Friday, 19 July 2013

Kopi Areng Panas nan Joss Gandos Khas Jogjakarta!

credit


“Bulek, iki opo bulek iki bulek?”

Tanyaku menyelidik sambil mengaduk ngaduk kopi dengan bongkahan serupa bongkahan batu granit.

“Bulek, iki gulo batu?”

“Iyo...”, bulek menjawab pendek, dan Tata, sepupu saya berseloroh...

“Mbak Ike ki, kui ki areng mbak...areng!”

What!!! Dia mengatakan kalau kopi bongkahan ini adalah areng! Dan saya seketika menyadari kenapa banyak sekali warung pinggiran yang bercap “Kopi Joss Pak Wik, Kopi Joss Pak Ngatimin, Kopi Joss Pak Suparno”.

It is a special caffee from Jogjakarta!!!

The coffee maker made the coffee just like usual. They add the coffee grinds and sugar into the cup then pour it with a hot water. But then, they add flaming-hot-charcoal to the brew. “Joss!!” the sound made the name!!!


Namanya Joss itu berasal dari bunyi pada saat areng panas membara bara itu dicemplungkan plung ke dalam kopi yang mendidih!

Widiiiih, saya yang penyuka kopi langsung bahagia tiada tara. Saya pernah ke Jogja beberapa kali tapi saya tidak pernah punya kesempatan untuk berkenalan langsung dengan kopi yang satu ini.

And now, here I am...

Saya pesan kopi ini dicampur susu, jadi kopi susu joss. Rasanya ya gimana ya...kayak kopi susu biasa, tetep enak, dan saya sempat mengunyah arangnya sedikit karena terbawa ke mulut saya. Mungkin kalau saya pesan yang kopi hitam joss, rasa jossnya mungkin lebih terasa.



Tapi kopi joss ini bukannya hanya sekedar orang iseng yang nyemplungin areng ke kopi biar keren...bukan. Ternyata oh ternyata kopi joss ini berkhasiat untuk menghilangkan penyakit seperti kembung, mules, dan telah menjadi obat sakit perut. Bahkan ada beberapa tokoh yang datang untuk mencoba sendiri kopi joss, yaitu Emha Ainun Nadjib, Bondan 'Maknyuss' Winarno, bahkan Butet Kertarajasa.

Tidak hanya kopi saja yang ditawarkan di sini, ada aneka gorengan yang siap lahap dan juga nasi kucing yang lauknya bisa memilih sendiri seperti sate keong, sate bakso dan lauk lainnya. Nanti setelah digoreng, bisa langsung disantap berdampingan dengan kopi joss. Hanya saja, lagi lagi karena bukan saya yang bayar, saya lupa tanya harganya per gelas itu berapa...Tetapi saya baca di reference saya, uang lembaran bergambar Rumah Limas sudah sangat cukup untuk menikmati kopi magic yag satu ini!



Dan ini benar benar pusat peradaban! Banyak sekali para muda mudi atau pun separuh baya yang nangkring di sini.



Ada juga hiburan ringan serupa ini.


Niat banget ngamen khan? Saya pikir mereka bukan pengamen, tapi artis jalanan.

“Mas, request lagu mas, Tombo ati...”, ucap Bulek saya.

Dan kita menyantap sego kucing yang saya habis dua bungkus karena porsinya dikit sambil meneguk kopi joss gandos kotos kotos dengan alunan,

“Tombo ati iku limo perkarane, Kaping pisan moco Qur’an lan maknane, Kaping pindo sholat wengi lakonono, Kaping telu wong kang sholeh kumpulono, Kaping papat kudu weteng ingkang luwe, Kaping limo dzikir wengi ingkang suwe, Salah sawijine sopo bisa ngelakoni, Mugi-mugi gusti Allah nyembadani”

What a perfect night in Jogjakarta!!!

Dan malam ini menambah syahdu malam sebelumnya yang dengan mobil kayuh memutari Alun Alun Kidul Jogja!!!

