Saturday, 16 September 2017

BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EDISI : "INTRODUCTION BERJAMAAH"

Assalmualaikum wr wb,

"Murid kelas saya itu banyak. Tapi, saya ingin mereka bisa latihan speaking semuanya."

"Saya ingin murid murid saya bisa punya waktu untuk belajar speaking dan listening. Tapi waktu yang ada terbatas."

Oke, bapak Ibu guru. Ada banyak trik mengajar yang bisa kita terapkan saat kita dihadapkan pada :

1. Jumlah murid yang banyak

2. Waktu yang terbatas

3. Tenaga pengajar yang juga terbatas, alias Anda sendiri.

-----

Yang saya yakini adalah belajar itu bukan melulu tentang menulis sepanjang waktu. Jaman semakin berkembang, mencatat dari papan tulis sudah semakin ditinggalkan karena toh kita punya in-fokus. Kita bisa menonton video edukasi, kita bisa melakukan listening exercise, membaca langsung dari pancaran proyektor dan lain sebagainya.

Nah, bagaimana kalau kita ingin murid murid kita aktif, sedangkan kita dihadapkan dengan tantangan di atas??

Semoga solusi ini membantu ya, Bu Ibu!



Karena ini blog saya, ide dari pengalaman saya maka suka suka saya mau ngasih nama apa ya, Pak.



Mengapa saya kasih nama introduction berjamaah? Karena mereka melakukan bersama sama, at once, at the same time.

Saya sudah pernah melakukan percobaan introduction cara klasik ; yang satu maju ke depan dan berdiri sedangkan yang lainnya mendengarkan.

"Hello, My name is Maya Bening Yuntiawati. People call me May. I'm 6 years old. I live in blablabla....."

Okelah anak pertama maju, semua mendengarkan. Anak kedua, masih mendengarkan. Tapi bagaimana nasib anak ke-10 saat dia maju ke depan? Apakah anak yang lainnya masih mendengarkan?

NAAS SEKALI. TIDAK.

Apalagi kalau jumlah murid ada 27? OH NO. Begitu anak ke-27 maju, ada yang sudah glesotan, lari lari di kelas, atau bahkan merayap di kolong meja. Kalau sedang tidak beruntung, bisa jadi sudah ada yang manjat pagar minta pulang. Amit amit ya bu Ibu...

Ingat, anak anak mudah bosan dan mereka paling malas kalau disuruh duduk doang dan mendengarkan.

Itu nggak seru. Jadilah saya berpikir bagaimana menggunakan waktu yang ada untuk lebih efektif dan aktif.



1. Suruh mereka menulis di selembar kertas. Kita hanya memberikan guidance, mereka yang mengerjakan isinya.

Hello. My name is __________

People call me __________

I'm ____________ years old

I live in ______________

My hobbies are _______________  
(jadi mereka harus menyebutkan lebih dari satu hobi biar seru..)

My favorite food is _________

My favorite drink is ______________

Untuk hobi ini, sebelumnya saya suruh mereka menyebutkan hobi masing masing, boleh dalam bahasa Indonesia, lalu saya mencatatnya di papan tulis dalam Bahasa inggris.

Cekling!! Mereka sekarang tahu macam macam hobi dalam bahasa Inggris!!

Dan giliran mereka mengisi.

2. Suruh mereka berbaris atau berdiri secara acak 

3. Suruh mereka memperkenalkan diri ke teman di sebelahnya, teman sebelah mendengarkan. Giliran temannya memperkenalkan diri, dianya mendengarkan.

"Ok everybody. Now please find your friend because you need to do in pairs. When Miss Meykke said 'BEGIN!' You have to introduce yourself to your pair and your pair will listen. When Miss Meykke said "CHANGE POSITION!" then your pair introduce him/herself and you listen."

4. Ganti pasangan dan lakukan hal yang sama.

Ngerti sampe sini ya. Jadi mereka berpasangan. Yang satu memperkenalkan diri yang satu mendengarkan dan begitu sebaliknya kalau saya sudah bilang "CHANGE POSITION!"

