Sunday, 10 March 2013

KIAT SUKSES MENGHADAPI PMS


Assalamualaikum....

Mungkin ini postingan rada nggak penting. Uhm..tapi untuk kaum wanita mungkin penting banget. Super penting! Penting. Banget. Mungkin.

Pernah denger soal PMS khan?? Pre Menstruasi Syndrome? Keadaan dimana ada suatu hormon yang bikin para wanita berlipat lipat lebih sensitif, kadar emosi naik, keadaan batin labil, dan rawan galau.

Yup, kami para wanita setiap bulan sebelum tamu itu datang pasti mengalami keadaan dimana emosi mudah meletup letup dan kegalauan memuncah muncah, dan kadar sensitif berkawah kawah. Oke, mungkin ini lebay. Tetapi, bagi wanita pasti mengerti. At least bagi saya. Saya khan wanita...

Nah, karena sekarang saya lagi PMS, saya ada beberapa tips untuk “SUKSES MENGHADAPI –UAN- PMS” dan “Kiat Sukses PMS”

1. Makan Coklat Minum Es Krim.

Nah, karena kata Google coklat dan es krim itu mengandung senyawa yang bisa melepaskan hormon yang menyebabkan bahagia dan me reduce stress, jadi disarankan makan dan minum barang ini. Saya juga pasti waktu PMS mengonsumsi barang ini. Yah, tinggal beli coklat Silver Queen kalau lagi ada duit, kalau kepentok ya TOP atau Beng Beng. Jangan dilihat dari harganya, dilihat dari ketulusannya. Atau es krim ya nggak perlu yang Magnum, nanti bisa bisa nggak bisa beli makan, cukup Campina cup yang nggak lebih dari lima ribu itu. Biar sukses menghadapi PMS dan sukses mempertahankan kehangatan lembaran rupiah di dompet. Tadi pagi saya udah makan tiga TOP.

2. Lihat Film dan drama Korea.



Nah, ini tergantung genrenya juga sih. Kalau misalnya lagi PMS dan galau menerpa begitu, bisa lihat drama Korea yang komedi komedi begitu, seperti apa ya... Secret Garden? Full House? My Girlfriend is Gumiho? My Sassy Girl? Rooftop Prince?? Ah, atau lihat Running Man aja? Pasti ngakaknya...

Nah, biasanya kalau lucu begitu, kadar bad mood kita akan berkurang. Karena tertawa adalah penyembuh jiwa di jajaran teratas setelah beribadah atau sholat ( itu asumsi saya sih ). Ceria deh nggak jadi bad moodnya.

Dan hari ini saya udah lihat drama Korea sebanyak dua episode dan satu film Korea yang main itu So Jong Ki, dan saya pikir itu khan film komedi. Tapi ternyata akhirnya mereka berpisah karena So Jong Ki adalah seorang siluman serigala dan jatuh cinta dengan manusia. Apa apaan. Saya jadi kepikiran terus, akhirannya tragis, saya nyesek sampai tulung rusuk.

Nah, jadi lebih baik kalau lagi PMS dramanya yang drama lucu aja. Salah salah malah memperparah keadaan.

3. SMSan atau telpon sama temen asik.

Nah, ini peran teman sangat membantu. Biasanya saya kalau PMS dan merasa dongkol tanpa tahu sebabnya apa, lalu galau berkepanjangan dan semakin diam semakin galau, saya SMS teman saya. Dan biasanya SMS nggak mutu akan lebih bikin mood jadi lebih baik. Saya tadi juga SMS temen saya. Saya SMSan sama si Uma dan juga si Vince. Kalau sama si Uma ngomongin perkembangan hidup setiap harinya dan perkembangan mental dan kesehatan jiwa, dan kalau sama Vince absurd buanget!!

Saya : “Cek, kowe sesuk konsul? Jam 9?”

Vince ; “Hooh, py?”

Saya : “Podo aku yo sesuk konsul jam 9. Bareng yo, duh mumet aku.”

Vince : “py te kik boch e ckckckck =_=!!”

Saya : “Duh, aku gek badmood maksimal ki pengen mangan kowe.”

Vince : “menengo we, guweh ws badmood ket wngi...spo we sing mepet mepet guweh...bakal tak brakot! Jo neh lunglit kyok kowe! >.<” (dia emang kalau ngomong MasyaAlloh!

Saya : “Ah asem jebul senasib. Yoweslah daripada ngko tak teruske malah terjadi pertumpahan darah. ”

Saya lagi : “Eh cek, sesuk aku njaluk drama Korea mbek Running Man yo...:3”

Vince : “No need to be answered!”

Saya : “Alah lho...aku gek badmood banget ki, aku ning omah terus wes mati gaya ngko nak aku mati tenan piye..”

