Tuesday, 9 August 2016

WOW!! Liat Drama Musikal Legendaris "ANNIE" di Ciputra World 1 Mall

WOW!!
Gue duduk di lantai atas mengarah ke sebuah panggung kecil yang tirainya menipu; karena bila dibuka ternyata menjadi luas. Seat penonton ditata sedemikian rupa sampai membentuk setengah lingkaran yang mengerucut dan berpusat pada panggung; di bawahnya lusinan alat musik dengan penabuh para bule menghimpun suara sepanjang show. Orkestra, gaes!


WOW!!
Menit menit berikutnya para pemain "Annie" mulai memainkan perannya. Drama dimulai dengan tingkah polah anak anak kecil yang diceritakan sebagai 8 anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan nan reyot dan kelaparan. Menghadapi hidup yang keras begitu, bangun tidur mereka langsung bernyanyi.



"Lah, ini drama apa film India?" Gue sempet bingung sekejab. lalu gue sadar, ini kan drama musical. Jadi, hidup susah mereka nyanyi, dimarahin ibu pengasuh yang lebih kejam dari Ibu tiri mereka nyanyi, jalan jalan kedinginan mereka nyanyi, ditinggal mantan nikah ayah Ibu mereka juga nyanyi. Hampir semua adegan dilalui dengan bernyanyi, untung bukan nyanyi sambil ujan ujanan dan kejar kejaran di balik pepohonan. 

WOW WOW!! 
Dan sebenarnya bagi gue wow yang paling menohok adalah saat gue liat ticketnya, dimana di situ tertera harga per orang, semacam ini.



Bisa buat makan hampir sebulan, gaes...

---

"Ke, besok diajak nonton." Di suatu pagi Bulek (tante, red) gue ngajakin.

"Nonton apa?"

"SHAOLIN."

Berangkatlah gue, Om, Bulek dan sepupu gue; Lita ke Mall Ciputra World 1 yang terletak di Kuningan. Begitu sampai di Lantai 11, ternyata gue dan Lita mau diajakin ke sini, gaes. Pertunjukan teater musical berjudul 'Annie', yang pemainnya diimport langsung!

"Lah, Shaolin dari Hongkong, bulek?" Gue bingung. Gue pikir kita mau liat orang orang plontos pada berantem pake tongkat Pramuka. Ternyata, bukan.

"Yah, pokoknya pertunjukan. Liat aja." Gue yang tinggal liat aja alias nggak bayar jelas dengan hati bersorak sorai menuju ke dalam theatre yang dijaga ketat oleh beberapa panitia berlapis.

Sebelum masuk ke theatre, gue-Bulek-Lita nggak menyianyiakan kesempatan berfoto di lukisan abstrak yang dipamerkan di beberapa spot di Galery Mall itu. Semua lukisan yang ada di sana mengusung tema abstrak, atau bisa gue sebut dengan "Lukisan Ra Mbentuk", karena emang nggak ada bentuknya pisan. But, it's soooo beautiful! 

temanya mungkin semacam ijo royo royo

It's just like my life : COLORFUL!

Lita lagi bingung. Ini lukisan apa kisah cinta, kok rumit bener?

Ibu dan anak

Sedang memahami makna lukisan.

Pertunjukannya sendiri memakan durasi sekitar 2,5 jam dengan satu kali intersession/istirahat. Dan seumur hidup gue, ini adalah pertunjukan yang paling mahal (walau bukan yang paling mengesankan) yang pernah gue tonton. Secara harga tiketnya itu bisa buat makan sebulan kalau nggak pake jajan di mall.

Nah, bagi kalian yang pernah liat Drama Musical milik fakultas Bahasa Inggris/FBS Universitas Kristen Satya Wacana-Salatiga, pertunjukan yang gue liat kali ini semacam pertunjukan yang mereka gelar setiap tahunnya. Persis!! Para aktor dan aktris akan berakting dan bernyanyi. Bahkan, kerennya pun hampir sama!! Saat gue liat 'Annie', mendadak gue jadi terhempas ke masa lalu; masa indah walau kadang sedikit kelabu. 

Lalu, apa sih sebenarnya ke-WOW an yang dibawa oleh "ANNIE" ini??

Annie merupakan salah satu musikal yang dianggap sebagai produksi Broadway klasik dan telah memenangkan 7 penghargaan bergengsi Tony Award. Produksi musikal Annie kali ini disutradarai kembali oleh penulis lirik asli dan sutradara, Martin Charnin, untuk ke-19 kalinya, dan merupakan produksi terkini yang diperbaharui dengan tepat seperti produksi asli ikonik yang telah memenangkan Tony Award. Annie juga telah diadaptasi di berbagai panggung di seluruh dunia termasuk West End dan Australia. Produksi Annie yang telah memenangkan Tony Award ini, kini hadir untuk pertama kalinya di Indonesia, di Ciputra Artpreneur Theater Jakarta pada tanggal 2-14 Agustus 2016.

