidur dan nggak tega bangunin atau gendong dia.

Menunggu Julio bangun.

Beberapa menit kemudian.

Luarrr byasa. Ngajak anak kecil emang nggak perlu punya itin yang muluk muluk. Kami pun nggak punya itin mau kemana kek gitu di Jogja. Yang kami tuju kalau bukan mall ya tempat makan. Hahaha...Traveling macam apa ini. Tapi nggak papa, yang penting kami senang dan Julio riang. Horayyy!! Beda cerita saat kami masih berdua saja dulu. Saat traveling ke Surabaya, kita bisa mengunjungi 4 destinasi dalam satu hari!

Baca juga "Menjajal Jembatan Suramadu dan Menikmati Malam di Taman Bungkul, Surabaya"

Akhirnya, kami baru menuju ke Mall Hartono di sore hari pake Grab. Sesampainya di sana, kami sempat mlipir dulu ke Mothercare buat beli teether dan baju untuk Julio. Kami juga akhirnya bertemu dengan Dian di Mothercare Store. Next, kami menuju ke Food court (tempat favorit kami ini) lantai 2 untuk makan sore menjelang malam.

Terakhir ketemu saat Julio masih tujuh bulan dikandung badan, eh sekarang ketemu lagi sudah ada Julio hampir lima bulan :)

MALIOBORO, LET’S GO!

Usai sholat maghrib, kami langsung menuju ke Malioboro! Tau sendiri Malioboro di Sabtu malam. Macet dan ramai bingitttss! Untungnya Julio udah duduk anteng digendong Yajo berkeliling Malioboro sebentar. Walaupun sempat digendong Ibu untuk menambah amunisi nutrisi.

TIPS #5 : SELALU SIAGA ALAT GENDONG UNTUK MASING MASING AYAH DAN IBU

Ini harus NOTED dan penting sekali demi kesehatan sendi dan tulang, mom! Saya sendiri membawa tiga alat gendong. Jarik, airsling dan SSC (Soft Structured Carrier). SSC ini khusus untuk Yajo karena dia sudah diatur sesuai dengan tubuh Yajo. Pegel juga kalau dia Cuma gendong Julio tanpa alat gendong; 8 kiloan! Jadi, kami bisa bergantian menggendong Julio deh.

Sesampainya di Malioboro, Dian sempat makan malam dan kami melanjutkan perjalanan dengan membeli oleh oleh. Julio dapat blangkon dari Dian dan kemeja batik dari kami. Ya  gitu ya, kallau udah punya anak mah kebutuhan Ayah Ibunya nomor sekian, kebutuhan anak selalu nomor satu. Saya sendiri liat tas tas unik, kemeja batik artistik atau kaos Malioboro udah nggak tertarik sama sekali. Lebih bahagia beliin Julio. Hahaha...

Di tengah hiruk pikuk keramaian Malioboro Sabtu malam.

Kami sampai penginapan kembali itu sekitar pukul 10 malam. Langsung deh, lap lap Julio, ganti baju dan gosok gigi plus nina boboin Julio. Seperti yang sudah sudah, saya bertugas ngasih nenen dan kelon Julio, sedangkan Yajo bertugas ayun ayun Julio kalau Julio  belum juga tidur, kayak malam itu.

TIPS #6 : BERBAGI PERAN MENJAGA ANAK SELAMA TRAVELING
Enaknya digendong Yajo

Untungnya Yajo pengertian dalam hal menjaga Julio. Saya nggak perlu ngambek ngambek atau bantingin barang biar  Yajo ngerti kalau saya butuh bantuan. Serta merta Yajo siap siaga untuk ayun ayun Julio. Nggak cuman saat malam saat akan tidur, Yajo juga ayun ayun Julio sampai dia tertidur, bahkan tanpa malu gendong dia pakai jarik di mall.

Yes, Julio sudah tidur maka saatnya kami menghabiskan malam berdua. Uhuk!

TIPS #7 : SELALU MENJAGA ROMANTISME SELAMA TRAVELING

Tanpa penjelasan panjang lebar, jelas tips ini sudah bisa menggambarkan ya kawan kawan sekalian.

DAY 3 ( Minggu, 20 Januari 2019)

(WARUNG PREKSU, TEMPO GELATO, PARANGTRITIS)

Mau kemana kita hari ini?

