Tuesday, 10 May 2011

hidup perpustakaan daerah!



“Membaca adalah jendela dunia”

Masih inget dulu waktu SD ditempel gede gede di dinding kelas kalimat itu,dan akan alangkah yahudnya lagi kalau ada perpustakaannya, berkumpulnya jendela jendela dunia itu.

Mulai!!

Baru aja berkunjung ke perpustakaan daerah Ambarawa beralamatkan Jl. MGR. SUGIYOPRANOTO No. 13. Sebelum cerita tetek bengek soal perpus ini, let me tell you how I know this place.

Waktu beli kain flannel buat menyalurkan hoby bikin bikin kreasi dari kain cute itu, si ibu penjual kain flannel berbincang bincang denganku.

“Kalau mau latihan buat boneka boneka kecil dari kaiin flannel, mending pinjem bukunya aja di perpustakaan daerah di depan Gedung Pemuda di samping terminal Ambarawa.” Waktu itu jadi pingin, tapi aku pikir pikir,

“Perpustakaan daerah?? Emang segaul itu apa ya?? Paling paling isinya buku “PembudidayaanLele Jumbo”, atau “Cara Bercocok Tanam”, atau mungkin “Membasmi Hama dengan Pestisida.”

Wah, jadi inget dulu waktu SD. Kelas satu dan kelas dua aku bersekolah di sekolah dekat rumah kakek nenek tercinta, karena memang belum bangun rumah sendiri waktu itu. Yang namanya perpustakaan jaman dahulu Cuma rentetan buku 1 rak yang diletakkan di sisi kursi satu set untuk menerima tamu di depan pintu masuk sebelah kanan membatasi ruang tamu dengan kursi para guru. Tiap istirahat, aku pergi ke sana, saat nggak ada tamu, aku liat liat buku di rak buku. itu pun bukuya Cuma ada beberapa doing. Inget dulu satu kelas Cuma ada 12 murid termasuk aku. Berasa kayak private class. Kekurangan murid gitu… begitu pula dengan buku buku bacaannya. Buku yang masih aku inget dan sekaligus aku suka sampai sekarang adalah buku “Bermacam Macam Buah Buahan.”, buku yang isinya gambar buah buahan segede satu halaman dengan sedikit keterangan di bawah gambar. Ada belimbing kekuningan gede banget, ada jambu air yang masih menggelantung di dahannya, dan buah buahan segar lainnya. Setiap istirahat liat tu buku jadi nggak pingin jajan. Apalagi “bermacam macam buah buahan” nya ada beberapa seri dengan gambar dan buah yang berbeda di setiap bukunya. Sanguku 200 rupiah dikurangi 100 buat nabung di kelas utuh. :D

Nah, kelas tiga sampai kelas 6 aku pindah di desa lain dan sekolah lain yang memang lebih bagus dari sekolah ku dulu. Sekarang siswanya 28. I think you know that school. Pernah mau ke magelang melewati pangkalan truk daerah jambu?? Setelah belok belokan dan pemakaman yang pernah ada resepsi di undurin truk sampai meninggal berpuluh puluh orang itu lho?? Sekolah yang ada tugunya di sebelah pohon kresem yang buahnya enak sekali, kanan jalan sebelum mesjid Isdiman kalau kamu dari arah Ambarawa. SD Isdiman, my beloved elementary school. :D. tiap pelajaran BK aku girang, saatnya minjem buku dipimpin oleh pak guru bahasa jawa, Pak Ratibin. Perpustakaannya di sebelah ruang UKS, di belakang kantin yang sotonya seharga 300 rupiah. Mulai dari urutan absen 1-5, ke sana, pinjem buku Cuma 1, perlu digarisbawahi, CUMA 1, pulang lagi ke kelas. Lanjut ke absen berikutnya. Seminggu saat pelajaran BK, dikembalikan dan boleh pinjem lagi, ingat, CUMA 1. Bukunya tipis tipis. Aku tapi lupa buku favoritku apa, kebanyakan emang kayak “Pembudidayaan Lidah Buaya”, “Bahasa Jawa Kawi”, dsb. It was so boring…

Nah, karena itu lah aku mempersepsikan perpustakaan daerah sedemikian rupa. Sampai tetanggaku yang bernama Rani Ajeng cerita kalau

“Bukunya lengkap lho dek ik. Aku aja pinjem terus tiap pulang ngantor.”