ANNIE ini menceritakan tentang seorang anak yatim piatu di sebuah panti asuhan yang serba kekurangan dengan Ibu asuh yang jahat. Annie sejak lama ingin mencari ayah Ibu kandungnya. Nasib membawanya bertemu dengan billioner di jaman pemerintahan Roosevelt bernama Mr. Warbucks yang kemudian mampu mengubah hidup Annie sekonyong konyongnya. Lalu, perubahan macam apa yang terjadi padanya? Mampukah dia bertemu lagi dengan Ayah Ibunya? Apakah dia akan disiksa terus menerus oleh Ibu asuhnya? Apakah akhirnya pangeran mampu menemukannya dan emmasangkan sepatu kaca miliknya? Oke, itu Cinderella. Karena postingan gue nggak mengandung spoiler, maka alangkah indahnya kalau kalian nonton sendiri, gaes. Cuman, tiketnya semacam ini.

JADWAL PERTUNJUKAN:
SELASA – JUMAT SABTU MINGGU
20.00 WIB 14.00 WIB 11.00 WIB
20.00 WIB 17.00 WIB

HARGA TIKET
SELASA – JUMAT SABTU – MINGGU
TITANIUM IDR 2.150.000 IDR 2.750.000
PLATINUM IDR 1.750.000 IDR 2.250.000
GOLD IDR 1.350.000 IDR 1.750.000
SILVER IDR 850.000 IDR 975.000
BRONZE IDR 650.000 IDR 750.000

"Bulek, bagaimana kalau aku nak tinggal di luar theatre saja bersama para nanny nanny itu, lalu berikan sajalah mentahannya kepadaku?"

"Ike, sesungguhnya rejeki itu bukan hanya dalam bentuk uang; bisa jadi teman atau pengalaman."

Tumben, Bulek gue super sekali. Dan pengalaman tak terlupakan nonton para Bule berakting dan bernyanyi selama 2,5 jam inilah yang wajib hukumnya untuk gue kenang. Tapi, ini emang worth it banget sih, gaes. Dari mulai akting, plot cerita, setting dan dekorasi dan juga musik pecah banget!!!! Nggak heran kalau "Annie" ini historical banget pecahnya.

Produksi asli ANNIE dibuka pada 21 April 1977 di Teater Alvin dan memenangkan New York Drama Critics Circle Award untuk Musikal Terbaik, Tujuh Penghargaan Choice Drama Desk termasuk Best Musical, Penghargaan Grammy untuk Album Cast Terbaik dan tujuh Tony Awards, termasuk Best Musical, Buku Terbaik (Thomas Meehan) dan Latar Musik Terbaik (Charles Strouse , Martin Charnin). Musikal ini merupakan salah satu musikal terbesar di Broadway. Tampil sebanyak 2.377 pementasan ketika pertama kali dibuka, sudah diadaptasikan ke 28 bahasa dan bermain di sekeliling dunia selama 37 tahun.

LALU, PELAJARAN HIDUP MACAM APA YANG GUE BAWA PULANG?

"OPTIMISLAH!" Itu. Yang kemudian gue jadikan sebagai pelajaran hidup nomor 5!

Gue bisa merasakan keceriaan dan sikap optimis Annie dalam menghadapi hidupnya yang tak jarang penuh prahara dan guncangan. Dia selalu optimis kalau akan ada hari esok, kalau hari esok akan membawanya ke masa depan yang lebih cerah. Maka, jangan berhenti di hari ini. teruslah berusaha dan tetap berjuang!!MERDEKA!



Dan pas banget tontonan ini menyadarkan gue bahwa emang hidup ini seringkali berjalan tak sesuai dengan harapan.Gue berharapnya A, bisa jadi kenyataan berkata D. Gue berharap D, bisa jadi yang muncul dalam hidup gue adalah serupa J. But, that's life. Kita nggak bisa mengubah apa yang sudah melekat dalam hidup dan diri kita. It's beyond our control. Tapi, kita selalu mempunyai kesempatan yang bernama "TOMORROW". Kesempatan untuk memperbaiki masa lalu, kesempatan untuk membangun mimpi lagi, dan kesempatan untum tumbuh menjadi individu yang lebih baik dari sebelumnya. Itu.

Dan di hari Minggu itu gue pulang dengan hati gegap gempita. Terimakasih 'Annie', dan terimakasih Aunty.



Jalan jalan selanjutnya kemana lagi ya?


15 comments:

  1. Wahh, Drama yahh. Hmmmm, belum pernah nonton sih jadi pengen coba nih. thanks meyke atas postingannya :)

    ReplyDelete
  2. Wow! Gile bener, harga tiketnya. Seumur-umur aku belum pernah liat pertunjukan theater kayak gitu. Kalau nonton ketoprak secara live pernah sih. Eh, ketoprak termasuk theater gak sih? Sayang sama duit. Kalau dibayarin sih aku bakal pikir dua kali. Hehe.

    ReplyDelete
  3. Wow, harga memang berbanding lurus dengan kualitas. Drama musikal dengan seabreg penghargaan, apalagi import, harganya juga enggak main-main. Ih, beruntung banget bisa nonton gratis, jadi pengen... tapi sebagai maba dan anak kos ingusan, aku harus pandai-pandai ngatur jatah bulanan xD.