Saatnya kuliner!! Seperti biasa, tanpa itin kami bergegas mandi dan memandikan Julio dengan riang gembira. Si anak jelas makin makin riang mandi pakai shower begitu karena dia sangat suka air. Kayak Ibunya, hehe.

Kami sarapan di PREKSU yang menurut saya ini warung syari’ah amat. Di sini, orang yang puasa Senin Kamis bisa berbuka dengan GRATIS. Setiap Jumat pun orang yang sudah baca Al-Kahfi bisa makan preksu dengan GRATIS. MasyaAllah Tabarakallah...

Salah satu spot di Preksu!

Geprek wenak ini cuma 13ribu!

Susunya mantuul!

Makanannya pun jangan ditanya, WENAK dan MURAH! Saya nih makan berdua dengan Yajo hanya menghabiskan 13 ribu untuk geprek pluss keju. Mana nasinya ambil sendiri dan GRATIS pula. Susunya pun segelas gede dan fresh abis. Makannya ayam, minumnya susu. Udah itu kesukaan saya semua. Rasanya jadi pingin tinggal di Jogja.

Sarapan kelar, sekarang saatnya kami mengunjungi salah satu saudara Yajo yang ada di Jogja. Terakhir bertemu dengan Bude ini saat kami menikah, satu setengah tahun yang lalu. Puas bercerita dan temu kangen, kami melaju menuju ke kesukaan saya dan Yajo; ice cream!

Es krim ini yang sejak lama ingin saya coba, TEMPO GELATO. Alhamdulillah hari ini kami diantar oleh Anggoro, mantan murid Yajo. Kami jadi bisa ke TEMPO GELATO. Di sana, kami pesan masing masing 1 cone hanya dengan membayar 20 ribu saja! Astaga, jauh lebih murah daripada es krim di mall itu yang sampai 50ribuan per cone. Rasanya juga enak dan padat. Saya pecinta greentea langsung memesan greentea dengan satu rasa baru yang saya lupa.

Kasihan kali Julio tiap kali kamu kuliner. Dia Cuma bisa memandang syahdu campur kelu dengan tiap makanan yang kami nikmati. Hehehe..

tatapan Julio

Sabar ya Jo, sebulan lagi kamu makan...

Perjalanan terus kami lanjutkan menuju Bantul! Lagi, kami mengunjungi salah satu kerabat Yajo yang rumahnya di dekat Gumuk Pasir, Bantul. Duluuuuu, saya juga pingin banget bisa ke Gumuk Pasir. Nyobain skateboard ala ala kah, foto foto macam di gurun Sahara kah, tapi kemarin pas lewat sana dan kepikiran pingin mampir yang ada adalah,

“Wah, mata Julio bisa kemasukan pasir nih!”

Menjadi orang tua meningkatkan kewaspadaan kami dalam memilih destinasi.

TIPS #8 : SESUAIKAN DESTINASI/TUJUAN WISATA DENGAN KONDISI ANAK

Jelas, Gumuk Pasir bukan tempat yang children-friendly untuk kami. Skip!! Tapi, rasa rasanya sayang kalau kami nggak mampir di Pantai Parangtritis saat pulang dari Pakde. Akhirnya, kami menyempatkan diri untuk menyaksikan sunset di Parangtritis sekaligus Yajo membidik beberapa scenery di sana. Maklum, Yajo sedang gemar photography.

Model : Anggoro

Hanya 10 menit saja, dengan dibalut baby cape dan dipeluk  Bujo (Ibu Julio) dan Yajo secara bergantian, kami buru buru kembali ke mobil. Rencananya, setelah ini kami ingin melanjutkan kuliner kami di Bakso Klenger. Duh, dengerin aja lidah saya mau klenger.

Julio selalu didekap Ibu.

Ah, Qadarullah, di perjalanan kami terkena musibah. Alhamdulillah, kami tetap bisa pulang dengan selamat dan sehat wal-afiat. Allah Maha Penyayang, memang.

TIPS #9 : SIAPKAN DIRI UNTUK HAL TAK TERDUGA SAAT TRAVELING

Hal tak terduga itu bisa saja terjadi saat kita traveling ya, Mom. Yang penting, kita jangan sampai panik saat meenghadapinya. Saling support satu sama lain, saling menguatkan dan InshaAllah semuanya akan baik baik saja. Yang penting niat kami traveling itu baik, InshaAllah Allah akan selalu menjaga perjalanan kami. Aamiin..

Akhirnya kami langsung tiba di penginapan dan pesan Go-Food untuk makan malam. Masih ada dua hari lagi waktu kami di Jogja...

