Friday, 25 May 2018

[ODOP 2018 #9 : 5 Tips Tidur Nyaman Untuk Ibu Hamil

Nyaman tidur saat hamil. 


Sepertinya ini menjadi impian para ibu hamil, terlebih saat memasuki trimester kedua dan ketiga. Maklum, di trimester itu perut sudah mulai membesar. Kadang kalau terlentang, perut jadi sakit, mau miring ke kanan kadang macam ada yang tertekan di bagian perut bawah, sedangkan kalau mau tengkurap malah kayak timbangan. Serba salah! Tapi, kalau kita mau cari tahu, sebenarnya untuk bisa tidur nyaman itu ada ilmunya kok, bumil. 

1. Tidur miring ke kiri.


Dari banyak artikel dan juga instagram @bidankita plus buku "Siapa Takut Melahirkan" dan "Siapa Bilang Melahirkan itu Sakit?" karya Bidan Yessi Aprilia yang juga penulis website Bidankita.com yang saya pantengin tiap hari, posisi tidur miring ke kiri adalah posisi paling nyaman, aman dan menyehatkan untuk ibu hamil di trimester pertama, kedua atau pun ketiga. Mengapa? Karena tidur dengan posisi ini bisa mendukung aliran darah yang lebih baik dari pembuluh vena di jantung dan menyalurkan oksigen dan gizi ibu hamil ke janin. Janin pada masa trimester pertama memang harus mendapatkan perlindungan terutama untuk kecukupan jumlah oksigen. Sedangkan untuk trimester kedua, tidur miring ke kiri juga bisa membuat janin menjadi lebih leluasa bergerak lho, bumil.

Tapi, jangan terus merasa berdosa kalau kalau pas bangun ternyata sudah miring ke kanan, begitu. Boleh juga kok miring ke kiri, kadang miring ke kanan kalau kaki mulai pegal. 

2. Ganjal kaki dengan bantal dan pastikan kaki terbuka. 


Selain tidur miring, kita juga perlu membuka kedua kaki kita dengan cara mengganjalnya dengan menggunakan guling atau bantal di antara dua paha. Posisi tidur miring ke kiri dengan posisi S adalah yang terbaik, bumil. Nah, terlebih lagi dengan mengganjal lutut kita dengan bantal. Tapi, jangan mengapitnya bantal dengan dua kaki yang sama sama ditekuk supaya tidak cepat pegal. Kaki kiri sebaiknya lurus di bawah bantal dan kaki kanan ditekuk di atas bantal. Yeyyy, tidur jadi lebih nyaman deh. Akan lebih nyaman lagi kalau guling/bantal itu diganti dengan suami kita. Bisa dikasih bonus berupa kelon/cuddling. Oke sip!!

3. Jangan tidur dengan posisi terlentang


Terlentang sih boleh saja ya, bumil. Apalagi untuk menikmati gerakan dedek bayi yang gemes gemes geli gimana gitu. Cuman, jangan sampai kita tertidur dengan posisi terlentang, khususnya selama trimester kedua dan ketiga. 

Mengapa?

Karena selama trimester kedua dan ketiga, pertumbuhan rahim dapat menyebabkan penurunan sirkulasi udara di kaki bagian bawah. Hal ini terjadi karena adanya tekanan pada vena kaya inferior (vena besar yang mengembalikan darah dari bagian bawah tubuh ke jantung) dan vena panggul.

Nah, ketika kita terlentang dalam waktu lama, itu bisa memperburuk masalah. Bisa jadi kita mengemangkan kondisi yang disebut ddengan sindrom telentang hypotensive; kondisi dimana telentang untuk jangka waktu lama dapat mengakibatkan peningkatan denyut jantung, penurunan tekanan darah yang menyebabkan gejala kegelisahan, mual, sakit kepala dan sebagainya. 

4. Gunakan banyak bantal atau bantal U khusus bumil (Maternity Pillow)


Teman saya yang juga sedang hamil 8 bulan pernah curhat,

"Pas tidur mah, gue lebih butuh banyak bantal daripada suami."

