Sunday, 12 May 2013

Mampir di Puing Puing Hati(coret) Candi Dukuh



Satu..dua..tiga..empat...limaa...

Saya hitung titian demi titian tangga menuju ke Candi Dukuh. Energi yang sudah terkuras karena sebelumnya saya dan kedua teman unyu saya sudah berpusing pusing di Benteng fenomenal nan eksotis, Benteng Willem 1, Ambarawa lalu dilanjutkan menjelajahi sawah, kebun dan menerobos hutan untuk bisa melihat kilahan air berterjunan di Curug Kembar Bolodewa, kini semakin terkuras. Ditambah lagi beberapa kali saya mendengar ‘klutuk..klutuk..’ dari salah satu organ dalam saya.

“Duh...masih jauh Yanta?”, tanya saya tak sabar. Puluhan tangga menjulang di depan kita, berkelok kelok serupa ular panjang.

“Bentar lagi..”

Benar saja, setelah mencapai tangga terakhir, dan jalan sedikit..sampailah kita pada Candi yang berada di naungan pemerintah daerah ini dan salah satu peninggalan Prabu Brawijaya V, tentu saja bercorak Hindu.




Saya yang sudah sangat capek hanya bisa duduk di balai balai bambu persis di depan puing puing candi itu.
Ya. Candi Dukuh hanya tersisakan puing puing saja. Ya..sebelas dua belas sama hati saya. *abaikan

Angga dan Yanta yang tampak masih full charging bergerak agresif memutari candi yang terpagar dan terkunci. Well, kita nggak bisa masuk karena pagarnya dikunci. Untungnya, pagarnya hanya sebatas perut saja, jadi masih bisalah foto foto memutari pagarnya.

Yanta memotret setiap sudut puing candi ini. Kalau tidak percaya, lihat saja di sini. Tidak kalah aktif, Angga pun mengikuti jejak Yanta memutari puing itu. Kisahnya bisa dicek di sini.  Saya?? Duduk di balai balai bambu sambil kipas kipas.

“Meyk, foto Meyk..”, tawar Angga.

Karena walau pun capai sudah mendera sekujur tubuh, kalau soal foto jelas tidak bisa dilewatkan begitu saja.

Daaaaaan.....



Pun sebelum kita memutuskan untuk turun karena suara ‘klutuk klutuk’ milik saya sudah semakin intensif kemunculannya dengan tone yang semakin membahana.

Dan, di titian tangga, kita pun sempat mengabadikan moment hari itu. Senang!!


Kita juga sempat mampir sejenak melihat salah satu pangkal Rawa Pening dengan ibu ibu bertopi lebar memetik enceng gondok. Dengan mengambang menggunakan perahu kecil bernama ‘gethek’, para Ibu dengan telaten mengumpulkan enceng gondok. Bila sudah terkumpul, nantinya akan dikeringkan dan disulap menjadi uang. How come?? Dijadikan barang. Tas, bisa...aksesoris, bisa...keranjang, bisaaa...Sekreatif para pembuat kerajinan enceng gondok.




Semoga laku ya bapak dan Ibu, Meykke pulang dulu....

Meluncurlah kita ke warung makan mak nyus tepat di depan pemandian Muncul. Saya puas melahap pecel keong ditemani es jeruk dan ketan kolak. Sementara Angga dengan wajah berbinar menghabiskan pesanannya. Pun Yanta yang tampak merona dengan makanan di tangannya. Alhamdulillah, kenyang.

Dan you know what?? 3 jenis lahapan itu hanya mengurangi lembaran di dompet saya sebesar 13ribu saja. Dan warung ini bahkan sudah masuk tipi di Trans TV dan juga SCTV. Saya jelas kalah pamor.

Puas makan, puas bertamasya sambil belajar sejarah, puas foto foto dan mengabadikan moment, kita bertiga pulang dengan hati penuh rona. Yeayyy!!

Dan segera merajut rencana perjalanan selanjutnya. Kita akan meniti jalan menuju Sragen dan menjenguk nenek dan kakek di Sangiran, lalu kita akan mengambang di Waduk Kedung Ombo yang memang sangat sangat ombo (luasss).

