Friday, 3 June 2011

10 tips tidur enaaakk





Karena aku termasuk orang yang terkadang sukar tidur, entah karena berpepatah “tak ada kopi malam serasa basi” atau terkadang karena memikirkan sesuatu hal yang mengganjal (maklum, anak mudaaaa…), atau mungkin karena memang tidak mengantuk, kemarin googling tips tidur nyenyak dan cepat dan sehat dan syahdu dan pasti bikin umur lebih panjang insyaAllah jika Tuhan Menghendaki. 10 cara ini aku ambil dari blog orag bernama Herwin’s Blog. Sayangnya, aku lupa copy alamat blognya, jadi nggak punya. :(
Tak apalah ya, mas atau om atau pak Hendry di sana kalau tau ilmunya disebarkan dan berguna bagi hajat hidup orang banyak juga pasti bahagia…(ngeles)
Dan inilah dia 10 tips tidur nyenyak dan berdampak rasa bahagia. :D
1. Secara umum ada tiga lingkungan dasar untuk tidur nyenyak. Pertama, pastikan ruangan anda dibuat segelap mungkin. Ini mungkin berarti gelap pekat buatan, tirai yang gelap atau penutup mata untuk tidur. Yang kedua, ruangan haruslah tenang. Gorden tambahan atau equalizer peredam suara. Yang ketiga, suhu ruangan perlu dibuat adem atau dingin. Temperatur seharusnya sekitar 27 derajat atau dibawahnya.
“Kayaknya pake lilin aromatherapy akan sangat membantu…kapan kapan mo nyoba, beli lilin dulu besok. :D Cuma pastikan safe aja, salah salah ndak punya rumah. Naudzubillah…jangan sampe”

2. Tidur yang buruk seringkali menjadi gejala dari kekuatiran, kecemasan, obsesi, rasa bersalah, kemarahan yang tidak dibereskan, depresi dan banyak masalah emosional dan spiritual. Pastikan bahwa anda tengah membereskan isu atau menyembuhkan luka yang membuat anda tercampak atau menjatuhkan diri anda. Bagian vital dari perawatan masalah ini haruslah menyerahkan semua pada Tuhan. Bebaskan Tuhan menangani dan menyembuhkan apa yang ada dibalik kemampuanmu.
“Nah, jangan lupa sholat isya untuk yang muslim atau berdoa sebelum tidur, karena bagaimana pun jiwa yang ingat Alloh pasti akan lebih tenang dan tidur pun jadi nyaman dan nyenyak..”


3. Tidur tak nyenyak seringkali merupakan hasil rendahnya tingkat serotonin. Serotonin dapat ditambah melalui memakan makanan yang memicu terbentuknya serotonin. Ayam kalkun, produk susu, dan pisang adalah contoh bahan makannnya. Yang kedua, ada suplemen seperti 5HTP yang bisa menolong. Pengalaman lain dari kurangnya serotonin berkaitan dengan penyimpangan genetic, dimana diperlukan adanya pengobatan. Jangan makan protein di malam hari karena itu dapat menjaga anda tetap terbangun. Makanlah makanan berkarbohidrat ringan pada satu atau dua jam sebelum jam tidur, seperti biscuit atau kue muffin, untuk mendapatkan tryptophan yang dialirkan ke otak melalui makanan yang anda makan sepanjang hari.


4. Setelah makan malam, ambil kegiatan seperti berjalan-jalan atau melakukan sejumlah olahraga, namun ingatlah untuk menyelesaikan semua ini paling tidak 3 jam sebelum jam tidur. Sebaliknya olahraga yang terlalu dekat dengan jam tidur dapat menjadi perangsang buruknya tidur. Olahraga yang lebih cepat dapat menolong anda menjadi relaks.

5. Sebelum anda siap untuk beristirahat, minumlah setengah cangkir teh herbal yang mengandung tumbuh-tumbuhan herbal atau kamomile.

6. Ubahlah apa yang anda konsumsi. Jangan minum (atau makan) sesuatu yang mengandung kafein sebelum malam tiba. Coklat, teh, kopi, minuman cola dan berbagai minuman yang mengandung kafein sebaiknya tidak dikonsumsi pada sore hari. Cek kandungan apapun yang anda konsumsi untuk memastikan tidak ada kafein, ephedra atau kandungan perangsang sulit tidur lainnya.

“dan ini lah yang menjadi kendala utama dalam hidupku. Aku bukan pencandu kopi, sebatas pencinta kopi dan minum kopi paling ngebet juga Cuma 2 cangkir, karena emang 1-3 cangkir kopi tidak berbahaya. Cuma, paling enak kan minum kopi malam hari sambil nulis entry blog gini. Tapi, jadi mata melek nggak ngantuk ngantuk.:(( sooooo, karena umur udah menginjak 20 tahun gini kan ya, ini minum kopi malem yang terakhir, minum kopi diganti pagi hari ajjah, kecuali kalau besok hari libur atau minggu, minum malam hari ndapapa:D”

7. Cukup sinar matahari dibutuhkan sepanjang hari untuk mengatur siklus tidur. Jika anda memiliki penyimpangan dalam hal mengenali hari (istilahnya tidur “kalong atau kelelawar”), anda mungkin membutuhkan kotak lampu untuk menambahkan cahaya sepanjang hari. Anda dapat mempelajari tentang masalah pencahayaan ini di berbagai tulisan web lainnya.

8. Jika anda bergumul dengan masalah tidur, jangan pergi ke tempat tidur untuk menonton televisi. Jika anda tidak dapat tidur, pergilah ke ruangan lain dan coba membaca hingga anda mengantuk. Jangan bangun dan menonton televisi karena warna dan terang akan terus merangsang otak bekerja.

9. Jika anda terbangun di tengah malam, jangan hidupkan lampu atau mencari tahu jam berapa saat itu. Kedua hal ini dapat merangsang otak bekerja dan keluar dari kondisi tidur. Berbaring di ranjang dan tunggulah hingga anda kembali jatuh tertidur. Jika anda tidak kembali tertidur, bangunlah, pergi ke ruangan lain membacalah dibawah lampu yang agak temaram hingga anda kembali mengantuk. Kembali ke tempat tidur dan berbaring disana, beristirahat untuk sisa malam anda, meski anda mungkin tidak tertidur. Kebanyakan, anda akan setengah tertidur setengah terbangun tanpa menyadarinya.

10. Cobalah untuk membangun satu rutinitas yang bekerja dan tetap tinggal didalamnya. Pergilah ke tempat tidur pada jam yang sama setiap malam dan bangun juga pada saat yang sama.

Nah, itulah diaaaa……:)
Baiklah, semoga berguna untuk kalian bertumbuh menjadi dewasa yang bijaksana (hehehehe…), dan semoga umurmu panjang dan bermanfaat.

Thank you for reading my entry…wish you all the best!!:D
23052011…8:20 PM

No comments:

Post a Comment