Hari ketiga alhamdulillah dilewati dengan penuh petualangan ala kami. Julio pun juga segera tidur setelah diayun ayun Yajo. Ah, traveling ini membuat saya makin sayang sama Yajo. Hehehe.. Bahkan, di traveling ini kami zero quarrel. Padahal biasanya kalau lagi di rumah, kami bisa jadi rawan konflik lho. Kami yang nikah nggak pake pacaran ini rasa rasanya sekarang baru fase saling mengenal lebih dalam dan banyak hal membuat kami kadang suka nggak sepaham. Tapi, ternyata traveling bisa saling membuat kami mengerti satu sama lain, menikmati momen kebersamaan bertiga dan saling belajar untuk menjadi orang tua terbaik versi kami untuk Julio.

Bersambung ya, Mom...

Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)

1. Baca postingan ini, aku tuh rindu serinduuu rindunya sama Jogja. Meski teriknya masyaallah, tapi banyak banget tempat wisata nya. Kayaknya gak akan kehabisan tempat main gitu.

Balasan
    1. Iya sampai over load mbak semua jenis destinasi wisata ada ya :)

Hapus
  2. liburan bareng anak menyenangkan ya.
    duh jogja saya belum pernah ke sana

1. Aiiih mbak Inez wajib banget ke sini bakalan kangen deh

Hapus
  3. Kangen main ke parangtritis mbak.. Terakhir waktu masih SMP.. Hiks. Udah lama banget yaa..😩

1. Lama bingit ya mbak, kapan kapan hrus family traveling ke sini nih

4. Wah kelihatan Julio enjoy banget ya mba

Ntar kalau gede tinggal ditunjukin foto-fotonya :)

BalasHapus
  5. Waaah hahaa... mau berangkat malah ikut bobok wkwk...
    Aku terakhir ke jogja paa honeymoon. sekarang hamil. Berati ntar jalan-jalannya pas uda punya anak. Apakah selanjutnya akan begini juga wkwkwk

1. Wihihiii, boleh segera diagendakan saat Dek Utun udah launching yaaa

Hapus
  6. Wahh pacaran setelah nikah ya mbak meyyyy. Ini Julio udah gede aja... bentar lagi masuk SMP ya #eh

Banyak banget nih yang cerita liburan di Jogja, jadi pengen kesana juga. tapi nanti ah kalo udah punya anak dan istri, biar bisa romantis-romantisan disana. heuheu

Balasan
    1. Wakakakaka aku kudu ngguyu ki Rick.. Iya lah boleh biar kebahagiaan yg dirasakan adalah kebahagiaan haqiqi karena bsa traveling bersama anak istri. Mana jogka kan kota sejuta kenangan. Ihirr

Hapus
  7. Hiks... Jadi kangeeen bamgaat jogja ya Allah...
    Sayangnya dlu pas sekolah di sana masih single, skrng udah nikah entah kapan ksana lagi ..
    Keren sama tempat makannya ya... Syariah bangaat....

Salam yaa buat dd Julio ganteng, maasyaa Allah tabarakallah 😇

Balasan
    1. Waalaikumsalam nte Muthmainnah sayang, InsyaAllah bisa jalan jalan ke sini bersama keluarga ya mbak :)

Hapus
  8. Duh, jadi pengen ke Yogya abis baca tulisan ini. *Langsung pengin ngecek tiket murah di Air Asia.....

Btw,....semenjak jadi emak, urusan anak memang jadi nomor satu. Termasuk urusan beli-beli barang keperluan pribadi...

1. Iya pokoknya anak itu nomero uno ya mbk.. Ga bolh ada yg kurang. Hihi
      Yuk ke Jogja :)

Hapus
  9. Kalo travelling sama anak memang harus banyak pengertiannya ya mba, saya pun gitu .. anak tidur yawes nanti aja perginya, wisatanya gak bisa buat anak2 yawes ganti yang lain padahal bagus banget, untuk gendong mengendong nanti pas umur 2y lebih pasti anaknya akan jalan2 sendiri soalnya anak saya gitu dulu awal travelling bareng umur 8M kmrn 2Y lebih dia udah jalan aja Ndak mau gendong hehehe

Balasan
    1. Waaaah nggak sabar pingin ajak Julio traveling pas dia udah jalan walau pun pasti malah bikin napas makin empot empotan karena lari sana sini ya mbak hahaha
      Tapi seru kaliiiii

Hapus
  10. Wah.. Seru juga ya, traveling sama baby gitu.. Tapi bener yang penting kompak.. Saya saja dulu cuma pergi ke tempat mertua kudu bawa printilan banyak bgt... 😂😂 tfs mb...

