MASIGNASUKAv102
1413081431726134975

6 Manfaat Chia Seed untuk Tubuh dan Rambut

6 Manfaat Chia Seed untuk Tubuh dan Rambut
Add Comments
Minggu, 30 Agustus 2020



 

Pasti teman teman udah nggak asing sama yang namanya chia seed. Itu lho, jenis biji bijian kecil yang biasanya kita taburkan di atas makanan atau salad atau smoothies. Taukah teman teman jika chia seed ini sebenarnya adalah biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. Tanaman ini tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun sekarang ini, chia seed sudah banyak masuk ke Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit. Dan taukah teman teman jika chia seed ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Apa saja sih manfaat chia seed?

MANFAAT CHIA SEED

1. Membantu menurunkan berat badan

Nah, kalau manfaat yang satu ini pasti teman teman udah tahu ya. Yup, chia seed memang sering digunakan untuk menurunkan berat badan. Kandungan seratnya yang kaya bisa membantu kita untuk merasa kenyang. Asupan normal chia seed sebesar 25-38 gram sehari sudah mampu membantu Anda mengurangi berat badan berlebih. Sebuah studi di Brasil membuktikan bahwa chia seed berperan dalam pengurangan lemak dan kandungan proteinnya juga terbukti meningkatkan rasa kenyang dan penurunan berat badan.

Caranya adalah dengan tambahkan dua sendok makan chia seed ke dalam ssegelas air dan aduk rata. Segera minum sebelum chia seed mengembang karena proses penyerapan air. Nah, nantinya chia seed akan mengembang di dalam perut dan bisa membuat sensasi kenyang. Jadinya nggak makan mulu deh.


2. Membantu mencegah sembelit

Siapa di sini yang suka sembelit? Tenang, karena ternyata chia seed pun bisa membantu mencegah sembeli. Ini karena lagi lagi chia seed kaya akan serat, terutama serat tidak larut. Biji chia akan berubah menjadi seperti jeli ketika bersentuhan dengan air. Inilah yang akan membantu kelancaran buang air besar sehingga pada akhirnya dapat mengurangi sembelit.Bahkan, penelitian telah membuktikan bahwa chia seed bisa memperlancar pencernaan. Keren ya!

3. Memerangi kanker payudara dan bentuk kanker lainnya

Nggak berhenti sampai di situ, chia seed ternyata juga mampu memerangi kanker payudara dan jenis kanker lainnya. Sedangkan minyak biji chia seed mampu berperan sebagai zat anti-kanker yang dapat menghambart pertumbuhan tumor dan menghambat replikasi sel kanker dalam tubuh.

4. Meningkatkan energi dan metabolisme

Pas banget nih untuk teman teman yang suka berolahraga atau punya jadwal kegiatan super padat. Konsumsi aja chia seed. Kenapa? Karena Chia seed mengandung vitamin B, seng, besi, dan magnesium, yang secara keseluruhan dapat membantu meningkatkan energi. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh University of New Hampshire menyatakan bahwa biji chia juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Jadi, mulai sekarang bisa banget nih kita mencapurkan chia seed ke dalam minuman dan meminumnya saat berolahraga sebagai penambah energi. 

5. Meningkatkan mood

Kerennya lagi, nggak hanya coklat yang bisa meningkatkan mood kita, lho. Chia seed juga. Malahan, nggak hanya meningkatkan mood tetapi sekalian menyehatkan tubuh. FYI, Sesuai dengan penelitian di Pittsburgh, asam lemak omega-3 dikaitkan dengan peningkatan mood dan perilaku sehingga bisa jadi dengan mengonsumsi chia seed akan membantu meningkatkan mood sekaligus menghilangkan kegalauan Anda.

6. Membantu pertumbuhan rambu dan merawat kerusakan

Nggak hanya berguna untuk kesehatan, ternyata chia seed juga sangat berguna untuk kecantikan tubuh, seperti kulit dan rambut. Terlebih lagi untuk teman teman yang mengalamai rambut rontoh, macam aku. Kandungan vitamin E pada chia seed juga bersifat stimulan serta dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala.

Caranya adalah dengan menjadikan chia seed sebagai masker rambut atau bahkan mengonsumsinya secara langsung. Dengan begitu, darah di sekitar kulit kepala, sirkulasinya akan meningkat. Nah, hal ini membuat pertumbuhan rambut menjadi tebal, cepat dan kuat.

Ah, dari biji bijian kecil kayak gitu ternyata manfaatnya luar biasa ya, teman teman. Nggak heran jika chia seed digadang gadang sebagai super food. Dan beruntungnya aku masih punya chia seed di dalam kulkas. Besok harus banget dikonsumsi nih.

Teman teman udah siap konsumsi chia seed, si super food belum nih?

Meykke Santoso

I'm a passionate teacher, an excited blogger, a newbie traveler and a grateful wife. Nice to see you here! I write for fun. Please, enjoy!

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)