Thursday, 24 May 2018

[ODOP 2018 #8] : 8 Tips Berbelanja Hemat dan Nyaman di PRJ (Pekan Raya Jakarta)


Assalamualaikum wr wb, 

Belanja adalah satu kata yang langsung nancep di pikiran kita begitu kita mendengar nama Pekan Raya Jakarta. Yapp, Pekan Raya Jakarta baru saja dibuka dan tahun ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, pas banget orang orang berbondong bondong untuk tampil menarik di hari kemenangan nanti. Tepatnya, PRJ akan resmi dibuka mulai tanggal 23 Mei sampai 1 Juli 2018, lebih dari satu bulan di Arena JIExpo Kemayoran.

Bertabur diskon, lengkap dan seru!! Dari tahun ke tahun saya tidak pernah melewatkan PRJ. Di beberapa kesempatan saya juga menunggu PRJ untuk membeli barang impian, macam tas carrier, koper bahkan barang barang printilan macam flashdisk dan baju baju. Tapi, ternyata PRJ juga butuh tips dan, lho. Ya khan demi kenyamanan, belanja yang terarah dan tidak mendatangkan penyesalan di kemudian hari. 

1. Tentukan budget pengeluaran

Saya selalu menetapkan budget pengeluaran sebelum pergi ke PRJ sesuai dengan keadaan finansial dan barang prioriti yang ingin saya beli. Takutnya cuman bermodal debit card tanpa anggaran, pulang pulang uang di ATM ludes. Eh, cuman bisa makan rendang, soto ayam, sate dan kari ayam tapi dalam bentuk mie instan. Jangan ya, ladies. 

Seperti tahun yang lalu karena saya ingin membeli barang prioriti berupa tas carrier yang harganya lumayan mahal plus belanja lainnya, saya menabung dan menetapkan anggaran sebesar 1juta. Nah, bisa nih kalian tentukan dulu budget yang ingin kalian pakai sebanyak apa.


2. Membuat daftar belanja

Bersamaan dengan menetapkan budget pengeluaran, kita juga bisa banget bikin daftar belanja dengan skali prioriti. Misalnya, 

1. tas carrier
2. gamis
3. jaket jeans
4. underwear

Ya namanya juga list belanjaan bisalah nge-list apa aja. Dan saya emang suka banget beli underwear di PRJ karena di saat itu semua underwear diskon besar besaraaann!!! Justru tiap ke PRJ saya nggak pernah absen beli underwear. Hahaha..
Daftar belanja ini yang akan membuat belanja kita menjadi terarah, nggak cuman window shopping di semua toko tanpa tujuan begitu. Yuk, mulai tulis apa saja kebutuhanmu!

3. Membawa uang tunai

Ini sebenarnya tergantung pribadi orang masing masing sih. Ada yang dari budget pengeluaran dijadikan uang tunai biar nggak melebihi budget, ada juga yang tetap memakai debit card dengan alasan mendukung pemerintah dalam Gerakan Nasional Non Tunai atau CashLess Society. Belakangan juga setiap store pasti mempunyai alat pembayaran non tunai. Yang penting pastikan debit card yang kita punya termasuk dalam debit card yang paling umum digunakan jadi available untuk alat pembayaran mereka.

Tapi, kalau nggak mau kelewat batas, bisa membawa uang cash saja.

4. Pergi bersama teman/keluarga/pasangan

Image result for belanja bersama teman
source
Masa iya ke PRJ kok sendirian gitu kayaknya nggak begitu seru ya, Ladies. Lebih enak kalau kita punya teman berbagi pendapat saat kita berbelanja. Mengajak teman pun kita harus lihat lihat dulu. Lebih enak kalau mengajak teman yang memang gemar jalan jauh. Khan nggak seru kitanya semangat jalan eh, dianya manyun karena pingin cepat cepet pulang. Maklum, PRJ itu aduh luas sekali dari ujung sampai ujung. Tapi jangan khawatir juga karena kita bisa memanfaatkan mobil Wara Wiri; mobil yang mengelilingi wilayah PRJ berbayar.


Enak lagi kalau kita punya teman yang bijaksana dan hemat. Kita bisa ketularan hemat juga dan mencegah terjadinya kalap mata. 

"Waah, ini bajunya bagus bagus. Cuman 50ribuan aja. Beli 5 atau 10 sekalian kali ya?"

