Friday, 21 November 2014

WHAT'S INSIDE THE CLASS Chapter 2 (ABC!)

Selain anak anak SD kayak part. 1 kemarin yang udah mampu presentasi sederhana, gue juga ngajar anak TK!! Iya, lu nggak salah baca. Gue juga ngajarin anak TK. Ngajarin apa?? Selain gue ngajarin betapa indahnya hidup ini, gue ngajarin anak TK bahasa Inggris. Gue mulai memperkenalkan mereka tentang kursi yang bernama bule chair, lalu table adalah meja, dan red tidak lain tidak bukan adalah merah.

Saat gue masih anak guru baru dulu, dahi gue mengernyit tiada tara saat gue ditugaskan untuk ngajarin anak umur 2 tahun bahasa Inggris. OMG! Mereka jalan aja belum katam, mereka juga cuman bisa bilang sebatas mama sama mamam tiap kali lafer. Ini gue harus ngajarin mereka bersilat lidah pake bahasa bule. Gue kalang kabut, hati gue malang melintang. Gue galau setengah mati. Apa yang harus gue lakukan?? Gue nggak bisa tidur. Tiap kali tidur gue mimpi ngajarin “This is a car. This is a dog. This is life.” Bukannya ngikutin apa kata gue, gue malah dikasih pipis. Ternyata mimpi buruk. Tapi, saat itu kepalang tanda tangan kontrak basah, mau nggak mau gue harus lalui. Dan gue mulai ngajarin anak anak bilang ‘dog!’, ‘cat!’. Tiap kali mereka mau minta tolong bukain botol susu, gue ngajakin mereka bilang, “open please, Miss...”. Karena beberapa dari mereka masih celat atau nggak bisa ngomong dengan jelas, yang ada mereka bilang ‘pepis miss...pepiss miss...’. Kalau sudah dibukain mereka juga harus bilang ‘thankyou...’. Tak jarang dari mereka yang bilang, ‘sengku..’. Tapi tak apa karena gue yakin benar pepatah asal Jawa. “Alon alon asal kelakon!”. Pelan pelan nggak papa, yang penting berusaha dan pada akhirnya terlaksana. Dari situ, gue mulai mencintai anak anak balita.

Karena mereka juga walaupun gue jauh dari rumah, tapi gue nggak pernah kekurangan pelukan. Tiap hari abis joget joget, gue dipeluk sama mereka. Nanti kita main peluk pelukan. Gue akan bersimpuh sambil melebarkan dada dan menghitung satu dua tiga. Di hitungan ketiga mereka akan berlari ke arah gue. Tinggal dikasih bunga warna kuning sama pohon satu biji gue udah kayak film India.

“Hug meeeeeeeeeeeeeh!” Dan mereka akan berhambur di pelukan gue. Asiiiiiiik!!! Gue juga belajar banyak dari mereka. Belajar untuk sabar –menghadapihidupfana-.

Dan mereka adalaaaaaaaaaaaah......







Nah, ini Akim. Umurnya sekitar empat tahun. Tapi jangan ditanya soal semangatnya untuk belajar. Dia adalah anak yang banyak tanya –kayakmbakmbakIndomaret-.

Akim :“Miss Meykke, bahasa Inggrisnya kursi apa?”

Miss : “chair..”

Akim : “Miss Meykke, bahasa Inggrisnya payung apa?”

Miss : “umbrella...”

Akim : “Miss Meykke, bahasa Inggrisnya galau apa?”

Miss : “God always listening always understanding..”

Akim : “Super sekali....”

Akim juga selalu ceria dan mengikuti apa yang guru ajarkan. Tiap kali kita nyanyi, dia juga excited mengikuti semua gerakan. Disuruh ‘jump!jump!jump!’, dia lompat. Disuruh “hold hands...”, dia pegangan tangan. Disuruh ‘sleeeeeep!’ dia secepat kilat menggelepar di lantai dan pura pura ngorok. Macem macem. Semangat Akim bikin gue makin semangat untuk mentransfer ilmu gue ke dia. Emang bener kata kuis.

“Barang barang apa yang nggak pernah berkurang walo dikasih kasihin?”

“Drama Korea!” Tinggal dicopy, beres perkara. Tapi, karena gue lagi pingin bijak,

“Barang barang apa yang nggak pernah berkurang walo dikasih kasihin?”

“ILMU.”

