Thursday, 15 June 2017

BAHASA INGGRIS SERU BINGITS! EDISI : "PUT THE PIECES TOGETHER"

Assalamualaikum wr wb, para bapak ibu guru sekalian...

Bagaimana puasanya? Lancar? 

Di sela sela puasa ini ide juga nggak ikutan puasa kan, Miss?? Walau pun kita puasa tapi ide untuk mencerdaskan kehidupan bangsa bisa mengalir menganak pinak ya...

Nah, kali ini saya akan membagikan cara mereview vocabulary yang diajarkan dengan cara yang lebih FUN!!

Biasanya guru akan mereview pelajaran/vocabulary dengan cara memberi soal soal yang kemudian harus diisi oleh murid murid. Cara seperti ini tidak salah sih, Miss...cuman terkadang murid merasa jenuh sekali dengan review yang diberikan. Dia harus terus menghafal sepenuhnya dan mengerjakan soal demi mendapatkan nilai yang bagus.

Tapi, lain kali kita bisa me-review vocabulary yang telah diajarkan dengan cara yang jauh lebih serrruuuu!!! Dan tentunya dengan cara yang lebih seru mereka bisa mengingat dengan lebih baik. 

Kok bisa begitu?? Sekarang coba Mister ingat apa yang terjadi pada tanggal 21 Februari 2016? Pasti tidak ingat kan? Namun, coba sekarang Mister katakan kejadian apa yang paling membahagiakan dalam hidup Mister? Pasti dengan gamblang dan sangat jelas Mister bisa menceritakannya. Karena apa? Karena ada perasaan yang terlibat di situ, yang membuat suatu kejadian menjadi lebih tertanam di memory kita.

Lalu, apa yang terjadi saat kita melibatkan perasaan suka dan bahagia di proses belajar mengajar? YAP,  mereka bisa mengingat pelajaran dengan lebih baik. Dan saat mereka bisa mengerti dan memahami apa yang kita ajarkan, di situlah kita merasa telah berhasil menjadi seorang guru. :)

Maka dari itu, kali ini saya punya satu ide bagaimana bisa me-review vocabulary dengan cara yang lebih berliku liku tetapi FUN!!

PUT THE PIECES TOGETHER!

Untuk para miss dan mister yang masih single tak perlu baper membaca judulnya karena ini bukan soal serpihan hati ya.. Hehehehe..

Ini tentang menyatukan serpihan kata kata serupa ini :




Bagaimana caranya??

MUDAH, Miss..

1. Cari beberapa vocabulary dari chapter sebelumnya, bisa lebih dari tiga syllables/ suku kata. Tulis di kertas dan pisahlah per suku kata. Bisa jadi pisah tanpa beraturan kalau skill anak anak dalam menggabungkan dirasa sudah mencapai tingkat dewa.

2. Lalu, potong kata per kata menjadi tiga bagian seperti itu... Satu set game bisa 15-20 kata biar makin pusing seruuu, Mister.

3. Potong masing masing serpihan.

4. Lalu, acaklah mereka.

DONE!! Tapi, Miss..jangan lupa juga buat answer key karena bisa jadi kita juga lupa. Guru juga manusia khan, mister...


==> Game ini bisa dilakukan secara berkelompok 4 - 5 anak per kelompok lalu dibuat misal 3 kelompok dengan kata kata yang berbeda tapi kesulitannya se-level jadi mereka nggak bisa contek mencontek, serupa ini :

Image may contain: one or more people, people sitting and child

Image may contain: one or more people, people sitting and shoes
Bersama anak anak Al-Jannah saat English Club

==> Kalau yang tadi biasanya dilakukan di kelas begitu, nah game ini juga bisa dilakukan perseorangan kok, Miss... Saya juga mempraktekkan game ini di Steps2Success English Course. Di sini saya hanya memegang 2 anak saja. Lalu, bagaimana bermainnya?

Well Miss, faktanya adalah biasanya anak anak yang ada di Les itu lebih menguasai Bahasa Inggris daripada anak anak di kelas. So, mereka bisa bermain sendiri. Jadi, kalau di sekolah mereka berkompetisi per kelompok, kalau di les bisa jadi perseorangan. Serupa ini :

Image may contain: 1 person
Bersama Tsaqila, siswa Steps2Success English Course.
==> Beda cerita kalau dimainkan oleh dua murid murid laki laki. Jadinya akan hebooooh bangettt begini!


video

Jadi ceritanya mereka ini kakak adek yang mengambil les Bahasa Inggris di LP3I. Karena saya tahu jiwa kompetisi mereka itu luar biasa besar, saya mengambil kesempatan itu untuk bermain PPT (Put the Pieces Together) secara perseorangan. Jadilah mulai dari awal game sampai akhir, mereka sangat antusias menanyakan jawabannya secara mereka ingin jadi pemenang. Mereka yang biasanya males malesan, suka kayak antara ada dan tiada, tapi hari itu mereka sangat excited. Mereka berpikir keras tentang kemungkinan kata yang ada.

"Super what??"

"It's kind of place..you always go there..."

"Superman???"

"NOOOO....."

Raffi sedang mencari pasangan kata super, yaitu MAR dan KET...SUPERMARKET!!

"Where miss??"

"Left, right, or inside??"

Noufal malah ngajakin main tebak tebakan sambil kedua tangannya memisahkan sebaran kata katanya. Dia mau saya ngasih clue tentang letak pasangan serpihan SING!

"Miss, ini artinya apaaa??"

Keduanya hanya menunjukkan satu serpihan dan minta clue kira kira itu kata apa? Jobkah? Placekah? Foodkahh??

Lalu, siapa yang akan menjadi pemenangnyaaaa?? Bisa yuk ditonton sampai selesai ya, Miss.. Pokoknya mereka berdua heboh banget kayak ngrebutin medali Nasional. Tapi, justru itu membuat saya bahagia sekali sebagai pengajar karena bisa membuat murid saya bersemangat dengan apa yang saya ajarkan.

Saking cintanya saya dengan mengajar, saya sampai mengajar di empat tempat, tiga di antaranya adalah tempat tempat di atas. 

Untuk saya mengajar tidak hanya tentang mencari uang (walau uang juga merupakan komponen penting dalam hidup), tetapi lebih tentang menyebar ilmu dan keriangan, mengalirkan energi 'mau belajar', menginspirasi sekitar dan juga menjadi pembelajaran hidup untuk saya. Mengajar bukan melulu mereka mendapatkan sesuatu dari saya, tetapi justru saya juga mendapatkan sesuatu dari mereka; sebuah pelajaran hidup. Mereka juga menularkan kebahagiaan dan inspirasi untuk saya. 

Mengajar di beberapa tempat juga membuat saya menjadi lebih kayak pengalaman dan pengetahuan. Bergaul dengan teman teman yang kreatif dan inovatif juga membuat saya menjadi lebih bisa seperti mereka. 

Dulu, menjadi guru adalah pilihan satu satunya karena saat itu hanya itu yang bisa menerima saya.
"Daripada ndak kerja..."

Tapi sekarang, menjadi guru sudah menjadi panggilan jiwa saya, kebutuhan saya, dan passion saya. Sampai suatu saat saya akan bertemu dengan murid murid yang paling ingin saya ajarin tentang banyak hal, yaitu putra putri saya. Duh, saya jadi terharu sendiri. Mari kita aminkan ya, Miss dan Mister :)

Ide kali ini semoga bisa berguna ya Bapak dan Ibu...

         Wassalam,

PS. Jangan lupa follow IG saya @missmeykke untuk postingan aktivitas mengajar saya ya....

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...