Saturday, 17 August 2013

Review : A Gentleman's Dignity

Para pecinta drama Korea pasti sudah mengenal beberapa alur jalan cerita cinta yang disuguhkan penulis naskah dari Korea Selatan itu. Ada yang awalnya dibuat serupa komedi dulu, biasanya akan ada tokoh wanita yang sial banget gitu, udah ngaretan, wajah berminyak, atau habis putus sama pacarnya terus mabuk mabukan, eh ketemu sama pemeran lelaki, nah, barulah di tengah sampai mau akhir berubah jadi sendu sendu gimana gitu. Ada juga yang udah dari awal tu cintanya berat banget, sumpah. Dari episode pertama tu udah nangisss mulu ceritanya, nanti akhirnya mati semua berpelukan di gunung kedinginan menemui malaikat Izrail bersama sama dalam lingkaran cinta yang mengakar kuat. Sayanya nanti berlinangan... Juga, yang agak antimainstream dulu ada cerita nggak masuk akal, misal tiba tiba bisa nembus waktu ke masa kerajaan kalau di Indonesia kayak cewek maki, masa kini jatuh cinta sama Angling Darma atau Tunggul Ametung gitu karena bisa nembus jaman beratus ratus taun, atau roh ketuker, atau jatuh cinta sama rubah jadi jadian. Banyak alurnya, dan setelah saya amati itu pasti CINTA SEGITIGA!!

Entah satu cewek direbutin kaka beradik, atau para sahabat, atau cewek suka satu cowok, padahal si cewek disukai sama cowok satunya..ya gitu deh.

Nah, kali ini ceritanya agak beda, sodara sodara!

Ini malahan lebih ke persahabatan yang dikemas dengan ringan, nggak ada yang sakit leukimia, dan yang paling menarik itu ini ceritanya KOMEDI!!!

Jadi, ada 4 sahabat cowok gitu ya, mereka umurnya udah 40an. Dan drama ini mengangkat kisah percintaan mereka, betapa erat persahabatan mereka, hiruk pikuk permasalahan kehidupan mereka, kesuksesan dan kegagalan mereka.

Ini.

Lee Jeng Rook, Im Tae San, Kim Do Jin, dan Choi Yoon

Title: 신사의 품격 / A Gentleman’s Dignity
Chinese Title: 绅士的品格
Also known as: Gentlemen’s Class, Grace of Gentleman
Genre: Romance, Comedy
Episodes: 20
Broadcast network: SBS
Broadcast period: 2012-May-26 to 2012-Aug-12
Air time: Saturday & Sunday 21:50

Main Cast
Jang Dong Gun as Kim Do Jin
Kim Ha Neul as Seo Yi Soo
Kim Soo Ro as Im Tae San
Kim Min Jong as Choi Yoon
Lee Jong Hyuk as Lee Jung Rok
Yoon Se Ah as Hong Se Ra
Kim Jung Nan as Kim Min Sook
Yoon Jin Yi as Im Me Ah Ri
Lee Jong Hyun as Colin

1. Kim Do Jin

Kalau saya amati, dia adalah pemeran utama dari keempat temannya itu karena ceritanya didominasi oleh cerita cinta dia sama Seo Yi Soo, guru SMA gitu, kayak kalau di Indonesia, dia guru PPKN gitu. Dia itu khan playboy gitu ya, suka ganti ganti cewek, eh waktu ketemu sama Yi Soo ini dia jatuh hati sampai dibelain melakoni cinta bertepuk sebelah tangan. Seperti yang udah saya bilag tadi, kurang serru kalau nggak ada segitiga segitigaannya gitu. Jadilah di awal cerita Yi Soo itu jatuh cinta sama sahabatnya sendiri. Cerita bertambah rumit saat ternyata Do Jin sudah punya anak berusia 17 tahun!!! Karena dia khan playboy gitu, dulu dia sempat menebar benih ke wanita yang menjadi cinta pertama mereka berempat!!

2. Im Tae San.

Nah, ini yang dikagumi Yi Soo....Kenapa Yi Soo nggak ngomong terus terang sama Tae San? Soalnya waktu dia mau ngomong gitu, udah dibela belain beliin sarung tangan baseball gitu, eh Tae San nya ngomong suka sama teman sekontrakan sama dia, namanya Hong Se Ra. Yah, cinta emang perihhhh! Jadilah Yi Soo harus mengiklaskan hubungan mereka berdua. Tapi, hubungan mereka berdua juga nggak mulus mulus banget. Se Ra ini di umur 34 tahun belum mau menikah karena masih ingin mengepakkan kariernya menjadi atlit golf berbakat gitu. Enak banget di sana 30 tahun belum menikah itu nggak diomong orang,

“Eh, anak pak Sutarman kok belum nikah ya, padahal umurnya udah 27...temannya udah pada nikah...”