Penasaran…

Hingga akhirnya temen kuliah bernama Ratih Rakasiwi mengajakku ke sana. Singkat cerita tadi aku ke sana untuk pinjem pertama kalinya.

And I knew, it is so cool!!

Semua gratis, biaya daftar, biaya pinjem gratis!! Kalau mau daftar Cuma ngasihi kertas kotak kecil bertanda tangan ketua RT, fotokopi KTP atau kartu pelajar dan foto 2x3 sebayak 3 lembar. Hasilnya, Kartu member dengan foto termejeng di atasnya sudah jadi saat itu juga. :D

Bukunya lengkap banget!! Oke, mulai dari “Cara Berbisnis Udang”,”Bisnis Rumah Tangga”, sampai novel novel popular/pop/ Teenlit, novel tebel tebel bersastra tinggi, buku buku tentang agama Islam lengkaaaaap. Mulai dari tentang “Menuntut Ilmu dengan Islami”, “Siti Khadijah”, buku buku islami yang soal virginitas, soal hidup menurut kacamata Islam, sampai tentang self-development, buku motivasi juga banyaaaak, buku tentang “Merawat Rambut agar Tetap Sehat”, “Batik Modern”, “Macam Macam Gaya Berkerudung”. Buku buku bersastra dan juga buku Chicken Soup ada, kawan!!! It is so cool…lengkap. Dan yang paling membahagiakan adalah gratis!! Maksimal pinjam 2 buku dengan masa peminjaman maksimal seminggu. Dan hal yang paling membahagiakan urutan kedua adalah bisa hotspotaaaaaaan…..God! nggak perlu hotspotan sampai ke kampus yang memakan waktu sejam perjalanan, 25 km jaraknya dan 8ribu ongkosnya!! Aku nggak suka ke warnet kalau nggak kepepet soalnya, nggak suka bayarnya. :D

Tempatnya bersiiiih baget, cozy, nyaman, nggak berisik (yaialah, perpus gitu…),bakal betah deh pokoknya di sana. Sampai bersihnya bisa kok baca baca di sela sela rak sambil ngesot ngesot di situ…

Keren deuh, pokoknya…. Alhamdulillah nemuin tempat seperti itu saat aku ada di keadaan yang sulit karena liburnya sampai lebaran lusa yang berarti 4 bulan setengah terhitung sejak April tanggal belasan. Seperti nemuin mata air di gurun Sahara abis menggoyang goyang kaki di pasir coklat itu. Seperti nemuin coklat waktu lagi penat penatnya ini pikiran.

Bagi kamu yang rumahnya nggak jauh jauh amat dari terminal, coba deh coba mampir dan rasakan hawanya (lebay benerrrr).

It must be sooooooo interesting, fun, and incomparably convenience.

Ada beberapa foto jilid 1 karena baru foto di sebelah …. Oiya!! Di sana juga ada daerah membaca anak anak. Banyak buku buku bergambar ditambah space lumayan longgar bertikar untuk buah hati yang suka membaca sambil selonjoran atau ngesot ngesot di sana. Enak kan??

Foto di sebelah area anak ini… maaf agak blawur, kadang yang punya juga suka blawur kok, biasa….

Thank you for watching, hopefully this information is useful for you all, friends!!

-To Be Continued-

03052011…1:53 PM

Accompanied by The Fame, Lady Gaga. :D

No comments:

Post a Comment