Balasan
    1. Serrrru banget mbak.. Iya bawa snak ang ribet tpi memorable!

Hapus
  11. Ngikutin perjalanan yajo bujo dan julio jadi pengen ikut jalan2 juga, hahahah

BalasHapus
  12. Seru banget ya mbak bawa anak bayiik jalan2 yah meski nggak bisa sebebas waktu masih sendiri atau berdua krn seperti tips yang sebut di atas. Harus perhatikan kondisi si kecil 😊

1. Iya, keamanam dan kenyamanan bayi itu nomor satu ya Sis

Hapus
  13. Mba aq penasaran musibah apa yg terjadi? Sehat2 selalu yaa mba sekeluarga :)

BalasHapus
  14. Perjalanan yang menyenangkan ya mb apalagi bareng keluarga, ribet tapi selalu seru.

15. Jogja, salah satu kota yang membuat saya selalu terkesan, seperti ada magnet yang menarik saya ke sana. Kalau ada kesempatan ke sana lagi, pingin deh nyoba preksu-nya, haha...

16. mbak gelatonya bikin ngiler. nggak cuma Julio yang ngiler, saya pun. XD

BalasHapus
  17. Travelling paket lengkap (ayah, ibu dan anak) selalu menyenangkan dan menambah rasa cinta dan saling pengertian dalam keluarga. Ikutan senang Mbak..melihat kebersamaan yang indah ini😊😊

1. Terimakasih mbak Ida, semoga mbak Ida sekeluarga Juga bahagia selaluuuu

Hapus
  18. Tips jalan-jalan bareng dedek keren nihh...mksh yaa...jd kngen sm jogja...kota yg saya sebut sbgi kota penuh rinduuu..

19. Waahh, baby Julio udah keliling Jogja euy ... Ateu kapan nyusul ya☺☺

20. Hihi, kisahnya seru. Foto2nya Ada yang lucu Pula. Senengnya Julio diajak jalan2 walopun ga dibagi es krim, hihi.
    Berwisata bareng anak emang butuh ekstra tips ya, Mbak. Ribet dikit tapi tetap seru.
    Lanjuuut :)

BalasHapus
  21. Wahhhh, seru bangeeet ya mba. Sukaaa bangett sama wiskulnya mba di jogja. Btw, ini recommended banget lho mba, soalnya aku belum pernah ke jogja hihii

22. hiks..aku jadi rindu ama jogja mbak, kota luar selain kota kelahiran yang pertama kali kaki ini kuinjakan..ibarat cinta, inilah cinta pertamaku hehehe

23. Wah, serunya bisa traveling bareng. Kalau soal mengenal, emang kalau saling mengenal itu paling enak pas traveling. Biasanya sih naik gunung yang katanya bikin kita tau sifat asli orang

BalasHapus
  24. Seru juga, travelling bareng keluarga. Apalagi di Jogja. Aduh. Jadi rindu. Kota yang benar-benar bikin rindu segalanya~

25. bacanya seru banget mbaaa. Semua destinasi itu, selalu aku kunjungin waktu k Jogja. Kebetulan ade aku kuliah d Jogja mba, mbaa ga nyiba bakmi mbah gito sama sate klathak pak pong? hehe

26. Coba berkabar, Teh. Mungkin bisa silaturahmi. Mungkin lupa..hehe
    Sempet komen d.beberapa postingan d.instagram teh Mey pas d.malioboro atau pantainya ya, lupa. Yang jelas waktu posting sih bukan waktu d.mana teh Mey sedang d.Jogja ya..he

Memang banyak di Jogja tempat makan yang memberikan makan gratis untuk orang yang berpuasa gitu, Teh. Keren ya, semoga berkah.

Asik nih, kalau udah besars nanti Julio bisa baca tulisan ini.

27. Aku salkus di foto es itu dong, disedotannya ada lalet :(((

Serunya liburan sama anak keciiil, pasti banyakan barang dedek julio deh daripada ayah ibunya. Soalnya tante ku yg punya anak kecil pasti banyakan bawaan anaknya daripada orangtuanya. Tapi seribet apapun tetep aja seru liburan sama keluarga.