Wednesday, 12 August 2015

"MANDA, JANGAN BUNUH DIRI!!" - Pantai Seger, Lombok Tengah



Walaupun hari ini gue dan Uma katam mengunjungi 3 pantai, yaitu pantai cantik berpasir putih - Selong Belanak,  pantai indah berpasir merica-Kuta dan pantai terkepung bukit – Tanjung Ann, gue dan Uma ternyata belum puas. Sebenarnya hari itu gue pingin ngajak Uma balikan lagi ke Pantai Kuta karena gue belum bisa move on darinya. Tapi, Uma bilang

“Kita harus ke satu pantai lagi, Seph...Ini pantainya seru. Kita nanti ketemyu dulu sama Putri Mandalika. DIA BUNUH DIRI SEPH!!”

“WHAAAAATTTTTTT????!!!!” Gue terperanjat.

“Ya udah, kita samperin aja, Seph!” dari bukit Meresek kita buru buru turun dan langsung ngacir ke pantai dimana putri Manda berada. Pantai Seger nggak jau kok dari Tanjung Ann. Malahan sebenarnya pantai Seger itu lebih deket dari Kuta, tetapi sebelumnya kita memutuskan untuk jalan lurus dulu dan menemui tanjung Ann sebelum belok ke kanan dan mengunjungi putri Manda di Pantai Seger.

Pantai Seger ini terletak di kecamatan Pujut, Lombok Tengah dan bersisian dengan pantai Kuta.

“Masalah cinta ya, Seph?” Gue penasaran.

“Perhaps.”

Pantai Seger ini sangat luas dan dibagi menjadi beberapa bagian. Ada pantainya,

Gue liat pantai ini sambil makan pop mie.
Pantai Seger yang luas dan indaaaaah!! Ada patung, pohon tengah laut dan juga jembatan.


Nah, ada juga ini. Begitu gue liat keadaan Manda, gue langsung panik!!

“Gimana ini Seph??? Gimanaaaa???!!!!”

Lalu, gue berusaha sekuat tenaga untuk menghentikannya. Berikut adalah detik detik usaha gue untuk bisa menyelamatkan Manda.









--
Walopun gue nggak bis menyelamatkan Manda, akhirnya gue tahu mengapa Manda bisa memutuskan untuk mengakhiri hidupnya. Begini ceritanya :

Putri Mandalika merupakan putri salah satu raja dari kerajaan yang pernah berkuasa di Lombok. Putri tersebut memiliki wajah yang sangat cantik serta perangai yang baik. Kecantikan dan kebaikan hati sang putri membuat banyak pria jatuh hati kepadanya. Ada banyak pangeran yang datang untuk melamar sang putri sehingga membuat sang putri menjadi bingung. Karna tidak kuasa untuk menentukan pilihan serta tidak ingin terjadi pertumpahan darah diantara pangeran-pangeran yang memperebutkan dirinya sang putri akhirnya memutuskan untuk terjun ke laut.
 
Masyarakat yang mengetahui peristiwa ini akhirnya mencari jasad sang putri. Namun, alih-alih menemukan jasad sang putri, yang ditemukan justru adalah binatang laut sejenis cacing yang kemudian dinamakan Nyale oleh masyarakat suku Sasak. Cacing tersebut dipercaya sebagai jelmaan putri Mandalika. Untuk mengenang legenda tersebut maka dibangunlah sebuah monumen putri Mandalika yang terlokasi di pantai Seger. Dari legenda tersebut kemudian juga muncul sebuah festival tahunan di Lombok yang dinamakan Bau Nyale yakni sebuah festival menangkap cacing laut secara masal. Lokasi festival pantai ini berpusat di pantai Seger.

Begitulah ceritanya...

Akhirnya gue dan Uma hanya bisa mengenang cerita Putri Mandalika dan meninggalkan jejak di antaranya.



Tak hanya monumen patung Mandalika saja yang unik di sini, tetapi juga keberadaan pohon rindang nan cantik di tengah laut!! Tuh liat...