"Istighfar, Mey. Ingat baju di rumah masih selemari. Manusia itu tidak dinilai dari bajunya, tapi dari akhlaknya."

MasyaAllah, ini teman edisi Ramadhan. Nah, nggak jadi kalap deh.

5. Berbekal peta PRJ

Sungguh, PRJ itu luas sekali. Jadi, kita harus kayak Dora. Kita butuh peta. Peta bisa diminta di beberapa spot resepsionis yang tersebar di dekat dekat loket masuk gitu. Nah, dengan peta itu kita bisa tahu letak/posisi store yang kita tuju berdasarkan list belanja yang kita punya. Kita juga jadi nggak buta arah dan punya tujuan yang jelas. 

Pekan Raya Jakarta ini dibagi menjadi beberapa zona yang tersebar di beberapa gedung berdasarkan jenis barang yang dijual. Dengan peta, semuanya jadi mudah dan jelas.

6. Berkunjung di Weekdays.


Ladies, supaya tidak terlalu lelah berhimpit himpitan dengan pengunjung lain, kita juga harus memperhatikan hari berkunjung. Diusahakan untuk datang ke sana pada hari kerja saja dan menghindari Malam Minggu. Alasannya jelas, kalau kita datang pas hari libur yang ada kita disuguhkan oleh lautan manusia. Jalan aja susah, apalagi mau puas window shopping. Melelahkan.......

7. Membawa bekal minum sendiri.

Image result for bekal minum
source
Nah, ini yang nggak kalah penting. Biasanya minum yang dijual di kedai kedai sepanjang PRJ adalah kopi, teh dan minuman berasa lainnya. Padahal yang kita butuhkan adalah air putih demi menghindari dehidrasi. Jadi, yang paling aman adalah membawa minuman sendiri ya, Ladies. Kita bisa minum kapan saja kita butuh, gratis dan efisien.

Berhubung kali ini bertepatan dengan bulan Ramadhan, bisa juga lho kita membawa bekal makanan supaya tidak perlu antri membeli makanan. Wah, uang jatah makan bisa untuk belanja juga, dong! Yippie!!

8. Memakai baju, sepatu dan tas yang nyaman.


Ini juga hal sepele yang bisa berimbas fatal. Jangan sampai ke sana pakenya wedges atau malah stiletto. Yang ada kaki kita kaku kaku nanti. Pakai baju longgar nan nyaman yang bisa menyerap keringat dan nggak bikin bau. Pakai sepatu rasa rasanya lebih baik karena kita jadi nggak mudah capek saat menjelajah PRJ. Tas pun kalau saya pribadi lebih menyarankan pakai backpack karena lebih ringan dan barang belanjaanpun nantinya bisa muat di dalamnya. Nggak perlu lagi repot bawa  plastik sana sini, khan? Tapi, tetap waspada dan berhati hati ya. Jangan lupa menaruh backpack di depan badan kalau berjalan di kerumunan orang orang. Takut kena jambret!

Fiuhhh, semua tips InshaAllah sudah  dikantongi ya, Ladies. InshaAllah nanti bisa berburu barang barang impian bertabur diskon bisa jauh lebih mudah. FYI, ini adalah harga tiket dan jadwal buka Pekan Raya Jakarta ya...

Harga Tiket Masuk PRJ 2018

Senin : Rp. 20.000
Selasa - Kamis : Rp. 25.000
Jumat - Minggu : Rp. 30.000
Lansia >60 thn : GRATIS

Jam Buka Pameran PRJ 2018

Senin - Kamis : 15.30 - 22.00 WIB
Jumat : 15.30 - 23.00 WIB
Sabtu dan Minggu : 10.00 - 23.00 WIB
Hari Libur  : 10.00 - 23.00 WIB

Yuk segera agendakan waktu untuk berbelanja di Pekan Raya Jakarta :)

#RWCODOP2018 #onedayonepost

2 comments:

  1. Satu yg gue gk suka saat di PRJ.....susah SINYAL BUAT INTERNET.....PAKE WIFI LELET MINTA AMPUN......semoga tahun berikut nya lebih di perhatikan

    ReplyDelete
  2. Saya udah lama nggak ke PRJ. Terakhir itu pas mau beli kamera pocket dan di PRJ lagi ada promo, haha... Iya memang mesti pakai baju yang adem, sepatu flat, dan bawa botol minum. Kalau capek ya istirahat dulu, hehe...

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)