Wednesday, 22 March 2017

LAGU INDIA ITU KEREN NGGAK SIH?

Bollywood. Apa yang kalian pikirkan begitu kalian denger kata Bollywood?

Anak 90an mungkin akan menjawab,

"Kuch Kuch Hotahai!"

"Shah Rukh Khan!"

"Dangdut!!"

Nah, ini...yang terakhir ini... Beberapa orang menganggap kalau Bollywood itu rada rada norak karena musiknya yang cenderung ke-dangdut dangdutan, walau sebenarnya Dangdut sendiri juga nggak norak. Kata Project Pop malah dangdut itu "It's the music of my country..my country..oh my country..."

Cuman kadang penyanyinya yang bikin keliatan norak; yang goyang sampe pantat kemana mana, nari sama ular sampai digigit, sampai yang ekstrim manjat tiang panggung gelantungan udah macam kelelawar.

Lupakan soal Dangdut sejenak, gue adalah salah satu penggemar lagu lagu Bollywood, gaes. Mengapa? Pertama, karena dari SD gue udah terpapar film film India sebangsa Kuch Kuch Hotahai, Dil To Pagal Hai, Kal Ho Na Ho, Devdas, dan masih buanyak lagi. Bahkan, dulu jaman SD gue paling demen nonton drama India berjamaah di rumah Fina, teman semasa kecil gue.

Masih melekat banget dulu jaman SD kita ngumpulin uang 500 rupiah buat ke rental CD. Per judul film India yang isinya ada 3 keping itu dihargai 1.500 gaes. Jadi, kita harus masing masing mengeluarkan uang 500 rupiah. Gue saat SD dikasih uang saku 1000-1.500 per hari jadi kalau waktunya mau nonton drama India, gue bela belain nggak beli susu sapi anget di pagi hari. 

Nah, kalau anggap saja 6 orang yang ikut iuran, kita bisa pinjam 2 judul film India. Saking niatnya, kita pun jalan dari desa kita sampai ke rental VCD di desa seberang sana, kira kira......... 4 kilometer. Kita harus lewat hutan kecil dulu, semak semak, lalu jalan di pingir jalan raya, sampai lewat rel kereta api juga kita lakuin.

Kalau di facebook kita liat banyak anak anak sampai renang menyeberang sungai, meniti jembatan putus sebelah sampai nungguin buaya lewat demi sampai ke sekolah kalau kita jalan jauuuh gila, melewati hutan, lalu mlipir di jalan raya demi liat film India. Rada nggak berguna emang. Tapi dari sini gue jadi meresapi pelajaran hidup nomor 97, gaes...

"BERJUANGLAH UNTUK MENDAPATKAN APA YANG KAMU MAU!"



Mau sekolah atau nonton film India juga kita sama sama harus berusaha, toh?

Dari kecil, nasib sudah mengajarkan gue kalau tiap apapun yang gue mau, gue harus berjuang untuk mendapatkannya. Kadang, gue pingin banget ketemu lagi sama Meykke kecil, Meykke yang rambutnya keriting, kulitnya legam dan matanya besar.

"Ke, you've grown up now. You've passed through so many things in life. You survived!!! LOOOK!!" 

Nah, setelah kita pulang pergi jalan kaki, waktu yang ditunggu tunggu telah tiba. Nonton berjamaah!! Di rumah Fina, kita nonton Kabhi Kushi Kabhi Gham waktu itu yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan sama Kajol jaman Shah Rukh Khan masih muda dan nggak brewokan kayak sekarang. Kita resapi tuh scene demi seakan akan kita adalah Kajol. Lalu tibalah scene saat Rahul (Shah Rukh Khan) dan Anjali (Kajol) yang berasal dari lain kasta jatuh cinta. Lalu, mereka menikah tiba tiba dan akhirnya Yash alias Amitabh Bachan mengusir mereka berdua dari rumah dan bilang kalau ternyata Rahul bukan anak kandungnya.

Image result for kabhi khushi kabhi gham
Film ngehits jaman SD

Lah, hati anak SD mana yang nggak tersayat sayat liat adegan begituan? Anjalinya nangis, Rahulnya meluk Ibunya lalu nangis sekonyong konyongnya. Gue ngelirik ke arah Fita, lah dia mendadak pilek. Gue lihat ke arah Mbak Isa, dia udah sesegukan. Akhirnya di sepanjang film itu kita nangis berjamaah. Pulang pulang gue tanya Ibu.

"Bu, Ike anak kandung Ibu khan?"

"Lah, ya iyalah. Sana ngaca. Muka mu itu mirip muka Ibumu ini."

"Bu, besok kalau aku pilih suami, jangan diusir ya Bu. Setuju aja gitu."

"Olha, bar ndelok opo meneh kowe dino iki? Isih SD kok malah koyo ngono. Sinau sek sing pinter. Kae lho Zainal rangking siji terus. Ojo rangking 2 terus. Salip!! Nak iso engko tak tumbaske tas sing iso digeret!" (subtitle ada di bawah)

Lah, gue malah diceramahin khan, gaes.

Tapi emang Bollywood itu menyimpan banyak kenangan buat gue. Bollywood itu menyimpan arti tersendiri dalam hidup gue. 