"Now, after you do it, when miss Meykke said "CHANGE POSITION!" you have to find another friend and you introduce yourself while your friend listen. Do the other way around."

Nah, begitu saya berkata "CHANGE POSTION!" untuk yang kedua kali, inilah saatnya mereka mencari pasangan yang lain untuk melakukan hal yang sama.

Begitu terus sampai Maghrib.

Ya nggaklah, sampai kira kira beberapa putaran. Jadinya, dalam waktu beberapa menit saja mereka sudah belajar memperkenalkan diri banyak kali lhoo.... Dan mereka melakukannya dengan penuh semangattt dan bahkan kenceng kencengan suaranya.

Nih, liat aja betapa semangatnya mereka memperkenalkan diri berkali kali :D


5. Lakukan di depan kelas dengan 5 anak sekaligus dan suruh mereka untuk memperkenalkan diri lagi bersama sama dan yang lainnya mendengarkan sambil menunggu giliran.

Nah, ini dilakukan di akhir akhir, Bu. Dan kalau bisa suruh mereka memperkenalkan diri tanpa membaca catatan. Toh mereka sudah melakukannya banyak kali, khan?

Jadi sebisa mungkin nggak perlu pake catatan lagi. Ini fungsinya untuk review di akhir pelajaran sih, Miss.. Semoga bisa tertancap di memory mereka masing masing betapa menyenangkannya belajar bahasa Inggris walau isinya hafalan semua.

Jadi deh. InshaAlloh setelah ini mereka sudah bisa memperkenalkan diri masing masing dalam Bahasa Inggris. Kemarin saya mempraktekkan ini untuk pertemuan English Club pertama kali. 

Ini digunakan sebagai upaya engaging/menarik minat dan semangat mereka belajar di English Club.

You know miss, first impression is totally important.

Kalau pertemuan pertama sudah terlihat menyenangkan dan seru, inshaAlloh untuk ke depannya mereka akan lebih semangat dan jadi pinter, deh.


SEMANGAT MENCERDASKAN KEHIDUPAN ANAK BANGSA,


5 comments:

  1. Wah metode belajar yang bagus dan kreatif, semangat terus ya bu guru buat ngajarin anak-anaknya, semoga semakin pinter seperti gurunya. :D

    ReplyDelete
  2. Emang rada sulit ya miss kalo ngajar muridnya banyak. Cari metode yang optimal susah. dulu teacherku di camp inggris juga sering begitu, apalagi di kelas speaking.

    tapi kalo di kelas study club, karena muridnya banyak bisa sampai 50han orang, biasanya aku malah ngobrolin hal yang gak nyambung sama tema conversation yang di suruh si teacher hahaha (aku murid yang assdd!@#$$).

    ReplyDelete
  3. Wah.. metode belajar yang menyenangkan nih. Emang sih sebagai (mantan) siswa aku merasakan sendiri kalau perkenalan satu-satu di kelas itu yang didengerin cuma urutan-urutan pertama, sisanya ya siswanya bosen dan melakukan hal-hal yang tidak ada hubungannya dengan mendengarkan yang di depan. Introduction berjamaah ini menurutku bisa menjadi metode membuat kelas lebih menyenangkan sekaligus belajar memperkenalkan diri dalam bahasa inggris dimana semua siswa mendengarkan

    ReplyDelete
  4. Iya, para guru perlu edukasi belajar agar anak tidak bosan. Setidaknya untuk anak TK dan SD. Kasian mereka yg dari kecil sudah menganggap belajar adalah hal yg membosankan..

    ReplyDelete
  5. Bener banget kak meeeyy, kalo disuruh satu satu maju nanti jadinya anak yg ke sekian nggak dapet attention. Semua pada sibuk sendiri. Gurunya jg capek nenangin murid ntar.

    Seru ya kalo mereka bisa kerjasama gitu. Thnx kak mey, aku selalu nyimak postblog kak mey jg untuk pembelajaranku. Hehehe sukses terus yaaa kak meyy

    ReplyDelete