Monday, 2 July 2018

Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris Edisi 20 : "Clap Clap"




Libur telah usai!! Sekarang saatnya kita memulai tahun ajaran baru dengan semangat gegap gempita ya, Mister. Nah, tahun ajaran baru juga harus dibarengi dengan semangat yang baru. Tak lupa ide ide mengajar baru yang fresh dan inovatif.

Kali ini saya akan berbagi ide mengajar yang super menyenangkan dengan lebih menargetkan pengembangan speaking skill di kelas. Tapi, selain itu kami juga melatih kecepatan berpikir dan daya ingat. Kok bisa?

Namanya adalah clap clap. Seperti namanya, bunyi permainan ini semacam clap clap. Clap clap menepuk tangan dan clap clap menepuk paha. Biasanya kami menggunakan permainan ini sebagai warming-up sebelum belajar atau seru seruan setelah belajar atau bisa jadi kita gunakan permainan ini sepanjang kelas selama anak anak terlihat semangat dan tertarik dengan permainan ini. Ingat, permainan ini tidak sekedar permainan tanpa arti belaka, tetapi kami memodifikasi sedemikian rupa dengan menyisipkan speaking session di dalamnya. Important to remember, speak English in the class!

How to play :


1. Anak anak duduk membentuk lingkaran besar dengan posisi duduk bersila.

2. Anak anak menyebutkan satu hewan bersuku kata satu, semisal "fish", "worm", "horse", "duck", "cat", "bird", "wolf"  dan lainnya. Bisa juga kita menggunakan hewan bersuku kata dua, semisal "lion", "giraffe", "stingray", "camel", dan masih banyak lagi. Tapi ingat, kita harus menentukan untuk menggunakan kata bersuku kata satu saja atau dua. Kalau dua suku kata, maka masing masing anak hanya menyebutkan nama hewan dengan suku kata berjumlah dua.

"Now I want you to mention one animal with two syllable, such as "cheetah" ."stingray", "catfish", "donkey", etc."

3. Setelah diberi waktu untuk menentukan hewan apa yang akan mereka pakai, sekarang saatnya mengecek nama hewan satu satu,

  • Apakah benar hewan yang digunakan adalah bersuku kata dua?
  • Apakah nama hewan yang mereka gunakan berbeda dengan yang lainnya? Jika mereka menyebutkan nama hewan yang sama, satu di antaranya harus ganti.

4. Di awal permainan, untuk melatiha gerakan tangan, kita trial dulu tanpa menyebutkan nama hewannya. Caranya adalah : tepuk paha dua kali - tepuk tangan dua kali - tepuk paha dua kali - tepuk tangan dua kali dan seterusnya. Dan berbunyi : clap clap (tangan) - clap clap (paha) - clap clap (tangan) - clap clap (paha) - dan seterusnya.

5. Begitu mereka sudah terbiasa menepuk, kini giliran kita menyebutkan nama hewannya dibarengi dengan tepukan. Saat kita menepuk paha pertama kali, kita menyebutkan nama hewan kita, lalu diselingi dengan clap clap tangan lalu clap clap di paha sselanjutnya adalah salah satu nama hewan teman kita.

6. Nah, bagi siapa yang nama hewannya disebut, di clap clap paha selanjutnya, mereka harus menyebutkan nama hewan mereka dengan sigap, diselingi clap clap tangan lalu giliran menyebutkan salah satu nama hewan teman yang lainnya.

7. Begitu seterusnya sampai interval permainan dipercepat dan nanti akan tiba saatnya salah satu murid/guru (biar seru guru juga wajib bermain ya, Miss.) gagal fokus dan tidak dengan sigap menjawab.

8. Nah, bagi murid/guru yang gagal fokus dan tidak mampu menjawab dengan sigap maka kita harus memberikan hukuman. Di permainan ini, ada dua jenis hukuman ya.


  • Kita sudah menyiapkan buanyak gulungan pertanyaan di tengah lingkaran dan bagi yang galfok harus mengambil satu gulungan dan menjawab pertanyaannya. Durasi menjawab pertanyaannya adalah satu menit. Jadi, selama satu menit dia harus berbicara dalam bahasa Inggris. Saat mereka diam, timer akan di-pause. Begitu mereka meneruskan kalimat, di-start lagi deh.
  • - Siapa saja boleh memberikan pertanyaan kepada yang galfok dan seperti peraturan di atas, dia harus menjawab selama satu menit penuh. 

Mudah, bukan Miss?

Untuk lebih memberikan gambaran, saya sertakan video keceriaan kami saat bermain Clap Clap yang sekarang hanya tinggal kenangan ini ya. Benar Mister, saya sudah resign dari keasyikan ini karena saya harus cuti melahirkan dan meneruskan hidup yang baru. Well, that's how life works anyway. Tapi selama persediaan kegiatan seru masih ada di folder, saya akan tetap membagikan untuk miss dan mister. :)




Bagaimana? Mudah dan seru bukan?? Yuk, besok dipraktekkan!

Ah, saya jadi rindu mengajar dan menghabiskan waktu bersama lagi. Mengajar bagi saya lebih dari sekedar mencari uang. Mengajar bagi saya adalah sarana mengembangkan diri, aktualisasi diri, dan pengaplikasian perkara ketiga yang InshaAllah sebagai bekal saat kita mati nanti ; "Ilmu yang bermanfaat". Mengajar juga membuat saya menjadi pribadi yang merasa bermanfaat untuk pribadi yang lainnya.

خَيْرُ النَّاسِ أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ
"Sebaik baiknya manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain"

Semangat mengajar ya Miss dan Mister, semangat mencerdaskan kehidupan bangsa!

No comments:

Post a Comment

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)