MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

Tips Memilih Teflon Anti Lengket yang Bagus

Tips Memilih Teflon Anti Lengket yang Bagus
Add Comments
Senin, 10 Oktober 2022

Halooo bun, siapa nih bu ibu yang lagi berusaha mencintai dunia perdapuran, lagi belajar masak, lagi habis instal Cookpad atau lagi seneng senengnya ikut webinar atau kelas online memasak? Yuk, TOS! Kita sama.

Tapi, ternyata belajar memasak nggak cuma mempelajari tentang bahan masakan dan cara memasak saja, tetapi juga alat memasak. Hayoo, alat apa yang termasuk menjadi yang paling penting buat masak di dapur? Yup! Salah satunya adalah teflon anti lengket.

Kayak kemarin nih contohnya, bun. Aku beli daging sapi nih, dan aku masak dua kali. Masak pertama kali aku masak daging sapi teriyaki pakai wajan penggorengan. Dan itu ternyata dagingnya bisa lunak dan Julio bisa makan. Nah, yang kedua nih. Karena wajan flatnya masih kotor, aku pakai wajan biasa. Dan hasilnya, dagingnya lebih alot walaupun aku masaknya lebih lama. Karena memang struktur wajan yang cekung, jadi matangnya pun kurang merata ya, bun.

Nah, lalu teflon kayak apa ya yang bisa menemani pekerjaan masak kita menjadi lebih mudah dan justru bikin makin semangat???


1. Lapisan teflon

Ada dua jenis lapisan anti-lengket, bun. Nah, lapisan yang paling populer adalah PTFE atau dikenal sebagai Teflon dan keramik. Jenis pelapis ini akan menghasilkan permukaan yang licin dan mencegah makanan lengket, walaupun minyaknya hanya sedikit. 

Bagusnya lagi, pelapis teflon ini lebih awet daripada pelapis keramik, apalagi untuk memasak makanan yang lembut, serupa telur, pancake atau crepes. Jadi, nggak ada lagi tuh makanan yang menempel di wajannya dan susah untuk diambil.

2. Ukuran teflon

Teflon yang dijual di pasaran ini memiliki ukuran yang beragam ya, Bun. Mulai dari diameter 12 cm hingga diameter 32 cm. Fungsinyapun juga beragam tergantung dari ukurannya. Misalnya, teflon dengan diamter 12 cm digunakan untuk memasak pancake, telur mata sapi atau sekedar menghangat makanan.

Sedangkan, teflon dengan diameter 32 cm digunakan untuk memasak makanan dengan porsi yang lebih banyak. 

3. Gagang teflon

Selain lapisan teflon itu sendiri, yang penting juga adalah bahan dari gagang teflonnya. Karena pasti gagang wajan yang nyaman juga akan bikin kegiatan memasak menjadi lebih semangat. Nah, biasanya gagang teflon terbuat dari kayu, plastik dan logam. 

Teflon yang memiliki gagang kayu atau plastik sangat nyaman digunakan, karena ringan, tidak menghantarkan panas ke tangan dan mudah untuk digenggam. Kekurangannya, gagang dengan bahan ini nggak awet. 

Sedangkan, gagang yang terbuat dari logam lebih berat dan menghantarkan panas ke tangan. Tetapi, kelebihannya adalah lebih awet, nggak mudah berkarat dan mudah dibersihkan.

4. Bagian Dasar Teflon

Ada dua macam bagian dasar teflon, yaitu cekung dan datar. Jadi, kita juga harus memperhatikan kegunaan dari masing masing teflon ini. Nah, seperti pengalaman yang aku ceritakan di awal tadi.

5. Sesuaikan dengan Sutil

Memasak dengan sutil yang salah justru bisa merusak teflon. Begitu juga dengan ukuran sutil; harus disesuaikan dengan ukuran teflon. Ada tiga jenis bahan sutil yang biasanya digunakan, yaitu kayu, plastik, atau silikon. Sutil dengan bahan ini nggak akan merusak teflon anti-lengket.

Yup, itu dia tips memilih teflon anti-lengket yang sangat berguna untuk para bu ibu, terutama bu ibu yang sedang dalam taraf belajar macam aku ini, Bun.

Semoga kita bisa terus memberikan hidangan yang sehat, enak dan penuh cinta buat keluarga di rumah ya, Bun. Nah, info selengkapnya tentang teflon anti lengket bisa disimak di ceklist.id ya.

Semangaaaattttt...




Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)