Vince : “Garek dikubur -_-“

Saya : “Ih jahate astaghfirulloh...”

Vince : “kn sndirinya sing ngemeng. Guweh sebagai teman yg baik binti unyu unyu hnya mmbka kn jalan, lho penak tho? Krng apikan opo neh? Angel golekane ki knco kyok guweh :3”

Saya : “yowes karepmu, pokokke sesuk gawakke ya, rene tak cium seeeek :*”

Vince : “nyoh tak kei cokor termanis guweh! Nyoh! Nyoh! Nyoh! Wuahahahahahaha XD”


Nah, setelah SMS sama dia, saya ketawa sendiri sampai Ibuk saya manggil manggil saya dikira saya butuh pertolongan –jiwa-

Nah, teman satu aliran kayak gini emang suka jadi penolong di saat saat kritis kayak gini. Walau pun emang kalau dibaca agak kasar pa gimana, cuman itu 100% guyon dan bener bener bikin saya terkekeh kekeh. Dia itu emang idun!! Hahaha...

4. Hindari Teman Tengik.

Nah, ini penting banget ini. Puenting banget!! Saya  pernah suatu ketika di masa lalu, saya lagi PMS, saya udah badmood dari pagi gitu khan ya, muka saya udah musim gugur banget campur cloudy windy stormy kilat petir menyambar nyambar. Hari itu keadaan hati saya lagi berdarah darah, dan waktu itu semester lalu saya juga harus PPL ngajar anak SMA dan itu tu butuh mental agak baja juga. Udah gitu sampai kampus waktu mau konsul proposal (dulu masih proposal, belum sampai tahap skripsi), temen saya sumpah nyolot maksimal! Oke deh lah mereka itu Cuma bercanda, cuman waktu PMS itu candaan juga bisa menyulut api kemarahan. 

Dan emosi saya udah memakai sistem snowball. Itu bola salju kalau digelundungin makin lama makin gede, nah sama banget sama emosi saya. Di tambah masalah hati, masalah kuliah, udah gitu waktu itu topic proposal saya ditolak, udah gitu nih temen kok ya nafsu banget mau bully. Karena saya bener bener nggak tahan, saya ke kamar mandi.

Ngapain?

Nangis semenit. Ngeluarin snowball.

Bagi saya, nangis yang efektif itu nggak perlu lama lama, karena semakin lama nangis menurut saya bukannya membantu tapi malah semakin bikin sedih karena jadi teringat sebab nangis berulang ulang. Perulangan itulah yang bikin hati malah jadi semakin sedih, bukannya lega. Nangis itu sejadi jadinya, tapi semenit aja. Nah, dalam proses nangis sejadi jadinya itulah partikel stress dikeluarkan, kalau sudah ya sudah nggak perlu dipanjang panjangin. Dan, kalau menurut saya, type nangisnya jangan nangis yang Cuma diem terus airmatanya netes pelaan...pelaan..tes..tes...tes..tapi nangisnya itu yang langsung bresss gitu kayak hujan itu khan kalau deras cepet terang, kalau Cuma gerimis khan suka awet. Ini juga berlaku untuk type nangis, sodara sodara.

Ingat, nangis itu yang efektif dan efisien itu harus padat, singkat, dan sejadi jadinya tapi ya nggak teriak teriak juga kayak orang kesurupan. Ya kayak...hikhikhikhik, tapi abis itu udah. Kalau biar nggak kedengeran bisa sambil nggigit jari, baju atau apapun yang bisa digigit. Oke? Lanjuuuuuuuuuut.....

5. Sholat, berdoa, ikut pengajian.

Ini ide berasal dari teman kenthel saya, Uma. Dia tadi waktu SMS saya tanya soal ini, dia bilang dia biasanya jalan jalan, makan, ikut pengajian. Oke fine.

Nah, memang benar sekali kalau obar mujarab maha dasyat untuk meringankan hati yang galau dan tidk tenang adalah sholat, lalu berdoa dan bisa ikut pengajian sebagai penyegar rohani.
Bagi yang non, bisa ke gereja dan berdoa. Intinya beribadah menurut agama dan kepercayaan masing masing.

Karena bagi saya dan pastinya bagi Umat di dunia, merasa pasrah dan dekat dengan pencipta-Nya akan menimbulkan efek tenang, berpasrah, jiwa bisa stabil, dan hidup bahagia insyaAlloh...