“Iya, nggak payu yake ya..”

Mereka punya waktu yang panjang untuk bisa berkarier dan menikmati masa lajang.

Kembali ke leptop, padahal si Tae San nya ngebet banget pingin menikah. Terus how???

Juga, di awal cerita, hubungan mereka tidak disukai oleh adik Tae San, si Im Mea Ri. Dia lebih mendukung kakaknya berjodoh sama Yi Soo. Lah, biar tambah complicated, si Im Mea Ri yang baru berumur 24 tahun ini pengagum sejati salah satu sahabat Tae San, si Choi Yoon

3. Choi Yoon

Dia ini pengacara yang 4 tahun silam kehilangan istrinya karena penyakit. Dan dia juga masih mengenakan cincin kawin mereka berdua saking cintanya.

Scene yang paling bikin saya trenyuh itu waktu ini.

Kim Do Jin lagi ketemu partner kerja untuk sebuah proyek gitu dia ditelpon, naah, setelah ditelpon dia langsung lari keluar, walau pun partnernya mengancam akan menggagalkan kerjasama.

Im Tae San yang memimpin rapat juga langsung keluar begitu saja setelah mendapatkan telepon.

Nah, Lee Jeong Rook waktu bertengkar sama istrinya juga langsung keluar setelah ditelpon, walau pun istrinya bilang,

“Kamu kalau keluar sekarang, kita cerai ajah!!”

“ya udah cerai ajah, karena ini lebih penting dari perceraian kitah!!”

Mereka lalu lari lari. Untuk apa??? 

Ke rumah sakit. Di hari itu, istri Choi Yoon meninggal di rumah sakit. Di sana, mereka ngeliat Choi Yoon masih shock gitu, terus bareng bareng mereka mengganti baju Choi Yoon. Ada yang masangin bajunya, ada yang masangin kaos kakinya, benerin dasinya...terus liat Choi Yoon nangis, mereka nggantiin baju Choi Yoon sambil nangis gitu.

Menurut saya, itu the best scene di drama ini!!

Dan setelah itu, dia dicintai oleh adik Tae San itu, Im Mea Ri tapi karena usia mereka terpaut 17 tahun, mereka tidak disetujui dan juga pada awalnya Choi Yoon belum bisa move on. Terus gimana coba???

4. Lee Jeong Rook

Nah, ini dia trouble makernya. Dia itu udah nikah, sama wanita yang lebih tua karena harta. Istrinya, Park Min Sook itu kaya raya bangeeet, dan juga berkuasa. 

Jadilah Jeong Rook tergabung dalam Ikatan SSTI, suami suami takut istri. Karena dia playboy naudzubillah, berkali kali istrinya minta ceraiiii, jelas dong dia nggak mau, takut miskin. Dia menjadi pemilik cafe bernama Mango Six yang juga tempat mereka berempat berkumpul. Terus, akhirnya cerai beneran nggak coba??

Persahabatan mereka itu kenteeel banget. Kalau biasanya cerita persahabatan itu didominasi oleh kaum hawa gitu, kayak film Western yang cewek 4 biji oper operan celana jeans itu, yang ini cowok paruh baya. Mereka kocak, apalagi kalau liat cewek gitu, aduuuh...matanya kemana mana.. Cowok jaman sekarang banget pokoknya.

Dijamin ngakak lah liat ini, dan bagi pecinta cerita romance, santayyy..soalnya kisah cinta Kim Do Jin dan Yi Soo ini romance banget!!

Pertama liat sih,

“Ih apaan sih ni drama kok yang main udah om om gini ih...”

Tapi, semakin ke dalam ceritanya semakin bagus dan menghibur, bobot cintanya juga nggak berat yang bikin ikutan galau. Lucu, tapi romantis juga...

Menggambarkan kalau cinta itu emang tidak pandang usia, mau berjurangkan 10 taun, 17 taun kalau cinta ya bismillahirrahmanirrahim aamiin.

Juga, kalau cinta jangan menyerah!

Juga, menggambarkan bagaimana sahabat itu selalu ada di tawa dan tangis, di keadaan baik dan buruk, di segala medan... bahkan bisa lebih awet daripada pasangan. Kalau pasangan kita Cuma boleh punya satu, kalau sahabat kita boleh punya banyaaak...bahkan, semakin banyak semakin bagus...