Pohon rindang di tengah laut.
Ada lagi satu spot menarik di sini. Kamu bisa lihat ada sebuah jembatan di belakang monuman khan?? Nah, kita bisa meniti jembatan sembari meniti masa depan yang cerah di sana sambil menikmati eloknya pantai Seger yang airnya serasa menyegarkan dengan gelombang yang menenangkan. Ah, indahnya duniaaaaa....



Tapi, sebelum kita pulang, kita makan POP MIE seharga 8ribu dulu lho di tempat duduk bambu, tepat di depan bibir pantai Seger. Dan ternyata orang orang di sana juga bisa banget bahasa Inggris. Waktu gue dan Uma main turis turisan dan ngomong pake bahasa Inggris, penjualnya bisa nimpalin!! Beneran!

Gue : “Seph, where will we eat it??”

Uma : “By the sea. It’s sooo good!”

Gue : “Ok then. Let’s eat it there!”

Penjual : “Yes, you can eat there.”

Gue : “WOWWWW!!!”

Dan akhirnya kita makan pop mie ditemani deburan ombak, temaram langit penuh semburat, dan gulungan ombak bertalu talu. OH MY!! Today is GREAAAAATTTTT!!! AMAZING!! FUNTASTIC!! SPECTACULAR!!







Alhamdulillah... Dan dari Pantai Seger dan Putri Mandalika, gue menemukan pelajaran hidup nomor 78 :





Source :
http://www.yukpiknik.com/nusa-tenggara-barat/pantai-seger-lombok/





8 comments:

  1. indah bgt pemandanganya dari dulu Lombok terkenal keindahan pantainya disamping Bali

    ReplyDelete
  2. hem seru, kalau di Lombo jalan-jalan terus ke pantainya. Sayangnya mbaknya kagak nyelem, jadi kagak tahu keindahannya :) Terus cacing laut itu kayak apa ya? Sepertinya enak untuk di santap :D

    ReplyDelete
  3. wee....pantainya bagus bagus .....pemandangannya indah....
    lebih bagus lombok mnrtku daripada bali...

    itu yg motoin siapa? gak ikutan nyelametin manda dong...haha

    ReplyDelete
  4. Wih seru banget kak meyke. Kenapa sih hobi banget bikin orang iri, jangan jalan2 mulu dong kak :l , kali2 bikin giveaway ajak kita orang jalan2 juga dong huahahaa

    ReplyDelete
  5. ini nih keren.. banyak pemandangan dri pantainya juga jadi gk sekedar selfie di sana.

    fotonya kocak...kok yang nyelametin malah keliatan yang paling galau soal cinta.
    ckckc

    itu foto di awal akward banget...kepala siapa itu yng hanyut

    ReplyDelete
  6. ternyata cerita travelingnya masih berlanjut... setiap bw kesini pasti traveling terus ceritanya..:v

    pantai di lombok ternyta bagus-bagus yaa.. masih sepi gag kayak di bali yg rame banget..

    ReplyDelete
  7. Andai saja bunda beneran bisa diajak kak mey, ya mungkin besar kemungkin gue minta foto mulu... Pantai lombok emang keyen abies.....

    Ow, ya kak. Ada pohon kecil di tengah pantai itu, pohon apa ya? Rindang gitu...

    Semoga kak mey gk jalan mulu, biar gue gak iri mulu... Lombok... Tunggu aku ke sana ya ..

    ReplyDelete
  8. Oh, kirain ini cerita horor beneran bunuh diri, eh ternyata legenda :)

    Wah, Lombok, jadi keingetan OSN dah. 2 tahun lalu OSN diadain di Lombok, Dan sayangnya aku gak lolos, terhenti di provinsi. Dan aku bersama temen-temen yang lain berjanji bakal beli Lombok nanti nya buat ngebalas dendam, misi gila kami xD

    ReplyDelete