5 Channel Youtube untuk Kesehatan Mental dan Rohani



Hah? Channel Youtube untuk kesehatan mental? Kok bisya? Sejak duluuuu sebelum menikah, lagi galau galaunya karena jodoh tak kunjung keliatan hilalnya atau saat gamang mengira ngira seseorang sebagai calon ayah anak anak saya atau bukan, saya memanfaatkan Youtube sebagai jalan pintas untuk mencari ketenangan batin.

Di Lab Bahasa Inggris saat itu (saat saya masih mengajar menjadi guru Bahasa Inggris) saat semua tugas mengajar terselesaikan, saya kemudian membuka Youtube, mengetikkan beberapa nama dan dari situ saya mendapatkan pencerahan. Channel Youtube apa saja ya kira kira untuk kesehatan mental dan rohani ala saya?


1.  USTADZ HANAN ATTAKI



Nah, ini dia ustadz favorit sebelum menikah dulu. Saya sering mendengarkan tausiyahnya tentang bagaimana beliau bertemu dengan istrinya, perjuangan selagi muda dulu, bagaimana menjadi pribadi yang lebih baik dan beberapa di antaranya juga banyak yang mengulas tentang jodoh. Bagi kalian yang sedang galau akan kedatangan jodoh, harus banget nih sering sering mendengarkan tausiyah ustadz yang satu ini.

2. USTADZ KHALID BASALAMAH


Ustadz Khalid Basalamah banyak mengulas tentang rumah tangga; bagaimana cara membangun rumah tangga islam, kiat kiat mempertahankan rumah tangga, kewajiban dan hak suami istri, sampai bab ranjang yang untuk sebagian orang masih dianggap tabu. Sungguh, saya belajar buanyaaak tentang rumah tangga juga dari ustadz yang satu ini. Beliau menjelaskan dengan sederhana, tidak bertele tele, secara tegas dan jelas. Cara beliau menjawab pertanyaan juga straight to the point. Jadi, bagi kalian yang masih jadi istri newbie macam saya nih, wajib banget mantengin tausiyah Ustadz satu. Yakin deh, nanti bakalan tercerahkan.

“Oh jadi gitu ya...”

“Oh, harus gitu yaaa...” Saya yang masih alpa ilmu jadi tercerahkan sedikit demi sedikit.

Nggak hanya seputar rumah tangga, beliau juga berdakwah tentang banyak hal mengenai Islam. Banyak menonton, jadi banyak tahu deh..

3.  USTADZ SYAFIQ RIZA BASALAMAH


Sama dengan Ustadz Khalid Basalamah, Ustadz Syafiq Riza Basalamah juga banyak bertausiyah tentang rumah tangga, bagaimana bersabar menghadapi ujian, 10 kunci utama mencari rejeki, dan masih banyak lagi. Dijamin gaes, kalau rajin rajin mendengarkan tausiyah beliau beliau ini hidup yang semula kayaknya kok susah amat bisa teringankan karena sudut pandang kita akan suatu masalah jadi bergeser.

Masalahnya, akhir akhir ini saya menganggap banyak hal yang mengganggu hidup saya, membuat saya tidak nyaman, kurangnya rasa sabar. Ah, ternyata saya sudah lama nggak Tholabul Ilmi atau mencari ilmu. Ibarat tanaman, begitu saya menjadi ibu rumah tangga ini saya nggak pernah datang ke kajian, mendengarkan tausiyah atau membaca buku. Untungnya, challenge ini mengingatkan saya untuk terus menyirami hati dengan tausiyah tausiyah semacam ini. Habis ini wajib sering nonton demi mendapatkan siraman rohani. Doakan ya bu ibu.

4.  MERRY RIANA


Cara menuturkan ide dan motivasi, cara menyampaikan gagasannya dan cara membawakan dirinya di hadapan penonton adalah yang paling saya suka dari Merry Riana. Saya adalah fansnya dari dulu. Saya beli bukunya yang waktu itu menjadi buku termahal yang pernah saya beli, menonton filmnya sampai menghadiri seminarnya di kampus saat saya masih kuliah lima tahun yang lalu.


Saya suka sekali mendengarkan perjuangannya dari saat harus kuliah di negeri orang, bekerja menyebarkan selebaran sampai akhirnya berhasil menjadi miliarder dan menikah dengan suaminya. Beliau cantik, cerdas dan public speakingnya luarrrr biasa.

5. ELLY RUSMAN
Image result for elly risman

Selain sebagai istri newbie, saya juga masih menjadi ibu super newbie yang masih butuh buanyaaaak sekali ilmu parenting. Dari Ibu Elly Rusman ini saya membekali diri untuk bisa memberikan pendidikan dan pengasuhan terbaik untuk Julio. Saya suka gaya beliau dalam menjelaskan materi parenting; salah satunya dampak gadget untuk anak anak. Beliau menjelaskan dengan terperinci dan didukung oleh banyak data yang valid dan terpercaya.

Lima channel Youtube ini yang inshaAllah akan lead me to the light! (Halah..) Tapi benar adanya gaes, you are what you read, you are what you watch. Daripada sekedar nonton cewek cewek Korea hitam tapi merah muda, yuk sekali kali perkaya diri dan hati dengan mendengar dan menonton tausiyah atau ceramah mereka. Mumpung teknologi memudahkan segalanya.

Kalau kamu, suka nonton channelnya siapa?


2 comments

  1. wah pesan di endingnya top banget mbak, "Daripada sekedar nonton cewek cewek Korea hitam tapi merah muda, yuk sekali kali perkaya diri dan hati dengan mendengar dan menonton tausiyah atau ceramah mereka. Mumpung teknologi memudahkan segalanya", heheh

    kalau saya paling suka nonton chanelnya ust. Khalid Basalamah, apalagi kalau ceramahnya membahas yang tabu itu, hehe tapi memang sebagai seorang istri wajib tahu ilmu tersebut dalam sudut pandang agama :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku jg banyaaaaaaaaak belajar ttg rumah tangga dri beliau Sis..

      Delete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)