Ya gitu. Gimana?? Mau nonton? Di Indosiar sudah ada khan ya?

Selamat menontooooon!!

References :


Terimakasih untuk penyetor drama Korea ini, Mbak Dewa, kakak angkatan kuliah kemarin. Saya berdoa semoga di hari esok, dimana pun nasib menempatkan saya, akan saya dapati bandar bandar drama Korea lainnya sehingga saya tetap bisa menikmati kisah cinta yang ditulis penulis naskah warga Korea Selatan. Aamiin...

15 comments:

  1. wah kebetulan kak aku lg nyari drama korea yg bikin ngakak. ini bikin ngakak kan? yanamanya aja komedi -_----

    mauu nontooon. tapi lg males nonton indonsiar. tv di rumah indosiarnya banyak semutnya. errrr.. tar deh aku minta teman yg suka korea juga buat donlod, trus aku copy deh \m/ #mentalMahasiswa

    makasih kak reviewnya. eh tapi pemainnya udah tua semua tapiii kakk duuh -__- hahaha

    ReplyDelete
  2. iya yaa.. yang main ajushhi semua... hihihihi

    terpaut 17 tahun? gila juga tuh

    recomended banget. nanti aku cari.

    ReplyDelete
  3. hahaha saya paling suka nonton film kerea alnya kebanyakan yang saya nonton itu berakhir dengan happy ending n sulit ditebak pula alur ceritanya.. jadi yaaa gtuu deh .. aaahh kakak jadi pengen nonton film korea yang satu ini, apalagi yang ceritanya tentang persahabatan kayak gtu tapi aahh gak suka kalau nontonnya di indosiar lebih suka nonton di notbuk dengan bahasa aslinya..

    ReplyDelete
  4. itu kok cowo sendirian pasti jomblo, ati2 bisa jadi ganas liat pada punya pasangan.. haha

    drama korea emang bikin nangis, tapi seumur-ummur yg gue tonton drama korea ya dulu waktu F4 masih berjaya, udah ngga ada lagi.

    dan alo liat cowo korea it berasa ngaca.ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Fik, f4 itu bukannya jepang ya?
      Atau gue yang salah? ah nggak tau deh, kayanya sih f4 itu dari jepang. -__-

      Delete
  5. Haduuh aku ga paham korea, hahaha... SNSD kecualinya, :))

    ReplyDelete
  6. aku suka dulu korea drama
    sekarang udah jarang bgt ngikutin

    ReplyDelete
  7. ciyus, aku ga mau nonton,,, baca reviewnya ini juga ga sampe habis hehehe....
    kurang tertarik alias not exited sama drama korea gini :D

    ReplyDelete
  8. Yang paling kiri itu jomblo? mau dong dikenalin :D

    oh itu, gue barusan nonton tadi sore. Lumayan keren sih, pertama nonton, gue bingung ceritanya, tapi setelah baca postingan ini, gue ngerti. Makasih kak Meyke atas pencerahan ini. :D

    ReplyDelete
  9. aku gak ngerti urusan korea begini T_T jadi gak ngerti komentar apaaan sorry sorry T_T

    ReplyDelete
  10. hoh ? cowok2 itu meranin umur 40an? -_-
    kok gak keliatan 40 :))
    gue sih sukanya drama thailand hahakkk jadi malu

    ReplyDelete
  11. Selisih 17 taun?
    Sama aja gue macarin murid gue yang masih kelas 2 SD donk -___-
    Pedofil banget gak tuh kalo begitu...

    Penggemar drama korea ya? Maklum cewek~
    Kalo gue sihhh, beuh...
    Enggak sukan gue kalah ganteng..
    Jauh... -_-

    ReplyDelete
  12. itu yang nomer 2 dari kiri pemeran bapak di film city hunter ya? kok mukanya mirip. eh, tapi apa cuman aku ya yang merasa kalau muka orang korea mirip mirip semua -_-v

    ReplyDelete
  13. Iya ih, yang maen om-om gitu. Udah umur 40an. Itu anak pak Sutarman umur 27 masih jomblo aja udah dituduh homo *eh apaan sih?!

    Yg aku suka dari korea cuman SNSD, hehe (nyengir luwak)

    ReplyDelete
  14. Lebih suka nonton jaws

    BTW boleh buat nonton nih ntar kl refreshing. Mksh ya reviewnya:)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...