Alasan yang kedua kenapa gue suka Bollywood adalah gue suka bahasanya. Bahasanya unik banget!! Dulu jaman SD, bahasa India pertama yang gue hafalin adalah Aku Cinta Kamu.

"Main Tumse Pyar Karti Hoon" dan lagu yang gue hafalin pertama kali adalah Kuch Kuch Hotahai.

Jadi, tiap gue nulis diary jaman SD dulu, gue selalu sematkan kalimat itu di akhir tulisan sama dikasih love love an kayak cabe cabean. Dan sampai sekarang salah satu bucket list gue adalah gue bisa ke India dan berdiri cantik di depan Taj Mahal yang sering dipake buat setting film India. 

Dan gue yakin, impian gue kali ini juga akan terwujud suatu hari nanti. :)

Nah, apa jadinya kalau lagu lagu India itu dipertemukan dengan lagu lagu ngeHITS jaman sekarang yang berkiblat pada elektro musik, gaes? Lagu lagu India disandingkan sedemikian rupa dengan lagu lagu ngebeat dan jadi lagu lagu BillBoard saat ini?

Finally, gue nemuin itu!! . Sekarang gue lagi ngidolain cewek keren India bernama Vidya Vox !

Selain lagu lagu India, gue juga salah satu penyuka lagu lagu Barat nge-hits kayak lagu lagunya Ed Sheeran, Justin Bieber, Selena Gomez, Chainsmoker, Sia, Charlie Puth, Shawn Mendez. Gue suka lagu lagu ngebeat yang berkiblat ke Elektro music dan pake Launchpad. Alat musik yang banyak tombolnya dan cahaya berkelip kelip yang mainnya tinggal dipencet pencet itu lho, gaes. Nah, dan Vidya Vox ini menggabungkan antara lagu Hindi banget dengan lagu lagu Barat Hits saat ini! Musik yang dipake juga Elektro gimana gitu plus alunan gendang khas India. Mantap Jiwa pokoknya! Pertama kali gue denger di Youtube nih, gue langsung terpesona sama penyanyi India yang satu ini! Dan ini adalah 3 lagu favorit dia versi gue!

( Lagu Tum Hi Ho ini lagi booming banget di India, gaes!)





Gimana? KEREN khan gaes??

Tiap hari gue dengerin lagu lagu dia. Vidya Vox ini begitu nyanyi Barat fasih banget bahasa Inggrisnya dan begitu nyanyi India, cengkokan nya itu dapet bangettttt! 

Nah, kalau kalian, siapa penyanyi anti-mainstream yang kalian suka???

*subtitle "Lah, abis liat apa kamu hari ini? Lha wong masih SD kok malah kayak begitu. Belajar dulu yang pintar. Itu lho Zainal itu ranking 1 terus, kok kamu ranking 2 terus. Kejar! Kalau bisa nanti Ibu belikan tas yang ada rodanya."





6 comments:

  1. ada mbak yang keren. Yang modern.. waktu itu pernah denger, tapi ga tau judulnya. Suaranya cowok :D

    ReplyDelete
  2. Sebetulnay Hindi sama negara lain ga ada bedanya sih.
    Kadang ada yang bagus tapi ada juga yang amit-amit.
    but sofar aku sendiri penyuka musik india tapi lagu-lagu tertentu saja.

    Aku ga terlalu suka musik india yang di ngejedug jedug macem justin bieber
    aku lebih suka lagu india yang modern tapi ga menghilangkan citra musik indoanya.

    kaya lagu 'lag ja gale'
    muehe

    ReplyDelete
  3. Aku sih suka-suka aja. Meski nggak maniak lagu india. Temanku ada yang sukanya udah kaya yang suka KPOP gitu. Gaya foto seksi-seksi nya mirip artis india. pake selendang juga. Nggak buruk. :D

    ReplyDelete
  4. wahh... bukan cuma utk sekolah aja ya butuh perjuangan mendaki gunung lewati lembah.. hahahaha..

    sama banget ya ceritanya ama gw, waktu nonton kuch kuch hota hai kami juga nobar dirumah temen. tapi ga sampe nangis berjamaah sih..

    iya sebenernya gw juga suka klo nonton film india ada lagu bollywood nya. tp yg versi pop. dance nya yang atraktif gitu biasanya. klo mendayu2 gitu malesin deh..


    wkwkwk.. tas yg ada roda zaman dulu mewah beudh yaaa..

    ReplyDelete
  5. Wah meike skrng udah bisa indiaan sama suaminya.wahahaha.. Gak perlu lagi mgayal mau jadi anak kecil kayak dulu karena jadi tua itu pasti wehehehe..

    Gue suka sama film itu tapi karena terlalu sedih jadi adegan sedihnya do skip. Wahaha

    ReplyDelete
  6. Temenku ada yg suka banget sama yg berbau India, pokoknya semua drama India yg diputer di TV selalu dia tonton. Aku sih sebenernya gak suka yg India-india-an, apalagi lagunya, bukan selera aja sih, terus kesannya lebay aja gitu hahaha. Tapi pas Jodha Akbar diputer di TV entah kenapa seneng aja liatnya walaupun masih masuk kategori lebay juga hahaha

    ReplyDelete