Friday, 13 April 2018

Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris Edisi 16 : "Guessing Who"


Assalamualaikum wr wb,

Kali ini saya tidak mengajar anak anak/remaja seperti biasa, tetapi mengajar orang dewasa/ teman teman saya sendiri. Pertama kali saya mengajar orang dewasa adalah saat saya kuliah semester akhir. Nggak tanggung tanggung, saya mengajar karyawan sebuah Perusahaan Jamu dari Ungaran. Dan dengan bermodalkan basmallah, saya nekat mengajar walau lidah kelu dan keringat sebesar biji jagung menganak sungai. Sejak saat itu, mengajar semua umur menjadi salah satu bucket list saya. Dan alhamdulillah, saya diberi kesempatan untuk bisa ada di posisi saya sekarang.

Mengajar anak anak dan orang dewasa bagi saya membawa tantangan tersendiri, Bu. Tapi, ada satu kesamaan yang selama ini saya yakini harus ada di proses belajar mengajar; rasa bahagia dan nyaman. Kalau tertarik pun tidak, bagaimana mereka bisa ikhlas berpikir dan materi yang diberikan bisa mereka pahami? Dan salah satu cara untuk membuat mereka tertarik adalah dengan game!!

Game/permainan dalam belajar Bahasa Inggris tidak hanya ampuh diterapkan untuk anak anak atau remaja saja ternyata, Miss. Ini terbukti dari kegiatan English Time yang saya dan teman teman di sekolah tempat saya mengajar lakukan. Di sekolah itu, kami selalu mengadakan English Coffee Morning setiap Selasa pagi. Kami membagi kelas menjadi tiga kelas sesuai dengan kemampuan berbahasa Inggris dengan satu fasilitator di masing masing kelasnya, yaitu saya, Mr Hendra dan Miss Dian.

Namun, ada kalanya kami juga menggabungkan kelas untuk me-refresh suasana belajar/sharing. Nah, kali ini saya terpikirkan untuk membuat suatu game yang bisa bapak ibu guru ikuti. Kami sedang belajar tentang bagaimana cara mendeskripsikan orang dan tempat dalam bahasa Inggris. Dan lahirlah game ini.

"Guessing Who Game"



Belajar sesuatu akan lebih menarik dan mudah kalau bahan belajar itu dari sesuatu yang familiar/berkaitan dengan kita, bukan?

Setelah pekan sebelumnya menjelaskan tentang bagaimana mendeskripsikan people beserta kata kata sifatnya serupa : thin, fat, short, tall, handsome, beautiful, fair skin, dark skin, sharp nose dan lain lain sekarang kita terapkan yuk!!

Bahan yang diperlukan :
  1. Kertas HVS yang dipotong kecil kecil seukuran lintingan arisan
  2. Pensil yang banyak biar proses menulis jadi lebih cepat.
Cara bermain :
  1. Ambil masing masing satu kertas dan pensil
  2. Tulis nama sendiri
  3. Gulung kertas itu seperti saat kita menggulung kertas arisan
  4. Kumpulkan kertas kertas menjadi satu dan campur
  5. Masing masing mengambil kertas secara acak
  6. Baca nama yang tertera di kertas tersebut dan rahasiakan dari siapapun 
Nah, saya memberi mereka waktu berpikir antara 2-3 menit untuk belajar mendeskripsikan orang dengan nama yang mereka dapat. Mereka juga bisa menulis deskripsi kalau kalau mereka lupa.

Biar nggak lupa deskripsinya boleh diketik sebelum dibacakan ya, Miss..
     7.  Saya pilih acak satu guru dan meminta mereka untuk mendeskripsikan nama yang dia dapat.
     8. Mereka harus mengatakan "finish" kalau mereka sudah selesai mendeskripsikan. Jangan menyela saat mereka mendeskripsikan karena ini khan belajar 'speaking' jadi biarkan mereka berbicara sampai selesai.

Selagi satu guru mendeskripsikan, yang lain menyimak.
     9. Setelah selesai/mengucapkan 'finish', barulah guru yang lain menebak kira kira siapa orang yang dimaksut.
  10. Nah, giliran selanjutnya/yang mendeskripsikan selanjutnya adalah yang namanya disebut/dideskripsikan sebelumnya.
Misalkan mr Zaki mendeskripsikan mr Ibnu, nah selanjutnya adalah Mr Ibnu yang mendeskripsikan guru lain tergantung nama yang dia dapat.

Gampang khan, Mister??

Dengan begini, proses belajar bersama menjadi lebih santay dan tidak monoton. Lihat saja keseruan kami!



Bagaimana, Miss? Seru khan? Nah, ini boleh dicoba untuk semua umur kok. Tapi, untuk game ini kalau murid/pesertanya lebih banyak seperti ini akan lebih baik karena pilihan jawabannya bisa lebih banyak dan pasti akan lebih seru!!

Selamat mencoba!

Wassalamualaikum wr wb,

3 comments:

  1. Wa'alaikumsalam..
    Udah lama baru ikut promo lagi di BE, gimana kabarnya, Teh Mey?

    Baru maen udah diajarin cara kreatif mengajar aja nih..he
    Caranya unik dan sepertinya bisa dipraktekan juga nih, Teh.
    Udah gitu lengkap ada videonya lagi. Makin mudah aja ya untuk share tentang apa yang bisa kita bagkan, salah satunya ini.

    Saya lanjut nyimak videonya lagi ah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nunggu balesan dulu nih..hehe
      Saya kesini lagi untk lihat videonya lagi..
      Seru ya, Teh. Asik gitu belajarnya...

      Delete
  2. Percaya ga percaya, selama mengajar Mandarin dan Bahasa Indonesia, saya juga sering menggunakan game ini, hehehe. Kadang2 bisa divariasi dengan mengubah nama-nama di kertasnya menjadi nama-nama orang terkenal.

    ReplyDelete