6. Jalan Jalan.

Nah, ini diaaa..tapi ini sih menurut saya selera masing masing. Kalau saya, kalau lagi galau lebih milih  jalan sendirian. Iya, sendirian. Jalan kemana kek gitu, sendirian. Saya pernah beberapa tahun yang lalu, saya bad mood banget gitu ya, saya bingung harus bagaimana, dan akhirnya saya jalan sendirian. Kemana coba?? Karena di Ambarawa itu object yang paling dekat itu Museum Palagan, saya ke museum Palagan. Sendirian. Ngapain? Liat patung Pak Soekarno lagi baca Pancasila, liat museum, liat tank, liat pesawat mogok, dan badmood saya sirna.

Gimana? Tertarik? Jalan sendirian itu terkadang seru banget. Saya kapan kapan mau jalan sendirian lagi. Naik bis. Agak jauh.

7. Hindari Pacar.

Oke, ini buat yang berpacar aja. Walau pun sekarang perahu kertas saya sudah karam, saya include ini biar lengkap tips saya. Tapi ini juga tergantung pribadi masing masing. Ada yang malah deket deket pacarnya, ada yang menjauh dulu.

Kalo saya dulu, waktu saya masalah dikit dibikin belibet, pacar saya udah mudeng. Ini anak pasti lagi PMS. Lalu, dia akan mengajukan suatu pertanyaan, “Lagi PMS ya?” kalau saya jawab iya, dia akan paham dan –kabur- mencoba sabar. Cuman, emang kebanyakan kalau lagi PMS itu mending jangan kontekan dulu sama pacar. Salah salah bikin salah dan bertengkar. Nah, kalau pacarnya kagak pengertian, pertengkaran itu bisa memicu suatu pertempuran antara dua anak manusia yang saling mencintai. Ironis.

8. Menangis.

Nah, kalau ketujuh langkah sukses itu belum sukses juga, langkah terakhir adalah menangis. Kata buku, menangis itu ada beberapa manfaat juga kok, bisa menyehatkan mata karena airnya bisa membersihkan mata. Lalu, saat menangis akan menimbulkan efek  lega. Cuman itu juga tergantung style nangisnya. Ada juga nangis yang malah bikin tambah sedih. Nangis yang nggak hemat air. Tumpah kemana mana sampai hidung juga ikutan. Janganlah, tubuh juga butuh cairan, sayang dibuang...

Nah, itu tadi tips dari saya, semoga bermanfaat..

Ada tambahan??? Silahkan tinggalkan pesan...:)

Wassalam
10.03.2013
19:44 

37 comments:

  1. Wah lengkap tipsnya mbak, sayangnya gak bisa di praktekin untuk diri sendiri :) tapi untuk masalah coklatnya, memang btul tuh untuk membuat happy... minimal coklatnya gery pasta :)

    salam kenal yah, ini kunjungan perdana sy kesini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha, ya iyalah..piye..hehe. iya, coklat gery pasta juga boleeeh...

      salam kenal juga :)

      Delete
  2. Seperti nya kiat suksesnya ga bs ku ikuti --"

    Jadi PMS ini toh yang membuat terkdang perempuan jd menyebalkan.
    meski saya ga bs ngikutin tips nya, at least bs ngajarin ke para wanita yg lain dan harus hati-hati sama yg lg PMS :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan seertinya deh kayaknya, tapi emang ga bisa diikuti..-___-

      ya gitu deh..hahaha. wah iya bener bangt, kalo misal kmu mau ngedate gitu ya, kmu hrus mastiin dia lagi normal apa PMS. ditanyain dulu, "Wahai wanita, kamu lagi PMS apa nggak??" kalo iya, batalin aja..
      terus kalo lagi lewat di jalan ketemu wanita PMS, ngumpet dulu..oke?
      gud luck!

      Delete
  3. mey aku kira PMS tadi itu nama partai hahahaha, ternyata PMS gituan to. O berati cewek itu suka marah gak jelas gara2 itu..... emang tidak cuma jin dan malaikat saja yang mahluk gaib, Wanita juga haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya udah besok nikah aja sama yang ga mahluk gaib bang Rineeeeeeem -_____-
      bang rinem, ibunya juga mahluk gaib ya?-___-

      Delete
    2. piye to piye bang Rinem ki ra jelassss...ahahahahaha

      Delete
  4. Replies
    1. nenna beneran kagak tau? udah akhil baliq belum?@.@
      itu kayak sebelum dapet kan suka sensitip gitu kan ya, itu namanya PMS, kadang disertai sakit perut gitu..

