Monday, 14 May 2018

Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris Edisi 19 : "The Words' Branches"


Assalamualaikum wr wb,

Selamat hari Senin!! Sekarang setiap hari Senin inshaAllah akan ada post baru yang mengulas tentang ide ide mengajar di blog saya. Dan Senin ini saya akan membahas tentang game Bahasa inggris yang super simple dan bisa diaplikasikan sebagai ice-breaker atau pendahuluan sebelum belajar di kelas. Saking super simplenya, kita hanya butuh 


  • papan tulis
  • marker

Sedangkan untuk bermainnya bisa berkelompok atau pun secara individu, Mister!

  1. Kalau permainan ini akan dilakukan secara berkelompok, bisa membagi murid menjadi dua, tiga, atau empat kelompok tergantung dari jumlah murid di kelas.
  2. Bagi papan tulis menjadi dua, tiga atau empat tergantung dari jumlah kelompok yang sudah dibagi.
  3. Dalam waktu yang sudah ditentukan, murid murid harus bergantian untuk menulis kata lain dari huruf yang ada. Satu anak satu kata lalu bergantian biar seru ya, Miss... 
  4. Tulis satu kata untuk masing masing kelompok. Diusahakan menulis kata berbeda dengan jumlah huruf yang sama, misalnya BEACH, LUNCH, CATCH. Kalau mau kata katanya sama juga nggak papa yang penting jangan contek contekan ya, Miss. Khan mencontek itu perbuatan tercela. 
  5. Set up waktunya. Misalkan dalam satu menit atau dua menit, murid murid harus menciptakan kata baru dari masing masing huruf yang sudah ditulis di papan tulis. Jadi macam dahan dahan kata utama gitu, khan.... That's why nama permainan ini adalah The Words' Branches.
  6. Nah, pemenang ditentukan dari ketepatan penulisan dan banyaknya huruf yang ditambahkan di masing masing kata utama. Kalau makin kreatif, kata yang diciptakan makin panjang, nilainya makin banyak dan kesempatan untuk menjadi pemenang terbuka lebar deh :)
Hasilnya jadi begini ya, Mister. Nah, huruf di kata utama tidak harus sebagai awal kata, tapi bisa untuk huruf tengah, bahkan huruf akhir. Jadi, FLOWER adalah kata utama dan far, light, old, window, eat dan rat adalah branchesnya.
Wow, mudah sekali!! Game memang tidak harus ribet dan membutuhkan banyak waktu untuk mempersiapkannya ya, Mister. Sebagai guru kadang kita juga nggak sempat menyiapkan game game yang rempong begitu. Jadi, untuk miss dan Mister yang sulit menyiapkan game tapi ingin kelasnya tetap berwarna bisa banget deh mencoba permainan ini :)

Selamat mencoba,

Wassalamualaikum wr wb


4 comments:

  1. Jadi keinget jaman-jaman nulis di binder manjangan nama sendiri kaya gini gak sih, cuma yg dibinder itu katanya panjang kaya R = Rizky namaku dll haha

    Good Job, sellau menginspirasi untuk praktek mbak nanti kalo punya anak biar pinter b.ing hehe

    ReplyDelete
  2. Mbaaa aku juga mau dong jadi muridnya hehehe. Aku lemah banget ih di Bahasa Inggris. Ga jago

    ReplyDelete
  3. biasanya game inggris yang ane suka, scrabble, spelling B, itu aja sih. Kalo game model ini wajib dicoba juga

    ReplyDelete
  4. Bagus juga, kak. Latihan kayak gitu mampu memperbanyak vocab dan mempertajam kemampuan berbahasa inggris. Apalagi tidak merasa bahwa ini sebuah pelajaran, dan menikmatinya seakan sedang bermain~

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)