Dan mungkin memang benar adanya. Saat tidur kita lebih butuh banyak bantal untuk bisa mengganjal bagian bagian tubuh seperti pinggang, panggul, punggung sampai kaki. Banyak menempatkan bantal di sekitar kita sangat membantu mengoptimalkan posisi tidur miring ke kiri tanpa pegal. Bisa juga mencoba maternity pillow yang banyak dijual di online shop seperti Tokopedia dan Instagram. Harganya berkisar dari 250ribu sampai 500ribuan tergantung jenis busa dan jenis kain yang digunakan. Macam begini :

Image result for bantal bumil
source

"Cobain Mey, it works a lot! Gue sekarang jadi bisa tidur nyaman tiap malam." Ucap teman saya yang lebih butuh bantal daripada suami tadi. Dan gue berencana untuk beli bantal ini setelah pindahan ke kampung halaman bulan depan. Bantal ini selain untuk masa kehamilan juga bisa dipakai untuk breastfeeding/menyusui menjadi lebih nyaman. Jadi, bisa dipakai dalam jangka panjang ya, bumil.

5. Berdoa sebelum tidur.


Yang terakhir dan yang paling penting adalah berdoa sebelum tidur ya, bumil. Karena yang memberikan kita kenyamanan dan kemanan adalah Allah SWT. Kita bisa berdoa dan terus berpikir positif. 

Selain berdoa, kita juga harus mengatur jam tidur kita. Idealnya bumil butuh waktu untuk istirahat selama 8 jam. Dan itu yang paling susah saya lakukan. Contohnya sekarang, jam sudah menunjukkan pukul 23.11 dan saya masih sibuk nulis ini daripada tidur. Tapi, diusahakan banget ya bumil untuk bisa istirahat cukup dan tidur siang saat punya waktu luang. 

Plus jangan minum kopi/minuman berkafein supaya tidak semakin memperparah insomnia kita. Yang perlu diperhatikan untuk kita para bumil adalah jangan terlalu banyak minum di malam hari. At least, 2 jam sebelum tidur diusahakan untuk berhenti minum. Nggak enak banget kalau kita lagi enak enaknya tidur tapi harus berkali kali ke kamar kecil karena kebelet pipis. It's so annoying, bumil!

Nah, itu tadi 5 tips tidur nyaman untuk bumil. Ingat, istirahat adalah salah satu aspek penting untuk menjaga kesehatan bumil. Suami juga hendaknya mengerti kerempongan para bumil dengan cara memijat, menggosok punggung, mengelus perut atau sekedar membisikkan kata kata cinta. Untuk bumil yang sedang berjauhan dengan suami macam saya, ini bisa dilakukan dengan menjaga keharmonisan komunikasi suami istri. Kita bisa video call sebelum tidur, mengucapkan yang baik baik atau mengirimkan pesan penuh kasih sayang, bisa dibumbui dengan sedikit kata kata gombal.

Ini semua demi si buah hati yang tumbuh dengan penuh cinta dan kualitas tidur yang terus terjaga ya, Bumil. Ini penting ini...

Untuk para Bumil, kuatkan hati dan diri. Semoga kita semua bisa menjalani fase penuh keajaiban ini dengan penuh semangat dan penuh dukungan dari suami tercinta dan keluarga tersayang.

Selamat tidur! :)

#RWCODOP2018 #onedayonepost

2 comments:

  1. Mantap tipsnya, nanti kalau istri hamil "lagi" bakal dipraktekin tips-tipsnya..
    Istri kemarin hamil tapi mesti remidi karena akhirnya mesti dikiret :'D

    Sehat terus buat kandungannya ya

    ReplyDelete
  2. Bantal bumiiiilll.
    Aku 23 weeks udah terasa enaknya suka sesak. Apalagi klo udah TM 3 ya wow makin enaaakk hehe nikmati aja.

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)