      Delete
  5. kalo aku sih ngadepin PMS bedrest aja, tidur seharian :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduuh, kalo aku ga bakal bisa cc..harus pergi, harus kuliah dan sebagainyaaa..itu disertai sakit perut ya?? aku jga kadng gitu sih.. *curhatwanita

      Delete
  6. kalau aku sih santai aja. nggak usah pakai persiapan. wong nggak bakat terjadi hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. wekwekwek..cuma bisa kea imbasnya lohhh, jadi korbannya..korban kebringasan yang kena ini..hahahaha

      Delete
  7. Woles, mbakk.......
    Klo mkan yg vanila ga ngaruh yak ??
     hbngnya nnton fil drama korea ??? Mnding nnton film smack down dah -_______-. *abaikan*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahaha, ini udah woles banget nih aku...:p
      ya ngaruh juga sih..yang penting kan niatnya, niat insun makan eskrim vanilla biar ga bad mood bad mood amat amieeen..

      Delete
  8. saya setuju bangett sama tips yg nomer 2, nonton film korea itu emg cara yg paling jitu dan ampuh buat ngilangi badmood,stress,galau dan kutu air #eh.. apalagi yang aktornya cakep unyu badaiii, wiihhh betah deh pokoknyaaa hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaaah, iya kamu aku banget deh pokoknyaaaa..drama korea emang cetar membahana himalayaaaa....

      Delete
  9. hahaha .. tapi buatku yang paling ampuh itu poin 5 sama 6 . sesuatuu . :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya itu khan idenya emang dari sindaaaaang...plisss hahahaha...tapi emang manjur kok, terimakasih pencerahannyaaaa seph, ciyum duyuuuu...mmumumu:*

      Delete
  10. Cewek emang ribet. Kami sebagai kaum cowok selalu dituntut untuk mengerti mereka dalam berbagai keadaan. Padahal mereka sendrilah yang memperibet keadaan, eh.
    Oya, gue enggak kuat baca percakapan SMS lo dengan Vince. Kepala gue langsung migren, enggak ngerti. Coba lo translit deh, heheh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah, kaum cowok juga nggak peka dan kurang sensitif kooook... *ehh
      hahahaha, emang kamu orang mana Nurul, eh Yoga???

      Delete
  11. wkwkwkwk
    perempuan itu memang manusia yang paling ribet ya..
    kalo aku sih biasanya lebih suka makan coklat sama es krim.. langsung pikiran sama hati jadi ayem.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. uhm...ya tergantung perempuannya juga sih Gin..hehehehehe...
      owh, aku kadang suka nggak mempan juga sih Gin..emang ribet sih -_____- hahaha

      Delete
  12. ohhh... tidakk... apa yang sudah aku baca ini, bukan untuk cowok ya kan.. mana ada cowok pms ya kan kan ya kan

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahahaha, yah udah kebaca, gimana dooong..lho justru laki laki juga harus baca ini biar untuk antisipasi biar ntar pas ceweknya menunjukkan tanda tanda menyeramkan bisa dibliin eskrim, apa dipinjemin kaset drama korea, atau diajak pengajian tuh kan bergunaaaa...

      Delete
    2. nah loh, itu buat yg udah punya pasangan aja...


      kalo jomblo hayoo *saya bukan jomblo tapi lho ya*

      Delete
    3. kalo jomblo ya tinggal cari, kalo udah dapet terus dipraktekin gtu..hahaha

      Delete
  13. Wah aku setuju banget kalo lagi PMS makan coklat sama ice cream, eh nggak pas PMS aja sih hehe
    oiya, Tambah satu lagi kak, Blogging dan Blogwalking :D selain ngilangin badmood juga bisa nambahin ilmu dari artikel-artikelnya yang kita baca hehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, cuma kalau lagi PMS lebih diutamakan gitu..hhahaha
      ah, bener banget, hampir tiap hari as long as modem ku gak nagadat aku pasti BW. baca tulsan banyak orang, baca cerita mereka gitu bikin hidup berwarna and dapet banyak hal :D

      Delete
  14. detail banget kasih tipsnya tentang PMS. Kayaknya pengalaman bener..

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman apa?? PMS?? Iya alhamdulillah aku normal jadi ya tiap bulan berpengalaman..hahahaha

      Delete
  15. nomor empat bener banget ka..
    kalo kaka lebih milih utk nangis, aku sih langsung ngebentak orangnya..
    padahal biasanya ga pernah galak gitu :(
    ga suka bentak orang :(
    mending ga usah deket2 temen songong kalo lagi PMS..
    hehehehehe

    nomor satu sih kayaknya hampir tiap hari..
    ini pipi makin ngembung jadinya -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi, ya nanti kalo malah bentak, udah nggak meneyelesaikan masalah, ambah masalah, nambah musuh, nambah dosa juga Va...piye jal...malah semakin kacau keadaanyya..hehehe cuman ya kadang kalo lagi PMS aku berubah jadi tengik juga...dan galak.hahaha

      wehehehe, pipiku jga menggembung, padahal aku kurus. hiks..

      Delete