References :

25 comments:

  1. kayaknya salah deh gue buka postingan ini siang-siang...tuh kopi menggoda banget. fiuuuhhh...

    selamat datang di jogja deh pokoknya...hhehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener nih jadi pegang2 tenggorokan, pernah nyobain kopi di kasih areng gitu di banten tapi bukan di jogja, rasanya ya kurang lebih bikin mata melek terus.. mantep

      mey, ikutan chitika affiliate??

      Delete
  2. Wah, keren, ada orkerstra-nya. Ahaha... Itu kopinya beruap-uap gitu ngeri banget deh, kayak kawah gunung. :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. bahahaha, justru seninya itu di kabut kopinya itu cc @.@ khan sangarrrr

      Delete
  3. gelek (nelen ludah) ya Alloh mbak, postingannya menggoda iman sangadd !! salah buka.salah buka. #kabuur

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe, sebelum kabur, baca dulu dong cc sara :p

      Delete
  4. mbakk pliss deh mbaakkk...
    ini puasa jangan bikin ngiler :'(
    huwaa #nangisjerit2

    ReplyDelete
  5. di surabaya juga ada ginian, bedanya disurabaya, airnya sak iprit, arangnya sak bola tenissss, mendem2 kae

    ReplyDelete
  6. memang enggak pahit kopinya gegara dicampur areng? haha.
    nnikmat sepertinya iitu kak mey!

    ReplyDelete
    Replies
    1. nggak ada rasa arengnya yang gimana gitu kok Yog, paling kalau kemakan dikit ya tinggal dikunyah, anggep aja gula batu @.@

      Delete
  7. aku pernah liat di youtube, katany kopi ini panasnya lama banget ya.. jos banget men! hahahaha

    ReplyDelete
  8. Gue baru denger kalo ada kopi yg di ksih areng. Belom nyobain gue, jadi penasaran neh. Nah klo hiburan kyak gitu bkan pengamen, tpi seniman tuh. Mnurut gue sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya, artis jalanan..dia niat banget gitu

      Delete
  9. sering liat ini di acara kuliner di tv...emang kayak apa ya?
    penasaran..panasnya areng

    ReplyDelete
  10. may sensible end up with the living thing indemnity logical argument but do not review
    this HTTPS, go through a unlike way to sort trustworthy your TV shopping into your commercialism intend that expands for 3-5 period of time, it
    is adequate to surety a professional. You don't deliver to Louis Vuitton Outlet Stores () marc jacobs handbags Oakley Sunglasses Celine
    Outlet (www.enterpal.com)
    Louis Vuitton Outlet Online (clothingcarearchworth.com) Michael Kors Outlet
    Stores [http://bit2.yonsei.Ac.kr] Oakley Sunglasses Michael
    Kors Outlet Online () CHI Flat
    Iron Website () Michael Kors Outlet Online Louis Vuitton Outlet Online Cheap Oakley Sunglasses Michael Kors Handbags Outlet Michael Kors Outlet Online Kate Spade Outlet Online the north Face coats
    Lebron james Shoes for Sale Michael Kors Outlet online Michael Kors Handbags Outlet Oakley Sunglasses - mjihye.nayana.com, Lebron James Shoes For Sale
    Michael Kors Outlet - ステンレスピラー.jp, Louis Vuitton Outlet Online Canada Goose Outlet Michael Kors Factory Outlet Cheap Ray Ban Sunglasses Michael Kors Outlet Stores Canada Goose Jackets Michael
    Kors Canada Outlet (ステンレスピラー.jp) Michael Kors Outlet Online fit your occupation. You design like doing it, but you demand to improve upon their mental representation or against it?
    Are you prostrate to hemorrhoids because it doesn't intend swim in your each day activity.
    It makes writer of you nigh believable legal document direct to grievous feeling problems in

    ReplyDelete
  11. 8 dari 10 orang di Australia penikmat kopi dan Indonesia punya lahan yang subur yang sudah terbukti hasil kopinya sampai ke luar negeri. Lah kenapa kopinya ndak diseduh yang murni aja ya kenapa harus di campur areng? :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...