    Hm, optimis, kata yang jadi salah satu hal penting dalam hidupku, apalagi beberapa bulan ini, beberapa kali harus jatuh bangun membuka gerbang untuk masa depan, akhirnya aku berhasil membuka salah satu gerbang setelah sebelumnya beberapa gerbang gagal kubuka, hihihi.

    ReplyDelete
  4. Kok bagus trailer nya, langsung jadi bikin penasaran mainnya seperti apa :o
    Eh, kalau itu tampilnya pakai bahasa apa ya? Pake bahasa Indonesia kah?

    Harga tiketnya ini luar biasa sekali, hoho tapi jelas pasti bermakna sekali. Bakal menjadi suatu pengalaman yang dapat menginspirasi.

    ReplyDelete
  5. WOW!!!

    Harga tiketnya wow banget.

    Dengan harga tiket platinum, gue bisa nonton di bioskop 71 kali dari senin-jumat. Lagian kalo spoiler tetap gak akan mau nonton kalo harganya segitu :D. Yang bisa gue ambil hikmah dari postingan ini mengenai, "Jangan pernah berhenti sebelum kesempatan itu kita dapatkan."

    WOW!!

    ReplyDelete
  6. Ebuset harga tiketnya bikin mau nangis :")

    Mungkin karena pemainnya diimpor langsung kali ya haha

    Gue seumur2 blm pernah liat pertunjukan kayak gini. Pasti jadi pengalaman yg seru banget nih.

    ReplyDelete
  7. WOW, harga tiketnya selangit banget yaa kak, Mey, tapi nggak papa deh, kan bisa keturutan buat nonton drama musikal yang sangat-sangat legendaris itu.

    btw, aku jadi pengen juga buat lihat lukisan-lukisan abstrak itu dan memahami maknanya haha.

    tuh kan, meskipun nggak dapat mentahnya, tapi masih bisa dapat pelajaran penting kan dari drama musikal tersebut.

    ReplyDelete
  8. Kalau dari sejarahnya Annie legendaris banget, udah ada dari jaman baheula euy!
    Sama kayak yang ditanyain Citra, pas drama musikalnya tampil pake bahasa apa? Masak bahasa Indonesia?
    Kalau buat pecinta seni, harga tiket segitu pasti nggak ada apa-apanya ya, soalnya kualitasnya oke. Sayangnya buatku, harga segitu mikir-mikir, dan akhirnya nggak jadi, soalnya mentingin hidup sebulan :'(

    ReplyDelete
  9. Gue pernah dengar drama musical "Annie"ini dibeberapa channel tv , dan disitu gue juga merasa terharu gitu ngeliat cuplikannya.Penge gue nonton . Tapi begitu gue lihat harga tiket diatas^ Busyeett , mahal banget ya... yaa tapi gue masih penasaran sih sama drama musicalnya ..kayaknya bagus . Soalnya harga tiketnya mahal , pasti bagus lah..positif thinking

    ReplyDelete
  10. Aunty yg baik hati hhahahaa. itu tiketnya mahal banget Ya Allah ya ALLAH :( (
    Eh tau gak, cerita Annie ini dulu pernah diperankan di sekolahanku juga lho Meyk, hahahhaa seoarang anak yg ada di panti asuhan, jadi aku sedikit tau ceritanya gak perlu nonton, mahal cyin tiketnya hahaa

    ReplyDelete
  11. mahal banget sih mey ya ampun gue nggak tega lihat kalo emang kamu yang ngeluarin sendiri duit segitu. hahaha

    gue rasa Annie ini cuman menang dapet penghargaan sama dari luar ajah kayaknya yah..

    ReplyDelete
  12. Wah, drama musikal ya? Belum pernah denger n nonton musikal annie.
    Mau tanya, klo film india itu termasuk drama musikal gak ya? Kan banyak nyanyinya juga. Hehe

    Gue fokus sama tiketnya. Klo gue agaknya pikir2 dulu, deh. Hehe
    Salit buat bulek kamu, mau bayarin kamu. Warbiasah!

    ReplyDelete
  13. wow... bisa buat makan sebulan ya, wahahaha. Nggak heran juga sih ya mahal, menang tony award 7 kali gitu cuy... drama musikal ini emang mantep banget ya kayaknya. Rugi kali ya yang udah nonton kalau drama music al gini sampe di upload ke youtube. udah bayar mahal.. eh tau2 bisa lewat youtube.. hmm

    ReplyDelete
  14. lihat harga tiketnya kok malah jadi horor ya, padahal ini kan drama musikal, yang mestinya nyanyi sama seneng-seneng tapi kokmalah jadinya horor hehehe, tapi kereen ya pastinya berasa kaya di broadway gitu hehe

    ReplyDelete
  15. Aduh harga tiketnya...najong banget. Dengan uang segitu gua bisa jalan-jalan ke Thailand 5 hari tuh wkwk. Gua memang penikmat seni tapi belum sampe segitunya hahaha. Salut deh sama mereka-mereka yg mau merogoh kocek untuk beli.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...