Yeayyy!!


23 comments:

  1. Perjalanan yang menyenangkan Kakak, sambil belajar sejarah pula. Ini baru anak muda yang gaul. Heheh

    Eh, itu suara kulutk- klutuk itu maksudnya kentut yah? Haha... #ini pertanyaan gak penting banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, gueh emang gahooool :p

      tsah, kentutmu bunyinya kluthuk kluthuk gitu ya? baru tau..hmm

      Delete
  2. Lihat pemandangan yang ijo-ijo itu bikin tenang ya....dan bikin kangen kampung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaha, kayaknya kangen maksimal sama kampung ya, kemrin ngomen juga kangen kampung. mau lebaran ntar pulang kampung ya :3

      Delete
  3. wah, gue belom pernah jalan'' ke sana tuh... kpan'' boleh dah maen ksna.

    perut lo kenapa?? gra'' mnum betadine kali mknya kyak gtu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya boleh banget lah muyaaaan ini..hahahaha

      wekekeke,,,iya nih tadi betadine nya aku campur sama diabetasol gitu..makanya jadi kek begitu..

      Delete
  4. keren-keren catatan perjalannanya euuyy jadi pengen.. didaerah mana tuh mbak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh, makasih cc :3..ini di daerah ehm..Ambarawa, semarang, jawa tengah, Indonesia Raya :3

      Delete
  5. Wiihh tiap buka postingan isinya jalan2.. kayaknya suka banget sama dunia adventure dan traveling nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, lagi suka banget sama jalan jalan nih cc. mumpung...mumpung ada teman semisi sevisiii :3

      Delete
  6. asiikk..jalan2 lagi yaa mey..hehe..
    perasaan yg namanya Yanta selalu ikut yaa.. :D

    pecel keong + es jeruk + ketan kolak cuma 13 ribu mey??
    ditempatku 13 ribu cuma dapat seporsi nasi plus ayam goreng sama sambelnya tanpa minuman...
    gilaaa..murah banget itu mey...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya asiiiik banget Rit :3
      iya lah la wong dia salah satu panitianya Rit..hehehehehehe

      hooh, la makanya Ta..kalau begini caranya, makan terasa amat nikmaaaat :D

      Delete
  7. aihh serunyaa, andai kita dekat, kepengen ikutan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Dian, andai kita tidak terpisah jarak dan waktu yaaa...hehehehe

      Delete
  8. wah ini di daerah mana, kyaknya tmptnya asik. pengen kesanaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini di daerah Ambarawa, Ambarawa tahu kan dari buku sejarah??? itu di daerah Semarang, jawa tengah, indonesia Rayaaaah

      Delete
  9. waah aku selalu iri liat postingan kamu.. hehe asik banget yah bisa berpetualang bareng temen. aku belum pernah loh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhehe...we??? masa belum pernah cc?? wah, harus disegerakan lho, mumpung muda...kan kata bang Rhoma Irama, masa muda saatnya wisata...

      Delete
  10. lagi-lagi gue dibikin cemburu sama 2 orang lelaki itu.. huuh.. #Apasih (-_-)
    mey jalan2 mulu.. ke tempat2 bersejarah lagi.. andai gue bisa seperti itu..
    gue takutnya kalo jalan ke tepat bersejarah,, bkalan keinget lagi dan gak bisa MOVE ON,,, #eeeaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahahaha...
      iya ni, mumpung ada yang ngajak gitu..aku sih kemana aja jalan jalannya nggak masalah yang penting jalan jalaaan...yah, itu sih emang orangnya aja yang sukanya stuck di sejarah hidup... :D haha

      Delete
  11. widih mantep bgt jalan jalan gitu sekalian nostalgia tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, sek bentar. nostalgia??? nostalgia sama siapa?? leluhur??@.@

      Delete
  12. Asyik nih jalan2 ke candi, daerah jabar ga tlalu bnyk candi.. :)

    berkunjung, salam kenal.. :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...