Friday, 20 April 2018

Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris Edisi 17 : Fun Yet Educating Watching


Assalamualaikum wr wb, Miss and Mister!!

Ada saatnya anak anak jenuh belajar. Entah karena sudah pusing dengan soal soal try out UNBK yang menguras pikiran dan kesabaran, atau pusing dengan seambrek tugas sekolah dan persiapan menghadapi UAS yang sudah di depan mata.

Tapi, mereka juga harus belajar! Nah, sebagai guru apa iya kita tega begitu memberikan soal soal Grammar atau reading comprehension yang makin makin membuat hidup mereka bergelimang soal. Mereka ini sebenarnya belajar apa lagi 'diajar'? hehehe...

Tapi, belajar Bahasa Inggris itu bisa menggunakan banyak metode dan sarana yang seru kok, Mister!! Contohnya dengan kegiatan yang satu ini.

We called it, "Fun Yet Educating Watching!!"


Tiap kali saya bilang ke anak anak didik saya di English Lab (Saya mengajar sebagai guru Bahasa Inggris di Lab Bahasa Inggris di sebuah sekolah Islam swasta di Pondok Rangon, Jakarta Timur),

"Okay, today we are going to watch a movie!!"

Beuh, mereka pasti akan senang sekali.

Atau, saat saya mengatakan hal senada di sebuah lembaga Pendidikan Bahasa Inggris di samping Mall Ciputra, Cibubur (saya juga bekerja di sana sebagai part timer), mereka akan serta merta penuh suka cita.

Nah, tapi menonton tidak hanya duduk termenung menatap layar bayangan yang dipantulkan In-Focus ke sebuah dinding begitu, Miss. Kita harus,

"Sambil berenang, minum air"

atau

"Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui."

Ok sip.

Yang harus dipersiapkan :

1. In focus dan komputer

( Di English Lab, setiap tempat duduk dilengkapi dengan komputer, sedangkan di Lembaga Pendidikan Bahasa Inggris dilengkapi dengan In-focus dan komputer)

2. Film anak anak populer seperti kartun, genre family dan lain lain. Disesuaikan oleh umur anak murid. Nggak mungkin juga anak kelas tiga kita kasih film Barbie atau Sponge Bob. Mereka pasti ingin yang lebih nge-hits.

3. Worksheet.
Nah, worksheet inilah yang akan menjadi lembar kerja mereka plus inti dari menonton film.

Contoh worksheetnya seperti ini ya, Miss :



Langkah selanjutnya :

1. Kita pilih film yang sesuai.

2. Bagikan worksheet dan jelaskan kepada murid untuk mengisi kolom kolom selama mereka menonton film.

"Well, later along the movie you have to fill in the columns there according to the categories. First column, please fill it with all places you see in the movie, such as swimming pool, garden, outer space, the ocean, etc. The second column is for verb, all the actions/activities that the characters do like walking, watching, kicking, etc. The third one is all the things that you see such as bed, space ship, the moon, fish, or others. The next one is the name of the characters and ended up by mentioning your favorite character with the reason why you like them."

Nah, sudah deh. Bisa jadi untuk  murid kelas 3/4 SD ke atas, mereka harus menyebutkan the life lesson/message/moral value yang bisa diambil dari film tersebut, atau alasan mengapa mereka menyukai/tidak menyukai film tersebut.

3. Saatnya menonton!

nonton situation

Selain belajar tentang vocabulary plus kategorinya, mereka juga belajar tentang critical thinking dan giving opinion. Yakin deh Miss, selama film diputar mereka akan banyak tanya tentang bahasa Inggrisnya ini dan itu. Di sini, mereka belajar dengan cara yang menggembirakan.

Muridnya riang, gurunya pun gembira deh. Jadilah kami riang gembira.

Karena saya pribadi selalu yakin bahwa proses belajar harus didahului dengan perasaan bahagia.

Kapan kita mau nonton??


4 comments:

  1. Selalu senang liat postingan kak Meykke yang berbau pendidikan. Sebagai seorang anak guru suka gemas kalau liat guru yang ngajarnya gitu-gitu aja. Di sini walaupun ditujukan untuk pelajaran bahasa inggris, sepertinya bisa diaplikasikan untuk semua pelajaran dengan modifikasi. Semoga para guru di luar sana membaca postingan ini :D

    Ngomong soal film, Infinity War udah tayang lo *gak nyambung*

    ReplyDelete
  2. Bagus tipsnya, Teh. Terima kasih, sepertinya kalau dikumpulkan dari satu sampe ke beberapa tips ini dibukukan bagus lho. Oh, ya saya itu ok judul sama tulisan yang digambar beda ya, Teh. Yang di judul itu Cara Kreatif Mengajar Bahasa Inggris Edisi 17 tapi kalau yang digambar edisi 16..

    ReplyDelete
  3. Mbak..sulungku kelas 7, Alhamdulillah lancar Englishnya untuk ukuran seusia dia. Selain karena TK sempat di Amerika waktu ikut Bapaknya sekolah, sampai Indonesia dia juga belajar melalui film, lagu,...jadi sekarang listeningnya oke, pengucapannya benar..Cuma tulis masih belum maksimal. Ada ide untuk writing ini Mbak? Terima kasih..

    ReplyDelete
  4. selain main game, nonton memang jadi media yang efektif buat belajang inggris. ehehehek. Oke tuh metodenya ada worksheet nya juga, biar sekalian nonton sekalian nyimak. Tapi jujur kalau untuk belajar bahasa inggris, filmnya jackie chan kayak rush hour gitu oke sih.. ngomongnya gak cepet2 amat dan bisa dipahami tanpa subtitle entah kita paham rammar atau enggak :)

    ReplyDelete

Assalamualaikum wr wb,

Terimakasih sudah mampir ke sini ya... Yuk kita jalin silaturahmi dengan saling meninggalkan jejak di kolom komentar.

Terimakasih .... :)