Di umurnya yang baru menginjak sekitar 3/4 tahun, dia juga sudah mampu memegang pensil dengan benar dan memulaskan ke kertas dengan jelas. Dia udah mampu tracing dengan baik dan mengikuti garis! Suaranya kecil dan imut. Dia suka sekali nyanyi ‘ba..banana banana’ yang kayak di Despicable Me.

Tiap kali gue ngajar Akim, gue jadi pingin punya yang kayak dia. Cuman, yang terpikir di pikiran gue saat gue punya anak kelak, les pertama untuk anak gue adalah les renang pas umur beberapa bulan kayak video yang pernah gue liat di youtube tentang anak anak yang udah bisa renang bahkan sebelum mereka bisa jalan. Itu khan cool banget! Tapi, selagi gue cari bapaknya anak, gue ngajarin Akim dulu nggak papa.

Kali ini Akim belajar huruf a, b, dan c beserta benda benda dalam bahasa Inggris yang berawalan dengan huruf huruf itu. Gimana gue nggak ceneng anget kalau murid gue seimuuuut ini.

video


Later when I no longer teach him, I will totally miss him!! Thus, I want to make this moment exist forever here.

Akim dan murid murid balita lainnya bisa mengubah hati sekeras batu menjadi sehalus muka Aurel. This will be the unforgettable moment for me. No wonder kids are lovable.




Akim dan Miss Meykke :D

15 comments:

  1. miss mey, akim unyu banget.jadi inget keponakan aku yang di bogor seumuran sama akim. tapi gendutttt..

    deket anak kecil gitu emang serasa deket happy virus. Bawaannya gembira dan ceria. Semangat miss mey :D

    ReplyDelete
  2. ahahahahahahaha....lucu banget ngajarnya....tapi suara mbak meykke lebih lucu...wkwkwkwk,,,kayaknya lagi pilek mbak...

    baca ceritanya jadi ngerasa kayak asyik banget sama anak kecil yang diajar nurut kayak gitu,,,
    syukurlah..semoga yang lain bisa nurut..
    meskipun biasanya sih enggak :P

    ReplyDelete
  3. wah, anaknya lucu-lucu ya. Harus sabar banget kayanya ngajarin mereka. apalagi mereka masih pada perkedel-perkedel ehhh cadel-cadel. boro-boro bahasa bule, bahasa indonesia aja masih belepotan hahaha

    ReplyDelete
  4. God always listening and understanding. Kampret gue ngakak, bahkan pas bilang super sekali. Hahaha.
    Miss kalau bahasa inggrisnya patah hati apa?? :V

    ReplyDelete
  5. Akim nya lucu, cakep, pintar lagi.... salam buat Akim yah miss Meykke.. wah saya gk bisa bayangin gimana ngajar caranya ngajar balita... baru umur dua tahun... woooww.. tp bgs jg yak klu pend. dari usia dini gt udah diajr bhs inggris besarnya pst udh lncar.

    ReplyDelete
  6. Guru adalah pekerjaan yang paling mulai, karena merea mengajarkan ilmu. Seperti yang kak mey bilang ilmu itu kalau dikasih atau diberikan kepada orang pasti gak kan berkurang yang ada malah bertambah. Oia happy teacher's day ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Upst typo... sorry ..
      Mulia maksudnya n merea kurang k.. :-D

      Delete
  7. Aaaak!!! Anak TEKAAA! Gue gemes banget sama anak-anak TK. Gemezzz.. pengen nyulik mereka lalu minta uang tebusan ke orangtuanya. Hueheuehuehuehe.....

    Syukurlah Akim nggak bertanya, "Miss Meyke, bahasa inggris sakitnya tuh di sini apa?"

    ReplyDelete
  8. Hahaha gue ngakak dimana Akim nanya bahasa inggris nya galau? :D Tapi, tetaplah bersyukur karna dia gak nanya "Apa bahasa inggrisnya Saya Jomblo?" Piss mbak :v

    gue jadi kepingin jadi guru. Jdi guru TK.. kayanya asik :D

    ReplyDelete
  9. iihhh lucu iihhh, akim nya bikin gemes banget dah, pasti happy banget ngajarin mereka yang masih unyu-unyu apalagi ngomong aja belum lancar gitu, iishhh jadi pengen punya juga haha, kalau aku masih sebatas anak SD, belum pernah ngajar yg TK deh, kayaknya seru tuuhh

    ReplyDelete
  10. kereenn..perlu ekstra sabar tuh ngajarin anak TK jaman sekarang..suka banget deh sama ruangannya yang warniwarna..bikin mood naik drastiss >.<

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...